Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d3f08c86b80942c87e033e/toxic-positivity-ketika-motivasi-terasa-tidak-menyenangkan
Pernahkah ketika teman atau lingkungan di sekitarmu memberi ucapan semangat atau motivasi, alih-alih kamu merasa senang dan diperhatikan, justru ucapan-ucapan itu terasa memuakkan? Kalimat-kalimat seperti “jangan menyerah ya”, “kamu tuh harusnya bersyukur”, “coba kamu lihat masalah si , lebih berat dari kamu” terkadang bukan menjadi semangat namun malah membuat diri kita merasa kecil d
Lapor Hansip
24-06-2021 09:40

Toxic Positivity, Ketika Motivasi Terasa Tidak Menyenangkan

Pernahkah ketika teman atau lingkungan di sekitarmu memberi ucapan semangat atau motivasi, alih-alih kamu merasa senang dan diperhatikan, justru ucapan-ucapan itu terasa memuakkan? Kalimat-kalimat seperti “jangan menyerah ya”, “kamu tuh harusnya bersyukur”, “coba kamu lihat masalah si [itu], lebih berat dari kamu” terkadang bukan menjadi semangat namun malah membuat diri kita merasa kecil dan merasa perasaan kita tidak diakui.

Toxic Positivity, Ketika Motivasi Terasa Tidak Menyenangkan

Photo byBernard on Unsplash




Keadaan ini mengacu pada perilaku atau kondisi toxic positivity yang saat ini memang sedang marak diperbincangkan. Lantas, apa sih arti dari toxic positivity itu sendiri?

Istilah toxic positivity mengarah pada kalimat-kalimat positif yang disampaikan orang lain kepada seseorang yang sedang merasakan stres, di bawah tekanan, atau sedang dalam masalah yang awalnya bertujuan untuk memberi semangat kepada seseorang tersebut. Toxic positivity bisa dilakukan oleh orang lain kepada diri kita maupun kita yang melakukannya kepada orang lain. 

Kalimat-kalimat tersebut dianggap toxic karena mengabaikan perasaan yang sesungguhnya ketika seseorang sedang dalam berada dalam masalah, terlihat seakan kalimat tersebut negatif dan mengabaikan interaksi lawan bicara.

Karena sebaiknya jika kita berada dalam masalah, kita tidak menyangkal perasaan-perasaan yang sedang kita alami, sehingga ketika kita sedang lemah, sakit, atau gagal, kita tidak harus selalu merasa benar dan menang.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan saat menghadapi orang yang sedang dalam masalah dan tidak menjadi toxic person?

Gimana ya caranya? Selengkapnya bisa dibaca di sini Gan!



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aaawancuzcuz780 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Toxic Positivity, Ketika Motivasi Terasa Tidak Menyenangkan
24-06-2021 09:45
petromax emoticon-Ngacir
0 0
0
Toxic Positivity, Ketika Motivasi Terasa Tidak Menyenangkan
24-06-2021 12:12
kayak gini gak sih? "ah elu cuman gitu doang, lah gue......... lalalala pret"
0 0
0
Toxic Positivity, Ketika Motivasi Terasa Tidak Menyenangkan
24-06-2021 20:52
Baiklah.. markiba a.k.a mari kita bacaa...
0 0
0
Toxic Positivity, Ketika Motivasi Terasa Tidak Menyenangkan
25-06-2021 03:05
sedih mah sedih aja tinggal didengerin apa susahnya emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia