Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f9006a635d524a0319004e/cara-menjahit-baju-tanpa-mesin-jahit-cuma-modal-jarum-dan-benang
Merasa boros karena membeli baju terus-terusan? Atau kamu kesulitan memperoleh baju yang sesuai keinginanmu? Untuk mengatasinya, yuk coba menjahit baju sendiri. Kamu nggak perlu punya mesin jahit, ikuti aja cara menjahit baju dengan hanya bermodalkan jarum dan benang. Terdengar mustahil tapi masih bisa diwujudkan. Hitung-hitung latihan~
Lapor Hansip
22-07-2021 12:21

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Past Hot Thread
Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Merasa boros karena membeli baju terus-terusan? Atau kamu kesulitan memperoleh baju yang sesuai keinginanmu? Untuk mengatasinya, yuk coba menjahit baju sendiri. Kamu nggak perlu punya mesin jahit, ikuti aja cara menjahit baju dengan hanya bermodalkan jarum dan benang. Terdengar mustahil tapi masih bisa diwujudkan. Hitung-hitung latihan~

Langkah-langkahnya cukup gampang dan bisa diterapkan pemula. Sebetulnya, cara menjahit baju untuk anak, orang dewasa atau baju gamis nggak terlalu berbeda. Begitu pula jika kamu ingin menjahit seragam sekolah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk ikuti tips dasar berikut.

Sebelum menjahit, siapkan alat-alat yang dibutuhkan

Quote:Kain

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Ada banyak sekali jenis kain yang bisa dipilih, mulai dari katun sampai beludru. Karena masih pemula, lebih baik beli aja kain lokal yang harganya Rp20 ribuan per meternya.


Quote:Perlengkapan jahit esensial

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Perlengkapan ini terdiri jarum jahit, jarum pentul, benang, gunting kain, dan pengurai jahitan. Penting banget!


Quote:Cutting mat dan pen cutter

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Pen cutter digunakan untuk memotong kain, sedangkan cutting mat berfungsi sebagai alasnya. Hasilnya lebih akurat dibandingkan memakai gunting biasa.


Quote:Peralatan untuk membuat pola jahitan

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Pola pakaian sangat dibutuhkan sebelum menjahit. Kamu bisa membuatnya dengan kertas pola, pensil, gunting kertas, penggaris, kertas karbon, dan rader atau pemotong.


Quote:Meteran jahit

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Berbeda dengan penggaris, meteran jahit bisa menekuk dengan fleksibel. Cocok nih untuk mengukur lingkar tubuh.


Setelah peralatan siap, kamu bisa mulai membuat pakaian tanpa mesin jahit

Quote:Pilih kain yang diinginkan

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Sebagai pemula, pilihlah kain yang mudah dijahit seperti katun. Kamu bisa membelinya di toko kain atau memanfaatkan kain bekas. Panjangnya bisa mencapai 2 hingga 3 meter tergantung ukuran tubuh dan panjang baju. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mencoba cara menjahit baju anak untuk pemula sehingga kain yang dibutuhkan juga secukupnya saja.


Quote:Cucilah kain terlebih dahulu

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Proses mencuci bisa menghilangkan kerutan dan noda. Setelah dicuci dan dikeringkan, setrikalah kain agar licin dan siap dijahit.


Quote:Membuat atau membeli pola baju

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Pola digunakan agar bisa memotong kain sesuai ukuran dan model yang diinginkan. Kamu bisa membuatnya dengan mencontoh di internet. Kalau merasa kesulitan, bisa juga membeli pola yang sudah jadi di toko kain atau peralatan jahit.


Quote:Memotong kain sesuai pola

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Hamparkan kain di permukaan yang rata dan taruh pola baju di atasnya. Lalu potonglah kain sesuai pola tersebut, jangan lupa tambahkan ekstra 2 cm untuk bagian jahitan. Kalau ingin membuat bagian lengan, potonglah secara terpisah dari bagian badan. Keduanya bisa disatukan lagi dengan jahitan.


Quote:Mulai menjahit

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Masukkan benang ke dalam lubang jarum, lalu mulailah menjahit dengan mengikuti bagian tepi pola. Gunakan tusuk zig-zag untuk menyambung bagian depan dan belakang baju, lalu tambahkan dengan tusuk rata untuk mengunci jahitannya. Lakukan hal yang sama untuk menggabungkan bagian badan dan lengan.


Quote:Mengelim atau melipit bagian leher dan bagian bawah baju

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Supaya nggak berjumbai, gunakan tusuk lurus di sepanjang garis leher dan bagian bawah baju untuk mengelimnya. Hal ini bakal lebih mudah dilakukan kalau kita menyeterika bagian yang akan dikelim.


Quote:Memberi sentuhan akhir

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Agar baju tampak lebih indah, tambahkan aksen seperti renda, kerut, manik-manik, kancing, atau ritsleting. Setelah semua langkah ini diikuti, jadi deh baju buatan sendiri!


Selain membut baju dari nol, kamu juga bisa menjahit baju robek dengan cara berikut

Quote:Memilih jarum dan benang yang sesuai

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Gunakan jarum yang besar dan tajam kalau kamu hendak menjahit kain tebal seperti denim dan kulit. Sedangkan kalau kainnya tipis seperti katun dan nilon, lebih baik gunakan jarum yang tipis pula. Lengkapi dengan benang yang sesuai. Semakin tebal kainnya, berarti semakin tebal pula benangnya.


Quote:Menjahit keliman yang robek

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Biasanya masalah ini terjadi pada bagian saku. Pertama, balik baju sehingga bagian dalamnya berada di luar. Lalu jahitlah sepanjang garis keliman dengan jahitan yang lurus dan rapi. Timpa aja jahitan yang lama dengan yang baru.


Quote:Menjahit lubang yang agak besar

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Jika hendak menjahit baju atau celana yang mempunyai lubang agak besar, kamu bisa menerapkan cara ini. Letakkan potongan kain di bagian bawah lubang dengan sisi yang bagus menghadap ke atas. Setelah itu, jahit kain ke sekeliling lubang dengan menggunakan jahitan zig-zag. Jahitlah dengan jarak 2 cm dari tepi lubang untuk mencegah kerobekan lebih lanjut.


Quote:Menambal lubang dengan potongan kain yang menarik

Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang

Berbeda dengan cara sebelumnya, kali ini kamu menjahit tambalan dari luar. Jadi batas-batas antara kain baju dan kain tambalan bakal terlihat lebih jelas. Keren nih kalau sengaja memilih kain yang warnanya kontras atau berpola. Cara menjahit baju bolong ini bisa membuat pakaianmu makin menarik.


Itulah berbagai cara menjahit baju untuk pemula. Ternyata nggak sesulit yang dibayangkan! Untuk lebih jelasnya, kamu bisa download cara menjahit baju dari berbagai sumber di internet. Setelah mencoba cara manual, kamu bisa mencoba menjahit baju dengan mesin jahit agar hasilnya lebih rapi. Selamat mencoba, ya~


Pustaka
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan iskrim memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang
26-07-2021 13:34
Laah bukannya emang beg0no?
Pertamax duls ah 😂
0 0
0
Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Cuma Modal Jarum dan Benang
27-07-2021 11:48
Meski ane cowok tapi kadang iseng jahit bagian yg bolong, sobek dan kancing yg mengendur.. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia