others
Batal
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6104d14395cf1e2a33126c30/5-drama-korea-yang-bikin-kita-melek-soal-finansial
Nonton drama Korea nggak hanya jadi hiburan semata. Tapi dari tontonan satu ini juga bisa belajar tentang banyak hal. Selain secara nggak langsung belajar tentang budaya Korea Selatan, pesan-pesan moral tentang kehidupan juga bisa dipetik dari drama Korea. Nggak jarang, banyak drama Korea yang punya jalan cerita yang relate dengan cerita keseharian. Nggak melulu soal menjaga hubungan dengan kekasi
Lapor Hansip
31-07-2021 11:27

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

Nonton drama Korea nggak hanya jadi hiburan semata. Tapi dari tontonan satu ini juga bisa belajar tentang banyak hal. Selain secara nggak langsung belajar tentang budaya Korea Selatan, pesan-pesan moral tentang kehidupan juga bisa dipetik dari drama Korea. Nggak jarang, banyak drama Korea yang punya jalan cerita yang relate dengan cerita keseharian.

Nggak melulu soal menjaga hubungan dengan kekasih atau memperjuangkan impian, lewat drama-drama ini kamu juga bakal dapat pelajaran tentang finansial. Abis nonton deretan drama ini, kamu bakal yakin betapa pentingnya punya planning keuangan buat masa depan. Dibalut dengan genre romance dan drama, drama-drama ini juga bikin baper dan seru buat diikuti. Nah, berikut deretan drama Korea yang bikin melek finansial.


Because This is My First Life

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

Tayang pada 2017, 'Because This is My First Life' menyoroti masalah yang sering dihadapi orang-orang usia 30-an ke atas. Masalah yang mereka hadapi jelas nggak jauh-jauh dari keluarga, pekerjaan, jodoh sampai finansial. Drama ini berfokus pada kehidupan Yoon Ji Ho (Jung So Min), seorang asisten penulis naskah drama yang nggak cukup uang buat sewa kamar.

Ia kemudian dipertemukan dengan Nam Se Hee (Lee Min Ki), seorang yang sedang mencari teman sekamar agar bisa mendapat pemasukan bulanan. Mereka kemudian memutuskan untuk menikah kontrak agar bisa tinggal bersama. Mengusung genre komedi-romantis, drama ini bikin kamu sadar kalau menikah juga perlu persiapan finansial secara matang. Lewat karakter Yoon Ji Ho, penting untuk bisa mengatur keuangan meski sudah punya penghasilan tinggi. Jangan sampai dibikin susah sama yang namanya cicilan deh.


When the Camellia Blooms

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

Sadar nggak, kalau 'When the Camellia Blooms' nggak hanya sekadar menghadirkan kisah cinta dan hubungan antara ibu dan anak? Drama yang tayang pada 2019 ini juga ngajarin gimana pentingnya punya tabungan di hari tua. Nggak cuma buat diri sendiri, tabungan tersebut nantinya juga bisa digunakan buat anak cucu.

Pesan tersebut disampaikan lewat karakter Jung Sook, ibu Dong Baek (Gong Hyo Jin) yang tiba-tiba muncul di hadapan sang putri setelah 27 tahun menghilang. Meski terkesan jahat karena ninggalin sang putri, tapi ternyata Jung Sook membeli tetap punya rasa peduli sebagai ibu. Selama berpisah dengan sang putri, ia membeli asuransi jiwa yang preminya rutin dibayarkan.

Muncul dalam kondisi mengidap penyakit ginjal, Jung Sook menunjuk Dong Baek sebagai ahli waris asuransinya bila sesuatu terjadi padanya. Meski masih menyisakan rasa kesal, namun tindakan sang ibu tersebut membuat Dong Baek percaya bahwa ibunya nggak sepenuhnya berbuat jahat.


The World of The Married

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

Drama satu ini nggak hanya ngajarin gimana caranya mempertahankan hubungan pernikahan. Di balik konfliknya yang bikin emosi tingkat tinggi, drama ini juga secara nggak langsung bikin kamu melek finansial. Terutama keuangan setelah menikah. Dalam yang tayang pada 2020 ini menyelipkan pesan tentang pentingnya perencanaan dan laporan keuangan. Sebagai ibu rumah tangga, cewek harus sedikit tahu tentang pengelolaan keuangan, termasuk aset-aset selama menikah yang harus disepakati.


Start-Up

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

Drama yang juga ngehits banget di 2020 ini nggak hanya ngajarin kamu gimana caranya ngebangun sebuah perusahaan, tapi juga bikin melek finansial di segala lini. Selain bikin paham tentang istilah dan pola investasi, kamu juga dikasih tahu tentang mengatur keuangan dalam sebuah perusahaan.

Nggak cuma itu, bagi kamu yang sedang merintis usaha, penting banget buat memperhatikan kondisi keuanganmu. Harus pintar-pintar saving money, buat jaga-jaga kalau terjadi sesuatu sama usahamu. Di drama ini pula, kamu bakal dapat tips soal investasi yang baik. Drama ini juga nyenengin buat ditonton lewat cerita cinta dan persahabatannya.


Monthly Magazine Home

5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial

Drama bertema slice of lifesatu ini nggak hanya nyenengin dari segi cerita, tapi juga pesan-pesan soal mengelola keuangan diri sendiri biar mapan secara finansial. Drama yang tinggal menyisakan dua episode ini punya dua karakter utama yang bertolak belakang. Na Young Won (Jung So Min), seorang editor sebuah majalah yang sudah bekerja selama 10 tahun, tapi masih kesulitan buat beli rumah.

Sedangkan Yoo Ja Seong (Kim Ji Suk), punya finansial mapan yang menjabat sebagai bos properti tajin melintir di usia yang masih 30-an. Lewat karakter Yoo Ja Seong kamu bakal dapat banyak tips gimana biar bisa mapan secara finansial. Strategi saving money tersebut juga diterapkan oleh Na Young Won yang sudah mulai sadar betapa pentingnya punya tabungan.

Strategi keuangan yang dibagikan Ja Seong antara lain, banyakin side job biar bisa nabung selagi masih muda. Jangan beli barang yang nggak penting, bikin pengeluaran harian dengan membatasi limitnya, biar nggak asal ngeluarin uang. Penting juga nih buat bikin tabungan harian yang dimulai dari nominal kecil yang lama-lama bisa jadi bukit.


foto: hancinema

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
5 Drama Korea yang Bikin Kita Melek Soal Finansial
31-07-2021 15:01
udah nonton semua(mm tinggal 2 eps lagi) dongemoticon-Wkwkwk
sejauh ini yg paling klop/relate ama ane mm ama because this is my first life:
emoticon-Request
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia