Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fbe345a72ffa660b27cd6d/bus-shd-apa-saja-kekurangan-dan-kelebihannya
Bagi seorang busmania, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah "SHD" atau Super High Deck, yang memang baru booming sekitar 5-6 tahun ini di dunia per-bus-an Indonesia. Pertama kali dipopulerkan oleh karoseri Adiputro di ajang GIIAS 2015 dengan Jetbus 2+ SHD yang dibangun diatas sasis Scania K360IB, bus SHD merupakan bus dengan lantai yang supertinggi dan bagasi yang sangat besar.
Lapor Hansip
24-07-2021 16:54

Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kekurangan dan kelebihan bus SHD atau Super High Deck.


Bagi seorang busmania, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah "SHD" atau Super High Deck, yang memang baru booming sekitar 5-6 tahun ini di dunia per-bus-an Indonesia.

Pertama kali dipopulerkan oleh karoseri Adiputro di ajang GIIAS 2015 dengan Jetbus 2+ SHD yang dibangun diatas sasis Scania K360IB, bus SHD merupakan bus dengan lantai yang supertinggi dan bagasi yang sangat besar. 


Bus SHD memiliki dimensi yang sangat bongsor, posisi lantai yang sangat tinggi dan bagasi yang sangat luas, efek dari posisi lantai yang sangat tinggi tersebut. Bus SHD yang beredar hingga sekarang juga mempunyai sekat pemisah kaca depan, yang biasa disebut "topi". Tinggi bus SHD sendiri dapat mencapai 3,85-3,9 meter, sehingga sangat tinggi jika dibandingkan dengan bus biasa.

Jenis body bus ini, sejak beberapa tahun lalu sangat populer, banyak sekali PO bus yang memakai body jenis SHD ini, selain karena memiliki image yang lebih bagus dibanding bus HD biasa, bagasinya juga jauh lebih luas. 


Namun, semua benda pasti memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Tentu, tak terkecuali body bus jenis "SHD" atau "Super High Deck". Nah, kali ini ane bakal bahas seputar kekurangan dan kelebihan bus SHD nih Gansis!

Kekurangan


Kekurangan dari bus SHD sebenarnya tidak bisa dibilang sedikit, disamping kelebihannya yang juga tak sedikit. Ada beberapa kekurangan bus SHD yang ane akan bahas lebih detil dibawah, hehehe. 

1. Pandangan Penumpang Terhalang


Sejauh yang ane ketahui, semua bus SHD yang beredar di Indonesia memiliki topi atau sekat pemisah kaca. Topi ini dipasangkan demi mengejar astetika, sehingga dari luar bus akan terlihat lebih "ganteng".

Namun memang, dengan struktur kaca depan yang terpisah, pandangan penumpang akan terhalang dengan adanya pemisah kaca tersebut. Otomatis, tentu pandangan penumpang ke jalan akan tidak nyaman sebab terhalang. Kekurangan ini tak hanya ada di bus SHD, tetapi di semua bus yang memiliki topi.


Tetapi, dalam waktu dekat mungkin akan ada karoseri yang membuat bus SHD tanpa topi atau pemisah kaca. Mengingat, beberapa karoseri sudah mulai merilis kembali bus tanpa topi berjenis HD (yang dahulunya merupakan bus HD dengan topi). Mungkin nanti bus SHD akan menyusul.

2. Lebih Mudah Terbalik


 Dengan posisi lantai penumpang yang lebih tinggi dan dikombinasikan dengan atap yang lebih tinggi, otomatis bus SHD memiliki titik gravitasi atau center of gravity (CMIIW) yang lebih tinggi. 

Dampaknya, tentu bodyroll yang lebih parah, sehingga bus SHD cenderung lebih mudah terbaik. Tak hanya itu, penumpang akan lebih merasakan gejala "limbung" karena memang lantainya lebih tinggi.


Maka dari itu, body SHD hanya disarankan untuk dipasang diatas sasis yang memiliki air suspension jenis wide yang posisi balonnya diluar sasis, seperti Hino R260 AS atau RK8 dengan modifikasi suspensi, Mercedes-Benz O500R 1836, O500R 2542, Scania K360IB dan K410IB, atau Volvo B11R.

3. Lebih Menguras Kantong


Sebagai body yang "kasta"-nya lebih tinggi dari bus HD maupun non HD, dan biaya pembuatannya lebih mahal, tentu harganya juga lebih menguras kantong alias lebih mahal.

Sehingga, tentu investasi akan menjadi lebih mahal. Otomatis balik modal akan lebih lama pula. Tetapi ane rasa akan tertutup dengan bagasi yang lebih luas sehingga lebih bisa memuat paket yang lebih banyak.


Plus, penumpang akan lebih puas ketika menaiki bus SHD, sehingga akan lebih banyak penumpang yang menjadi langganan dari PO yang busnya dinaiki oleh penumpang tersebut.

Kelebihan


Seperti biasa, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan, termasuk bus SHD. Kelebihannya juga tak bisa dibilang sedikit, ada beberapa kelebihan yang ane akan bahas dibawah.

1. Lebih "Ganteng"


Memang, ini semua masalah selera, tetapi menurut ane bus SHD lebih ganteng dibanding bus HDD dan MHD sekalipun. Karena menurut ane, terlihat lebih proporsional, efek dari kaca depannya yang lebih besar. Apalagi kalau sasisnya pakai sasis tronton.

Plus, karena bertopi, menurut ane SHD lebih ganteng dari bus HD non topi atau bus non topi lainnya. Topi jika dilihat dari luar memang menambah astetika, walau memang di dalamnya (sangat) mengganggu.


Ditambah mungkin dengan desain modern bus-bus zaman sekarang, bus SHD semakin lebih "ganteng" dan gagah. Memang, desain bus zaman sekarang semakin bagus dan cantik dilihat, serta futuristik.

2. Bagasi Lebih Luas


Sebagai bus yang menyandang titel "Super High Deck" dengan lantai yang supertinggi, tentu bagasi dari bus SHD sangat luas. Mungkin, jauh lebih luas dari bus HD sekalipun.

Bahkan, bus SHD kebanyakan bisa memuat motor di bagasinya. Dengan body berjenis Super High Deck, sebuah bus bisa memuat 6 hingga 7 motor yang spionnya sudah dicopot.


Untuk membawa barang pun juga sangat bisa dilakukan di bagasi bus SHD, masih bisa diandalkan untuk membawa paket dari kota A ke kota B, sehingga pemasukan kru dan PO bisa ditambah.

3. Bisa Meningkatkan Citra PO


Bus dengan body SHD bisa meningkatkan citra sebuah PO atau perusahaan otobus. Apalagi sebuah PO yang masih baru berdiri, akan lebih dikenal apabila citranya lebih besar.

Mungkin citra yang lebih besar ini karena tampang body SHD yang lebih gagah, eksklusif dan "baru". Selain itu, harga bus SHD relatif lebih mahal dari harga bus HD karena memang biaya pembuatannya lebih mahal.


Tentu secara tidak langsung bisa meningkatkan pendapatan PO tersebut. Balik modal akan lebih cepat, keuntungan akan lebih besar apabila citranya lebih besar karena lebih dikenal.

Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar kekurangan dan kelebihan bus SHD. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?
24-07-2021 16:55
Bonus:
Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?
*Pic google

Masih conceptnya aja sih, kurang tahu ane kapan meluncuremoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 69banditos memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?
25-07-2021 12:15
Udah lama ternyata, 6 tahunan. ane kok baru setaun ini menyadarinya emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?
25-07-2021 13:21
Bus SHD bisa muat sepeda gowes yg utuh atau tanpa bonhkar gaj nih?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?
26-07-2021 01:46
Udah sering liat tapi baru tau kalo bagasi nya bisa muat motor
0 0
0
Bus SHD, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya?
29-07-2021 05:44
Ane pecinta teather pantura, kurang nyaman kl naik bus model ini.. Ky nonton layar tancep yg kepotong.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia