Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610229100632a7364410cc72/tragedi-bradford-kasus-keracunan-massal-pertama-dalam-sejarah-inggris
Pada tanggal 30 Oktober 1858, sekumpulan permen yang secara tidak sengaja dicampur dengan bahan kimia yang mengandung arsenik dijual di sebuah kios pasar di Bradford, Inggris. Lebih dari 200 orang telah mengkonsumsinya, dengan sebagian besar dari mereka menjadi sakit. Ada 21 orang, termasuk anak-anak menjadi korban meninggal akibat dari mengkonsumsi permen tersebut, yang ternyata menjadi salah sa
Lapor Hansip
29-07-2021 11:05

Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
Pada tanggal 30 Oktober 1858, sekumpulan permen yang secara tidak sengaja dicampur dengan bahan kimia yang mengandung arsenik dijual di sebuah kios pasar di Bradford, Inggris. Lebih dari 200 orang telah mengkonsumsinya, dengan sebagian besar dari mereka menjadi sakit. Ada 21 orang, termasuk anak-anak menjadi korban meninggal akibat dari mengkonsumsi permen tersebut, yang ternyata menjadi salah satu peristiwa keracunan massal pertama dalam sejarah Inggris.

Pengalaman Mudik Jakarta – Rembang Bersepeda Motor

William Hardaker adalah pembuat permen terkenal yang berjualan di Greenmarket, Bradford. William dikenal setelah permen hitam putih yang merupakan salah satu produknya menjadi populer. Hardaker juga menjual permen dari seorang pemasok bernama Joseph Neal yang memiliki tempat produksi tak jauh dari pasar. Neal membuat berbagai produk permen dan sering membuat permen dengan bahan-bahan yang tidak standar untuk menghemat biaya. Gula yang mahal, sering diganti dengan bubuk kimia yang murah. Hal tersebut adalah praktik umum pada saat itu. Semua orang menyukainya, tetapi semua orang juga mengetahui bahwa ada bahan kimia dalam permen yang mereka makan.
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
Pada tanggal 30 Oktober 1858 Joseph Neal menyuruh seseorang untuk membeli beberapa bahan pembuat permen dari sebuah apotek atas namanya. Apoteker yang biasa bekerja sedang sakit pada hari itu dan seorang asisten muda menggantikannya. Asisten apoteker salah mengambil bahan yang biasa dibeli oleh Neal. Apa yang dia berikan pada pesuruh Joseph Neal adalah bahan kimia yang berbeda.


Orang suruhan Neal kembali ke bengkel dan menyerahkan zat beracun itu kepada salah satu pembuat permen yang bekerja di sana. James Appleton, yang waktu itu bekerja sebagai pembuat permen mengeluh kesakitan ketika proses pembuatan permen. James sakit selama beberapa hari sesudahnya, dengan gejala muntah, rasa sakit di tangan dan lengannya tetapi dia tidak menyadari kondisinya karena keracunan. James Appleton, melihat ada perbedaan bentuk dan warna permen dari yang biasanya, tetapi dia terlalu sakit untuk menyelidiki lebih lanjut.
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
Joseph Neal, juga memperhatikan bahwa permen tersebut terlihat tidak menarik, tetapi masih tetap ingin menjualnya demi mendapatkan untung. William Hardaker, memberikan diskon karena penampilan permen yang sedikit aneh dan sempat mencicipi beberapa permen sebelum menjualnya di kios pasarnya. Malam itu juga William Hardaker segera jatuh sakit tetapi tidak menghentikannya menjual permen yang mematikan itu.


Korban meninggal pertama adalah anak-anak. Diagnosa pertama, mereka telah meninggal akibat terserang kolera, penyakit yang umum pada saat itu. Mereka yang keracunan menderita muntah-muntah, sakit perut, dan diare hebat yang mengeluarkan darah. Sebuah cara yang buruk untuk mati, menyakitkan sekaligus menyiksa.
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
Namun, tak lama kemudian, lusinan orang meninggal dan jatuh sakit, polisi segera mengidentifikasi penyebabnya sebagai gejala keracunan. Permen itu disita dan diuji, dan ternyata mengandung bubuk arsenik yang cukup untuk membunuh 2.000 orang. Jumlah kematian akibat permen tersebut 21 orang, dengan sekitar 200 orang menderita efek sakit parah akibat mengonsumsi permen.


Apoteker dan asistennya serta Joseph Neal diseret ke pengadilan tetapi akhirnya dibebaskan dan diberhentikan begitu keadaan keracunan diketahui sepenuhnya. Dengan segera pemerintah setempat membuat undang-undang peraturan tentang penggunaan bahan kimia untuk makanan. Kasus keracunan massal terburuk dalam sejarah Inggris tersebut akhirnya menghasilkan peraturan yang lebih baik tentang kualitas makanan yang lebih baik untuk semua orang.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:







Diubah oleh ashibnu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deddydded dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:09
Klo dsni mah
Udh biasa mknan nyampur ngasal
Tukang branak
Mati mah biarin aja emoticon-Ngakak
profile-picture
benche87 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:21
Dibebaskan karena belum ada undang2 yang mengatur tentang makanan
profile-picture
profile-picture
gh20 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:45
jaman dulu ada reportase investigasi belum yaa



hmmm awalnya saya coba2emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:49
serem bray
0 0
0
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:51
Waow ternyata d eropah juga pernah mengalami akal2an jualan demi mengejar harga yg murah yak.. kirain cuma terjadi di negeri ogut ajah... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:57
Swrem beedd asli....

Apa kabar kalo obat pembesar alat vit@l yg abal2 kwkwkw

Nih yg ga abal2 dan udah BPOM www.thrudr.co.id
0 0
0
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 17:59
bubuk arseniknya atau bahan kimia yg salah itu apa gan jenisnya?
Diubah oleh terjengkang
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 18:02
Mirip permen blaster ya emoticon-Bingung
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 18:08
Awal awal kapitalisme y udah Ada yg jualan permen
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 18:12
Mungkin unsur "ketidaksengajaan" yg bikin mereka bebas, tp sanksi sosialnya pasti pedih itu emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 18:23
Gara2 UU nya blum ada, para pelaku bs bebas bgitu saja, pdhl korban tewas sdg diatas 20 org, gan....... emoticon-Frown
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 18:26
Ngeri gan emoticon-Takut
0 0
0
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:18
gara2 kesalahan 1 orang menwaskan puluhan bocah..btw para ortu korban apa ngga bisa nuntut ya?
Diubah oleh byakyo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:30
Diagnosa awal keknya asbun yak emoticon-DP emang apoteker tanggung jawabnya besar bet, salah ngasih barang bisa fatal akibatnya emoticon-DP
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:35
Inggris era itu mungkin indonesia era sekarang ya.
Masih banyak ditemukan di sini makanan berformalin.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:36
Parah banget pasti dampaknya krn Arsenik salah satu bahan kimia yg sangat berbahaya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:37
Ngeri juga, gegara permen sampe kejadian gini emoticon-Turut Berduka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:49
Untung permen yg pasar nya rata² anak² . Gak kebayang kalau itu makanan pokok yy dikomsumsi semua org emoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 19:53
Ternyata trik penjual curang sudah ada sejak jaman dulu.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tragedi Bradford, Kasus Keracunan Massal Pertama Dalam Sejarah Inggris
01-08-2021 20:12
waduh
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia