News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
22
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d144a88f712d26f63ce35d/re-media-di-indonesia-gagal-tanamkan-optimisme-amp-satupadukan-masyarakat-hadapi-covid
AKURAT.CO, Pengamat politik Rustam Ibrahim kembali mengkritik cara sebagian media massa di Indonesia dalam menyajikan berita tentang virus corona. Menurut pendapat Rustam, sebagian media tidak berhasil menumbuhkan persatuan dan optimisme dalam merespon corona.  Rustam membandingkan dengan media di negara lain (dia tak menyebut negara mana) yang disebutnya berhasil menyatukan masyarakat dalam mel
Lapor Hansip
22-06-2021 09:02

RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid

AKURAT.CO, Pengamat politik Rustam Ibrahim kembali mengkritik cara sebagian media massa di Indonesia dalam menyajikan berita tentang virus corona. Menurut pendapat Rustam, sebagian media tidak berhasil menumbuhkan persatuan dan optimisme dalam merespon corona. 

Rustam membandingkan dengan media di negara lain (dia tak menyebut negara mana) yang disebutnya berhasil menyatukan masyarakat dalam melawan virus corona.

"Di negara-negara lain, pemerintah dan masyarakatnya termasuk media bersatupadu melawan virus corona. Di sini medianya sibuk mencari-cari kelemahan pemerintah dan mewawancara politisi. Media di Indonesia gagal menanamkan optimisme dan menyatupadukan masyarakat dalam menghadapi virus ini," kata Rustam, hari ini.

Media-media di Indonesia disarankan Rustam untuk tidak mewawancarai politikus atau tokoh agama dalam konteks isu wabah virus corona. Media sebaiknya memakai narasumber-narasumber yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan.

"Dalam soal Virus Corona ini apakah media mainstream kita tidak sebaiknya menyetop wawancara dengan para politisi dan tokoh-Tokoh Agama, karena hanya akan menambah kebingungan masyarakat," kata Rustam, kemarin.

Publik bisa bertambah bingung karena bidang virus corona bukanlah keahlian politikus dan tokoh agama.

"Kenapa tidak fokus pada ahli-ahli kesehatan saja? Apakah media mau menggali aspek politik dan aspek agama Virus Corona? Orang yang Ditanya jangan itu-itu saja yang tokoh di luar pemerintahan, ahli dari pemerintah jarang di wawancara. Harus berimbang!" tegas Rustam.

Media memang menjadi sorotan tajam setelah muncul kasus virus corona di Indonesia. Sebagian media cenderung mengangkat isu ini dengan memakai narasumber-narasumber yang bukan ahlinya sehingga pernyataan yang muncul justru menjauh dari upaya pencegahan dan penanganan virus corona. Tetapi tentu tak semua media mengemas informasi secara serampangan, sebagian tetap menyajikan dengan mengedepankan aspek edukasi dan optimisme. []

https://www.google.com/amp/s/akurat....-hadapi-corona

RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
Diubah oleh jokowi.2024
profile-picture
profile-picture
samsol... dan kushkoos memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:15
Udah rahasia umum.. Media d sini kan seneng heboh.. Mau baik ato buruk.. Yg penting rating nya naik.. emoticon-Malu (S)

Peran editor dan pemred buat sortir berita udah kaga (perlu) ada.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:20
ga bisa memimpin kalo terus mengeluh nyalah2kan org lain

padahal duit keluar terus utk mengatasi covid
Diubah oleh t1s
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:25
pemerentehnya pada ngelawak, ya jadinya viral deh. coba pada jaga sikap. mungkin viralnya dalam hal positif.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:27
Krn pemerintah pusat ga jelas arah kebijakannya
profile-picture
profile-picture
samsol... dan matcha.tea.1402 memberi reputasi
2 0
2
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:28
ya yg diberitain ribuan pasien meninggal, antrian rumah sakit membludak, orang2 bingung cari tempat perawatan

harusnya diberitain juga jutaan orang pulih, pengalaman2 orang isoman, kiat sukses lingkungan yg berhasil tekan jumlah kasus, dsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:31
kaskus salah satu media yang cukup optimis menghadapi corona 👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
matcha.tea.1402 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:39
Bicara optimisme kok ke media yg memang dapat cuan dari sensasi berita

Ga ada berita aja direla relain bikin sensasi berita biar medianya laku kok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
samsol... dan pilotugal2an541 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 09:58
mejeng dlu di pejwanemoticon-Cool
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 10:10
Motto pers sedunia:Berita terburuk adalah berita terbaik
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 10:16
Jelaslah...
Media surga mana mau sinergi sama pemerintah?
Blom lagi tukang jual agama yg ucapannya lebih manjur dari media.
profile-picture
profile-picture
secer dan samsol... memberi reputasi
1 1
0
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 10:53
Media yang bener itu cuma bagian olahraga
Sisanya teror, klikbeit,gak penting, pesimistik, berita isi iklan :muntah
profile-picture
profile-picture
secer dan samsol... memberi reputasi
1 1
0
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 11:23
Kalau yg diwawancari ahli kesehatan toh mereka udah dari awal minta lockdown.


Sama joko gak dikasih.

Wawancara dengan ahli kesehatan ya sama aja buka borok pemerintah
profile-picture
matcha.tea.1402 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 11:57
Kalau wawancara tokoh politik, pulang bisa dapet sangu ...
Kalau wawancara tokoh agama, pulang bisa dapet barokah ...
Kalau wawancara tokoh kesehatan, pulang jadi ketularan ?
emoticon-Hammer2
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 12:09
Selain menyoroti tingkah media, lihat juga komunikasi publik pejabat2 kita. Kemarin, apa salah ketika media mewawancara menteri perhubungan dan dibilang mudik tidak dilarang? Baru kemudian diralat oleh menteri lain dengan menambahkan aturan2.

Tahun lalu, pemerintah diwawancara, katanya mudik dilarang tapi pulang kampung boleh.

Yang bikin bingung siapa sih? Mungkin wartawan juga bingung mau nulis berita yang mana. Aku aja bingung baca tulisanku sendiri emoticon-Bingung
Diubah oleh matcha.tea.1402
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 13:31
Dagelan
0 0
0
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 15:10
Nyalahin media emang ada gunanya?
0 0
0
RE: Media di Indonesia Gagal Tanamkan Optimisme & Satupadukan Masyarakat Hadapi Covid
22-06-2021 20:58
setuju sama poin media jangan ngasih panggung ke orang gak kompeten soal Covid-19... tapi harus ada kesadaran pula dari "pejabat" untuk bicara sesuai porsi (kadang yang dianggap kompeten masih bikin blunder loh) emoticon-Bingung
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia