Tech
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60db11f799c4f215c7414c21/apakah-5g-itu-penting-bagi-kehidupan-kita-apa-saja-beda-4g-dan-5g
Telkomsel jadi yang pertama launching 5G disusul kemudian oleh Indosat. Di Juli 2021 nanti XL akan mulai Uji Laik Operasi (ULO) 5G. Sebelum kita bahas lebih lanjut mari kita flashback untuk jaringan 4G. Kehadiran jaringan 4G, berbelanja di toko online lebih mudah, berpergian lewat transportasi online lebih praktis, belanja di mana saja cukup Scan QRIS, streaming Youtube jarang buffering, buat stor
Lapor Hansip
29-06-2021 19:28

Apakah 5G Itu Penting Bagi Kehidupan Kita? Apa Saja Beda 4G dan 5G?

Apakah 5G Itu Penting Bagi Kehidupan Kita? Apa Saja Beda 4G dan 5G?Telkomsel jadi yang pertama launching 5G disusul kemudian oleh Indosat.
Di Juli 2021 nanti XL akan mulai Uji Laik Operasi (ULO) 5G.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mari kita flashback untuk jaringan 4G. Kehadiran jaringan 4G, berbelanja di toko online lebih mudah, berpergian lewat transportasi online lebih praktis, belanja di mana saja cukup Scan QRIS, streaming Youtube jarang buffering, buat story di Instagram, atau main game online tanpa lag.

Nah sekarang di jaringan 5G, hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan sekejap, lebih mudah, lebih cepat. Jaringan 5G diklaim 10 kali lebih cepat dari 4G LTE. Dan yang lebih penting, cloud computing serta cloud gaming dengan latensi rendah.

4G punya kecepatan di angka Mbps, sedangkan kecepatan 5G sudah memakai ukuran Gbps. Sehingga memungkinkan mendownload film dengan kualitas 8K 500% lebih cepat dibanding dengan 4G LTE. Oke mari kita bahas lebih lanjut mengenai 5G.

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Teknologi 5G didasari oleh Orthogonal frequency-division mutiplexing (OFDM), sebuah metode modulasi sinyal digital di saluran kanal yang berbeda untuk mengurangi gangguan sinyal. 5G menggunakan 5G NRAir Interface bersamaan dengan prinsip OFDM. 5G juga menggunakan teknologi bandwidth yang lebih luas seperti sub-6 GHz dan mmWave. Jaringan 5G mendukung spektrum yang lebih luas. Spektrum yang digunakan 4G sendiri adalah spektrum dari 1 GHz sampai 6 GHz. Sementara 5G bisa memakai spektrum seperti 4G atau yang lebih tinggi dari 6 GHz. Karena itu jaringan 5G di bandwidth rendah disebut Sub-6 GHz.

Penggunaan spektrum yang lebih tinggi disebut sebagai teknologi bandwidth mmWave (millimeter Wave). Teknologi ini memakai pita jaringan di atas 24 GHz sampai 100 GHz atau sebut juga sebagai Extremely high frequency.

Di Amerika dan beberapa negara maju lainnya, jaringan 5G yang digunakan umumnya adalah mmWave. Teknologi ini memungkinkan jaringan lebih stabil, latency kecil, namun membutuhkan infrastruktur yang tinggi karena jangkauan jaringan ini tidak begitu jauh.
Sementara banyak negara di dunia, terutama Asia, lebih banyak menerapkan jaringan 5G Sub-6 GHz. Yang artinya, jaringan yang digunakan di bawah 6 GHz.

Selain itu, teknologi 5G yang digunakan di Indonesia dari awal kelahirannya adalah NSA (non-stand alone). Itu artinya, jaringan 5G dapat berjalan dengan pengendali core 4G. Ada juga yang disebut SA (stand alone) yang artinya radio 5G terhubung langsung ke jaringan core 5G dan sinyalnya dikendalikan oleh 5G core.

Manfaat 5G Bagi Kehidupan
Kebutuhan dunia saat ini tidak sekadar menikmati konten lewat HP, namun juga tujuan peningkatan efektivitas ekosistem Internet of Things (IoT), mobil swakemudi, dan robotik.

Dengan teknologi 5G, Dokter bedah yang ada di luar negeri bisa melakukan operasi pasien di Indonesia dengan bantuan robotik.
Bisa menempatkan sensor di berbagai titik dan objek di kota, sebagian besar wilayah dapat dipantau dengan mudah. 
Di industri game, teknologi VR akan semakin berkembang dengan adanya jaringan 5G. Koneksi lebih cepat dengan latensi yang rendah dapat memudahkan gamer untuk bermain game berbasis AR.

Semua terjadi karena 5G menawarkan kecepatan yang sangat tinggi dan juga latensi yang sangat rendah. Ini berarti jaringan 5G memang sangat penting kedepannya, termasuk Indonesia. Apalagi Indonesia punya roadmap yang disebut “Making Indonesia 4.0”.
Kehadiran 5G bisa membantu banyak hal dan mengubah wajah perindustrian Indonesia menjadi lebih modern.


Memang membutuhkan waktu, tapi hal tersebut bisa dimulai dengan menerima kehadiran jaringan 5G dan tidak skeptis. Apalagi di 2021, sudah mulai banyak HP jaringan 5G.

Smartphone 5G di Indonesia, Pentingkah untuk Dibeli Saat Ini?

Smartphone jaringan 5G sebenarnya sudah mulai muncul sejak 2019. Pada 2020, jumlah bertambahnya seiring hadirnya system on chip atau chipset yang sudah dilengkapi modem 5G terintegrasi. Seiring berjalannya waktu, chipset kelas menengah pun mulai banyak yang sudah dilengkapi dengan modem 5G. Hal ini berimbas pada ramainya produsen Smartphone yang hadir dengan harga yang terjangkau.
Terus apa ini berarti kita sekarang  harus membeli Smartphone 5G? Jawabannya bisa yah, bisa tidak.

Saat ini jaringan 5G Indonesia baru mencakup di wilayah tertentu di kota besar. Jelas, bakal butuh waktu agar jaringan 5G meluas di Indonesia. Diperkirakan pada 2013 sampai 2015, jaringan 5G bakal benar-benar meluas.

Kalau Anda masih pake Smartphone 4G dan nyaman, nikmati saja dulu. Kehadiran jaringan 5G tidak menghilangkan jaringan 4G. Kalaupun mau beli Smartphone 5G tidak masalah, terlebih di 2021 dan kedepannya banyak Smartphone 5G terjangkau masuk Indonesia, nantikan promo promo menggiurkan sampai akhir 2021 ini.
Diubah oleh successforever
0
Masuk untuk memberikan balasan
handphone--tablet
Handphone & Tablet
2.2K Anggota • 9.9K Threads
Apakah 5G Itu Penting Bagi Kehidupan Kita? Apa Saja Beda 4G dan 5G?
29-06-2021 20:10
4g lte aja telkomsel masih mahal dan kecepatan donlodnya ga sampe 15MBps

emoticon-Ngakak
0 0
0
Apakah 5G Itu Penting Bagi Kehidupan Kita? Apa Saja Beda 4G dan 5G?
02-09-2021 21:36
https://www.chipilmu.com/2021/08/penjelasan-lengkap-teknologi-5g-di.html
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia