Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ff47262e77ca403d47b3f1/mengerikan-9-gempa-bumi-dan-tsunami-besar-yg-pernah-terjadi-di-indonesia
Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng besar bumi. Posisi lempeng ini membuat Indonesia rawanย gempa bumi. Pada Jumat kemarin (2/8), Banten diguncang gempa berkekuatan 7,4 magnitudo. Bahkan getarannya terasa hingga Jakarta, Depok, dan Bogor.
Lapor Hansip
27-07-2021 06:37

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Perna Terjadi di Indonesia

Past Hot Thread
Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng besar bumi. Posisi lempeng ini membuat Indonesia rawanย gempa bumi.
Pada Jumat kemarin (2/8), Banten diguncang gempa berkekuatan 7,4 magnitudo. Bahkan getarannya terasa hingga Jakarta, Depok, dan Bogor.
Pulau Jawa kabarnya memiliki potensi mengalami tsunami hingga 20 meter tepatnya di bagian Selatan Pulau Jawa. Tsunami tersebut dipicu oleh gempa besar di zona megathrust.
Sebelum wacana ini mencuat akhir-akhir ini, sebenarnya Indonesia sudah beberapa kali dilanda gempa hingga ada yang menyebabkan tsunami.

Berikut beberapa gempa besar yang pernah terjadi di Indonesia, yang menyisakan ingatan hingga saat ini.


1. Gempa Aceh (2004)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Bencana alam ini terjadi pada tahun 2004, tepatnya pada 26 Desember. Guncangan gempa tersebut berkekuatan magnitudo sekitar 9,0. Gempa yang satu ini juga menyebabkan terjadinya tsunami setinggi hingga 30 meter.
Setidaknya bencana yang terjadi 16 tahun yang lalu itu menelan korban jiwa 283.000 dan lebih dari 14.000 orang hilang. Lebih dari 1 juta orang mengungsi akibat bencana tsunami yang dianggap terbesar sejak Indonesia merdeka.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

2. Gempa Yogyakarta (2006)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Daerah Istimewa Yogyakarta juga pernah dilanda gempa hebat pada tahun 2006. Kejadian pada Sabtu pagi 27 Mei 2006 ini berkekuatan 5,9 SR. Lebuh dari 5.700 orang meninggal dan 35.000 orang mengalami luka-luka dalam bencana ini.
Data mengungkapkan bahwa 204.831 di Yogyakarta rumah rusak akibat bencana ini. Sementara di Jawa Tengah ada 185.246 rumah rusak. gempa ini tidak menyebabkan tsunami.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

3. Gempa Sumatera (2005)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Gempa Bumi Sumatera terjadi 2005 tepatnya pada 23.09 WIB pada 28 Maret 2005 dengan kekuatan 8,6 magnitudo. Pusat gempa ini terjadi di bawah permukaan Samudra Hindia, 200 km sebelah barat Sibolga, Sumatera Utara atau sekitar setengah jarak pulau Nias dan Simeulue.
Gempa ini menelan korban lebih dari 1,000 jiwa dengan 300 orang korban luka-luka. Bahkan sempat disebut bahwa gempa kali ini merupakan gempa terbesar ke delapan di dunia sejak tahun 1900.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

4. Gempa Jawa Barat (2017)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Tiga tahun yang lalu, tepatnya pada 15 Desember 2017 terjadi gempa dahsyat yang melanda kawasan Jawa Barat. Kala itu, wilayah paling parah akibat gempa adalah Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis.
Gempa dengan kekuatan 6,9 SR ini berpusat di Tasikmalaya yang terjadi pada 23.47 WIB. Paginya, sempat kembali terjadi gempa dengan kekuatan 5,7 SR yang berpusat di 129 km dari wilayah Garut. Gempa ini dirasakan sampai wilayah Jakarta.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

5. Gempa Palu-Donggala (2018)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Gempa yang satu ini rasanya masih segar dalam ingatan karena terjadi pada 2018 lalu. Pada 28 September 2018, gempa dengan kekuatan 7,4 SR melanda Sulawesi Tengah dan menewaskan lebuh dari 2.000 orang dan lebih dari 670 orang dinyatakan hilang.
Gempa memporak porandakan kota Palu dan juga Donggala. Akibat gempa ini, muncul gejala likuefaksi alias pencairan tanah yang juga memakan banyak korban jiwa dan material.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

6. Tsunami Flores (1992)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Gempa bumi berkekuatan 7,3 SR terjadi pada tanggal 12 Desember 1992 yang memicu tsunami setinggi 36 meter di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Bencana tersebut diperkirakan memakan korban hingga 2.100 jiwa.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

7. Gempa Sumatera Barat (2009)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Gempa yang terjadi di Sumatera Barat terjadi pada tanggal 30 September 2009. Gempa yang berkekuatan 7,6 SR ini terasa di seluruh kawasan Sumatera, Jabodetabek, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Episentrum gempa terletak di sekitar 50 km lepas pantai barat laut Sumatera dengan kedalaman sekitar 87 km dari permukaan. Menurut data, peristiwa itu mengakibatkan 1.115 orang tewas.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

8. Gempa Lombok (2008)
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Rentetan gempa di Lombok pertama kali dirasakan pada tanggal 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4 SR. Sejak itu, terjadi rentetan gempa susulan dengan skala kecil hingga besar yang terhitung mencapai angka ratusan kali. Hingga saat ini korban jiwa yang tercatat telah mencapai 555 orang.

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

9. Gempa bumi Ambon (1674)

Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesiasumber foto

Gempa bumi mengguncang Ambon dan sekitarnya malam tanggal 17 Februari 1674. Gempa disusul tsunami dari Laut Banda yang dicatat oleh Georg Everhard Rumphius Seorang ilmuwan Eropa yang pernah tinggal di Ambon.
Gempa dan tsunami berdampak kerusakan rumah warga dan menelan korban jiwa yang di perkirakan mencapai 2.500 orang meninggal dunia.


Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohri17 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
27-07-2021 11:33

Semoga Tidak Terjadi Lagi..aminn

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pianpido dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
27-07-2021 13:45
Semoga kita skrg dijauhkan dari bencana seperti ini lagi, aamiin
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan volcom77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
27-07-2021 15:48
Gempa adalah proses terjadinya Pulau.
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
27-07-2021 15:52
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
27-07-2021 18:46
paman ane korban selamat tsunami aceh sekarang jadi trauma jika melihat laut.
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:10
Gempa aceh 2004 itulah yg paling mengerikan, gan....emoticon-Takut (S)
Diubah oleh yoseful
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:13
Saat gempa bantul Yogyakarta 2006
Saya saat itu kelas 5 sd, baru mau berangkat sekolah.
LINDU!!! LINDU!!! LINDU!!!
serem, ngeri, medeni
Walaupun saya di sleman, jarak sekitar 20an kilometer dari pusat gempa tapi tetap terasa kuat genpanya
Rumah saya retak, pagar depan rumah mau ambruk
Kerabat yang di bantul (pusat gempa) rumahnya banyak yang roboh, malioboro remuk, gejayan banyak yang ambruk
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:24
Gempa tasik yang 2009 (kalo gak salah) juga mestinya masuk sih, kuat banget, pertama kali ane ngerasain gempa besar ya waktu itu, walaupun jauh dari pusat gempa (ane di sumedang). Waktu itu kelas 4 sd, baru pulang sekolah agama, di rumah kayak ada yang jatuh nimpa lemari, terus terasa seisi rumah goyang2, langsung semuanya lari keluar rumah. Kalo diinget2 lagi serem bre, untungnya masih diberi keselamatanemoticon-Takut

Btw tsunami pangandaran (2006 atau 2007 ya, lupa lagi), tsunami kep mentawai (2010 kalo gak salah inget), tsunami banten (2018 ya), in memoriamemoticon-Berduka (S)
Diubah oleh fa.uz
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:24
jadi keinget dulu pas gempa jogja, masih kecil, di atas vespa goyang" pas mau masuk ke borobudur
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:28
Azab
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:30
tsunami aceh yang paling mengerikan emoticon-Takut
profile-picture
fa.uz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:31
Mau ke rinjani, udah pesan tiket pesawat sebulan sebelumnya pas hari minggu bangun tidur liat wa masuk dari tmn klo lombok gempa dan apakah w bakal tetep berangkat karena w sendirian, masih optimis klo ga ada gempa susulan eh pas hari seninnya klo ga salah ada gempa susulan ydh batal, ga tau harus sedih atau senang emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:32
yg gw rasain gempa tasik 2009

gw lagi di tasik. lagi bobo siang. terus kebangun.
jirrr.... liat empang. dikobok2 macem air di ember....
rumah tetangga banyak yg rubuh.

hidddiiihhh ngeriiii
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:39
masih mau ditambah lagi?
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:43
1. Gempa Aceh (2004)
posisi gua lagi di rumah, pas di atas tempat tidur tiba2 goyangnya keras parah, kayak di goncang paksa gitulah rasanya, semua orang keluar, dan panik tentunya, bahkan untuk berdiri aja rada susah krn kepala kayak terasa pusing

3. Gempa Sumatera (2005)
posisi gua lagi tidur, kebangun krn ada yg teriak teriak 'gempa gempa woi gempa bangun bangun'
kl ga salah sekitar jam 1 malam, seketika listrik mati, semua orng keluar, bahkan ada yg bilang air naik air naik, nambah panik lah situasinya, beruntung ga ada rumah yg rusak, tp akibat dr gempa itu pasokan listrik sangat terbatas, krn ada pemadaman sekitar 4-6 jam sehari dan berlangsung sekitaran 2-3 bulanan gitu lah

7. Gempa Sumatera Barat (2009)
ini pas posisi gua lagi di rumah juga, waktu sore2 abis pulang sekolah, anehnya cuma gua sendiri yg ngerasa rada goyang tp sebentar aja wktu itu



0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 13:49
Ane masih ingat waktu gempa Aceh, ane masih smp. Padahal ane di Medan, tapi goyangan gempanya kenceng dan lama banget. Bener2 itu gempa yang paling lama yang pernah ane rasakan. Lampu gantung di rumah sampai goyang kencang kayak ayunan, ane juga susah jalan karena tergoyang. Ngeri kalau diingat2 waktu itu... Semoga tak terjadi bencana besar seperti ini lagi..
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 14:04
Ane orang borneo, gak tau gimana gempa..abng ane kuliah di malang, pernah ngerasain gempa tapi karena belum tau itu gempa dikira truk besar aja lewat anteng aja nonton tv, tetangga kosnya ribut nyuruh keluar ada gempa br abng ane ngeh..emoticon-Takut
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 14:15
Nomor 4 yang gempa jawa barat tasik-garut itu beneran berasa sampai jakarta sih. jadi inget, siang-siang gempa langsung pada lari keluar gedung kantor semua. pada ngumpul di halaman gedung semua.
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 14:33
Tsunami aceh paling besar SRnya emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Mengerikan 9 Gempa Bumi Dan Tsunami Besar Yg Pernah Terjadi di Indonesia
29-07-2021 14:45
Cepat atau lambat gempa dan tsunami akan datang lagi sesuai jaljr ring of fire
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia