Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ccc9a0dc49b8568072bd1d/bisa-gak-sih-kita-ngubah-kebiasaan-orang
Kebiasaan, sifat, dan prinsip bisa dibilang menjadi 3 pilar yang pasti dimiliki tiap individu. Dari pikiran sampe perasaan, semuanya berpengaruh ke dalam pilar hidup mereka. Sadar gak sih, sebenarnya sebagai manusia, kita suka gemes ngeliat kebiasaan orang lain yang gak seharusnya begitu? Kayak dalam hati suka muncul kata-kata ‘Lo tuh sebenernya bisa jadi orang yang lebih dari ini,
Lapor Hansip
18-06-2021 23:28

Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?

Past Hot Thread

Kebiasaan, sifat, dan prinsip bisa dibilang menjadi 3 pilar yang pasti dimiliki tiap individu. Dari pikiran sampe perasaan, semuanya berpengaruh ke dalam pilar hidup mereka. Sadar gak sih, sebenarnya sebagai manusia, kita suka gemes ngeliat kebiasaan orang lain yang gak seharusnya begitu? Kayak dalam hati suka muncul kata-kata ‘Lo tuh sebenernya bisa jadi orang yang lebih dari ini, kenapa sih milih buat gak dimaksimalin atau disia-siain?’. Ketika perasaan itu muncul dalam diri, penyampaian ke orang tersebut serasa terjun ke jurang alias gak berani!

Ane penasaran deh, GanSis, apakah kita sebagai outsider sebenernya bisa ngerubah orang menjadi lebih baik? Well, baik dan buruk setiap orangnya bukan hak kita yang menentukan karena apapun yang mereka lakuin itu, berdasarkan yang mereka mau dan rasain. Suka gemes gak sih sama orang yang ngelakuin hal gak maksimal atau permasalahan yang banyak terjadi sekarang adalah ngelakuin hal yang gak sesuai dengan umur?

Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?

Photo By Kemenag.go.id

Mayoritas anak muda di Jakarta sekarang mungkin lagi ngalamin yang namanya sulitnya mencari pekerjaan. Selain karena pandemi, persaingan pun semakin ketat dengan lapangan pekerjaan yang semakin sempit. Tapi, keluhan segudang, usaha gak nendang! Sebagai teman atau orang terdekat pasti kita ada banget keinginan untuk mengubah pola hidup mereka. Misalkan dengan mereka bangun siang, atau tidur malem dengan aturan gak jelas rasanya pengen teriak ‘Woy, rezeki lo tuh dipatok ayam kalau bangun jam segini terus! Gimana mau berkembang!’ tapi apa boleh buat, nyali ciut gak kuat.

Kalau dipikir, sebenernya kita jahat gak sih ngebiarin mereka tinggal di lingkaran setan itu? Ketika tau apa yang salah, tapi malah terdiam. Akhirnya beberapa orang pun pasti akan memberanikan diri untuk ngomong yang sejujurnya serta memberikan beberapa kritik dan saran membangun agar orang tersebut mau berubah dan berkembang. Tak dapat perubahan, yang ada sebagian orang malah sakit hati.

Mirisnya ketika hal ini bisa terjadi dengan pasangan. Di mana kita sibuk untuk mencari uang ekstra, mereka malah enak-enakan bermain atau kelayapan. Ketika dikasih nasihat supaya berubah dan mau berusaha, malah dibilang ‘Kamu gak tau kan apa yang aku lakuin kalau keluar?’ haduh, bener gak, GanSis? Banyak yang bilang sih, kalau sayang ya harusnya mau berubah, jadi gimana nih?

Bahkan dari pergaulan dan kegiatan aja kadang ada hal yang pengen banget rasanya distop. Mabuk, judi, nongkrong tengah malam, dugem, dan kebiasaan yang kurang membawa manfaat lainnya. Bakal banyak kecaman yang bilang ‘Namanya juga anak muda, bolehlah nyoba sesuatu yang baru. Daripada bandelnya pas nikah’. Gak salah kok, tapi, inget umur dan tanggung jawab. Ini berlaku gak cuma buat cowok yah, cewek juga. Kalian boleh ngelakuin apa aja, itu bebas dan hak kalian. Tapi, jangan lupa buat sayangin diri sendiri dengan berimbang! Pendidikan, karir, keluarga, agama, jangan sampe salah dan terjun ke jurang. Kalau udah gitu cuma diri kita sendiri yang bisa nolong. 

Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?

Photo By Medcom.id

Gak peduli berapa banyak temen yang ada ketika lo nongkrong, cuma bakal ada sebagian kecil yang datang buat nolong di kala susah dan itu lah yang bener-bener peduli. Mending mulai dipikirin mana yang baik dan buruk. Di atas bisa dibilang contoh besar yang berpengaruh di kehidupan masa depan. Ada juga beberapa hal kecil yang misalnya kita gemes banget pengen diubah ke arah yang lebih baik. Bisa dari buang sampah pada tempatnya, matiin lampu ketika habis menggunakan, dan kebiasaan-kebiasaan di fasilitas umum lainnya yang bisa merugikan orang lain. Yang ini, emang gak harus berdasarkan rasa sayang, tapi lebih ke tanggung jawab. 

Menurut Agan & Sista sendiri gimana nih? Bisa gak sih kita merubah kelakuan orang lain bahkan orang terdekat? Boleh dong komentarnya! emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
irene.holmes dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:02
Bisa aja
profile-picture
Wongkentiir memberi reputasi
1 0
1
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:04
Kebiasaan itu bisa dirubah tapi sifat tidak akan pernah bisa dirubah
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:05
kata psikologi adler, kita tidak bisa merubah sikap orang, hanya dirinya yang mau atau nggak untuk berubah , orang lain hanya bisa memberikan kontribusi ,ingat kontribusi bukan intervensi.
profile-picture
.vtg. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:10
Saya rasa setiap orang akan rela merubah sikapnya kalau menguntungkan dia dan itu gampang sekali

Yg susah itu nyuruh orang berubah dengan hasil yg belum pasti/angan2

Contoh agan nyuruh pengangguran bangun pagi
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:13
Tidak bisa gan emoticon-Smilie

Yang bisa hanya diri sendiri
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:24
dari dulu sampe sekarang ane berubah banyak, dari sifat dll
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:28
Bisa.. cuma memang susah merubah karakter/kebiasaan seseorang kalau gak dari kesadaran diri sendiri.. contohnya: merokok.. susah banget kalau gak dr diri sendiri
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:29
Orang lain hanya bisa memberikan masukan yang positif untuk berubah tapi balik lagi ke diri kita sendiri mau berubah atau tidaknya emoticon-2 Jempol
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 12:49
Bisa sih bisa, ada kemungkinanlah ... tapi keciiiiiilemoticon-Leh Uga
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 14:10
Bisa asal harus konsisten siih butuh waktu lamaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 14:26
Menghilangkan kebiasaan jelek bisa kali ya tp butuh pembiasaan pastinya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 15:16
kalo mengubah menurut ane kaga bisa, cuma orang yg bersangkutan yg bisa memutuskan buat mengubah dirinya sendiri atau tidak.. tp kalo menginspirasi orang untuk berubah, itu yg baru bisa..
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 20:03
Bisa tapi pelan pelan
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 20:31
ane pernah baca kalo mau mulai kebiasaan baru sebenernya cukup konsisten di 21 hari pertama, habis itu secara gak sadar udah kebawa ritme sih emoticon-Bingung
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
21-06-2021 21:00
Kalau ane cara ngubahnya ya dari diri ane dulu. Tar yang lain kan juga bakal ngeliat
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
24-06-2021 19:50
ane pribadi percaya sih kalo kebiasaan itu bisa diubah
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
24-06-2021 22:57
Ngasi contoh bisa.. tp ngubahin, im not sure
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
26-06-2021 22:58
Orgnya sendiri ya kann hehehe
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
28-06-2021 16:23
Maslaahnya, ngapain? kita bilangin aja, kalau gamau berubah yaudah hehe
0 0
0
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?
30-06-2021 19:20
susah bree
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia