Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d02fd0aaa58a15c315e2ee/dibaca-dulu-yuk-supaya-gak-ketipu-pas-isi-bensin
Agan-agan yang sering berkendara pasti udah akrab dengan rutinitas ngisi bensin, yaa walaupun kadang malas tapi mau gimana lagi, kendaraan agan pasti gamau jalan tuh kalo belum diisi bensinnya. Tapi tau ga sih, ternyata ada loh trik-trik unik dalam mengisi bensin yang masih belum tau ini bener atau hoax. Misalnya, ada anggapan kalau kita melihat ada truk tangki BBM disuatu pom bensin itu berarti
Lapor Hansip
21-06-2021 13:21

DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN

Past Hot Thread
icon-verified-thread
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
Agan-agan yang sering berkendara pasti udah akrab dengan rutinitas ngisi bensin, yaa walaupun kadang malas tapi mau gimana lagi, kendaraan agan pasti gamau jalan tuh kalo belum diisi bensinnya. Tapi tau ga sih, ternyata ada loh trik-trik unik dalam mengisi bensin yang masih belum tau ini bener atau hoax. Misalnya, ada anggapan kalau kita melihat ada truk tangki BBM disuatu pom bensin itu berarti truk tersebut bisa jadi baru saja melakukan pengisian tangki timbun disana. Katanya sih, sesaat setelah tangki diisi endapan dari kotoran tangi truk akan naik sehingga bensin yang masuk ke kendaraan jadi kotor. Tapi, wakil presiden komunikasi Pertamina yaitu Adiatma Sadrjito telah memastikan bahwasanya hal seperti itu tidak benar dan menjamin tidak akan ada kotoran karena tangki penyimpanan pun dalam keadaan bersih.


Lalu, saat isi bensin mungkin pernah ngeliat orang-orang yang goyang-goyangin kendaraannya yang katanya biar aliran bensin lancar dan dapat menutup semua celah dalam tangka. Hm, aneh sih karena kan bensin adalah benda cair yang menurut hukum fisika akan mengisi penuh wadahnya. Ada juga nih trik yang bilang kalau lebih baik isi bensin saat malam atau pagi hari karena katanya bisa dapat lebih banyak. Ahli Konversi dari ITB yaitu Bapak Tri Yuswidjajanto menjelaskan memang cairan akan menyusut dan lebih padat disuhu udara yang rendah sehingga memang pada malam hari kita bisa mendapat bensin sedikit lebih banyaktapi sih itu tidak terlalu pengaruh karena misal kita ambil saja sampel di Jakarta yang pada siang hari suhu nya bisa mencapai 33 derajat sedangkan malam hari 29 derajat yang artinya penurunan suhu nya tidak terlalu drastis.
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN

Disetiap SPBU pasti akan ditemukan berbagai macam bahan bakar, biasanya berdasarkannilai oktan yang terkandung didalamnya. Misalnya di SPBU Pertamina ada Pertalite yang nilai oktannya 90, Pertamax dengan oktan 92 dan Pertamax Turbo yang beroktan 98. Nah, banyak nih yang beranggapan kalau semakin tinggi oktannya akan membuat performa kendaraannya semakin baik, padahal gak gitu.. nilai oktan bahan bakar kendaraan harus disesuaikan dengan Compression ratio dari kendaraan tersebut, misal bahan bakar Pertalite cocok untuk kendaraan dengan kompresi 9:1 sampai 10:1, sementara jenis Pertamax untuk kendaraan denga kompresi 10:1 sampai 11:1, nah kalau Pertamax Turbo untuk kendaraan dengan kompresi mesin 11:1 sampai 13:1. So, mending cari info berapa rasio kompresi kendaraan agar bisa menggunakan bahan bakar yang pas.

Sumber Referensi:


https://www.liputan6.com/otomotif/read/4037675/isi-bensin-malam-hari-dapat-takaran-lebih-banyak-mitos-atau-fakta

https://www.merdeka.com/uang/begini-cara-agar-tak-tertipu-saat-mengisi-bahan-bakar-di-spbu.html

https://otomotif.bisnis.com/read/20180803/428/823896/fact-or-fake-pertalite-membuat-mesin-lebih-cepat-rusak-ketimbang-premium

profile-picture
profile-picture
profile-picture
FalianAridua dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
22-06-2021 16:55
maaf bray, gw udah membandingkan pakai pertalite sama pertamax + jauh lebih irit gw pakai pertamax plus di kemacetan serta tarikannya gak begitu ngeden... gw pake vario tekno 125 dan ya harga gak bohong lah bensin oktan gede pasti lebih irit dan gak "ngeden" mesinnya kalo mo aman ya pertamax aja, tapi ya gitu orang jakarta lebih cinta premium dan pertalite kalo soal harga sih emoticon-Hammer
apalagi yang ganti kenalpot udah pasti retak seher pake pertalite sih... mo motor apapun itu abisnya gw ngerasa pertalite dan premium kok sama ya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yeez dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:05
Bermanfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rick32 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:07
Pemakai petromax 92 emoticon-Malu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:08
0....
profile-picture
oblons memberi reputasi
1 0
1
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:10
mampir ke ht dulu, asik buat isi bensin entar
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:10
ane sih gak terlalu mikirin dah asal ngisi aja.. ntar dipake juga habis sendiri tho.. wkwk tp kalo suruh milih emang lebih enakan pertamax.. kendaraan jadi berasa lebih enteng dan tarikannya lebih mantep jadinya..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:16
yg ngisi suka goyang2 siapa hayo?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:18
Pertamax absen
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:22
Ane biasanya pake pertamax dan shell super..

Kalau solar pake pertadex..

emoticon-Malu
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:22
yah ane ngantor naik sepeda gan.. kalo kepepet minjem motor, isinya di bensin eceran pukul rata 10rb sebotol..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:34
nah ini memang betul gan, tapi ane sampe sekarang masih nyari perbandingan RON dan kompresi yang betul betul pas, ada yang bilang RON 98 itu 10 ke atas, ada yang bilang RON 98 itu 11 ke atas, ini yang bener yang mana yak,

ane kalo motor pake pertamax aja udh cukup, kalo mobil ini selama ini biasanya pake turbo (mobil ane kompresi 10.5, nah dibilang sama orang pertamina katanya gini gitu, jadi ya ane pake pertamax 92, emang sih dulu yang pas mah pas pertamax plus 95 itu)

kira kira agan ada info gak ya secara signifikan efek jangka panjang kalau kita ketinggian make RON nya, kalo kerendahan RON udah jelas lah akibatnya.. nah kalo RON nya lebih tinggi ini yang ane bingung... heuheu
0 0
0
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:39
Bisa gitu ya
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:39
Nggak ngaruh sih, ane ngisi pas lagi mau abis aja. Atau sekiranya mau perjalanan jauh baru ngisi emoticon-Hansipemoticon-Ngakak
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:43
Cari tau kompresi kendaraan kita? Hmm.. Mesti ke dealer dulu ya.. Bengkel blm tentu tau
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:45
Yang goyang goyangin biasanya kang angkot emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:49
πŸ™ πŸ™
Ikut komen ya..mohon koreksi kalau salahπŸ™πŸ™

Kalo sekarang SPBU Pertamina pakai alat tambahan yang di istilahkan pakai Tuyul atawa Cancilung sudah gak bisa main nya.
Stok BBM SPBU Pertamina saat ini terkoneksi dengan System.
Penjualan BBM juga terkoneksi dgn system ke Pusat
Jadi kalau ada yang stocknya lebih dari yang di terima dan di jual, akan terbaca di system dan tentunya jadi stock Pusat Pertamina Gan..
Hampir seluruh SPBU sudah terkoneksi dengan system tersebut.
Hanya pelayanan yang kadang kurang di SPBU Pertamina.
πŸ™πŸ™
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:50
gak ngaruh kompresi motor ane di bawah 8...motor tua nggak perlu pertamax cukup pertalite khusus aja pengganti premium
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 15:53
Semakin tinggi nilai ron akan semakin tahan dengan terbakar karena kompresi, dengan kata lain pembakarannya delay.
Jadi biar bahan bakar gk nyala pada saat piston blm di tma. Kebayang kalo menuju tma bahan bakar tersulut dan expand sebelum tma, remuk tuh mesin.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 16:10
Cara mengetahui kompresi kendaraan gimana ya?
0 0
0
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN
24-06-2021 16:16
Bawa motor vario 150
Akhir bulan pake petralite emoticon-Hammer2

Pernah saking gak ada uang isi premium emoticon-No Hope

Tapi bukan motor w ini...

Gak heran klo Mesin motornya brebet-brebet di tarikan awal mau jalan... Pernah sering dikasih minum dibawah pertamax emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan aluwungs memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia