Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f3f8e5aaa4974ef46911b6/pembebasan-lahan-industri-nggak-usah-sok-demo-gini-penjelasannya--brainstorming
Kalian semua pastinya pernah dengar msalah pembebasan lahan yang mau dijadikan lahan industri. Tidak sedikit kasus pembebasan lahan yang diwarnai aksi protes atau ketidaksetujuan antar kedua pihak. Banyak yang diwarnai demo, protes, bahkan sampai aksi anarkis yang memakan korban. Apakah hal tersebut perlu dilakukan sampai segitunya?
Lapor Hansip
18-07-2021 16:48

Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Article by Chandra Yoga /  18 Juli 2021 / 04:47 PM / Industry 

Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]

Kalian semua pastinya pernah dengar msalah pembebasan lahan yang mau dijadikan lahan industri. Tidak sedikit kasus pembebasan lahan yang diwarnai aksi protes atau ketidaksetujuan antar kedua pihak. Banyak yang diwarnai demo, protes, bahkan sampai aksi anarkis yang memakan korban. Apakah hal tersebut perlu dilakukan sampai segitunya? apakah tidak ada cara lain yang lebih bijak ? apakah kita tidak mengenal yang namanya negosisasi?


Pov penulis disini mencoba menjadi bagian dari industri yang akan dibangun pada lahan yang harus dibebaskan. Permasalahan pembebasan lahan ini sebenarnya menjadi permasalahan umum dan sering ditemukan disana sini. Permasalahannya pasti disekitar dampak ke lingkungannya atau uang ganti rugi yang kurang. Kayanya kalau uangnya ganti untung, yang tadinya aktivis lingkungan pasti bakal setuju juga. 


Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]

Nahh sebenarnya disini siapa yang susah? 

Ketika sebuah perusahaan akan mendirikan pabrik pastinya langkah awalnya harus mencari lahan. Sangat jarang sekali lahannya bukan milik siapapun dan bahkan sampai tidak ada yang tidak memiliki pemilik. Ketika akan melakukan pembebasan lahan, suatu perusahaan diharuskan melakukan studi kelayakan untuk pabriknya, lalu melakukan kajian mengenai dampak ke lingkungan sekitar. Pengalaman penulis mengenai dokumen ini tidak sedikit dan waktu mengurusnya butuh waktu yang lama. Pembentukan dokumen ini tidak serta merta langsung jadi , karena banyak faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan dokumen.


Ketika akan membangun pabrik di lahan baru, pastinya perusahaan memikirkan banyak hal yang dibutuhkan oleh pabrik itu mulai dari dokumen studi kelayakan, mempersiapkan gaji pegawai, mempersiapkan pasca kegiatan , dan mengusahakan agar semua kegiatan pabrik lolos uji dan tidak mencemari lingkungan. Belom lagi ditambah biasanya ada sebuah peraturan yang mewajibkan untuk menghidupkan lingkungan sekitar, dalam artian seperti memperkerjakan penduduk sekitar maupun memberikan ganti rugi bagi yang terdampak. 

Bisa bayangkan betapa pusingnya menjadi bagian dari suatu perusahaan yang ingin membuat pabrik baru. Belom ditambah dengan permasalahan pembebasan lahan yang kadang ditunggangi oknum oknum tidak bertanggung jawab sehingga membuat drama. Logikanya adalah ketika suatu perusahaan yang ingin mendirikan suatu pabrik sudah sampai ke tahap pendekatan warga sekitar untuk membebaskan lahan. Maka berarti perusahaan tersebut sudah siap semua dokumen studi kelayakannya mulai dari efisiensi pabriknya sampai ke tahap pengolahan limbahnya. 

Jadi sampai sini kebayangkan betapa susahnya ingin membebaskan suatu lahan yang akan digunakan sebagai pabrik produksi yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi orang banyak. Anehnya malah di demo swiwiuw. 


Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]

Jadi Bagaimana Bersikap Kalau Ada Permasalahan Pembebasan Lahan?

Pihak perusahaan itu pasti kena sanksi kalau melakukan prosedur pembebasan lahan yang tidak sesuai, atau dokumen kelayakannya ada yang tidak tepat dan perlu dilakukan pengkajian ulang. Maka terbayangkan betapa pusingnya di pihak perusahaan. Nhah jadi kalau ada masalah pembebasan lahan lagi dan kita posisinya sebagai warga terdampak, itu tidak perlu melakukan demo demo anarkis dan melakukan hal yang tidak penting lainnya. 


Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]

Terus bagaimana caranya ketika menghadapi permasalahan seperti ini?

1. Usahakan selesaikan dengan kepala dingin dan tidak perlu ada kekerasan

2. Komunikasikan secara intens mengenai penyelesaian permasalahan melalui pemimpin daerah 

3. Perlu adanya diskusi antar kedua belah pihak sehingga terjadi komunikasi apalagi terkait pemberian uang ganti rugi bagi yang terdampak 

4. Ketika masih buntu usahakan untuk tidak berdemo, karena hasilnya akan sama saja. Konsultasikan ke pihak yang berkaitan misalnya sepereti lembaga yang mengawasi terkait pengolahan limbah, atau lembaga yang melindungi hak warga yang terkena pembebasan lahan

5. Selalu update berita mengenai perusahaan terkait sehingga bisa dijadikan bahan untuk diskusi


Banyak cara yang bisa dilakukan, intinya ada di komunikasi dan negosiasi. Kalau komunikasi tidak lancar jangan langsung mengarah pada tindakan anarkis, kita semua paham kita masing masing memiliki kepentingan yang berbeda dan kadang ada yang merugikan kepentingan lainnya, namun semua itu bisa didiskusikan. Gunakan prinsip trade, tukar dan sama sama untung. Tidak perlu mengedepankan idealisme tinggi yang pada akhirnya kalah juga. 


Quote:Nggak semua pembebasan lahan itu maksudnya jelek, tujuannya lebih besar daripada sekedar menggusur lahan. Tentu saja limbahnya sudah diperhitungkan dan sudah ada klasifikasinya. Bertindaklah seperti orang bijak, jangan ngawur membabi buta tapi pas diajak diskusi kicep. 








profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
18-07-2021 17:06
1. Pemda ngasih tanah 'gratis' bwt kawasan industri.
2. Sediain juga sebelahnya kawasan pemukiman, pasar, tempat ibadah, taman...
3. Bangun rusun, pasar, tempat ibadah, taman... pake duit csr....
4. Jadidah kawasan terintegrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kurnhyalcantara dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
18-07-2021 18:55
Tapi gimana ya?
Tak sedikit yg diambil jg tanah produktif.
Penduduk sekitar pun jarang yang diambil. Karena SDM kurang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yonioo29 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
19-07-2021 09:54
bangun industri mah iya, tapi mikir enggak masa depan lingkungan sekitar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:01
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang masalah pembebasan lahan yang hendak dijadikan lahan industri.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:02
Yg terpenting, saat ada hal tsb, win win solution bg ke2 belah pihak yg berbeda yg hrs di utamakan, gan.... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:09
Produk-produk kekerasan ini kan biasanya yg monopoli kan yg punya modal buat sewa preman/preman berseragam
Yaitu "Korporasi"emoticon-linux
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:09
Masalahnya warga ga pengen lahannya dibebaskan, perusahaan maksa sampai melanggar aturan dan main uang, di Sangihe contohnya, sampai makan korban Bupati nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:12
TS nya hidup di negara mana ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:14
Ini TS cerita pembasan lahan yg sesuai prosedur baik itu prosedur hukum dan prosedur pembelian. Masalahnya Keknya TS lupa klo mayoritas pembebasan lahan dimari itu cacat hukum dan klo bukan ganti rugi kadang bahkan kaga dibayar sama sekali. ITULAH KENAPA BANYAK PEMBEBASAN LAHAN DImARI BERUJUNG DEMO CONTOH MANDALIKA MASIH DEMO SAMPE SEKARANG, YG PALING FRESH PeMBUKAAN LAHAN TAMBANG YG BUPATINYA SAMPE MATI TAK WAJAR.

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
TSNYA LUPA DIA HIDUP DI MANA
Diubah oleh chigo.ji3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:19
itu mah cma bancakannya orang2 dalem biar kecipratan untung dri perusaaan trsbt.. kerahin masa demo demo minta ini itu.. deal.. tiba2 pd ngilang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:34
Kalo yg punya kaga mau ngelepas begimane bre? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:39
Gak fair, ente lihatnya dari satu sisi perusahaan, kenyataan nya pemilik lahan mau cairin duitnya aja susah.
Eh btw, semua point yang agan sampekan diatas nih, mulai dari studi kelayakan dll.
Sampe inti point kelima sudah dilakuin tuh sama salim kancil gan.
Kok bisa bilang gausah sok demo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:54
Ada yang kangen didemo?
profile-picture
cyoga17 memberi reputasi
1 0
1
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 21:58
Angel gan
profile-picture
cyoga17 memberi reputasi
1 0
1
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 22:07
Lama2 lahan pertanian abis dibeton. Bukannya cari lahan pabrik di daerah baru aja sekalian dimajuin
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 22:13
TS terlalu hitam putih.
Praktiknya d lapangan, byk pemburu rente,
Jd segala hal terkait perizinan dll, bs mulus dgn fulus.

Dn bukan soal ganti rugi atau untung. tp keberlangsungan kehidupan warga dan ekosistem terkait yg ada di situ

Contoh kasus d Sangihe,
Yg jd pertimbangan org2 yg menolak adlh, soal keanekaragaman hayati d daerah tsb termasuk ketakutan, org2 asli sangihe tergusur kalah bersaing dgn pendatang,
dampaknya bs multidimensional.

Itu pendapat ane ya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 22:16
Orang2 demo kebanyakan karena ganti tidak sesuai. Kebanyakan hanya penggarap saja, bukan pemilik. Tentunya kalau sesuai, ya g bakal di demo.

Karena maksud tujuan lebih besar, itu tujuannya pemodal biasanya. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 22:23
Jangan naif.

Kebanyakan perusahaan itu justru mau buka lahan, hampir seringnya di sekitarnya ada pemukiman dan merusak alam sekitarnya.

Industri dan korporasi pun maunya hanya mengincar untung sebesar-besarnya dan pengeluaran sekecil-kecilnya. Itulah kapitalis.

Agan bayangkan warga asli pemukiman di daerah tersebut. Mereka mencari makan dari Hutan dan Alam sekitarnya. Tiba-tiba ada korporasi dan kapitalis yang mau mengambil bahan tambang atau sumber daya alam di sekitarnya untuk memuaskan dahaga orang-orang kota. Padahal hutan tempat mereka cari makan. Mereka juga malah ikut menjaga alam Indonesia dengan baik.

Lalu dirusak oleh segerombolan kapitalis tiba-tiba datang mengatasnamakan mendukung kemajuan daerah. Nyatanya hanya untung mengenyangkan perut korporasi.

Apa itu fair?

emoticon-Cape d...
Diubah oleh sindo..news...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 22:36
Abis demo minta dipekerjakan
Setelah dipekerjakan malah nyantai

Punya status putra daerah paling mantep dibanding jd PNS emoticon-nyantai


Masalah lahan terjadi krn manusia hobinya beranak

Bnyk ank bnyk kbutuhan, bnyk kegiatan konsumen, bnyk kegiatan konsumsi ya hrs diimbangi sm produksi, ya buka lahan

Manusia udh jadi hama bagi bumi dan spesies nya sendiri
Diubah oleh 3770372
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pembebasan Lahan Industri? Nggak Usah Sok Demo, Gini Penjelasannya [ Brainstorming ]
25-07-2021 23:19
Perjanjian kok merhitungin rakyat
Yang pasti dimari gmana caranya biar kepala daerah baik itu gubernur, walikota/bupati dapat meraup untung sebesar besarnya, persetan rakyat only in indo emoticon-Leh Uga. Ga semua sih tapi mayoritas emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia