Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f4009ecbb86a64197e4d5b/legenda-danau-tolire-di-ternate-mitos-dan-aroma-mistis-yang-menyelubunginya
Assalamualaikum Sahabat Kaskuser semua. Hai, hai, hai! Jumpa lagi, ya, dengan Enya, masih di thread jalan-jalan mengeksplor negeri sendiri. Kali ini Enya akan mengulik tentang danau indah di lereng Gunung Gamalama, Ternate, yakni DANAU TOLIRE.
Lapor Hansip
18-07-2021 17:21

Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Danau Tolire Besar


Assalamualaikum Sahabat Kaskuser semua. Hai, hai, hai! Jumpa lagi, ya, dengan Enya, masih di thread jalan-jalan mengeksplor negeri sendiri.

Kali ini Enya akan mengulik tentang danau indah di lereng Gunung Gamalama, Ternate, yakni DANAU TOLIRE.

Danau Tolire ini berada di Desa Takome, Ternate Barat. Berjarak sekitar 20 kilometer atau 30-45 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Ternate.

Banyak kisah mengenai danau ini. Dari kisah alami berdasarkan ilmu pengetahuan, hingga ke mitos dan legenda mistis yang menyelimuti terjadinya danau tersebut.

Yuk, ah, kita telusuri ....

Gerbang masuk ke Danau Tolire Besar


***EHZ***

Enya ingat dahulu, ketika naik pesawat ke Yogyakarta. Menjelang masuk ke kota bekas Kerajaan Mataram itu, pesawat Garuda yang Enya tumpangi bermanuver, terbang berputar mengelilingi Gunung Merapi. Sang pilot saat itu meminta kami--para penumpang--mengintip ke arah jendela untuk melihat pemandangan sambil sang pilot menjelaskan sedikit kisah tentang Yogyakarta dengan Gunung Merapinya.

Meski sebentar dan hanya garis besarnya saja, tetapi momen unik itu sungguh sangat berkesan. Dan Enya yakin, kejadian tersebut telah memancing rasa ingin tahu para penumpang, salah satunya, ya, Enya, yang saat itu baru saja akan kuliah di Kota Pelajar tersebut.

Nah, begitu pun dengan Danau Tolire ini. Pasti akan terlihat semakin cantik jika diintip dari udara ketika kita naik pesawat, baik saat take off maupun saat akan landing. Kita bisa mengamati kedua Danau Tolire ini dengan jelas. Lebih bagus lagi ditambah sedikit cerita tentang danau ini oleh kru pesawat. Ya, enggak usah panjang-panjanglah, cukup intinya saja. Yakin, deh, sama seperti saat Enya ke Yogyakarta dahulu, penumpang yang mungkin belum pernah mendengar tentang danau ini pasti akan tergelitik juga hatinya dan menjadi ingin tahu. Atau bahkan mungkin akan berkunjung ketika ada kesempatan. Ini mungkin, lho, ya .... Namanya juga usaha jika kita ingin mengembangkan pariwisata dalam negeri sendiri, hehehe.

Oh ya, ternyata ada dua Danau Tolire, ya. Danau Tolire Besar yang berada di lereng Gunung Gamalama dan Danau Tolire Kecil yang berada di bibir pantai.

Jarak kedua danau ini lebih kurang sekitar 900 meter jika kita mengukurnya mengikuti jalur jalan biasa yang dilewati kendaraan bermotor. Namun, jika diukur secara garis lurus, maka jarak kedua danau ini berkisar 200-300 meter saja.


***EHZ***

Saat kami datang melihat danau, hari masih pagi. Belum ada pengunjung, baru kami satu-satunya. Bisa jadi karena kepagian, bisa jadi juga karena sedang pandemi. Waktu itu kami tidak dipungut bea masuk meski ada bapak petugas yang sedang berjaga di sana.

Sebenarnya kedatangan kami ke Danau Tolire ini awalnya hanyalah karena rasa penasaran, ingin membuktikan cerita seorang sahabat yang sudah duluan mengunjungi danau tersebut. Katanya, sekuat apa pun kita melempar sesuatu ke dalam danau, tidak akan pernah jatuh sampai menyentuh airnya. Sepertinya hukum gravitasi bumi tidak berlaku di Danau Tolire ini. Begitu katanya. Dan bagaimana kami tidak penasaran?

Tentu saja kami tidak sabar ingin membuktikan kebenaran cerita tersebut. Satu keluarga--kami anak beranak--mencoba melempar batu. Subhanallah, benar, kami tidak pernah melihat batu yang kami lempar itu sampai atau menyentuh air danaunya. Tidak ada riak yang terlihat meski kami telah mengganti batunya dengan batu yang lebih besar. Batu yang kami lempar seperti hilang begitu saja.

Saking penasarannya, kami pun sampai memeriksa hingga ke pinggir batas tanahnya. Karena berbahaya dan tidak ada pagar pembatas, kami pun ditegur dan dilarang oleh Bapak Petugas agar tidak terlalu ke pinggir, khawatir tanah tersebut longsor.

Pinggir Danau Tolire Besar tanpa pagar pengaman


Saat berada di pinggir itulah kami melihat seperti ada riak yang berjalan, seperti sesuatu yang sedang bergerak, berenang dari sisi lain danau menuju bagian tengahnya.

"Eh, Bi, Mi, itu kok seperti buaya, ya? tanya si kecil, yang membuat otak kami jadi berpikir tentang binatang tersebut. Spontan saya merekamnya.

Jika dari ketinggian sekitar 50 meter saya bisa melihat dengan cukup jelas sesuatu yang panjang dan sedang berenang itu, bisa saya pastikan juga bahwa sesuatu yang bergerak itu berukuran lumayan besar.

Penasaran, sambil memesan kopi, kami pun bertanya kepada ibu yang berjualan di kantin, satu-satunya kantin yang buka pagi itu. Si ibu ternyata penduduk asli yang tinggal di daerah situ. Kami ceritakan tentang kisah melempar batu, juga tentang sesuatu yang kami lihat tadi, sesuatu yang besar dan sedang berenang, yang oleh si kecil disebut buaya.

Asli, kami kaget ketika si ibu mengatakan bahwa itu memang buaya--buaya putih. Kata si ibu itu lagi, kami ini beruntung bisa melihat buaya putih tersebut karena tidak semua orang bisa melihatnya, dan sudah lama buaya tersebut tidak memperlihatkan diri.

Duuuh, benarkah kami ini beruntung bisa melihat buaya putih yang menjadi mitos di Danau Tolire tersebut? Sepertinya iya. Kami beruntung bisa membuktikan adanya buaya di Danau Tolire Besar tersebut.

Setelah mendengar cerita si ibu kantin tentang buaya putih dan sedikit legenda tentang danau tersebut, saya pun segera mencari tahu, apa dan bagaimana kisah dibalik Danau Tolire ini.

***EHZ***

ASAL MUASAL DANAU TOLIRE

Kalau secara keilmuan, menurut Ahli Geologi Maluku Utara--Dedy Arif--danau ini dahulunya merupakan sebuah desa. Akibat gempa dari aktivitas vulkanik yang memicu terjadinya erupsi pada tanggal 7 September tahun 1775, menyebabkan desa tersebut menghilang, tenggelam bersama seluruh penghuninya, membentuk lubang raksasa seperti danau. Jadi, danau tersebut adalah danau kawah yang terjadi karena letusan Gunung Gamalama tersebut.

Danau ini luasnya sekitar 50.000 meter persegi atau 5 hektare. Karena berbentuk lubang raksasa, jarak ketinggian danau dari pinggir tanah bagian atas hingga ke permukaan airnya lebih kurang 50 meter. Untuk air danaunya sendiri--dari berbagai sumber--hingga saat ini belum ada orang yang mengukur kedalamannya. Akan tetapi, menurut para tetua dahulu, danau ini dalamnya berkilo-kilometer langsung berhubungan dengan laut.

Namun ternyata, tidak semua orang yang berpendapat sama tentang kejadian danau tersebut secara ilmiah, terutama bagi penduduk setempat yang mendiami daerah di sekitar Danau Tolire ini. Menurut mereka, jika memang Danau Tolire ini adalah kawah, mengapa letaknya tidak berada di puncak Gunung Gamalama tersebut?

***EHZ***

Menurut legenda setempat, konon dahulu, Danau Tolire ini adalah sebuah desa yang terkena kutukan disebabkan dosa besar--hubungan terlarang antara ayah dan putrinya.

Sang ayah, yang merupakan pemimpin desa yang saat itu dihormati, telah melakukan perbuatan zina dengan anak kandungnya sendiri. Hubungan intim tersebut ketahuan, membuat penduduk desa marah dan mengusir mereka.

Karena tidak tahan menanggung hukuman sosial, dipermalukan dan malu ketahuan, sang ayah dan putrinya ini pun melarikan diri. Namun, belum sempat pergi, terjadilah gempa bumi dahsyat melanda desa tersebut yang dipercaya sebagai hukuman dari Tuhan.

Dari retakan-retakan tanah akibat gempa, muncullah air dalam jumlah besar yang akhirnya menenggelamkan seluruh desa beserta penghuninya. Dan desa yang ditenggelamkan itu pun menjelma menjadi danau raksasa yang diberi nama Danau Tolire Besar.

Danau Tolire Besar


Pada saat gempa terjadi, rupanya sang putri sempat melarikan diri hingga ke pesisir pantai. Akan tetapi, hukuman Tuhan tak berhenti hingga di situ. Gempa juga terjadi di tempat sang putri berdiri dan membuat tanah di sekitarnya pun amblas menciptakan danau baru yang lebih kecil, dikenal dengan sebutan Danau Tolire Kecil.

Danau Tolire Kecil


Pantai Danau Tolire Kecil


Sebuah bencana karena perbuatan zina tidak hanya menimpa pelakunya saja. Akan tetapi, hampir semua penduduk desa juga terkena dampaknya. Mereka pun ikut tenggelam, terkubur bersamaan dengan tenggelamnya desa tersebut. Mitosnya, para penduduk yang tenggelam itu menjelma menjadi buaya putih yang bertugas sebagai penjaga Danau Tolire Besar.

Mengenai cerita tentang buaya putih tersebut, jujur, kami pun merasa telah melihatnya. Dan karena cerita itu pulalah warga setempat tidak ada yang mau menangkap ikan atau mandi di danau ini.

Selain itu, masih ada mitos lain menurut penduduk asli. Konon kabarnya banyak tersimpan harta karun milik masyarakat Kesultanan Ternate yang disimpan di dasar Danau Tolire Besar ini.

Saat perang dengan Portugis abad 15, rakyat Ternate dengan sengaja membuang harta mereka ke dalam danau agar tidak bisa dirampas oleh penjajah tersebut.

Meski belum bisa dibuktikan keabsahannya, tetapi pernah ada yang mencoba mendeteksinya dengan sonar dan memang ada indikasi terdapat benda-benda logam di dasar danau tersebut. Jika memang benar, adakah orang yang akan berani mencoba mengambilnya?

***EHZ***

Jujur saja, legenda seperti ini sebenarnya bak aib yang kisahnya terbawa sepanjang hayat. Namun walau demikian, legenda yang secara turun-temurun telah dipercayai oleh masyarakat setempat ini masih tetap dilestarikan. Tentu saja ada maksud dibalik semua itu, agar kisah tragis ini bisa diambil hikmahnya, menjadi pelajaran hidup bagi generasi selanjutnya untuk tidak melakukan perbuatan tercela--berzina--yang bisa menimbulkan bala dan hukuman dari Yang Mahakuasa, tidak hanya untuk pelaku, tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya.

Ternate, 16 Juli 2021

***EHZ***

Catatan:
Foto adalah dokumen pribadi. Sebagian tulisan adalah opini disertai penambahan informasi dari sumber lain, link link link.
Diubah oleh enyahernawati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 17:25
Legenda Danau Tolire
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 17:26
Ada dua Danau Tolire; Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil.
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 17:27
Legenda tragis penyebab terjadinya Danau Tolire.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 19:25
Danau Tolire, mitos dan mistis yang menyelubunginya.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 19:30
Ngeri mistisnya ye Gan
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 21:59
Quote:Original Posted By enyahernawati
Legenda Danau Tolire


Quote:Original Posted By enyahernawati
Ada dua Danau Tolire; Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil.


Indah banget sis, enak sekali bisa jalan2 ke pulau2 Indonesia, ke luar negeri pun sering, saya kapanemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
18-07-2021 22:23
Yang bikin w penasaran sama cerita legenda atau mitos itu siapa pencetusnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
19-07-2021 05:16
Wow danau yang indah, Hobby traveling ya Mbak
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
19-07-2021 07:30
Danau nya kren2 ya
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
19-07-2021 16:10

Buat infonya gan
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
19-07-2021 22:45
Semua danau pasti ada legendanya, namanya juga mytos mau percaya silahkan mau kagak juga silahkan
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
26-07-2021 04:29
Menarik sekali
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Legenda Danau Tolire di Ternate, Mitos dan Aroma Mistis yang Menyelubunginya
30-07-2021 13:09
Beneran sist melempar batu nggak akan sampai ke air di danau tersebut? jadi penasaran kan..hehe... subhanallah kalau memang benar? tp kenapa bisa begitu ya?
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia