Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d19eacd1a46745402e3cce/es-teler-ternyata-dulu-benar-benar-membuat-orang-teler-ini-secuil-resep-rahasianya
Kembali ke masa lalu, tapi apakah kamu tahu es campur sebenarnya adalah es teler yang penemunya adalah asli orang Indonesia dan awalnya benar-benar mampu membuat orang yang menikmatinya jadi benar-benar teler sampai lupa orang yang ada di rumah?
Lapor Hansip
22-06-2021 15:26

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

[ HT# 744 ]

Siapa tidak mengenal minuman es campur berisi daging kelapa, mutiara, nangka, tapai, selasih, cendol, kolang-kaling dan lainnya disajikan bersama serutan es dan sirup pasti menyegarkan ini memang memiliki rasa yang khas dan penggemar di segala kalangan dan usia. Es campur dan es teller adalah dua nama yang berbeda tapi isinya sebetulnya adalah sama saja.

Es campur ataupun es teler banyak dijual di berbagai tempat dan kalangan, mulai dari kelas kaki lima hingga di mall megah dengan menu tambahan seperti toping susu, parutan coklat dan lainnya. Hadirnya es campur atau es teler ini akhirnya merakyat dan hampir tak pernah lekang oleh waktu.

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Kembali ke masa lalu, tapi apakah kamu tahu es campur sebenarnya adalah es teler yang penemunya adalah asli orang Indonesia dan awalnya benar-benar mampu membuat orang yang menikmatinya jadi benar-benar teler sampai lupa orang yang ada di rumah?

Yup, banyak yang tidak menyangka menu es ini dibuat awalnya tanpa konsep yang ribet dan tidak berbelit. Di daerah Menteng sekitar tahun 1967, Jakarta Pusat pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem awalnya berdagang rokok, jamu, siomay hingga bakso mencoba membuat menu minuman baru yang berbahan dasar dari buah dan sirup.

Ide yang terlintas begitu saja rupanya sungguh tidak dinyana, es buatan mereka ternyata benar-benar disukai oleh banyak orang hingga para mahasiswa yang tinggal di lingkungannya bahkan dengan cepat menyebar sampai ke daerah lain.

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem asli dari Nguter, Sukoharjo memutuskan untuk alih profesi berjualan es karena awalnya Samijem sang istri bermimpi jika ingin sukses lebih baik berjualan yang segar-segar. Sejak itulah keduanya es yang dicampur dari berbagai bahan tadi, munculah nama es campur dikenal masyarakat kala itu.

Nama es campur semakin lama semakin dikenal masyarakat luas dan memiliki pelanggan dari mana-mana hingga suatu ketika ada langganan seorang mahasiswa menyarankan agar es campur buatan pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem ini di ubah menjadi es teler karena saking enaknya membuat siapapun yang menikmatinya sampai lupa 'urusan dunia' alias teler sesaat.

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Makin lama nama es inipun dikenal memiliki dua nama es campur dan es teler namun warung es pak Tukiman Darnowiyono dan istrinya Samijem lebih dikenal dengan nama Es Teler Sari Mulia Asli, dimana memiliki rasa manis yang khas dan spesial karena racikan sirup dan gulanya berbeda pada umumnya. Rasa manisnya itu dibuat dari bahan rahasia, begitulah kira-kira.

Nah, bagi penyuka es campur atau es teler sejati pastinya sudah merasakan es buatan mereka atau yang belum pernah mencoba wajib mencobanya. Apakah sekarang ini rasanya tetap membuat penikmatnya jadi teler seteler-telernya?

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!


Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, TKPeh! | img : gugel 

Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 16:36
Racikan sirup dan gula nya bikin teler,, teler bukan mabuk,, teler itu biasanya cantik2 dan bening emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
EnzoMan dan b4breakk memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 16:59
Wih kirain kecampur kecubung atau masrum
emoticon-Ngakak

Oalah, saking enaknya gitu rupanya
profile-picture
profile-picture
gambit410 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 19:26
emoticon-Wagelaseh es " pemabuk " teler
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 19:51
Pernah minum es teler gara gara manis banget itu jadi teler beneran ane
profile-picture
profile-picture
ziont dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 20:03
kirain dulu pake campuran ciu atau gimana kok bisa jadi es teller namanya.. ternyata kaga pake tho.. wkwk
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 20:52
kirain teler karena ada campuran minuman beralkoholnya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 21:02
Bahaya nich emoticon-Ngakak
0 0
0
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 21:42
Teler karena gula darahnya langsung naik...
emoticon-Takut

Threadnya Iskrim memang selalu menarik! Apalagi avatarnya Muttley, loveable!emoticon-Jempolemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
itsmoll12 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 21:45
Ngiler gan.. seger banget ini apalagi klo siang terik emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
22-06-2021 23:28
Pantes ane susah bedainnya, ternyata ya pada dasarnya sama aja, cuma membuat teler aja. Ane kira karena banyak susu dan bikin kenyang jadi bikin teler nih esnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 01:28
Makanan atau minuman?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 02:35
Ts sudah nyobain susu macan ??
0 0
0
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 03:20

ane catat

Es Teler Sari Mulia Asli

ane catat gan

emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
iskrim dan b4breakk memberi reputasi
1 1
0
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 04:22
Es telernya campur tuak aja omemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
iskrim dan b4breakk memberi reputasi
1 1
0
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 04:58
waktu ane usia SD tahun 80an sampai 90an itu masih ada yang jual es teler, nah sejak itu sampe now ga pernah lagi ane liat stand atau toko jual es teler. apa ane kurang gaul ya? baca trit ini jadinya ingat oh iya es teler dah ga ada di sekitar domisili ane. Kok ane jadi kepincut akan ilustrasi es teler nya.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan b4breakk memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 06:19
es batunya mentah bikin teler karena tipus emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 07:59
Nah justru ane baru tau kalo ternyata Es teller yang melegenda di bakso yatmin itu berasal dari racikan beliau.. ane kira awalnya itu es dikasih campuran alkohol biar beneran teler bre.. ah ntar cobain ah beli Es teller ane campur Vodka kali bisa bikin teller segeremoticon-Ngakak
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 08:38
woalah, dari kampung ku ternyata. makannya bude dulu punya warung es teler juga., wkwkkwkwk
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 08:51
Pertama liat nama es teler waktu kecil liat baliho es teler 77..bingung juga minum es kok jadi teler.. emoticon-Ngakak
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Es Teler, Ternyata Dulu Benar-Benar Membuat Orang Teler, Ini Secuil Resep Rahasianya!
23-06-2021 09:20
kirain teler karena ada dicampur rum atau semacamnya emoticon-Ngakak
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia