News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
252
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1128b55afb5771700b7a1/debat-panas-anggota-komisi-vi-ini-minta-direksi-garuda-mati
Rapat antara direksi PT Garuda Indonesia Tbk dengan Komisi VI DPR berjalan panas. Salah satu anggota Komisi VI bahkan meminta para direksi ikut mati jika perusahaan mati.
Lapor Hansip
22-06-2021 05:28

Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati

Past Hot Thread

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 21:30 WIB
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5614969/debat-panas-anggota-komisi-vi-ini-minta-direksi-garuda-mati/2 URL telah disalin

Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda MatiAnggota Komisi VI Nusron Wahid
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati

Jakarta - 
Rapat antara direksi PT Garuda Indonesia Tbk dengan Komisi VI DPR berjalan panas. Salah satu anggota Komisi VI bahkan meminta para direksi ikut mati jika perusahaan mati.
Debat panas itu dilakukan oleh Anggota Komisi VI Nusron Wahid dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Perdebatan berawal karena perbedaan pilihan dari 4 opsi penyelamatan Garuda Indonesia.
Nusron lebih memilih opsi 1 yakni pemerintah terus menyokong penyelamatan garuda dengan memberikan suntikan ekuitas atau pinjaman. Sementara Irfan lebih condong ke opsi 2 yakni restrukturisasi utang Garuda yang sudah jatuh tempo sekitar Rp 70 triliun tahun ini dengan cara mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).






[table][tr][td]Baca juga:Bos Garuda Bakal Pilih PKPU Selamatkan Keuangan Meski Berisiko Pailit[/td]
[/tr]
[/table]
Nusron pun meminta Irfan untuk berjanji dan menyatakan konsekuensi jika pilihannya itu tidak tepat, hingga akhirnya dia meminta direksi Garuda Indonesia ikut mati jika perusahaan mati.
Berikut transkrip debat antara Irfan dan Nusron:
Nusron:
Kan tadi bapak sanggup dan harus menyelamatkan Garuda ini dengan pilihan opsi 2 atau opsi 3. Andai nanti bapak ambil opsi 2, kalau saya nggak yakin opsi 2, saya tetap opsi 1 baru yakin. Karena Anda yakin opsi 2, berapa lama ini masalah bisa selesai dan apa konsekuensinya ternyata nggak selesai? Mungkin reputasi anda hancur tapi kan ujung-ujungnya Garuda mati juga. Karena kita semua nggak ingin Garuda mati.

Nusron:
Justru itu yang saya pertanyakan, dua langkah itu dilakukan, pada satu sisi negosiasi dengan lessor, sisi lain adalah negosiasi utang lama yang dipilih oleh pak dirut yang sanggup dan optimis itu kira-kira sampai kapan selesai? Supaya saya ini bisa tidur nyenyak, bahwa nanti saya bangun eh Garuda masih hidup. Ini kapan kira-kira saya bisa tidur nyenyak, dan apa konsekuensinya kalau dari lack of time tadi ternyata gagal, ternyata garua kadung mati? Negosiasi utang lama gagal, kemudian Garuda mati, apa kompensasi yang bisa bapak berikan kepada kami pencinta Garuda agar bisa Garuda hidup kembali?
Irfan:
Penghitungan kita proses negosiasi misalnya lewat PKPU ataupun tidak lewat PKPU, kita tidak bisa lagi lewat dari tahun ini. Ini yang kita targetkan bersama internal kita.


Nusron:
Oke jelas, berarti ketemu Desember. Ketua saya usul sampai bulan Desember kita nggak usah rapat lagi dengan Garuda, kita tunggu Januari.
Irfan:
Sebentar pak, seperti yang saya sampaikan tadi adalah di dalam proses ktia melakukan proporsal kepada kreditur kita untuk utang-utang masa lalu maupun kepada para lessor kita untuk ke depan, ini ada kemungkinan besar kita memang mengajukan proposal dimana ada konsekuensi finansial dan ada konsekuensi debt to equity. Nah ini kami mohon izin apabila proposal itu membutuhkan dukungan politik dari DPR, kami mohon izin untuk bisa mempresentasikan proposal itu terlebih dahulu ke Komisi VI apabila diperlukan sejauh itu. Kalau tidak bisa diselesaikan secara korporasi tentu saja kita lakukan upaya secara korporasi.
Nusron:
Saya kira oke saja, tapi gini, saya sudah percaya ini, silahkan ambil dua langkah itu kalau yakin tahun ini dilakukan. Tapi kami nggak mampu menjamin apakah yang di debt equity swap itu mau, apakah Pertamina mau, apakah Himbara itu mau.
Irfan:
Maksud saya ini kan membutuhkan keputusan politik dari DPR karena punya implikasi terhadap jumlah saham pemerintah di Garuda.
Nusron:
Oh kami nggak masalah yang penting selamat, jangankan punya pemerintah, saham minoritas yang lain hilang pun saya nggak menangis. Tapi yang penting sekarang gini aja, Garuda hidup, Desember selesai sebagaimana janji bapak tadi, Januari kita ketemu. Kalau Garuda selamat saya appreciate sama bapak-bapak di sini. Tapi kalau sampai Garuda mati, bapak-bapak harus ikut mati.
Karena apa, saya cinta Garuda, nyawanya nggak ketolong, itu karena bapak-bapak yang janji menyelamatkan dengan opsi itu ternyata nggak mampu. Kalau saya mendingan saya pesimis, saya nggak sanggup saya minta opsi 1 kepada pemerintah. Tapi bapak nggak mau untuk itu, silahkan, itu hak saya hormati, kita ketemu Januari.
Irfan:
Enak juga jadi Nusron ya, tahun depan saya apply


Irfan:
Ya pak Nusron kalau nggak percaya sama kami tolong disampaikan kepada pak Menteri bahwa saya nggak percaya sama direksi sekarang, tolong diganti.
Nusron:
Bukan, saya nggak percaya dengan pilihan opsi 2. Kalau saya pribadi saya opsi 1 mendorongnya, saya yakin opsi 1 100% bisa selamat. Tapi kalau anda yakin dan Anda yakin bisa dengan opsi 2, saya tanya berapa lama dan apa konsekuensi logisnya kalau ternyata gagal? Anda sanggup menghidupkan Garuda lagi kalau sudah kadung mati?
Wakil Direktur Garuda Indonesia Dony Oskaria memotong perdebatan dan menjelaskan mengenai harga sewa pesawat. Setelah itu Nusron kembali lanjut berbicara.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 06:17
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Suntik mati aja si giaa

emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l4r20 dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 06:31
Kok jadi macam sandiwara sih ini
Kalau udah gak bisa ditolong
Ya reinkarnasi lagi aja
Bangun dari awal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 06:44
Nusron ambil opsi itangbgaruda ditalangin negara emang negara punya uang emoticon-Blue Guy Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 06:50
Ini maskapai sama dgn Merpati, andai ga disuntik dana pemerintah tentu sdh kolaps dr dulu, harga tiket mahal, tp banyak korup mulai dr atas SMP pegawai plg bawah


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 06:54
Mantap juga sekarang, ampe sekelas Dirut BUMN ditanyain DPR.

Presiden, Mentri, ama Komisarisnya itu pada kemana . . . .
ampe Dirutnya yang kayaknya harus “langsung” tanggung jawab ke DPR.

Udah, bubarin aja itu perusahaan, kalo debt to equity 0,5, pemerintah nggak banyak nanggung beban, mungkin setelah dinyatain pailit, setelah apraisal, assetnya anggaplah bernilai 80% dari nilai buku. 20% tanggung renteng dari harta pribadi para dirut, komisaris, mentri dan presiden buat ngelunasi semua kewajiban dan hutang.

Biar nanti swasta aja yang bisnis transportasi pesawat, pemerintah cukup kelola bandara aja, pasti untunglah kalo cuma kelola bandara. Gampang aja, kayak kelola parkir aja itu sudah.

Angkasa Pura itu, untung gede kan sekarang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 07:00
kapan ex mensos dihukum mati? itu dulu baru deh bacot soal garuda , OOT emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh hhendryz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 07:30
Ini dirut baru diangkat 2020 ya. Udah disuruh mati tahun depan sedih amat.
Anw agak ga nyangka pihak garuda malah nolak opsi 1 disubsidi pemerintah. Kl ada debt equity swap berarti porsi saham swasta nambah, gw lebih setuju. Enak aja ditambal apbn terus.
Edit: eh utangnya ke bumn bukan swasta ya sama juga boong. Masih duit pemerintah juga.
Diubah oleh vangoz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 08:12
Jadi inget si afi.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 08:45
pemerintah sibuk bangun infrastruktur (bandara) disana sini.. pesawat nya aja lagi sakaratul maut.. apa yg ada di otak nya sih??

penyakit nya udah kronis puluhan abad.. ya bentar lagi mati lah..

moratorium utang juga gak guna orang bentar lagi di panggil yang maha kuasa..

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dauarra dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 09:23
tangan diciptakan buat baku hantam, ini malah adu bacot doang. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 09:40
ucon udah jarang masuk tv,ternyata jadi anggota ya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 09:41
Ya kalo lu semua mau nyalahin direksi sekarang yg disuruh simsalabim besok Garuda sembuh, ya ada 2 kemungkinan

1. lu goblok
2. lu bagian kartel yg mau cuci dosa, umpanin orang baru buat mati

emoticon-Ngakak
70 Triilyun itu bukan utang satu periode, itu akumulatif
Kalo Irfan berani minta opsi beking DPR, itu artinya yg dihadapi lebih gede. Kunci kebangkrutan itu ada dibuku catatan emir, karena dia pernah jadi dirut dirkeu pada saat Garuda utangnya belum segini.
Sampe sekarang aja ane bingung kok masi idup ini maskapai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 10:10
Konsep flag carrier airline apa masih relevan sekarang?

Amerika Serikat aja ga ada flag carrier-nya... British Airways flag carrier UK bermasalah

(tapi yang lain banyak masih punya sih, Singapur, Malaysia, dll)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 10:27
Bumn ketika dikelilingi sama manusia ORBA pasti jadi gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahmeneng dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 10:39
Jika ku mati...
Kau juga mati...
emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 10:52
Kalau diliat dari kacamata swasta sih memang garuda disuntik mati aja sekalian, tapi kalau diliat dari kacamata negara mengingat status hukumnya flag carrier jadi susah dipailitkan, paling kalau mau ya dijual ke swasta asing yang modalnya besar dan manajemennya kompeten profesional, paling negara punya 20-30 % sahamnya buat gengsi nasional aja, sisanya baru disehatkan oleh manajemen yang profesional, sampai bisa cetak laba, kalau sudah cetak laba sekian periode baru ipo lagi sekalian porsi kepemilikan negara ditambah sampai 50 % itu sudah deal win win solution, gak ada jalan lain lagi untuk selamatkan garuda kecuali pakai jurus GARUDA ( good and reliable under dutch administration )
Diubah oleh jerrystreamer1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 10:53
Kalau garuda mati, maka silahkan mati.

Mohon maaf, selama ini plat merah kan pegawainya malas2 dan numpang hidup.

Sekali2 harus diberikan pelajaran kehidupan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 10:59
Kalo pailit, duit si chaerul tanjung digaruda ilang semua dong?
Kasian juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 12:14
Kasihan Irfan, yang blangsak pendahulu gue, kenapa gue yang disuruh mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ashrose dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 16:32
Suntik mati aja benalu2 bumn lintah darat penghisap uang rakyat!!!
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia