Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
273
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d0026a79bb484f26409ecf/akhirnya-terkuak-ternyata-begini-cara-polisi-membedakan-plat-palsu-dari-jarak-jauh
Orang kreatif dan orang yang suka mengakali terkadang suka beda tipis saja seperti hal nya soal modifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar pabrik dan ketentuan Undang-Undang Lalulintas dimana tujuannya ketentuan ini demi kenyamanan dan keselamatan berkendara dimanapun.
Lapor Hansip
21-06-2021 10:07

Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!

[ HT# 743 ]

Orang kreatif dan orang yang suka mengakali terkadang suka beda tipis saja seperti hal nya soal modifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar pabrik dan ketentuan Undang-Undang Lalulintas dimana tujuannya ketentuan ini demi kenyamanan dan keselamatan berkendara dimanapun.

Tapi ada sebagian orang yang dengan ide out of the boxnya mencoba mengakali plat nomor kendaraan dengan maksud agar lebih disegani, lebih keren, ataupun lolos dari pemeriksaan petugas di lapangan.


Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!


Maraknya plat nomor kendaraan palsu dilapangan juga menjadi salah satu cara pelaku kejahatan tentu meresahkan masyarakat. Bagi orang awam tentu kadang sulit membedakan mana plat kendaraan asli mana palsu, sebab pembuatan plat kendaraan palsu kini juga tak kalah canggih dan terbilang rapih dalam pembuatannya.

Rupanya apa yang diketahui oleh orang awam berbeda dengan petugas lihat di lapangan, tentu saja para petugas yang sehari-hari bekerja dilapangan sudah 'khatam' dalam membedakan mana kendaraan yang layak jalan dan mana kendaraan yang seolah 'layak jalan' karena telah diakali seperti memalsukan plat nomor.

Dan ternyata, baru sekarang ini akhirnya rahasia bagaimana petugas dapat dengan mudah membedakan plat palsu di jalan rupanya tidak terlalu sulit bagi orang awam untuk memahami dan membedakannya di lapangan.

Setelah membaca thread ini saya yakin orang awam akhirnya akan lebih mudah mengenali lebih jauh dan cepat melaporkan petugas agar lekas dilakukan penindakan lebih lanjut.


Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!


Awalnya orang awam melihat plat palsu kendaraan adalah dilihat dari bentuk huruf tidak sesuai standar, warna cat yang berbeda, cap timbul logo korlantas tidak standar, dan ukuran atau bentuk dan ketebalan plat yang berbeda.

Ya, diatas adalah ciri yang paling umum diketahui dan mudah dikenali oleh orang awam, tapi kini rahasia dari pihak kepolisian telah diungkap.

Menurut Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal; cara petugas kepolisian bekerja dilapangan selain petugas yang sudah pengalaman dan jeli dalam penglihatan plat kendaraan asli biasanya terdapat garis putih di sekitar plat nomor serta polanya jelas.


Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!


Lebih detilnya untuk plat asli adalah jarak atau spasi setiap huruf konstan, tidak terlalu jauh tidak terlalu dekat, jika dilihat akan serasi berbeda dengan versi palsu adalah kebalikannya; pembuatan tidak memenuhi unsur desain dan dimensi standar bahkan terlihat lebih jelek baik huruf timbulnya, warna, dan bentuknya.

Tapi buat mereka yang masih berniat mengakali rahasia yang telah diungkap ini jangan senang dulu, selain penggunanya diancam dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 pasalnya dilapangan masih bisa dibedakan ciri dan tanda lain yang hanya bisa dikenali oleh petugas yang lebih berpengalaman soal palsu memalsukan plat kendaraan. Jadi jangan merasa senang dulu, ya!

Hidup menerima apa adanya, lagian ngapain susah-susah modifikasi sampai keluar duit dan buang waktu segala kalau ujung-ujungnya tetap kena tilang petugas! Mikir.


Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!

Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!

Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!

Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, TKPeh! | img : gugel 

Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 45 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 10:17
Kalau plat palsu biasanya hurufnya beda lebarnya, kalau yg ketara sih catnya berantakan
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 10:41
Kalok cara membedakan cinta yg palsu, bijimane, GanKrim???
emoticon-Mewek
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 10:50
plat dari samsat bknnya jelek ya cat sama hurufnya..suka bleberan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dogot dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 10:50
Kalau di cat ulang, itu termasuk asli / palsu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pak joyo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:12
Yang jelas kalau asli ada logonya emoticon-Cool

Konon kabarnya polisi main feeling. Mereka udah bisa nebak mana yg motor dan surat2 lengkap, mana yg nggak.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:13
Kl yg make pejabat/politikus ga di tangkap. Dl kan pernah tuh rame
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bamzbamz27 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:22
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
1 0
1
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:31
Ouw gtu..
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
1 0
1
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:32
Nggak gitu juga sih yg gw tau, kalo sekedar lambang korlantas atau bentuk huruf yang rapi sih nggak bisa jadi patokan, plat yg asli juga banyak yg bentuknya nggak rapi.

Polisi tau plat palsu atau nggak itu sih lebih ke menurut aturan penomorannya, jangan salah di plat no itu ada aturan nomor dan digitnya. misal digit belakang itu selain menunjukkan instansi bisa juga menunjukkan daerah registrasi, orang yg tiap hari kerjjannya disana pasti hapal lah dia kombinasinya terakhir sampai apa, walaupun 3 digit.

terus dari rentang penomoran, tipe kendaraan tertentu ada batas range penomorannya, misalnya untuk wilayah JABAR sini pernahkan agan liat plat nomor Motor dibawah angka 2000? kan ga pernah.

kenapa gw tau, dulu tahun 2005an gw pernah bikin software/aplikasi management pengelolaan TNKB untuk JABAR, mungkin setiap daerah akan ada sedikit perbedaanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ifeliachorling dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:46
kalo platnya dicetak di tukang plat nomor tapi nomor platnya sesuai surat2, karena nunggu plat keluar dari samsat lama. itu bajimane gan? boleh gak?
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 11:50
Yang asli itu yang ada badaknya...
profile-picture
datuakkayo memberi reputasi
1 0
1
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 12:39
Aku pernah rapihin plat nopol di kang buat plat di depan samsat biar rapih dilihat, bawaan dari pas ngurus pajak 5 tahunan belepotan catnya 🤦‍♂️
Ditawarin mo pake plat bawaan dirapihin atau buat dari baru plat dari mereka lengkap dgn embossed logo polri, pokoknya pas jadi persis dgn aslinya ☺
Kalo kita ngurus pajak 5 tahunan dapat plat pengganti, ya mereka ini salah satu yg jd vendor tukang buatnya 😁
0 0
0
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 12:46
Matanya om pol itu udah terlatih gan
emoticon-Cool
profile-picture
jgc14arman23 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 13:03
Lebih detilnya untuk plat asli adalah jarak atau spasi setiap huruf konstan, tidak terlalu jauh tidak terlalu dekat, jika dilihat akan serasi berbeda dengan versi palsu adalah kebalikannya; pembuatan tidak memenuhi unsur desain dan dimensi standar bahkan terlihat lebih jelek baik huruf timbulnya, warna, dan bentuknya.

yg saya bold, Saya punya pendapat kurang setuju kalau dalam hal estetika, sepertinya versi palsu lebih bagus dan lebih enak dilihat mata kok,
Diubah oleh accunik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 13:23
ane sekarang pake plat bikinan abang2 pinggir jalan
yg asli lepas di jalan emoticon-Hammer (S)
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 13:33
Sangat terlihat gans,kalaupun bentuk platnya beda karena pesanan juga akan tetap ada pembedanya. Yang pasti sudah diatur sedemikian rupa biar bisa dilihat dari jarak jauh gans
profile-picture
basyuni memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 13:43
ane pun tau sih kalo plat palsu kan beda banget tuh
0 0
0
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 13:57
plat asli pasti cat nya gak rapi emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 14:08
Kalo ane sih Plat NoPol nya dijamin 100% Asli gan, cuman mobilnya aja yang palsu ...





Cek aja kalo nggak percaya!!!
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Akhirnya Terkuak, Ternyata Begini Cara Polisi Membedakan Plat Palsu Dari Jarak Jauh!
21-06-2021 14:12
Tergantung pak polnya jg yg liat. Pengalaman dulu perjalanan ke tasik pake motor, memang platnya udah buluk dan cat nopol nya udah luntur padahal itu asli dari instansinya. Eh diberentiin dan ngotot kalo itu plat palsu.

Lah kualitas plat asli sebenernya memang kurang bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia