others
Batal
link has been copied
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60e4811ace05504880051687/meraup-manfaat-dari-tiga-stadion-internasional-yang-berdiri-di-kalimantan-timur
Sumber Foto Setidaknya ada tiga daerah di Kalimantan Timur yang bisa membangun stadion sepak bola bertaraf internasional dan itu pun bisa menjadi keuntungan bagi provinsi tersebut. Ketiga daerah itu pun mempunyai klub yang sudah berlangganan pentas di Liga Indonesia, walaupun salah satunya sudah turun kasta. Namun, hal tersebut tidak bisa menghilangkan bahwa stadion internasional itu dari tiga men
Lapor Hansip
06-07-2021 23:13

Meraup Manfaat dari Tiga Stadion Internasional yang Berdiri di Kalimantan Timur

icon-verified-thread


Setidaknya ada tiga daerah di Kalimantan Timur yang bisa membangun stadion sepak bola bertaraf internasional dan itu pun bisa menjadi keuntungan bagi provinsi tersebut. Ketiga daerah itu pun mempunyai klub yang sudah berlangganan pentas di Liga Indonesia, walaupun salah satunya sudah turun kasta. Namun, hal tersebut tidak bisa menghilangkan bahwa stadion internasional itu dari tiga menjadi dua. Akan tetapi, masih tetap menjadi atau mempunyai tiga stadion bertaraf internasional.

Ada banyak wilayah di Indonesia yang menginginkan mempunyai stadion sepak bola bertaraf internasional. Namun, belum kesampaian, salah dua contoh saja Makassar (Sulawesi Selatan) dan Medan (Sumatra Utara). Sampai saat ini, kedua wilayah itu belum mempunyai stadion sepak bola yang bertaraf internasional. Namun, berbanding terbalik dengan Kalimantan Timur ini yang sudah mempunyai tiga stadion bertaraf internasional. Di mana saja letak stadionnya, sih? Satu, letaknya di Samarinda atau yang sering disebut dengan nama Stadion Palaran Samarinda. Kedua, letaknya di Kutai Kartanegara atau sering disebut dengan nama Stadion Aji Imbut Tenggarong Kutai Kartanegara. Ketiga, letaknya di Balikpapan atau sering disebut dengan nama Stadion Batakan Balikpapan.



Ketiga itu adalah landmark sebuah wilayah karena dengan nama stadion maka sebuah tempat pun akan mudah dikenali. Di samping sepak bola yang menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia ini, khusunya di Indonesia. Maka, seharusnya langkah yang kongkrit atau nyata harus bisa diambil dalam hal promosi wilayah lewat stadion-stadion bertaraf internasional yang ada di Kalimantan Timur itu sendiri.

Memang, pemerintah Kalimantan Timur juga sempat mengadakan turnamen yang digagas oleh pemerintah sendiri dengan nama Piala Gubernur Kaltim. Oleh karena itu, pemerintah sudah tahu bahwa sektor olahraga dan khusunya sepak bola bisa menjadi magnet untuk menarik perhatian orang-orang melihat Kaltim. Alangkah indahnya juga, hal semacam itu bisa untuk dilanjutkan agar sektor ekonomi yang berhubungan dengan sepak bola bisa naik juga.



Sangat jarang di Indonesia ini, sebuah provinsi mempunyai lebih dari satu stadion sepak bola bertaraf internasional. Oleh karena itu, sektor pariwisata di tempat-tempat ini pun bisa diciptakan. Sebab di zaman sekarang, stadion bukan hanya untuk menonton pertandingan saja. Akan tetapi, stadion modern sudah banyak yang menerapkan di dalamnya: museum, kafe, dan official store klubnya itu sendiri.

Coba bayangkan kalau stadion-stadion ini bisa dimaksimalkan. Alangkah indahnya, dunia olahraga sepak bola yang ada di Kaltim itu semakin bergelora dan tak kalah dengan pulau Jawa. Menurut pengamatan saya, selama ini Kalimantan Timur masih kalah dengan pulau Jawa dalam hal segi popularitasnya atau menarik penonton. Entahlah, apa yang bisa menyebabkan seperti itu. Namun, banyak pengamat yang menilai bahwa stadion di sana jauh ke kota, salah satunya Palaran Stadion.

Hal jarak yang dipermasalahkan oleh sebagian banyak orang, harus bisa menjadi perhitungan bagi pemerintah supaya memperbaiki. Bukan diperbaiki saja, tetapi harus senantiasa bisa terus mempromosikan agar stadion-stadion itu bisa menjadi landmark bagi provinsi Kalimantan Timur. Harus juga mempunyai pemikiran semacam ini, orang ingat Stadion Palaran, Aji Imbut, dan Batakan maka ingat juga Kalimantan Timur.

Sepak bola adalah olahraga yang populer di Indonesia. Jadi, stadion dan sepak bola bisa diciptakan untuk bahan mempromosikan sebuah wilayah ataupun provinsi. Coba bayangkan, berapa juta pasang mata orang yang akan melihat pertandingan langsung lewat TV dan fokus ke stadion. Nah, tentu dalam fokus itu akan terseret juga nama tempat stadion dan kotanya. Oleh karena itu, stadion pun bisa menjadi salah satu untuk ajang promosi nama kotanya sendiri.

Indahnya lagi kalau mempunyai stadion sepak bola bertaraf internasional itu bukan hanya bisa menyelenggarakan pertandingan nasional saja. Namun, pertandingan yang bertaraf internasional juga bisa diselenggarakan, misalnya pertandingan tim nasional melawan tim nasional negara lain. Jadi, hal semacam itu pun bisa menjadi keuntungan bagi Kalimantan Timur kalau bisa memaksimalkannya.



Zaman sekarang, banyak wilayah yang sudah menyosor sepak bola adalah alat untuk promosi bagi wilayahnya. Jadi, banyak wilayah pun yang mendukung sebuah klub lewat jalur sarana dan prasarana, salah satunya menciptakan stadion bertaraf internasional. Maka, tak usah ragu lagi untuk wilayah-wilayah yang ada di Kalimantan Timur untuk menggenjot terus di sektor ini. Harus diketahui, sektor olahraga yang bersangkut paut dengan stadion bisa berakibat baik ke dalam sektor ekonomi maupun sektor pariwisata. Jadi, itu pun bisa berdampak ke sektor-sektor lainnya. Indah, bukan?

Stadion-stadion yang sudah ada pun tak akan bisa maksimal jika klub penghuninya tak bagus. Oleh karena itu, para suporter yang ada di Kalimantan Timur, khusunya suporter klub daerahnya. Maka, harus bareng-bareng menciptakan suatu branding agar nama klub, stadion, wilayah, dan Kalimantan Timur bisa terbang tinggi di kancah nasional maupun internasional.[]


Cangkir Kopi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Meraup Manfaat dari Tiga Stadion Internasional yang Berdiri di Kalimantan Timur
06-07-2021 23:22
Stadion bukan hanya untuk sepak bola saja, tetapi bisa menjadi atau menciptakan sektor pariwisata yang baru
0 0
0
Meraup Manfaat dari Tiga Stadion Internasional yang Berdiri di Kalimantan Timur
06-07-2021 23:23
Stadion bisa menjadi ajang silaturahmi bagi suporter yang saru dan lainnya
0 0
0
Meraup Manfaat dari Tiga Stadion Internasional yang Berdiri di Kalimantan Timur
13-07-2021 06:15
Menarik sekali
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia