News
Batal
KATEGORI
link has been copied
116
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61066226ba709e558f56d022/opini-ternyata-ini-loh-yang-bikin-mahasiswa-stres-hingga-depresi-karena-skripsi
Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.
Lapor Hansip
01-08-2021 15:58

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Past Hot Thread
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.

Namun terdapat permasalahan yang terjadi selama mahasiswa mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswa mengalami stres yang berat hingga depresi dan parahnya nekat melakukan bunuh diri.

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Disini ane ingin mengutarakan opini mengapa skripsi membuat mahasiswa stres hingga depresi emoticon-Malu

1. Pemikiran dari dosen pembimbing I berbeda dari dosen pembimbing II


Judul ditolak dengan alasan yang konyol


3. Revisi-revisi dan penolakan judul oleh dosen penguji sempro


Menurut ane ketiga hal itu bisa membuat mahasiswa mengalami stres berat hingga depresi belum lagi beban ekonomi dan keluarga.

Kalau ane pikir-pikir skripsi memang penting namun nampaknya budaya pengerjaan skripsi di Indonesia lah yang membuat banyak mahasiswa yang mengalami stres berat hingga depresi, menurut ane budaya pengerjaan skripsi di Indonesia tidak efektif dan efisien dan terasa seperti mengengkang kreativitas mahasiswa dalam penelitian. Mahasiswa seperti kurang dibebaskan untuk menunjukkan kualitasnya dalam menulis karya ilmiah berupa penelitian.

Stres saat pengerjaan skripsi bisa melebihi stres di dunia kerja. Walaupun begitu tak sedikit mahasiswa yang berhasil menyelesaikan skripsi dan lulus. Faktor dapat menyelesaikan skripsi tidak hanya pintar di akademik namun ada faktor lingkungan dan keberuntungan yang mempengaruhi nya.

Belakangan ini ada usulan penghapusan skripsi atau skripsi tidak diwajibkan sebagai syarat lulus sarjana namun banyak yang kontra, kalaupun mau tetep skripsi sebagai syarat wajib menurut ane budaya skripsi perlu dikaji lagi agar lebih efektif dan efisien sehingga tidak membuat mahasiswa merasa stres hingga depresi.

Mau bagaimanapun masalah stress hingga depresi yang dialami oleh mahasiswa saat mengerjakan skripsi tidak bisa diabaikan dan diremehkan ini udah masalah yang sangat serius apalagi sampe ada yang bunuh diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
01-08-2021 22:15
Skripsi sampai depresi.... terlalu berlebihan dalam menghadapi masalah itu namanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
01-08-2021 17:04
ane tambah depresi kalo liat temen-temen angkatan pada lulus duluan emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
02-08-2021 10:41
intinya sih jangan malas, dulu waktu nyusun skripsi ada aja rasa malasnya
sampe gak bimbingan satu bulan, dosen pembimbing sampe bilang "kamu kemana aja? kalo kayak gini kapan mau maju sidang?"
pas udah mau acc dosen pembimbing II buat maju sidang malah ada aja yg perlu diperbaiki dan itu ga sedikit
karena waktu itu pengen lulus dan kebetulan temen" 1 angkatan jg udah banyak yg lulus ya dikerjain 1-2 hari full, akhirnya pas sidang dapet nilai A
emang sih kadang" antara dosen pembimbing I dan II susah sinkron dan ini kadang yg bikin mahasiswa jadi malas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 05:59
Udah ada judul, kemudian sidang proposal bab 1,2,3 kelar disuruh ganti? Pertanyaannya si mahasiswa atau mahasiswinya sering konsultasi gak sama dosen? Bisa meyakinkan dosen gak saat kasih judul dan diskusinya?klo udah pasti pas proposal gak akan suruh ganti. Klo masih suruh ganti minta dan cari dosen pembimbing skripsi yg minimal S3 atau profesor, jadi klo pas sidang dpt pembimbing yg setara atau di bawahnya boasanya gak akan protes untuk ganti judul atau ganti penelitian.

Sebenarnya yg di streskan oleh mahasiswa saat skripsi itu adalah DITOLAK dengan pembimbing. Memilikibrasa di tolak itu pasti bikin kesel, sedih dsb. Yah ibarat kata kayak ditolak sama genetan Atau diputisin pacar pasti menyakitkan.

Perasaan ditolak inilah yang bisa menyebabkan kita malas mengerjakan skripsi. Ditambah dosennya sibuk, di cari di kampus jarang bgt ada si kantor dsbnya.

Kuncinya... semangat!!! Berdoa dulu sebelum ketemu dosen pebimbing, doanya ditambah dengan kalimat, semoga di beri kekuatan dalam menghadapi dosen nanti hingga lulus. Jgn cuma berdoa semoga cepat lulus aja, tp mental diri sendiri perlu di doakan juga.
profile-picture
profile-picture
Gailham dan Teodoremuantavv memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 05:14
gk jg, gw s2 total habis 5th.
sabtu minggu msh paket malem warnet main dota, tergantung kite nya serius gk jalanin hidup.
profile-picture
profile-picture
Gailham dan Teodoremuantavv memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
02-08-2021 07:05
Sebenarnya tujuan utama skripsi buat mahasiswa S1 itu adalah gimana cara biar kita bisa menulis ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan. Urusan data bisa dipake atau tidak itu belakangan.
profile-picture
profile-picture
lunar1980 dan Zedcool memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
02-08-2021 05:42
Emng harus dikaji lagi kebijakan skripsi, krna kbnyakan S1 diluar ga mewajibkan skripsi/penelitian kecuali jurusan tertentu. Penelitiannya jg simpel ky jurnal/paper biasa, tp tetap berbobot.

Kuliah di indo terlalu di buat 'istimewa'. Wajib skripsilah, ospeklah, dll. Sebutan siswa pake maha aja cuma ada disini. Padahal siswa biasa aj udh cukup emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan Mobakokplagiat memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
01-08-2021 21:31
Dulu ane pernah juga mengalami masa-masa sulit skripsi, bahkan pernah gagal juga trus ngulang lagi dan berhasil.

Pesan ane buat yg masih skripsi: Fokus mengerjakan skripsi, jangan terpengaruh hal2 lain seperti main game, jangan menunda2 pengerjaan skripsi, kalo ada revisi langsung diselesaikan, harus lebih aktif saat bimbingan dengan dospem, harus pintar2 mengatur waktu, dan jangan lupa berdoa
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
RifanX dan Mobakokplagiat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
01-08-2021 19:09
masih bersyukur bisa meneruskan kuliah gan.. ane cuma sampai SMA doang
profile-picture
profile-picture
RifanX dan Mobakokplagiat memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 13:27
Ini momok yang paling ditakutkan mahasiswa semester akhir emoticon-Takut
profile-picture
Mobakokplagiat memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia