News
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61024f87e56cfa5cf94325c4/booster-vaksin-dosis-ketiga-sinovac-tingkatkan-respon-imun-hingga-5-kali-lipat
Ada tanda-tanda bahwa perlindungan kekebalan dari vaksin virus corona, CoronaVac Sinovac, yang paling banyak digunakan di dunia, turun secara signifikan setelah enam hingga delapan bulan. Tetapi suntikan booster meningkatkan level tiga hingga lima kali, sebuah studi baru menemukan.
Lapor Hansip
29-07-2021 13:49

Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat

Past Hot Thread
Quote:
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat


Bisnis.com, JAKARTA - Ada tanda-tanda bahwa perlindungan kekebalan dari vaksin virus corona, CoronaVac Sinovac, yang paling banyak digunakan di dunia, turun secara signifikan setelah enam hingga delapan bulan.

Tetapi suntikan booster meningkatkan level tiga hingga lima kali, sebuah studi baru menemukan.

Studi yang dipublikasikan di Medrxiv.com tanpa peer review ini dilakukan ketika beberapa negara, termasuk Thailand, Indonesia dan Turki, mempertimbangkan untuk menawarkan suntikan booster ketiga kepada orang-orang dalam kelompok usia berisiko tinggi dan lebih tua.

Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat

Sejak Mei tahun lalu para peneliti, melansir abc-cbn dan South China Morning Post, Kamis (29/7/2021), termasuk Yu Hongjie dari sekolah kesehatan masyarakat Universitas Fudan, dan Zhu Fengcai, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Jiangsu, telah menguji imunogenisitas, yakni kemampuan sel atau jaringan untuk memprovokasi respon imun dari  Vaksin CoronaVac Sinovac, di mana 3,73 miliar dosis telah diberikan di seluruh dunia. 

Ini adalah salah satu dari dua vaksin yang diluncurkan di Hong Kong.

Mereka sedang menyelidiki berapa lama CoronaVac menginduksi kekebalan, apakah suntikan booster akan diperlukan dan, jika demikian, waktu optimal booster.

Peserta secara acak ditugaskan ke kelompok dan diberikan dua dosis baik 14 hari atau 28 hari terpisah.  Setiap kelompok diberikan dosis 3 mikrogram, dan dosis 6 mikrogram yang lebih tinggi atau plasebo.  Empat minggu kemudian, konsentrasi antibodi yang lebih tinggi ditemukan di antara mereka yang telah divaksinasi dengan jarak antar dosis yang lebih lama.

Tetapi enam hingga delapan bulan kemudian, konsentrasi antibodi penetralisir, indikator kekebalan yang disebabkan oleh vaksin - dari semua peserta dua dosis menurun di bawah "batas seropositif" yang ditetapkan oleh para peneliti, menurut makalah itu.

Sekitar 540 peserta menerima suntikan ketiga pada interval yang berbeda – setelah 42 hari, 56 hari, 194 hari atau 208 hari untuk mengetahui rejimen terbaik untuk suntikan booster.  Untuk interval pendek dari suntikan ketiga, 42 hari dan 56 hari setelah dosis kedua, tingkat antibodi penetral naik sedikit atau sedang, menurut tes 28 hari setelah suntikan ketiga, dan mereka turun ke hampir ambang batas seropositif enam  bulan kemudian.

Mereka yang divaksinasi dengan suntikan ketiga dengan interval yang lebih lama enam hingga delapan bulan, memiliki tingkat antibodi penetralisir tiga kali hingga empat kali lipat dari vaksin jangka pendek, tanpa perbedaan yang signifikan antara kelompok dosis.

Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat

“Hasil kami menunjukkan bahwa dua dosis CoronaVac menginduksi imunogenisitas yang baik.  Meskipun tingkat antibodi penetral menurun hingga mendekati batas positif 8 setelah enam bulan, jadwal vaksinasi dua dosis menghasilkan memori kekebalan yang baik, ”tulis para peneliti.

Dosis ketiga, diberikan pada interval enam hingga delapan bulan setelah dosis kedua, menyebabkan peningkatan yang kuat dalam respon imun. Peningkatan sesuai dengan tiga kali lipat peningkatan titer antibodi penetral 28 hari setelah dosis kedua, menunjukkan  respons sel B memori anamnestik.

Para peneliti tidak secara langsung mengusulkan kapan dosis ketiga CoronaVac akan cocok untuk dilakukan, tetapi mengatakan waktu dosis booster harus mempertimbangkan situasi epidemi lokal, risiko infeksi dan pasokan vaksin serta faktor lainnya.

Zhuang Shilihe, seorang ahli vaksin yang berbasis di Guangzhou, mengatakan meskipun masih belum jelas berapa banyak perlindungan yang akan ditawarkan antibodi penetralisir dalam tingkat batas serapositif yang ditetapkan dalam penelitian ini, tingkat antibodi setelah enam hingga delapan bulan adalah "sangat rendah",  hasil yang diharapkan karena keterbatasan vaksin yang tidak aktif.

Meskipun vaksin dapat menginduksi “respon sel memori B”, vaksin tersebut masih lebih disukai untuk menginduksi tingkat antibodi penetralisir yang lebih tinggi untuk perlindungan segera.

“Butuh waktu untuk meningkatkan respons imun oleh sel B memori.  Anda mungkin terbunuh sebelum kekebalan Anda membunuh virus, ”kata Zhuang.  “Itulah mengapa penting untuk memiliki antibodi penetralisir tingkat tinggi untuk mencegah menjadi sakit, sakit parah, atau sekarat.”

Dia mengatakan perlu waktu untuk melihat bagaimana tingkat antibodi penetralisir turun enam bulan setelah suntikan booster dengan interval yang lebih lama, tetapi dia memperkirakan itu akan lebih tinggi daripada suntikan booster dengan interval yang lebih pendek.


Para peneliti mengatakan sulit untuk secara langsung membandingkan perkiraan dalam temuan dengan vaksin lain seperti Moderna dan AstraZeneca karena metode pengujian yang berbeda, kurangnya metode laboratorium standar untuk netralisasi virus corona dan masalah lainnya.

Penelitian dilakukan di antara orang dewasa sehat berusia 18 hingga 59 tahun dan tidak termasuk mereka yang berisiko lebih tinggi terkena dampak parah dari virus dan juga tidak menilai efek samping vaksin yang langka.

Dalam Preprint di The Lancet, artikel lain menunjukkan bahwa 623 efek samping tercatat dari 7,12 juta dosis vaksin Covid-19 yang diberikan – termasuk 608 juta dosis CoronaVac – di kota Dalian, Tiongkok utara, dari November hingga Juni.

Lebih dari 87,3 persen dari mereka dikonfirmasi sebagai reaksi vaksin minor yang umum.  Ada lima kasus anafilaksis yang sangat jarang setelah vaksinasi (0,7 per 1 juta dosis).  Tujuh reaksi negatif diklasifikasikan sebagai serius tetapi hubungan sebab akibat dengan vaksinasi dikesampingkan.

Efek samping parah setelah imunisasi lebih rendah dari keseluruhan tingkat efek samping parah dari vaksinasi non Covid-19 di masa lalu, tulis para peneliti dari Universitas Fudan dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dalian.

Sumber :
https://m.bisnis.com/lifestyle/read/...a-5-kali-lipat


Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 13:52
tiati Ade ya drunemoticon-Mewek
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 13:57
profile-picture
profile-picture
kyoryo dan davidcormac memberi reputasi
1 1
0
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 14:03
Tolong diterjemahkan ke bahasa kadruns, nanti ada kadruns bilang sinovac gak transparan, gak pernah publikasi hasil tesemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomato1988 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 14:14
namanya juga lagi jualan obat..ya harus bagus.....tokcer n meningkatkan imun...ayo beli lagi..suntik lagi ...ayo..varian baru tar muncul lagi...suntuk lagi.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 14:16
banyak kok nakes yang sudah 3x sinovac karena manfaatkan vaksin sisa dari pada dibuang.
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan chatcare memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 14:26
Mantap booster. Ane yang kedua ga dapat-dapat katanya stok kosong mewek
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 14:33
Ga yakin deh..masih trial n error kok
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 14:35
Ane suntikan kedua aja udh ga dapet"

Itu 6 bulan lalu pula

Mau suntik merk lain katanya bahaya

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 15:05
Dah ke 3 aja

rakyat masih banyak belom kebagian

emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan chatcare memberi reputasi
2 0
2
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 15:21
Ga masalah asal kaga ngantri sampe 1000 orang satu tempat kecil emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
judogal dan chatcare memberi reputasi
2 0
2
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
29-07-2021 15:36
pakenya booster luar pa dalam ni? emoticon-Kagets
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 08:54
Kalo vaksin dosis ke 3 lintas merek vaksin bisa ga sih?
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 09:30
Quote:Original Posted By tmgila
Kalo vaksin dosis ke 3 lintas merek vaksin bisa ga sih?


Resiko ditangung masing masing.
emoticon-Big Grin

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 19:03
Semoga aja benar
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 19:10
Gimana kalo 30x? Mantab tuh minder kopitnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 19:10
Semoga bermanfaat
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 19:21
Sip, ane siap. emoticon-Cool
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 19:21
Quote:Original Posted By pabloo
Semoga bermanfaat




Aamiin.

Jangan lupa like dan share-nya.
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat
30-07-2021 19:27
Quote:Original Posted By lupis.manis
Sip, ane siap. emoticon-Cool


Quote:Original Posted By lupis.manis
Aamiin.

Jangan lupa like dan share-nya.


Klik langsung
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia