others
Batal
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60e155a8c023845ae76f35d0/berkreasi-melalui-kegiatan-budidaya-pakcoy-bersama-kelompok-pmm-umm
Kreativitas merupakan salah satu potensi penting yang harus dikembangkan pada anak-anak. Kegiatan yang dapat memacu kreativitas akan membuat anak-anak lebih produktif, karena setiap anak akan mengeksplorasi hal baru serta menyalurkan ide-idenya saat berkreasi. Cara meningkatkan kreatifitas tidak harus menggunakan metode yang sulit, namun bisa juga menggunakan metode yang cukup mudah, contohnya ada
Lapor Hansip
04-07-2021 13:31

Berkreasi Melalui Kegiatan Budidaya Pakcoy Bersama Kelompok PMM UMM

Berkreasi Melalui Kegiatan Budidaya Pakcoy Bersama Kelompok PMM UMMKreativitas merupakan salah satu potensi penting yang harus dikembangkan pada anak-anak. Kegiatan yang dapat memacu kreativitas akan membuat anak-anak lebih produktif, karena setiap anak akan mengeksplorasi hal baru serta menyalurkan ide-idenya saat berkreasi. Cara meningkatkan kreatifitas tidak harus menggunakan metode yang sulit, namun bisa juga menggunakan metode yang cukup mudah, contohnya adalah mewarnai objek tertentu.
 

Upaya peningkatan kreativitas anak juga dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 18 gelombang 5. Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berada dibawah naungan Direktorat Penelitian danPengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM. Seluruh kegiatan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yaitu Ibu Sri Winarsih, S.TP.,MP. Salah satu program kerja yaitu “Kreatif Ceria” yang dikemas dengan kegiatan menarik guna meningkatan kreativitas dan pengetahuan telah dilaksanakan pada 23-24 Juni 2021 di Panti Asuhan Amanah.



Program “Kreatif Ceria” disambut dengan antusias oleh anak-anak Panti Asuhan Amanah. Kegiatan yang dilakukan dalam “Kreatif Ceria” ini pun cukup menarik yaitu menghias botol bekas. Setiap anak bebas menghias botol-botol bekas sesuai dengan kreasinya masing-masing dengan perlengkapan seperti cat dan kuas yang telah disediakan. Selain dapat meningkatkan kreasi, kegiatan menghias botol bekas ini juga dapat mengajarkan kepada anak-anak mengenai alternatif  atau cara untuk mendaur ulang sampah plastik seperti botol, dan lain sebagainya.

Tidak hanya sampai disitu, hal yang membuat program ini semakin menarik yaitu botol-botol yang telah dihias selanjutnya dijadikan sebagai tempat wadah untuk menanam sawi pakcoy. “Program ‘Kreatif Ceria’ diadakan tidak hanya untuk meningkat kreativitas saja, namun juga untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak bagaimana cara membudidayakan sayuran sawi pakcoy”, ungkap Miqdad Dzaky Fatahillah selaku koordinator kelompok.

     
Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan ditengah pandemi COVID-19 ini. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Pakcoy merupakan salah sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Selain karena kandungannya, sawi pakcoy dipilih dalam program ini karena masa tanamnya yang pendek dan tidak harus ditanam di lahan yang luas sehingga lebih mudah untuk dibudidayakan. Benih pakcoy telah disemai kurang lebih 2 minggu sebelumnya, sehingga memudahkan anak-anak saat kegiatan budidaya di Panti Asuhan Amanah berlangsung.
      
Mahasiswa kelompok PMM menjelaskan serta mempraktekkan bagaimana cara membudidayakan pakcoy mulai dari penjelasan mengenai media tanam hingga praktek cara memindahkan bibit pakcoy ke dalam botol-botol bekas tersebut. Setiap anak mencoba menanam bibit pakcoy pada botol yang telah dihias masing-masing. Kegiatan menanam sayuran merupakan hal baru yang dipelajari oleh anak-anak Panti Asuhan Amanah, sehingga mereka melakukannya dengan antusias. Botol yang telah ditanami bibit pakcoy, selanjutnya diletakkan pada dinding yang diberi nama ‘PMM 18 Garden’. Melalui rangkaian program “Kreatif Ceria” budidaya pakcoy ini diharapkan anak-anak panti memahami bagaimana cara membudidayakan pakcoy yang benar sehingga nantinya pakcoy tersebut dapat dipanen dan dikonsumsi sendiri.

 




Diubah oleh firaashafira190
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia