News
Batal
KATEGORI
link has been copied
299
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610135d9eab7ca1c9d55a240/indonesia-diprediksi-jadi-negara-terakhir-di-dunia-yg-keluar-dari-pandemi
\Indonesia diprediksi akan menjadi negara terakhir di dunia yang keluar dari krisis pandemi Covid-19 jika tidak ada kebijakan strategis yang luar biasa pada pemulihan kesehatan, kata seorang pakar.
Lapor Hansip
28-07-2021 17:47

Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi

Past Hot Thread
Judul asli: Covid: Kebijakan 'sarat kompromi politik dan ekonomi', Indonesia diprediksi akan jadi negara terakhir di dunia yang keluar dari krisis pandemi

Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi

Indonesia diprediksi akan menjadi negara terakhir di dunia yang keluar dari krisis pandemi Covid-19 jika tidak ada kebijakan strategis yang luar biasa pada pemulihan kesehatan, kata seorang pakar.

Pasalnya hampir satu setengah tahun pandemi berjalan, kebijakan yang diambil pemerintah lebih dipengaruhi oleh kompromi politik dan ekonomi ketimbang kesehatan.

Kondisi seperti ini, kata pengamat kebijakan publik, dikhawatirkan akan menggerus kepercayaan publik kepada pemerintah dan bisa memicu aksi protes.

Tapi pemerintah menampik anggapan itu dan menjanjikan penambahan anggaran APBN untuk kesehatan pada tahun depan.

Sepanjang pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu setengah tahun ini, pemerintah Indonesia setidaknya telah menelurkan lima kebijakan.

Mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Maret 2020, kemudian Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai Januari 2021.

Tak berselang lama pemerintah memberlakukan PPKM Mikro di seluruh provinsi yang mengatur hingga tingkat RT/RW. Setelah itu mengganti dengan PPKM Darurat pada awal Juli 2021 di provinsi Jawa-Bali lantaran melonjaknya kasus infeksi setelah Lebaran.

'Sarat kompromi'
Setelah habisnya jangka waktu penerapan PPKM Darurat, pemerintah memperpanjang dengan membuat aturan baru yakni PPKM level 1 hingga 4 sampai 2 Agustus mendatang.

Epidemilog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, menilai seluruh kebijakan pandemi Indonesia banyak dipengaruhi oleh kompromi politik dan ekonomi ketimbang kesehatan.

Ia mencontohkan kengototan pemerintah menggelar pilkada serentak pada Desember 2020 meski banyak penolakan dari pakar kesehatan.

Tapi selalu lemah pada pelaksanaan 3T (pengetesan, pelacakan, perawatan).

Pengamatannya hingga saat ini Indonesia masih berkutat pada rasio 1 banding 1 dalam melakukan pelacakan kontak erat Covid-19, jauh dari standar Badan Kesehatan Dunia, WHO, 1 banding 30.

"Di tahun pertama pemerintah meremehkan pandemi dan keputusan yang diambil tidak berbasis sains. Tahun kedua, mau jalan di dua kaki yaitu kesehatan dan ekonomi tapi tidak seimbang. Kesehatan berada di kaki yang lemah. Testing rendah, tracing sekadarnya, dilakukan pembatasan tapi sangat longgar," ujar Dicky Budiman kepada Quin Pasaribu yang melaporkan untuk BBC News Indonesia, Selasa (27/07).

Kebijakan yang sarat kompromi itu, kata dia, menimbulkan dampak besar pada sektor kesehatan. Indonesia berada di posisi teratas sebagai penyumbang kasus tertinggi harian dan kematian di dunia dalam beberapa hari terakhir.

Data Kementerian Kesehatan pada Selasa (27/07) menyebutkan tambahan kasus virus Corona sebesar 45.203 orang.

Adapun angka kematian lagi-lagi mencatatkan rekor tertinggi selama pandemi yakni 2.069.

"Inilah yang dihadapi Indonesia karena sudah menempatkan pilihan strategi yang salah dari awal sehingga masalah kesehatan terlanjur membesar. Mau tidak mau kita akan melihat kasus kematian dari hasil kompromi ini, kematian yang sangat banyak."

Dicky memprediksi Indonesia akan menjadi negara terakhir di dunia yang keluar dari krisis pandemi Covid-19 jika tidak ada "perubahan kebijakan strategis yang luar biasa".

Seperti menggenjot pengetesan dan pelacakan hingga tiga juta orang dalam sehari, menerapkan karantina wilayah, dan mempercepat vaksinasi.

Tampaknya Indonesia akan selesai belakangan dari situasi krisis pandemi. Ini bukan estimasi yang mengenakkan, tapi kondisi saat ini mengarah ke situ."

"Sebab Indonesia bukan tidak mungkin akan menghasilkan suatu varian virus baru dari pergerakan manusia yang tidak terkendali dari pulau-pulau lain. Potensi itu besar seperti pada kasus flu burung muncul strain super."

"Ketika swine flu juga Indonesia yang terakhir keluar dari wabah."

'Seperti tak ada skenario kebijakan yang matang'
Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia, Zuliansyah, menilai pemerintah tidak memiliki skenario kebijakan yang matang meski pandemi sudah setahun lebih berjalan.

Kebijakan yang kerap dikeluarkan, justru katanya, diambil tanpa mitigasi dan kerap mengikuti opini publik. Semisal vaksin individu berbayar yang akhirnya dibatalkan karena ditentang masyarakat.

"Saya khawatir belum ada skenario kebijakan (pandemi) sampai dua hingga tiga tahun ke depan. Pemerintah masih meraba-raba dengan pandemi yang berlangsung panjang bahkan ada gelombang varian baru, saya belum lihat skenario kebijakan ekonomi dan kesehatan," imbuh Zuliansyah kepada BBC News Indonesia.

"Padahal skenario ini seharusnya sudah dimiliki pemerintah terlepas situasinya tidak bisa diprediksi."

Jika kondisi ini terus berlanjut, kata Zuliansyah, maka ia khawatir "tingkat kesabaran masyarakat" akan meledak sehingga muncul ketidakpercayaan kepada pemerintah.

"Masyarakat mulai jenuh dengan kondisi ini. Kalau tidak diantisipasi dengan berbagai macam skenario kebijakan, saya khawatir akan terjadi demo seperti di negara lain."

Apa kata pemerintah?
Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Raden Pardede, menampik anggapan itu.

Ia mengatakan pemerintah dihadapkan pada pilihan yang sulit dalam membuat kebijakan pandemi.

"Ini antara life and livelihood. Itu pilihan yang sulit dalam hal ini pemerintah memutuskan gas dan rem. Tapi masalah kesehatan tetap diutamakan, bukan ekonomi," tutur Raden Pardede kepada BBC News Indonesia.

Pemerintah, sambungnya, mustahil menerapkan kebijakan karantina wilayah karena ketiadaan dana.

Oleh karena itu strategi terkini yang digencarkan pemerintah adalah mempercepat vaksinasi sembari memperbaiki fasilitas layanan kesehatan dan memperbanyak persediaan obat-obatan.

"Kalau membuat mereka total tidak bergerak, rasanya itu utopis. Idealnya bisa begitu, tapi kita tidak dalam keadaan ideal."

Selain itu, kata Raden, pemerintah juga sedang menggenjot pengetesan dan pelacakan di daerah-daerah yang angka kasus infeksinya tinggi.

Untuk tahun depan pemerintah berancang-ancang untuk menambah dana di sektor kesehatan dalam APBN.

"APBN tahun depan kemungkinan besar ditambah untuk memperbaiki fasilitas kesehatan. Lalu bagaimana kita memproduksi sebagian vaksin di dalam negeri dan mendorong universitas-universitas untuk menggairahkan research and development untuk vaksin dan obat-obatan."

"Jadi fasilitas rumah sakit, obat, dan vaksin harus diperbaiki tahun depan," katanya

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-57989244

Ujian sesungguhnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohri17 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 17:50
Sedih baca ny, tp emang benar, trlalu banyak yg grecokin, even dr koalisi sndiri, even dr partai sndiri 😔, belum dr dasterwan & dasterwati fetamburan + golongan ny yg selalu hoax dimana2 😔

Smg segera sehat indonesia-ku 🙏
Diubah oleh sub.zero.mk7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 45 lainnya memberi reputasi
45 1
44
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 17:52
gonta ganti istilah tapi minim di pelaksanaan dan pengawasan. mesti diakui, kecerdasan kolektif antara pemerintah dan masyarakat masih rendah di indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 17:55
Peneliti kadrun laknat jangan menyalahkan paduka ya. Paduka tidak pernah salah. Sabar kata paduka. Jadi kita harus sabar terus. Juli kita masuk sekolah, jadi kita harus masuk sekolah Juli. Yang berani membantah kadrun kalian semua. Titik

Oh ya ini salah kadrun semua kurang ajar berani ngerecokin pemerintah, tidak mau divaksin meski stok kosong, nyebar hoax secara masif meski kami juga ngehoax, mengkotak-kotakkan orang yang dukung pemerintah sebagai buzzerrp, kamu sendiri itu lho drun kadrun, saya lupa ngaca hehehe.
Diubah oleh topkomputer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 17:59
dipaksa sehat
dinegri yg udah disakitinemoticon-Leh Uga
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:07
Ga bakalan kaget kalo emang kejadiannya kayak gitu. Dan terus terang ga bakal kecewa juga secara udah ga ada harapan apa-apa terhadap pemerintah.


Jaga diri sendiri dan keluarga masing-masing emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:12
Covid-19 baru permulaan agan2. Di 2023 akan ada yg lebih dahsyat dampaknya. 🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aellous dan 10 lainnya memberi reputasi
9 2
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:14
Wuih keren kalau bisa muncul strain super emoticon-Matabelo


Menurut eike sih nanti covid jadi penyakit musiman di negri ini kaya demam berdarah

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:20
Berkat doa kyai dan qunut
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
_cr7 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:21
Bloomberg was right & too kind emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan pilotugal2an541 memberi reputasi
2 0
2
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:24
Duh semoga tidak ya
Vaksin jalan keluar terbaik saat ini
Yang belum vaksin buruan ya kalin emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
ksatriabajaputi memberi reputasi
1 0
1
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:25
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
_cr7 dan 9 lainnya memberi reputasi
6 4
2
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:26
Mungkin makan diluar waktunya perlu diperpendek jadi 10 menit
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:32
Dalam sistem akuntansi stock ada yang namanya...
FIFO (First In First Out)
LIFO (Last In First Out)
LILO (Last In Last Out)

Kalo Indonesia kira2 milih versi yg mana nih?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:35
kang dicky enak2 di aussie, dulu padahal dia pejabat di kemkes. coba pulang ke sini, balik ke kemkes. bereskan masalah di negeri yang hidupnya dari sudah pakai IoT sampai yang masih tinggal di goa aja ada itu nggak mudah.
memang diakui salahnya pemerintah adalah nggak bangun kapasitas untuk deteksi sejak awal. sudah tepat di awal2 tes dipusatkan di jkt, ini malah didistribusikan ke mana2. harusnya bangun lab PCR kapasitas besar di jkt sebanyak beberapa unit, per unit bisa tuh sampai 40 ribu sampel per 24 jam.
vaksinasi pun begitu tau ada yang 1x suntik cukup, harusnya secepatnya ganti arah ke sana supaya herd immunity cepat tercapai.
yang harus diingat, kalaupun sudah sampai ke angka 70% yang dapat vaksin, perang belum usai. ada 30% rakyat yang nggak vaksinasi, artinya sekitar 80 juta orang. 1%-nya aja sakit, RS kita tetap kolaps. bahkan 90% aja yang sudah vaksin, ada 26 juta orang yang rentan & kalau 1% sakit, tetap buat RS kolaps.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:36
di pelem2 kalo jagoan biasa nya dateng belakangan..

emoticon-Selamat
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:38
nasib negara miskin ya gini
rakyat miskinnya hobby beranak, negara sibuk subsidi

anggaran negara hingga 175T untuk menteri agama
anggaran kesehatan hanya 5,3T

partai2 sampah demi ambisi sendiri rela "bunuh" rakyat dengan ajakan provokasi hingga demo

lom lagi ustad gila yang benci pada pemerintah, lantas menanamkan kebenciannya pada segala kebijakan negara
dari tolak nutup masjid, hingga provokasi melakukan ibadah massal

di tambah nasbung goblok yang gampang di hasut
mau gimana lagi, terlahir tidak pernah make otak
hidup demi menciptakan keributan

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 34 lainnya memberi reputasi
34 1
33
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:41
lha dokter dari satgas kopitnya juga bilang ppkm darurat tuh gagal total........6 indikator sukses tidaknya ppkm tuh cuma satu yg tercapai..yg lainnya gagal capai target...tp ko masih di teruskan ...kan geblek....emang pemerintahnya yg ngaco...di kritik ma dokternya kaga di denger...malah sekarang ngurusin warteg makan 20 menit...ya pantes lah kaga beres2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
glorywar dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:42
kesalahan rakyat banyak disebar buzzer...

kesalahan rejim
1.nganggap remeh
2.pilkada
3.mudik ga boleh pulang kampung boleh
4.nyekar kemakam ga boleh tempat wisata dibuka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:42
Gimna mau cepet kelar
Wong gak bisa kolaborasi demi kepentingan bersama
Malah jadi bahan buat gorengan

Satu sisi dagelann semua,nasi kucing dll
Diubah oleh yunda.me
profile-picture
ngampasnism memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia diprediksi jadi negara terakhir di dunia yg keluar dari pandemi
28-07-2021 18:42
Kan syahid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vickytej2301 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia