others
Batal
link has been copied
12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60dbe978c00d107cea4824d1/kaltim-in-your-hand---kalimantan-timur-dalam-genggaman
KALTIM In Your Hand LATAR BELAKANG Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek sosial. Penggunaan teknologi oleh manusia dalam membantu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM).
Lapor Hansip
30-06-2021 10:48

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

KALTIM In Your Hand



LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek sosial. Penggunaan teknologi oleh manusia dalam membantu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM).
Dilihat dari hal tersebut maka mendorong banyak orang untuk terjun dalam bidang Teknologi. Disamping penggunaannya yang dapat membantu sistem kerja, juga dapat memberikan wawasan yang lebih luas, maka para ahli selalu terus dan terus menciptakan sesuatu yang baru sehingga terjadi suatu persaingan diberbagai bidang. Salah satunya kini dalam pembuatan program dan aplikasi. Pemakai program dan aplikasi disegala bidang mulai dari tempat yang umum maupun yang khusus tetap selalu dirancang dengan tujuan yaitu dapat mempermudah pekerjaan, mempersingkat serta mempercepat waktu.

Berkaca pada pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 % atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 %.

Kalimantar Timur Propinsi terluas kedua di indonesia dengan luas total adalah 127.346,92 km² dan populasi sebesar 3.793.152 jiwa (data wikipedia tahun 2020). Serta mempunyai 5 Kabupaten dan 2 Kota Administratif.

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Secara umum, survei diatas dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 9 Maret-14 April 2019. Sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 5.900 responden dengan Margin of Error kurang lebih 1,28%. Pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan pengisian kuesioner. Kalimantan Timur baru sebesar 67,8% atau kedua terendah di Pulau Kalimantan. Dengan adanya data tersebut sebuah harapan muncul gagasan - gagasan yang bisa membangkitkan gairah pengguna internet Kalimantan Timur yang lebih baik kedepannya.



KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman


PROTOTYPE

Penawaran brand ini sebuah gagasan atau ide sebuah platform digital, pemrograman aplikasi untuk Kalimantan Timur yaitu Android Package Kit dengan tema KALTIM In Your Hand. APK ini diharapkan bisa membantu di segala bidang. Karena motto yang diusung adalah pemanfaatan teknologi di dalam genggaman. Tujuan atau suguhan dalam APK ini sangatlah penting untuk membantu warga masyarakat Kaltim sendiri atau para pengunjung yang akan datang ke Kalimantan Timur.
Dalam program APK KALTIM in your hand ini ada beberapa menu sentuhan digital agar terintergrasi satu dengan yang lainnya :
1. KALTIM Tourism
2. KALTIM Agribisnis
3. KALTIM Entrepreneur



1. KALTIM  Tourism

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman


Pariwisata merupakan salah satu aspek penting yang dapat memberikan berbagai dampak positif. Bagi individu atau pengguna jasa, tentu saja manfaat kegiatan berwisata adalah sebagai obat pereda stress dan penat. Bagi penyedia jasa, kegiatan pariwisata dapat memberikan dampak ekonomi bagi mereka. Secara lebih luas, keberadaan kegiatan pariwisata di suatu daerah mampu menggerakkan berbagai aktivitas yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pada daerah Kalimantan Timur. Definisi yang lebih lengkap, pariwisata adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, pengalaman baru dan berbeda lainnya.
Banyak negara bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah.
Dengan adanya aplikasi ini KALTIM In Your Hand Menu KALTIM tourism terdapat beberapa fitur strategi, diantaranya adalah :
a. Atraksi
b. Amenitas
c. Aksesibilitas


Atraksi

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Atraksiwisata memiliki definisi yaitu seni, budaya, warisan sejarah, tradisi, kekayaan alam, atau hiburan, yang merupakan daya tarik wisatawan di daerah tujuan wisata. Berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2009, daya tarik wisata memiliki definisi yaitu segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.
Atraksi wisata juga tak terbatas pada lokasi atau site attractions seperti tempat-tempat bersejarah, tempat dengan iklim yang baik, pemandangan indah, namun juga termasuk event attractions seperti seperti pagelaran tari, pameran seni lukis, atau peristiwa lainnya). Secara umum, terdapat beberapa faktor yang dapat mendorong wisatawan untuk bersedia pergi mengunjungi lokasi wisata.


Amenitas

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Amenitasmemiliki arti yaitu fasilitas. Ketersediaan amenitas pada lokasi wisata bukan merupakan suatu hal yang akan menarik wisatawan datang berkunjung atau dengan kata lain bukan menjadi tujuan utama wisatawan. Amenitas merupakan pelengkap dari atraksi utama wisata. Ketiadaan atau kurang baiknya kondisi amenitas pada lokasi wisata akan menurunkan minat dari wisatawan sehingga penyediaan amenitas pada lokasi wisata sangat penting untuk diperhatikan keberadaannya. Amenitas tak hanya terbatas pada ketersediaan akomodasi untuk wisatawan bermalam, namun juga ketersediaan restoran untuk kebutuhan pangan, ketersediaan transportasi lokal yang memudahkan wisatawan untuk bepergian, dan lain sebagainya. Selain itu, fasilitas pendukung lain seperti toilet umum, tempat beribadah, area parkir, juga menjadi faktor kelengkapan amenitas yang penting untuk dipenuhi oleh pihak penyedia jasa wisata.



Aksesibilitas

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Aksesibilitaspariwisata dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 adalah semua jenis sarana dan prasarana transportasi yang mendukung pergerakan wisatawan dari wilayah asal wisatawan ke destinasi pariwisata maupun pergerakan di dalam wilayah destinasi pariwisata dalam kaitan dengan motivasi kunjungan wisata. Pembangunan aksesibilitas pariwisata dapat meliputi: Penyediaan dan pengembangan sarana transportasi angkutan jalan, sungai, danau dan penyeberangan, angkutan laut, angkutan udara, dan angkutan kereta api. Aksesbilitas juga merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang tingkat kenyamanan berwisata bagi wisatawan. Idealnya, keberadaan sarana dan prasarana aksesbilitas haruslah diletakkan pada lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi amenitas seperti akomodasi ataupun tempat makan. Selain itu, kemudahan untuk mengakses sarana dan prasarana serta kondisinya yang berkualitas baik juga akan meningkatkan tingkat kenyamanan wisatawan.


2. KALTIM  Agribisnis

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam serta pembesaran hewan ternak, meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekadar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan. Bagian terbesar penduduk dunia bermata pencaharian dalam bidang-bidang di lingkup pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia.

Kelompok ilmu-ilmu pertanian mengkaji pertanian dengan dukungan ilmu-ilmu pendukungnya. Karena pertanian selalu terikat dengan ruang dan waktu, ilmu-ilmu pendukung, seperti ilmu tanah, meteorologi, teknik pertanian, biokimia, dan statistika juga dipelajari dalam pertanian. Usaha tani adalah bagian inti dari pertanian karena menyangkut sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budidaya. "Petani" adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak secara khusus disebut sebagai peternak. Strategi pembangunan pertanian yang berwawasan agribisnis merupakan upaya sistemik yang ampuh untuk mencapai tujuan dalam menarik dan mendorong sektor pertanian, menciptakan struktur perekonomian yang tangguh, efisien, dan fleksibel, menciptakan nilai tambah; meningkatkan penerimaan devisa; menciptakan lapangan kerja, memperbaiki pembagian pendapatan. Sedang faktor strategi terkait dengan kehandalan tatanan agrobisnis dan agroindustri, seperti lingkungan, tingkat permintaan, sumberdaya dan ilmu dan teknologi.

Dengan adanya aplikasi ini KALTIM In Your Hand Menu KALTIM Agribisnis terdapat beberapa fitur strategi, diantaranya adalah :

1. Urban Farming

2. Biogas Sistem



1. URBAN FARMING

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Urban farming atau pertanian perkotaan mencakup beragam proyek dan aktivitas penghasil makanan. Kebangkitan pertanian baru-baru ini di dalam dan sekitar kota, banyak orang telah terhubung kembali ke pertanian dengan menanam makanan sendiri dan mengunjungi pasar petani. Fenomena yang berkembang pesat ini berpotensi menyehatkan masyarakat dan menciptakan peluang ekonomi. Pertanian perkotaan populer karena beberapa alasan seperti keberlanjutan, keterjangkauan, kesehatan, dan kenyamanan.

Pertanian perkotaan dapat mencakup pertanian atap atau penanaman lahan kosong. Di hampir semua kasus pertanian perkotaan, beberapa bentuk berkebun intensif atau vertikal harus dimanfaatkan karena keterbatasan ruang. Rumah kaca juga merupakan bentuk pertanian perkotaan yang populer.


a. Pertanian vertikal 
Struktur mencakup infrastruktur yang diperlukan untuk pertumbuhan (seperti terowongan tinggi) dan penyimpanan (seperti pendingin). Jenis struktur yang Anda butuhkan bergantung pada lokasi, jenis tanaman yang ditanam, dan lamanya musim tanam.


b. Lansekap Sayuran
Juga disebut lansekap yang dapat dimakan, urban farming jenis ini mencampurkan bunga dan sayuran di seluruh taman. Ini memungkinkan peluang fleksibel dengan modal awal kecil. Investasi Anda sebagian besar akan berinvestasi pada alat untuk menanam sayuran baik di tanah yang baru digarap atau di dalam wadah. Banyak sekali tanaman untuk diolah dari herbal, bawang merah, bawang putih, hingga stroberi dan bahkan pohon buah-buahan.


c. Produk dan layanan
Selain pertanian perkotaan, Anda dapat menghasilkan jalur pendapatan lain dalam bisnis Anda dengan menyediakan bibit dan kompos. Dengan pasar yang berkembang untuk produk dan layanan ramah lingkungan, banyak yang mulai melihat sampah dengan cara baru.


d. Pertanian Hidroponik
Hidroponik adalah proses menanam tanaman dengan air yang kaya nutrisi tetap bersentuhan dengan akar tanaman tanpa menggunakan tanah. Proses ini disebut-sebut dapat secara signifikan mengurangi risiko pemborosan dan polusi yang dapat merusak produk dan menyebabkan penyakit, menjadikannya populer di kalangan konsumen yang sadar kesehatan.


e. Pertanian organik
Pertanian organik adalah metode memelihara tanaman dan ternak dan telah berkembang menjadi ceruk tersendiri. Semakin banyak restoran dan supermarket yang memasarkan produk organik secara khusus. Bisnis ini bergantung pada petani organik untuk memasok mereka dengan buah-buahan dan sayuran yang ditanam secara organik dan dibesarkan secara organik, atau ternak yang bebas berkeliaran. Pertanian organik sangat dicari karena menyediakan makanan yang aman dan sehat bagi pelanggan dari lingkungan bebas racun.


KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman


Manfaat Urban Farming
  1. Mengurangi emisi karbon
  2. Teknik inovatif
  3. Penciptaan pekerjaan
  4. Pertumbuhan ekonomi
  5. Pembangunan komunitas
  6. Kesehatan masyarakat
  7. Kualitas pangan
  8. Ketahanan pangan
  9. Pendidikan
  10. Ruang hijau

Tanaman hijau menambah daya tarik estetika, mengurangi limpasan dari presipitasi, menyediakan ruang yang tenang bagi komunitas, dan melawan efek pulau panas dengan memperbaiki karbon melalui fotosintesis.


2. BIOGAS SISTEM


KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Biogas adalah salah satu sumber energi terbarukan yang bisa menjawab kebutuhan akan energi sekaligus dapat menyediakan kebutuhan hara tanah dalam suatu sistem pertanian yang berkelanjutan. Pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas mendukung penerapan konsep zero waste sehingga pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dapat dicapai. Teknologi biogas sangat berpotensi untuk dikembangkan di daerah - daerah pengembangan peternakan yang terintegrasi dengan tanaman (CLS). Berdasarkan kajian teknis dan ekonomis tersebut, teknologi biogas ini layak dikembangkan. Pemanfaatan biogas sebagai sumber energi pada industri kecil berbasis pengolahan hasil pertanian diharapkan dapat memberikan multiple effect dan dapat menjadi penggerak dinamika pembangunan pedesaan. Selain itu, dapat juga dipergunakan untuk meningkatkan nilai tambah dengan cara pemberian green labelling pada produk-produk olahan yang di proses dengan menggunakan green energy. akses data Biogas Litbang.


KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

PLT Biogas POME Limbah cair kelapa sawit atau POME dapat diolah secara anaerobic dan menghasilkan biogas, sehingga juga dapat menghasilkan energi listrik, maupun dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas rumah tangga dan industri,” Pilot Project Pembangkit Listrik Tenaga Biogas berbahan baku limbah cair pabrik kelapa sawit . Harapan dan perkembangan teknologi Propinsi Kalimantan Timur agar bisa mengikuti langkah PTPN V di Terantam, Kab. Kampar, Riau yang telah melangkah terlebih dahulu.



3. KALTIM  Enterpreneur

KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman

Entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Dapat disederhanakan bahwa entrepreneur adalah seorang pengusaha atau orang yang melakukan kegiatan wirausaha, di mana orang tersebut biasanya mempunyai bakat untuk mengenali produk-produk baru, menentukan cara produksi yang baru, dapat membuat standar operasional, mampu memasarkan produk dan dapat mengatur modal untuk kegiatan operasional.


Sifat yang harus dimiliki seorang entrepreneur diantaranya :
  1. Percaya Diri
  2. Memiliki Mindset Positive
  3. Pengambilan Risiko
  4. Berorientasi Pada Masa Depan
  5. Kepemimpinan
  6. Kreativitas dan Inovasi
  7. Mempunyai Rancangan Bisnis
  8. Pantang Menyerah


KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman


Dengan adanya aplikasi ini KALTIM In Your Hand Menu KALTIM Enterpreneur terdapat beberapa fitur strategi, diantaranya adalah :

1. E-commerce

2. Investasi

3. Networking

4. Import - Export

5. Starup


Quote:Dengan Penjabaran singkat 3 Fitur diatas untuk Kalimantan Timur ane sengaja menulis dengan bahasa formal, agar mudah di pahami halayak umum. Harapan ane ide ini bisa di implentasikan oleh para pemuda pemudi Kaltim. walau dengan perjalan waktu nantinya akan ada banyak perbaikan-perbaikan program tersebut, jika tidak di awali kapan mulai melangkah. Sekali lagi ide ini murni untuk di dedikasikan untuk Kalimantan Timur atau bisa daerah lain untuk mengATM (Amati, Tiru & Modifikasi).
Sekali lagi produk KALTIM In Your Hand masih dalam tahap ide masih belum ada embrio. Berbagai informasi data dan sumber penulisan telah tercantum didalam alinea, serta sumber gambar di ambil dari google dot com dan diediting kembali.



KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman


odedanqyu


profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrerain5 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 10:48
reseved
profile-picture
profile-picture
TissueM4gic dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 10:55
Mantap ini dah lama mau mampir tapi belum ada waktu

Isen Mulang Petehku
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 11:21
ide cemerlang ini emoticon-Belo
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 11:43
Ide yang menarik, bisa diimplementasikan secara bertahap dengan dukungan penuh dari pemerintah, LSM dan ormas lainnya.emoticon-Peace
Semoga bisa direalisasikan oleh pemuda pemudi KalTim, dukung program pembangunan terbaik dengan analisis ATM (Amati, Tiru & Modifikasi).emoticon-thumbsup

Kereenn, tulisannya. Memang tidak diragukan lagi jika pemikiran milenial sekarang bisa menjangkau segala aspek yang berhubungan dengan perkembangan tekhnologi yang semakin maju.emoticon-Smilie

Salam damai selaluemoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
odedanqyu memberi reputasi
1 0
1
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 11:58
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman


emoticon-Kiss
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 12:17
Kaltim
emoticon-Matabelo
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
30-06-2021 16:45
emoticon-Kiss Idenya keren emoticon-Betty
0 0
0
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
01-07-2021 02:00
Kalimantan Timuremoticon-Recommended Seller
0 0
0
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
01-07-2021 11:34
Mantap, lanjutken.
0 0
0
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
01-07-2021 12:49
Cantik" ya ciwik nya
0 0
0
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
14-07-2021 18:19
Pantesan 1st Winner, keren begini thread RL. @odedanqyu ini.

emoticon-2 Jempol
0 0
0
KALTIM In Your Hand - Kalimantan Timur Dalam Genggaman
26-07-2021 06:52
Ajibbb ni mang emoticon-Tepuk Tangan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia