Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
197
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fbd7db832bd36ffb2d1431/bener-ga-polisi-ga-bole-nilang-kendaraan-telat-pajak
Beberapa tahun lalu, dan belakangan jadi marak kembali; banyak informasi atau tulisan yang menjelaskan bahwa polisi tidak berhak menilang kendaraan (motor atau mobil) yang telat ato belum bayar pajak.
Lapor Hansip
24-07-2021 16:05

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?

Past Hot Thread
Beberapa tahun lalu, dan belakangan jadi marak kembali; banyak informasi atau tulisan yang menjelaskan bahwa polisi tidak berhak menilang kendaraan (motor atau mobil) yang telat ato belum bayar pajak.

Ceritanya, pajak dalam STNK itu (katanya) merupakan urusan Pemda atau Pemkot dari kota dimana STNK kendaraan tersebut dikeluarkan.

Dulu, gw termasuk aliran yg percaya dengan tulisan itu. Oh iya, ya? pajak kan logikanya urusane Pemda? bukan urusan Polisi?

Logikanya, STNK itu kan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Artinya, kendaraan itu secara fisik terdaftar dan terdata di Kepolisian kan?

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
(Ilustrasi, image: jabarekpres.com)

Karena kebetulan gw ga ada urusan sama STNK, jadi gw percaya-percaya aja saat itu.

Ternyata semuanya berubah saat negara api menyerang. Ternyata hanya Avatar yang mampu mengendalikan semua itu.

Minggu lalu, temen gw kebetulan kena stop pas penyekatan PPKM. Entah kenapa (mungkin temen gw mencurigakan, Wakakaka) die ditanya soal SIM dan STNK juga.

SIM aman, STNK masih 3 tahun, tapi pajak tahun ini belum dibayar (telat beberapa bulan). 

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
(Ilustrasi - image: Garasi.Id)

Alhasil, polisi mengeluarkan surat tilang dan bersiap untuk memberikan tilang. Karena temen gw termasuk aliran percaya pajak telat/mati bukan urusan polisi, dia coba berdebat dengan segala argumentasinya.

Waktu temen gw berdebat soal pajak, polisinya dengan tenang dan santai menjawab. Itu aturan dari mana, Dik? dasarnya apa?

Soal STNK (termasuk pajak) ini ada aturannya. Silahkan periksa Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Itu bisa dicari di internet kok, jawab polisinya taktis. Akhirnya temen gw juga ngalah, dan menerima surat tilang yang diberikan.

Malemnya, die cerita gw termasuk soal argumentasi dari Pak Polisi juga.

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?

Penasaran, gw coba browsing dan cari UU No. 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Thn. 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Cukup malesin untuk dibaca, karena emang Undang Undang bukan bacaan enak dan bertele-tele. Intinya, gw cuma pake search di PDF Reader dan memang ga ketemu penjelasan khusus tentang pajak mati.

Penasaran, gw coba cari soal STNK mati ini. Alhasil, gw nemu beberapa berita yang salah satunya menjelaskan (dan cukup memuaskan rasa penasaran gw) dengan statement, 

Dari aspek hukum, pajak mati dapat dilakukan penegakan hukum dengan tilang namun penekanan argumentasinya bukan pada pajak mati, tapi lebih berorientasi pada aspek keabsahan,”

Statement diatas cukup memuaskan rasa penasaran gw, terutama pada kalimat penekanan argumentasinya bukan pada pajak mati, tapi lebih berorientasi pada aspek keabsahan.

Jadi bener ya gaes, kendaraan itu tentu sah milik elo. Tapi secara hukum, pajaknya juga wajib dibayarkan. Bukan berarti kalo ga bayar pajak, kendaraan elo jadi barang ilegal, tapi memang pajaknya harus dibayarkan agar memiliki alas hukum untuk digunakan di jalan raya.

Ini mah gw coba ngoceh aja, mudah-mudahan ada gunanya. Monggo silahkan dibaca-baca rujukannya maupun download Undang-Undang dari Peraturannya.

Rujukan:

1. UU No. 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
2. Peraturan Kapolri Nomor 5 Thn. 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor
3. CEK FAKTA: Tidak Benar Pajak Kendaraan Mati Tak Kena Tilang
4. Polisi Tidak Bisa Tilang Kendaraan Pajak Mati, Fakta atau Hoax
5. Polisi Berhak Menilang STNK Yang Mati, Ini Penjelasan Korlantas
6. Ditilang Karena STNK Mati
Diubah oleh foforuman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oliviamunn dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 18:36
Bukan sah status hukumnya, tapi lebih tepatnya sah surat menyuratnya. Status hukumnya jelas punya elu. Tapi kewenangan surat menyurat itu diperlukan agar motor itu memiliki alas hukum untuk berada di jalan raya. Kalo motornya cuman untuk angkot galon atau gas dan dipake di sekitar komplek atau jalan perumahan ya gue rasa ga perlu itu ketentuan surat menyurat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 19:14
Sering kejadian di tempat ane spt ini
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan foforuman memberi reputasi
2 0
2
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 19:41
harusnyaga boleh nilang, kalau lagi telat pajak itu tandanya lagi bokek belum bisa bayar pajak, jika kena tilang malah pengeluaran bisa dobel makin bokek lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 20:12
Quote:Original Posted By foforuman

Beberapa tahun lalu, dan belakangan jadi marak kembali; banyak informasi atau tulisan yang menjelaskan bahwa polisi tidak berhak menilang kendaraan (motor atau mobil) yang telat ato belum bayar pajak.

Ceritanya, pajak dalam STNK itu (katanya) merupakan urusan Pemda atau Pemkot dari kota dimana STNK kendaraan tersebut dikeluarkan.

Dulu, gw termasuk aliran yg percaya dengan tulisan itu. Oh iya, ya? pajak kan logikanya urusane Pemda? bukan urusan Polisi?

Logikanya, STNK itu kan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Artinya, kendaraan itu secara fisik terdaftar dan terdata di Kepolisian kan?

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
(Ilustrasi - image: Garasi.Id)

Karena kebetulan gw ga ada urusan sama STNK (wong motor aja ga punya, Wkwkwk) jadi gw percaya-percaya aja saat itu.

Ternyata semuanya berubah saat negara api menyerang. Ternyata hanya Avatar yang mampu mengendalikan semua itu.

Minggu lalu, temen gw kebetulan kena stop pas penyekatan PPKM. Entah kenapa (mungkin temen gw mencurigakan, Wakakaka) die ditanya soal SIM dan STNK juga.

SIM aman, STNK masih 3 tahun, tapi pajak tahun ini belum dibayar (telat beberapa bulan). 

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
(Ilustrasi, image: jabarekpres.com)

Alhasil, polisi mengeluarkan surat tilang dan bersiap untuk memberikan tilang. Karena temen gw termasuk aliran percaya pajak telat/mati bukan urusan polisi, dia coba berdebat dengan segala argumentasinya.

Waktu temen gw berdebat soal pajak, polisinya dengan tenang dan santai menjawab. Itu aturan dari mana, Dik? dasarnya apa?

Soal STNK (termasuk pajak) ini ada aturannya. Silahkan periksa Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Itu bisa dicari di internet kok, jawab polisinya taktis. Akhirnya temen gw juga ngalah, dan menerima surat tilang yang diberikan.

Malemnya, die cerita gw termasuk soal argumentasi dari Pak Polisi juga.

Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?

Penasaran, gw coba browsing dan cari UU No. 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Thn. 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Cukup malesin untuk dibaca, karena emang Undang Undang bukan bacaan enak dan bertele-tele. Intinya, gw cuma pake search di PDF Reader dan memang ga ketemu penjelasan khusus tentang pajak mati.

Penasaran, gw coba cari soal STNK mati ini. Alhasil, gw nemu beberapa berita yang salah satunya menjelaskan (dan cukup memuaskan rasa penasaran gw) dengan statement, 

Dari aspek hukum, pajak mati dapat dilakukan penegakan hukum dengan tilang namun penekanan argumentasinya bukan pada pajak mati, tapi lebih berorientasi pada aspek keabsahan,”

Statement diatas cukup memuaskan rasa penasaran gw, terutama pada kalimat penekanan argumentasinya bukan pada pajak mati, tapi lebih berorientasi pada aspek keabsahan.

Jadi bener ya gaes, kendaraan itu tentu sah milik elo. Tapi secara hukum, pajaknya juga wajib dibayarkan agar tetap sah status hukumnya. Bukan berarti kalo ga bayar pajak, kendaraan elo jadi barang ilegal, tapi memang pajaknya harus dibayarkan agar laik dan layak disebut sah status hukumnya.

Ini mah gw coba ngoceh aja, mudah-mudahan ada gunanya. Monggo silahkan dibaca-baca rujukannya maupun download Undang-Undang dari Peraturannya.

Rujukan:

1. UU No. 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
2. Peraturan Kapolri Nomor 5 Thn. 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor
3. CEK FAKTA: Tidak Benar Pajak Kendaraan Mati Tak Kena Tilang
4. Polisi Tidak Bisa Tilang Kendaraan Pajak Mati, Fakta atau Hoax
5. Polisi Berhak Menilang STNK Yang Mati, Ini Penjelasan Korlantas
6. Ditilang Karena STNK Mati


sebenarnya ini putar otaknya Pemda biar pajak dibayar

dibuatlah yang namanya PENGESAHAN STNK, ya itu dilakukan kalau sudah bayar pajaknya

kalau dulu memang tidak bisa ditilang

kalau sekarang kalau STNKnya tidak ada pengesahan = tidak laku
artinya bisa ditahan itu STNK dalam rangka tilang

cuma pengalaman denda tilangnya kalau kita terima sidang atau mengakui kesalahan ya cuma 100 ribu

kalau dipikir2 ya mending bayar tilang daripada buru2 bayar pajak

toh denda PKB juga kecil bgt, dan ditambah lagi seringnya penghapusan denda pajak atau biasa disebut pemutihan

jadi ga usah heran banyak orang kaya bermobil mewah yang males bayar pajak, kena tilang jg gak seberapa timbang ngeluarin bayar pajaknya

ya enforcementnya rendah sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 20:18
Pokoknya tips dari gw, kalo lu berkendara di jalan nasional yg banyak pak pol nya, sebaiknya jangan cari masalah (meski sepele banget).

Baru aja kemaren, gw baru inget kalo pajak tahunan lupa bayar. Karena ga bisa tidur karena kepikiran, akhirnya gw nekat bongkar celengan. Beruntung denda pajak telat 6 bulan cuma 16 ribu. Tenang pak, daripada resiko kena ratusan ribu di jalan.
Diubah oleh a2team
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 21:49
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan foforuman memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 22:49
Alhamdulillah Ane taat Pajak Gan..
profile-picture
profile-picture
jipop dan foforuman memberi reputasi
2 0
2
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
24-07-2021 22:51
keluar rumah setelah kelar ppkm adalah solusi, belanja cukup dekat rumah untuk memberi penghidupan tetangga rumah. biarkan petugas ppkm bertugas diluar dengan segala resiko pandemi ini karena sudah digaji dengan pajak kita emoticon-Jempol
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 00:45
Gw punya motor khusus ke warung

STNK dah tiwas dari taon 2018 and still counting

yang di pake keluyuran ya motor yang taat pajak emoticon-Malu


Diubah oleh andree.hehasaaa
profile-picture
profile-picture
foforuman dan crockoaches memberi reputasi
2 0
2
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 03:52
Sekarang di beberapa daerah bisa bayar pajak kendaraan secara online. Tp tetap harus ke Samsat agar utk pengesahan. Nah itu berlaku 1 bulan. Kalo gak segera disahkan bisa hangus tuh duit yg dibayarkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyurenjo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 05:44
rajin dijalanan tpi ga mau bayar perawatanemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan foforuman memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 05:47
Polkis jg nyari lah kendaraan yg bs diincer apalagi yg bw masih muda. Gampanglah kena

Beda crita kyk tetangga gw, pake motor dah bulukan astrea thn 90an. Dekil dan itu plat depan blakang jg beda. Ga pernah byr pajak jg. Distop ama polkis wah ga keitung dah dan slalu lolos. Lah dia jg pake baju jg dekil, belepotan tanah. Di depan kalo ga bawa kabel gulungan ya linggis dan ransel alat listrik. Sendal jg kadang ga maching. Helm apalagi dah buluk jg. Slalu ditanya ama polkis mo kemana? Ati2 ya pak. Pdhl tetangga gw itu rumah aja punya 2. Mobil punya 2 jg. Wong sugih nyamar dadi wong mlarat wkwkwk..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 06:14
Sementara masih diincer pak pol.. tapi kalo sistem E-tle belum... mau pajak telat berapa bulan juga kagak dikirim surat tilang, kecuali melanggar..

Cmiiw
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 06:26
Dulu sebelom tahun 2016 masih bisa gan gak kena tilang. Sempet juga di berentiin polisi mau di "tilang" dengan alasan pajak mati ( u know lah 🤣🤣) terus gw bilang aja pajak urusan pemda pak bukan polisi gak abis akal tuh polisi nyari2 kesalahan gw yang laen sampe pentil ban,plat motor patah.untungnya menang argumen jadi gak "salaman" sama polisi 🤣🤣
profile-picture
profile-picture
dsturridge15 dan foforuman memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 12:45
Saya punya vega 2009 sampe sekarang blm bayar pajak. Padahal dipakek kerja lewat jalan utama. Mo cek bayar pajaknya kok ngeri ya
emoticon-Takut
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 13:06
Kadang ada polisi yg gak peduli sama pajak..pernah loh gw diperiksa tp polantas nya cuma bilang "mas besok2 pajak nya dibayar ya"
Gak pake tilang

Tp pada dasar nya polisi nilang itu krn masa berlaku STNK udah abis..jd wajib diperpanjang dgn cara bayar pajak..
Ente baca kan "berlaku sampai..."
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 13:17
ibarat dagang karena buat nyambung hidup
Tapi sering kena razia satpol trus disuruh bayar denda
Kan beban nya jadi berganda
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 13:28
Ciri2 motor ga bayar pajak (mayoritas):

- plat no palsu depan belakang bukan yg dr samsat
- plat no ditekuk biar ga kliatan bulan ma taunnya
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 18:21
Asli kejadian di bulan puasa lalu

Pol : Siang, tolong surat2nya
Ane : kasih SIM plus STNK
Pol : wah pajaknya udah lewat ini, hrs kena tilang
Ane : blm sempet bayar pak, lagian saya kan ga melanggar lalin

Pol cuek, sambil pergi bawa surat2 ane

Ga lama dateng pol lain sambil bawa surat tilang plus pulpen sambil belagak siap2 mau tulis surat tilang

Pol 2 : Saya tilang ya mas
Ane : ya udah silahkan tilang pak
Pol 2 : beneran ya saya tilang
Ane : iyaa pak tilang aja, nanti saya bayar

Tuh pol jd ragu trus sok akrab tanya2 asal dari mana trus kenapa ga bayar pajak

Ane bilang habis lebaran baru bakal urus, tp skrng kalau mau tilang silahkan tilang bakal ane bayar

Akhirnya tuh pol kasih surat2 ane sambil bilang, " ya udah mas kasian, sbntar lg mau lebaran " emoticon-Big Grin

Point nya, kalau emang kena tilang, ya tilang aja, bayar langsung buat negara, itung2 bantu negara lg susah... tapi jng sekali2 transaksi macem2 dijalanan ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chang.nana dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bener Ga, Polisi Ga Bole Nilang Kendaraan Telat Pajak?
25-07-2021 19:51
tergantung nurani polisi, kalo daerah ane nilang jadi bisnis pernah yg beginian ngaku gabungan, ada tetangga ane mau ke sawah ditilang emoticon-Leh Uga

ini polisi lucu juga emoticon-Ngakak

ya emang plat nomer mati, gk pk helm motornya aja udah bulukan begitu, mau dipajekin motor begitu, ya udah gak perlu bayar pajak

sekarang makin ketat keman-mana ditanya surat, lengkap sudah keruwetan ini
profile-picture
foforuman memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia