Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f56b498998ba2fc34ebcaa/7-boneka-ini-dipercaya-berhantu-kalian-mau-mengoleksinya-juga
Namun, bagaimana jadinya jika boneka lucu itu ternyata dihuni oleh roh-roh tertentu yang menyebabkan boneka itu menunjukkan aktivitas di luar nalar? Percaya atau tidak, nyatanya banyak orang di dunia ini yang percaya akan keberadaan boneka hantu. Bahkan saking seram dan mengganggunya, boneka-boneka ini sampai disegel di suatu tempat agar ia tidak meresahkan manusia.
Lapor Hansip
19-07-2021 19:08

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Bagaimana kabarnya teman-teman? Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan dilindungi dari wabah Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini. Aamiin.

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

Boneka identik dengan rupa imut, lucu, dan menggemaskan. Tidak heran jika benda yang satu ini menjadi mainan atau koleksi kegemaran kaum perempuan. Apalagi sekarang banyak boneka beruang lucu-lucu dengan ukuran raksasa yang nyaman untuk dipeluk dan dijadikan sandaran. Duh, gimana gak mupeng ya Sista? Kadang hangatnya pelukan si Teddy Bear, bisa menjadi penenang dikala Mas Pacar sibuk ngegame sehingga lupa sama Mbak Pacar yang seharian menunggu kabar.

Namun, bagaimana jadinya jika boneka lucu itu ternyata dihuni oleh roh-roh tertentu yang menyebabkan boneka itu menunjukkan aktivitas di luar nalar? Percaya atau tidak, nyatanya banyak orang di dunia ini yang percaya akan keberadaan boneka hantu. Bahkan saking seram dan mengganggunya, boneka-boneka ini sampai disegel di suatu tempat agar ia tidak meresahkan manusia. Well, kali ini ane akan paparkan 13 boneka hantu yang eksistensinya sudah terkenal di seluruh dunia.

Bedewe, sebelumnya ane ingatkan, kalau thread ini hanya bersifat menghibur semata. Ane tidak memaksa pembaca semua untuk percaya akan keberadaan hantu atau aktivitas paranormal lainnya. Percaya atau tidak ane serahkan sepenuhnya kepada Gansis semua. So, be a wise rider Guys!

Oke, let's move to the list!

***

1. ANNABELLE

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini || Ann Raggedy asli

Yup, boneka yang satu ini sangat fenomenal Gansis. Terlebih sejak sosoknya dijadikan sebuah film dan sequel film. Konon katanya, Annabelle atau dengan nama asli Ann Raggedy adalah sebuah boneka lucu dan manis yang diberikan oleh seorang ibu pada putrinya yang bernama Donna, seorang mahasiswa keperawatan pada tahun 1970. Ibu dan anak ini sudah tahu kalau boneka Ann agak 'berbeda' dari boneka lainnya. Namun, mereka tetap berusaha untuk menyimpannya.

Singkatnya Annabelle disimpan di kamar Donna yang ia tempati bersama roomate-nya, Angie. Di sinilah aktivitas paranormal itu bermunculan. Puncaknya adalah ketika Annabelle membunuh pacar Angie dan menodai gaun gadis itu dengan tulisan dari darah. Karena itulah Donna dan Angie memutuskan untuk memanggil dukun untuk menolong mereka. Dari dukun itulah mereka mengetahui bahwa Annabelle dikuasai oleh roh yang sangat jahat dan penuh kutukan.

Sekarang Annabelle disimpan di The Warren's Occult Museum, sebuah museum yang penuh dengan benda-benda mistis milik Ed dan Lorraine Warren, paranormal terkenal di Manroe, Connecticut.

***

2. LA PASCUALITA

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

La Pascualita merupakan sebuah manekin yang terpajang di toko baju pengantin di Chihuahua, Meksiko sejak tahun 1930. Manekin ini viral dan menjadi urban legend lokal di sana karena kemiripannya dengan Pascuala Esparza, putri si pemilik toko yang meninggal di hari pernikahannya karena disengat laba-laba. Karenanya, keberadaan manekin ini memunculkan spekulasi bahwa La Pascualita adalah mayat Pascuala Esparza yang diawetkan. Kecurigaan itu diperkuat dengan bentuk manekin yang sangat realistis dan terkesan hidup, bahkan ada varises di tangan dan kakinya.

Quote:7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
La Pascualita dan Pascuala Esparza

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Tangan La Pascualita yang dinilai sangat realistis untuk manekin tahun 1930-an


Sayangnya kecurigaan tersebut belum terbukti hingga saat ini. Namun, banyak pelanggan toko tersebut yang mengaku kalau La Pascualita menguarkan aura seram yang membuat merinding. Mereka mengaku kalau mata La Pascualita seakan bergerak, memperhatikan gerak-gerik pelanggan sehingga mereka merasa diintai dan diikuti. Hmm, kalau manekinnya begini mah, wajar kalau orang-orang pada parno.

***

3. OKIKU

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?

Tahun 1918, negara Jepang belum secanggih sekarang. Sains dan teknologi mereka masih agak tertinggal, itulah kenapa hal klenik seperti makhluk mitologi dan hantu masih dipercaya. Termasuk dengan keberadaan roh di dalam sebuah boneka. Pada tahun itulah remaja 17 tahun, Eikichi Suzuki, membeli sebuah boneka--kelak diberi nama Okiku--di pameran maritim untuk adik perempuannya yang masih 2 berumur tahun. Boneka itu tampak cantik. Memakai kimono dengan potongan rambut sebahu gaya tradisional okappa. Benar saja, sang adik langsung jatuh cinta dengan boneka itu dan mereka tidak bisa dipisahkan.

Satu tahun kemudian, penyakit kuning yang ganas merenggut nyawa bocah tiga tahun itu. Ia meninggal dalam keadaan sesak dan kesakitan sambil terus menggenggam Okiku di tangannya. Karena ikatan sang anak dengan Okiku, akhirnya orang tua bocah itu memutuskan untuk menaruh Okiku di altar kecil, tempat mereka memperingati kematian sang anak. Saat itulah keanehan terjadi. Rambut Okiku yang mulanya hanya sebahu, terus tumbuh bahkan melebihi pinggang. Boneka itu sempat dipindahkan ke tempat lain, tapi selalu kembali ke altar itu dan menunjukkan aktivitas paranormal yang intens, menjelang peringatan kelahiran dan kematian mendiang anak mereka. Hingga akhirnya seorang ahli spritual memberitahu kalau arwah putri mereka bersemayam di dalam boneka tersebut.

Pada 1938, keluarga Eikichi Suzuki pindah ke distrik yang berbeda. Mereka membawa Okiku lalu meminta pendeta untuk merawatnya di kuil setempat. Setelah mendengar bagaimana kondisi Okiku, pendeta pun bersedia merawat Okiku dan mendirikan tempat khusus untuk menyimpan boneka tersebut sekaligus menghormati kematian bocah pemiliknya. Pendeta terus memperhatikan pertumbuhan rambut Okiku dan mengguntingnya secara rutin. Mereka bahkan membawa sampel rambut itu untuk diuji secara ilmiah, dan katanya memang terbukti kalau rambut itu milik anak manusia.

Sekarang Okiku tersimpan di kuil Mannen, Iwamizawa, Hokkaido, Jepang. Boneka itu tersimpan di sebuah altar dan menarik perhatian khusus para turis untuk menikmati wisata supranatural. Beberapa turis mengaku, bahwa mereka pernah melihat mulut Okiku terbuka dan tampak benda putih seperti gigi anak-anak di dalamnya. Allahu 'alam bishshawab.

***

4. LILLY

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?

Di museum horor Zack Begant, terdapat satu boneka bernama Lilly. Boneka itu katanya berasal dari Salem Oregon dengan rambut asli di kepalanya. Lilly mereka dapatkan dari seorang pedagang barang antik, yang katanya ia tidak sengaja menemukan boneka itu di dalam peti antik yang ada di tokonya. Pedagang itu pun memutuskan untuk menyimpan Lilly, tapi ia malah dihantui mimpi buruk setiap malamnya. Detailnya sangat menyeramkan, tapi secara garis besar mimpi itu bercerita tentang gadis kecil yang meninggal karena kecelakaan.

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?

Suatu hari, sebuah keluarga datang ke tokonya untuk membeli barang. Namun peristiwa aneh terjadi ketika putri keluarga tersebut terlihat mengobrol dengan Lilly. Tidak ada yang melihat Lilly merespon obrolan itu, tapi gerak-gerik si gadis menunjukkan kalau ia memang sedang berbicara dengan seseorang. Setelah diinterograsi, gadis itu mengaku bahwa ia tengah berbicara dengan gadis bernama Lilly yang mengalami kekerasan ekstrem semasa hidupnya.

Agak sulit dipercaya memang. Namun, roh yang terjebak di dalam boneka atau benda-benda tertentu diyakini banyak orang memang benar adanya. Biasanya roh orang mati dalam kesakitan, ketidakwajaran, dan kecelakaan terjebak di suatu tempat karena urusan mereka yang belum selesai.

***

5. ROBERT THE DOLL

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

Robert the Doll telah mengilhami terciptanya karakter Chucky yang fenomenal. Di dunia nyata, Robert tidak kalah seram dengan Chucky. Disebutkan bahwa boneka itu milik Robert Eugene Otto, putra dari keluarga Key West yang tersohor. Boneka berukuran 40 inci dengan baju pelaut itu didapat Eugene sebagai hadiah ulangtahunnya yang ke-empat. Rupanya boneka itu mampu menarik atensi Eugene sehingga Robert dan Eugene menjadi 'teman' yang tidak terpisahkan.

Namun, teror-teror menakutkan mulai menyerang Eugene. Disebutkan bahwa ketika usianya menginjak 10 tahun, Eugene pernah terbangun dengan Robert yang tiba-tiba duduk di ranjangnya. Boneka itu menatap Eugene dengan tatapan seram. Tak lama kemudian ibu Eugene dikagetkan dengan teriakan sang putra dari kamarnya. Ia sangat terkejut, sesampainya di sana, ia melihat lemari di kamar Eugene sudah jungkir-balik di lantai. Eugene meringkuk di sudur kamar sambil berteriak "Robert yang melakukannya!". Sementara boneka itu hanya duduk tenang di kaki ranjang.

Tidak hanya itu, ibu Eugene pernah memergoki putranya tengah bercengkrama dengan Robert, dan ia mendengar ada suara orang lain yang merespon percakapan itu. Kadang ia melihat sekelabat bayangan Robert menaiki tangga atau suara cekikikan setan yang lirih menakutkan.

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Rumah keluarga Key West || Cr: di sini

Ketika belajar seni di New York dan Paris, Eugene menyimpan boneka kesayangannya itu di salah satu kamar di rumahnya. Lalu ia kembali lagi ke rumah itu setelah menikah dengan Annette Parker pada 3 Mei 1930. Sekembalinya Eugene, Robert kembali berulah. Boneka itu tiba-tiba duduk di kursi goyang di kamarnya, padahal sebelumnya dikunci di loteng lantai atas. Anak-anak tetangga Eugene sering melaporkan bahwa mereka sering diperhatikan oleh boneka yang menatap mereka dari kamar lantai atas. Tentu saja Eugene bingung karena boneka itu benar-benar ada di loteng. Namun, setelah dicek di kamar lantai atas, benar saja, Robert sudah terduduk di pinggir jendela.

Eugene meninggal tahun 1974 disusul Anne pada tahun 1976. Rumah keluarga Key West pun dijual dan berganti pemilik, yaitu Myrtle Rauter yang tinggal di sana hampir 20 tahun lamanya. Satu yang tidak mereka sadari, yaitu Robert masih di sana. Benar saja, boneka itu kembali berulah, mengganggu putri penghuni baru yang berusia 10 tahun. Gadis kecil itu sering berteriak ketakutan di kamarnya, mengaku melihat boneka Robert berpindah-pindah tempat di sana, bahkan berusaha menyakitinya.

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

Pada tahun 1994, Robert disumbangkan ke Museum East Martello di Key West, Florida. Walaupun pemiliknya sudah tiada, tapi sampai sekarang Robert masih menebar aura menakutkannya. Banyak staff museum yang mengaku melihat Robert menyeringai dan matanya bergerak. Beberapa pengunjung pun bahkan diusili, di mana kamera mereka tiba-tiba tidak berfungsi saat hendak mengambil gambar Robert, atau tiba-tiba tertimpa sial selepas melihat boneka hantu tersebut.

Entah apa yang menyebabkan boneka Robert menjadi begitu menyeramkan. Namun konspirasi yang beredar ialah, bahwa Robert sebenarnya adalah boneka voodo yang dimodifikasi, sengaja dilakukan oleh orang yang membenci keluarga Key West yang tersohor.

***

6. VOODOO

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

Bila mendengar nama "Voodoo", kebanyakan orang akan berpikir tentang ilmu hitam, satanisme, zombie, dan santet. Banyak orang yang percaya kalau Voodoo adalah boneka terkutuk yang digunakan untuk menganiaya orang lain atau menyebarkan wabah penyakit. Namun nyatanya, Voodoo merupakan boneka ritual yang digunakan oleh pengikut Voudon agama tradisional Afro-Karibia di Haiti. Boneka itu bahkan tidak digunakan untuk menyakiti manusia atau menyebarkan penyakit. Hanya murni untuk ritual agama saja.

Voodoo dan Pemanggilan Loa


Kaum Voudon percaya akan keberadaan dewa pencipta yang tidak terlihat dan tidak terlacak yang disebut Bondye, sebagai dewa tertinggi. Mereka juga memuja dewa lain--disebut Loa--sesuai dengan elemen kehidupan yang dibutuhkan. Jika ingin hasil panen yang melimpah, mereka memuja Roh Tani. Ingin kisah cinta yang harmonis, mereka memuja Roh Cinta. Bila doa mereka tidak terkabul, mereka bisa menghentikan pemujaan dan beralih memuja Roh lain.

Para Loa akan merasuki tubuh manusia untuk memanifestasikan keberadaannya. Salah satu cara agar bisa berkomunikasi dengan Loa, yaitu dengan melakukan ritual yang melibatkan Voodoo. Mereka mengorbankan hewan, lalu menunjukkan seseorang yang akan dirasuki oleh Loa, leluhur, juga keluarga yang sudah mati. Kemudian mereka berkomunikasi, meminta petunjuk, atau meminta obat atas penyakit yang sedang melanda. Jadi, tidak ada orang yang mereka aniaya dengan sengaja melalui boneka ini. Murni untuk berkomunikasi dengan dewa atau ruh leluhur pun keluarga yang sudah tiada.

Lantas, bagaimana pendapat kalian? Apa kalian tetap percaya kalau Voodoo adalah boneka santet yang jahat? Komen di bawah ya!

***

7. JAILANGKUNG

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

Terakhir adalah boneka legendari dari Indonesia kita tercintah. Kurang nasionalis apa lagi, ane coba? Bahas beginian aja, ane tetap menyematkan 'karya' asli Indonesia. Hahaha. Anyway, Gansis pernah main Jailangkung? Apakah ada sesuatu yang terjadi? Ada yang kerasukan? Kalau ane pribadi pernah main boneka ini. Sayangnya tidak ada apa pun yang terjadi. Apa ane dan kawan-kawan baca mantranya kurang khusyuk? Entahlah!

Menurut Wikipedia, Jailangkung kemungkinan berhubungan dengan permainan tradisional Tiongkok--Cay Lan Cong--Dewa Keranjang. Ritual Cay Lan Cong dilakukan untuk memanggil roh atau dewa agar masuk ke dalam boneka keranjang yang sudah dilengkapi dengan alat tulis. Setelah dupa dibakar, mantar pun dibaca untuk mengundang roh atau dewa yang dimaksud. Jika rohnya datang, boneka tersebut akan terasa berat dan bergerak liar, lalu menuntun tangan yang memegangnya untuk menulis tulisan, sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh peserta ritual. Nah, ritual inilah yang diserap oleh rakyat Nusantara sebagai Jailangkung.

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
Cr: di sini

Wujud boneka Jailangkung berupa gayung tradisional dari batok kelapa--yang diberi penyangga serupa tangan, kemudian dipasangkan baju layaknya manusia. Cara memainkannya sama dengan ritaul Cay Lan Cong, dilakukan bersama-sama sambil membaca mantra berulang-ulang.

"Jailangkung jelangsat, di sini ada pesta kecil-kecilan. Jailangkung jelangsat, datang tak diundang, pulang tak diantar."


Atau mantra yang ini:

"Hong Hiyang Ilaheng Hen Jagad Alusan Roh Gentayangan Ono'e Jelangkung Jaelengsat siro Wujud'e Ning kene Ono Bolon'e Siro Wangsul Angslupo Yen Siro Teko Gaib Wenehono Tondo Ing Golek Bubrah Hayo Enggalo Teko Pangundango Hayo Ndang Angslupo Ing Rupo Golek Wujud..Wujud..Wujud!"

Lalu rasakan kedatangan roh yang sudah ditunggu-tunggu. Apabila rohnya datang, boneka tersebut akan terasa berat dan bergerak liar. Selanjutnya, silakan tanyakan pertanyaan apa pun yang ingin diketahui jawabannya. Hati-hati, karena permainan ini dapat menyebabkan pesertanya kerasukan, dan berakibat fatal bila ruh tersebut tidak mau meninggalkan orang yang ia rasuki.

Ya, karena image horor inilah Jailangkung menjadi ditakuti banyak orang. Bahkan orang tidak berani menyimpan boneka itu, dan menyimpannya di kamar, sederet dengan Teddy Bear, Pikachu, atau dengan Tata dan Chimmy yang lucu. Hehe.

***

Nah, bagaimana menurut kalian Gansis? Apa pendapat kalian tentang boneka-boneka hantu di atas? Apa kalian tertarik untuk mengoleksi creepy dolls agar halloween tahun ini jadi makin scary? Please komen di bawah ya!

SEKIAN

A thread by: serbaserbi.com
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5

THANKS FOR READING

emoticon-Cendol Gan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
19-07-2021 19:10
Anda berada di lokasi santai dan santun area! Biasakan untuk mengedepankan kata-kata yang sopan walau dalam bentuk tulisan (komentar).
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
19-07-2021 19:12
Jika ada yang tidak mempercayai hal-hal berbau paranormal, itu sangat saya maklumi. Jadi jangan ribut dan sampai mengatai orang yang percaya akan hal paranormal dengan sebutan yang buruk. Semuanya memiliki hak untuk percaya atau tidak!
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
19-07-2021 19:13
Jangan war dan membahas politik di kolom komentar, karena itu di luar konteks thread yang ane tulis. Soalnya banyak ane lihat, kaskuser yang tiap berantem di kolom komentar, selalu bawa-bawa 'kampret' dan 'kadrun'.
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
19-07-2021 19:18
no 2 kayak mayat beneran gan... ^_-
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
19-07-2021 20:01
Ihhh...gak mau saiyah punya boneka2 serem kayak gitu. Mendingan punya boneka yg kayak gini aja emoticon-Ngacir

7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
19-07-2021 20:31
Sialan.. JENGLOT MANA JENGLOT, itu boneka imut unyu2 berbulu dan lincah...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 10:13
Ama barbie aja ane takut, apalagi ini
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:02
annabelle lucu tidak seseram di pelem2 emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:13
Mantap infonya.
Temen ane jg ada aja yg suka koleksi boneka dapet bonus hantu, krn boneka serupa dengan manusia jd banyak jin yg suka. Jd ceritanya temnn ane beli boneka antik, kok malah sering sakit punggung dkk...pas dijual...ada indigo yg liat fotonya tertarik beli, katanya bonekanya ada isinya tapi ditawar murah....ya ga dia kasihlah. Akhirnya ketika tuh boneka udah laku....sakit2nya hilang
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:18
Uwuwwww
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:21
Wahh.. Baru tau ane gan.. Nice info... emoticon-Salam Kenal

serem..
profile-picture
anfa.h memberi reputasi
1 0
1
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:29
Boneka yang dikirimkan mantan yang sakit hati karena diputusin juga serem, kaya ada sesuatunya gitu.. emoticon-Malu
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:30
Patut di koleksi gans
profile-picture
anfa.h memberi reputasi
1 0
1
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:40
Saudara ane punya boneka barbie berhantu, jadi kadang bisa tiba tiba pindah tempat

Pernah bapaknya saudara ane liat boneka barbinya noleh, langsung dibuang eh balik lagi

Akhirnya manggil paranormal buat buang tu boneka
profile-picture
anfa.h memberi reputasi
1 0
1
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:41
Film boneka Chucky horor jg gan...
profile-picture
profile-picture
rioadi13 dan anfa.h memberi reputasi
2 0
2
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:43
Gak minat
Skip
profile-picture
anfa.h memberi reputasi
1 0
1
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:44
mendingan si unyil sih jalan jalan
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:56
jaman ane kecil,pernah ikutan main jailangkung, tp ya gitu gak ada sesuatu yang terjadi,. akhirnya dibuang ke sungai, anehnya malam itu yang ikutan main semua dimimpiin sama tu boneka gayung 😅😅😅
0 0
0
7 Boneka Ini Dipercaya Berhantu, Kalian Mau Mengoleksinya Juga?
22-07-2021 11:59
Menyeramkan emoticon-Takut
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia