News
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cc6fc9efc07753d8787e0f/sultan-jogja-serukan-lockdown-total-atasi-lonjakan-covid-19
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai tidak ada cara yang lebih tepat selain karantina wilayah atau lockdown secara total ketika pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro tak cukup menanggulangi masifnya penyebaran Covid-19.
Lapor Hansip
18-06-2021 17:04

Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19

Past Hot Thread
Quote:
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyerukan lockdown total. (Foto: CNN Indonesia/Tunggul)


Yogyakarta, CNN Indonesia -- 

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai tidak ada cara yang lebih tepat selain karantina wilayah atau lockdown secara total ketika pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro tak cukup menanggulangi masifnya penyebaran Covid-19.

Sultan menyebut, PPKM berbasis mikro didesain membatasi kegiatan masyarakat dari tingkat terkecil, yakni RT dan RW. Namun dirinya melihat kebijakan ini belum mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di DIY.

Buktinya, kasus harian Covid-19 di DIY justru melonjak sepekan ini. Bahkan mencapai rekor tertingginya pada 16 dan 17 Juni 2021 kemarin dengan total penambahan melebihi 1.000 kasus.

"Kalau gagal kurang apa lagi? Kita belum tentu bisa cari jalan keluar. Satu-satunya cara ya lockdown totally," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (18/6).

"Kita kan sudah PPKM mikro, ini kan sudah bicara nangani di RT/RW, pedukuhan, kalau itu gagal mobilitasnya seperti ini kalau weekend ya terus mau apa lagi, ya lockdown," sambung dia menegaskan.


Sultan menyadari kenaikan angka kasus terjadi secara global. Tidak hanya di Indonesia atau DIY saja.

"Saya nggak ngerti ini. Kenapa, tidak hanya kita. Malaysia lockdown, Singapura lockdown, jadi mungkin grafiknya memang fluktuatif, tidak ada peak," tuturnya.

Terlepas dari itu, Sultan beranggapan kunci pencegahan penyebaran Covid-19 tak lain adalah menegakkan protokol kesehatan.

Ditambah kebijakan PPKM mikro terbaru di DIY dengan strategi lebih mengetatkan pengawasan dan perizinan kegiatan masyarakat.

Pengawasan yang lebih diperketat ini dirasa Sultan perlu. Mengingat kini tren penularan cenderung terjadi antar anggota keluarga dan tetangga.

"Menyelenggarakan aktivitas masyarakat (izin dan pengawasan) tidak cukup keputusan kelurahan. Harus kapanewon (kecamatan) juga ikut. Dengan harapan makin ketat. Tapi kalau tembus lagi kurang apa lagi. Kita kan jadi sulit selama masyarkat sendiri tidak mengapresiasi dirinya sendiri untuk disiplin," imbuhnya.

Langkah pemberlakuan karantina wilayah atau lockdown total bagi Sultan memungkinkan jika tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 sudah terlampau tinggi.

Sementara berdasarkan data terakhir dari Dinas Kesehatan DIY, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 per 17 Juni 2021 petang telah mencapai 73,90 persen untuk kategori non critical dan critical.

"Lha kalah terus BOR tidak mampu lagi mau apa?" tutup Sultan.

(kum/psp)


Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...jakan-covid-19


Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
Diubah oleh chatcare
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmc458 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
18-06-2021 17:27
Ya udah lockdown dewek
pake apbd ente buat biayai rakyat

Jangan teriak-teriak lockdown tapi ngarep anggaran dari pusat macam si onta yaman..

Gubernur gara-gara keturunan aja banyak tingkah
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bugcool dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
18-06-2021 18:48
ni baru sultan
dr awal emang ngeyel ga lokdon
mang kalo ga lokdon ekonomi jd meroket ye drun
tumbang jg klo kebijakan setengah2 jd bom waktu
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan chatcare memberi reputasi
2 0
2
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
18-06-2021 21:34
cerdas dan berwibawa cocok jadi presiden pengganti plongo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 16:12
"lockdown total bagi Sultan memungkinkan jika tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 sudah terlampau tinggi."


Lockdown juga tidak selamanya, sifatnya hanya sementara. krn ketersediaan RS yang sudah kritis sudah 75% okupansinya. Saat ini yang masih sehat ..yang masih kerja diluar, ketemu dg banyak orang ya silahkan kerja spt biasa dengan menerapkan Prokes ketat. persiapkan diri untuk mengahadapi lockdown total
Diubah oleh 12a12a
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 16:18
Senin gw mau ke jogja padahal emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
chatcare dan secer memberi reputasi
1 1
0
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 16:34
Lockdown nasional ekonomi kacau. Ngga berimbang, makanya nanti kalau iya nasional blg soal ekonomi. Blg dl soal kebijakan ini emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 16:37
Percuma lokdon kalau warganya gak patuh 3M kanjeng sultan.
emoticon-Nyepi

Ntr ujung-ujungnya lonjakan lagi kalau udah selesai lokdon.
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 16:47
Jogja jangan dibandingin Jakarta

Warga sana nurut kata sultan HB X dan semua elemen masyarakat dan pemerintah satu suara utk ambil keputusan lockdown yg resiko nya bakal memperlambat ekonomi

Lah dibandingin sama Jakarta warga nya pada ngeyel dan ga mau diatur kemaren saat dilarang mudik pada maksa pulang kampung emoticon-Ngakak (S)

Bbrp hari terakhir update nya sebagian wilayah Jakarta udh jd red zone dan skrg orang kerja udh pada disuruh WFH lagi sama wan abud... okupansi gedung perkantoran maksimal 25% dan jam operasional cuma boleh sampai jam 9 malam

Ditambah wan abud juga gitu takutan kaya orang bingung mau ambil keputusan apa emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 17:05
Mo lokdon, psbb atw ppkm ya kuncinya penerapan dan pngawasan oleh aparat. Ya percuma teorinya bagus tpi kerjanya 1 jam pagi, 1 jam siang, 1 jam sore.
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 17:50
Kalau warga Jogja asli pasti sendiko dhawuh.. tapi kalau warga pendatang (dan kebanyakan warga Jogja adalah pendatang) gak tahu juga apakah mau patuh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 21:35
Kalo jogja lockdown ntar malioboro sepi lagi dong.. pedagang pada menjerit nanti.. hehe
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
19-06-2021 22:57
Supaya aparat hukum bisa bertindak memang harusnya lockdown....dengan segala konsekwensinya.

Masalahnya plongo berani ga ijinkan jogja lockdown. Atau seperti biasa sembunyi dibalik kepala daerah.


profile-picture
profile-picture
gta007 dan chatcare memberi reputasi
2 0
2
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
20-06-2021 09:13
Duh kok makin meningkat ya''''
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
21-06-2021 01:05
asal di empani ya mau lah...suruh lokdon total tp nggak ngasiih solusi apa2 nanti gimana donk
profile-picture
chatcare memberi reputasi
1 0
1
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
21-06-2021 11:43
jalan masuk wisata ke jogja terlalu banyak sehingga sangat sulit melakukan pembatasan kedatangan dengan melibatkan aparat untuk penyaringan karena hanya jalan utama saja, satu2nya solusi melibatkan seluruh masyarakat dijogja dan menutup seluruh obyek wisata dengan portal
profile-picture
profile-picture
gta007 dan chatcare memberi reputasi
2 0
2
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
21-06-2021 11:55
Lockdown itu levelnya pemula.
dipakai ketika belum ada persiapan,
butuh solusi cepat, udah merasa putus asa,
merasa gak bisa kontrol.

Ppkm mikro itu levelnya di atas lockdown.
butuh sistem yang bagus,
pemerintah dan masyarakat bekerjasama.

Masa udah pandemi 1,5 tahun
levelnya masih pakai lockdown.
kesannya gak ada kemajuan.

Pemerintah pusat terlihat masih optimis,
mungkin karena lebih banyak tau situasi di lapangan.

sebaliknya, Rakyat udah resah.
karena tak bisa kontrol.

emoticon-Big Grin
0 0
0
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
21-06-2021 15:39
sendiko dawuh
0 0
0
Sultan Jogja Serukan Lockdown Total Atasi Lonjakan Covid-19
23-06-2021 16:50
Jika rakyat d kasih duit bulanan pasti mereka nurut
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia