Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
120
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6102a986d0bab3262b09305d/jangan-asal-nyelonong-motor-keluar-gang-ternyata-ada-aturannya
Untuk menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berkendara, diperlukan sekumpulan aturan. Selain aturan, berkendara itu juga ada etika yang harus dipahami. Kedua hal tersebut harus benar – benar diterapkan di jalanan.
Lapor Hansip
29-07-2021 20:13

Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!

Past Hot Thread

Untuk menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berkendara, diperlukan sekumpulan aturan. Selain aturan, berkendara itu juga ada etika yang harus dipahami. Kedua hal tersebut harus benar – benar diterapkan di jalanan.

Nah, salah satu kebiasaan pengguna kendaraan atau motor yang melanggar aturan adalah kebiasaan pengguna motor yang keluar gang tanpa “permisi” alias asal nyelonong saja. Pasti Agan dan Sista banyak nemuin orang yang kayak gini kan...

Meskipun terlihat sepele, ternyata berkendara keluar di persimpangan atau gang itu ada aturannya loh GanSis. Ini bukan sembarang aturan GanSis, ada undang – undang yang mengatur hal ini.

 Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!

Menurut UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 113, pada persimpangan sebidang yang tidak dikendalikan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu merah, pengemudi wajib memberikan hak utama kepada beberapa kendaraan lain. Soal etika keluar dari gang atau jalan yang lebih kecil, Pasal 113 poin b menyebut, pengemudi harus memberikan hak utama kepada kendaraan dari jalan utama jika pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

Tuh GanSis, di undang – undang tersebut jelas disampaikan bahwa pengguna motor harus memberikan hak utama kepada kendaraan dari jalan utama, jadi jangan asal main gas aja GanSis. Apa susahnya untuk berhenti atau memperlambat kendararan di mulut gang/jalan kecil? Toh itu semua untuk keselamatan bersama.

Bukan sekali dua kali adanya tabrakan karena pengendara main nyelong aja ketika keluar gang tanpa melihat kondisi jalan utama. Bahkan gak jarang juga yang merasa benar terhadap apa yang ia lakukan, padahal udah jelas – jelas itu salah. Kalau pun tidak terjadi tabrakan, biasanya pengendara dari jalan utama akan kaget dengan kelakuan nyelonong seperti itu. Hal ini tentunya akan menghilang fokus ketika berkendara.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
29-07-2021 22:49
Makhluk selonong boy ginian biasanya emak emak, bocah pake metik, sama akamsi yang merasa hafal wilayah.

Mereka akan mulai sadar dan hati hati, kalo udah pernah mencium aspal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 03:30
Coba selonong boy dijalur kontainer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 08:25
Sering ditemukan di negri ini terutama bocil dan emak emak yg udh diklakson kenceng tetep gak merasa bersalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 09:34
Dipikirnya belok kiri langsung jalan terus. Yg namanya keluar gang mau belok kanan atau belok kiri yaa mesti berhenti dulu tengok kanan & tengok kiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 09:46
bulan kemarin, gw jg nyaris nabrak bocah seumuran smp bonceng 3 naik matic, gara2 keluar gang ke jalan raya seenak jidat
gw ny ga nabrak, eh ttp gw ditabrak dari belakang krn rem mendadak emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 10:42
Yg kyk gini bnyk yg matic krn org belajar matic 2-3 hari udah berani ke jalan... Ga kyk dulu, org belajar motor kopling paling cepet 1 bulan baru berani ke jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PACIFIC2012 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 11:07
yah pake logika dasar aja sih, memastikan aman, liat dulu kiri kanan, baru keluar dari gang. Masak urusan dasar gini aja kudu diajarin.

Kalo kecilnya tiap kejedot yang disalahin lantainya emang suka kebalik balik logikanya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabriel.h dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 12:48
Sambil cekikian rada kenceng. Keluar gang. Tetiba brak.. Seketika hening. Ga lama orang tua nya datang emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
30-07-2021 13:13
kalo belum kena azab kesrempet mobil, muka ngamplas aspal, patah tulang biasanya sulit sadarnya gan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 00:03
Asu nih pengendara motor macem ginian.

Lu dari gang atau jalan yang lebih kecil ya berenti dulu lah liat kiri-kanan, ini main nyelonong aja emoticon-fuck

Kalo nyenggol mobil paling minta maaf terus lari, coba kalo kesenggol drama jatoh kesakitan minta duit ganti rugi emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 00:10
Memang masih banyak monyet yg nyelonong seenaknya aja dr dlm gang seolah jalan utama kosong trus.. 🙆
profile-picture
profile-picture
jlamp dan pakisal212 memberi reputasi
2 0
2
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 00:20
yg sekedar bisa ga bakal ngerti aturan...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jlamp dan pakisal212 memberi reputasi
2 0
2
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 00:26
warga indonistan ga paham

semua jalan d anggap jalan utama

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yfel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 00:35
Nah gini. Paling rentan kecelakaan tuh dr sisi sini jugs
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:13
Deket rmh gw banyak yg main gas aja 😡, keluar gang main gas aja , apalagi sambil gonceng 3 😩
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:15
Biasa banyak ditemukan di malam minggu
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:16
Percuma karena mereka pemotor tidak peduli dengan aturan ini. Kalau sampai terjadi kecelakaan, mereka yang marah dan tidak mau di salahkan. Apa lagi kalau konfliknya dengan mobil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatur1 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:20
Biarin aja.biar dirasain kalo ditabrak
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:35
Parah tu emak2, udah selonang-selonong keluar gang giliran kena tabrak merasa paling benar pula. Pakai minta ganti rugi lagi. 😓😓😓
Diubah oleh dxbike
profile-picture
profile-picture
jlamp dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:36
Klo nemu kyk gini biasanya gw teriakin nama binatang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arywibie dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia