Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60caf8881c113139516a2a20/gimana-sih-sejarah-perjuangan-ham-dulu
Halo gan sis, akhinya gue punya kesempatan waktu buat nulis lagi nih setelah beberapa lama ga nulis, Kali ini gue mau membahas topik mengenai HAM nih lebih spesifiknya mengenai sejarah dari HAM secara Universal nih gan sis. Jadi gausah panjang lebar langsung aja ya kita ke inti pembahasan!
Lapor Hansip
17-06-2021 14:23

Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo gan sis, akhinya gue punya kesempatan waktu buat nulis lagi nih setelah beberapa lama ga nulis, Kali ini gue mau membahas topik mengenai HAM nih lebih spesifiknya mengenai sejarah dari HAM secara Universal nih gan sis. Jadi gausah panjang lebar langsung aja ya kita ke inti pembahasan!


1. Penandatanganan Magna Charta Pada Tahun 1215 Oleh Raja John Lackland

Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?

Nah supaya lebih jelas gue jelasin terlebih dahulu apa sih magna charta itu? magna charta adalah suatu piagam yang dikeluarkan oleh Inggris pada tanggal 15 Juni tahun 1215 yang mana isinya itu ialah sebuah klausul tertulis berisikan pembatasan kekuasaan absolut dari raja. Kenapa dibilang ini sebagai bagian sejarah dari HAM? karena hal ini merupakan suatu permulaan dari sejarah perjuangan hak asasi manusia dimana magna charta itu sendiri bisa dikatakan memberikan suatu hak kepada rakyat agar dapat menuntut kerajaan atau pemerintah apabila haknya itu dilanggar.

2. Penandatanganan Petition Of Rights Pada 1628 Oleh Raja Charles I

Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?

Setelah Magna Charta timbulah perjuangan HAM yang lainnya, Petition Of Rights adalah suatu dokumen konstitusional Britania Raya yang mana isinya itu ialah mengatur mengenai pembatasan hak raja dan pernyataan mengenai apa-apa saja hak-hak yang harus di peroleh oleh rakyat supaya tidak terjadinya kesewenangan yang hebat dari pemerintah dan penguasa. Dari penandatanganan petition of rights ini dapat pula kita lihat suatu kenyataan bahwa perjuangan hak asasi manusia ini memiliki hubungan atau korelasi yang erat dengan perkembangan demokrasi karena perjuangan hak-hak asasi manusia itu pada akhirnya berkaitan dengan yang namanya itu rakyat.

3. Bill Of Rights

Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?

Masuk lah kita ke perjuangan yang lebih nyata yakni perjuangan antara parlemen Inggris dengan kerajaan Inggris, Bill of rights adalah suatu perjanjian yang ditandatangani oleh Raja Williem II pada tahun 1689 yang berisi sebagai berikut, kebebasan yang dimiliki rakyat untuk memilih anggota parlemen Inggris, Kebebasan berbicara dan mengutarakan pendapat bagi seluruh rakyat, kemudian parlemen yang tentunya isinya juga merupakan rakyat juga berhak untuk menentang ataupun mengubah keputusan raja yang dinilai telah melanggar hak-hak dari para rakyat.

4. Munculnya Para Ahli atau Tokoh HAM

Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?

Setelah beberapa perjuangan yang dinilai cukup berdarah-darah maka timbul lah para ahli ataupun tokoh-tokoh dari HAM itu sendiri, disini gue mau ngambil beberapa tokoh yang cukup terkenal yakni John Locke, Thomas Hobbes, Jean Jacques Rousseau, mereka ber tiga adalah pencetus dari lahirnya trias politika bagi yang belum mengetahui apa itu trias politica gue jelasin dulu supaya paham ya, jadi trias politika itu ialah suatu pemisahan kekuasaan pemerintahan menjadi tiga yakni antara kekuasaan eksekutif (presiden dan wakil presiden), Legilslatif ( DPR,MPR,DPD), dan Yudikatif (Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi). 

Nah ketiga kekuasaan ini dipisah menjadi tiga seperti ini supaya tidak ada satu kekuasaan yang terpusat dan pada akhirnya menimbulkan kesewenangan. Selain mencetuskan trias politika, John Locke, Thomas Hobbes dan Jean Jacques Rousseau mengembangkan suatu  teori yang namanya itu teori kontrak sosial yakni pada intinya teori kontrak sosial ini ialah suatu kontrak yang diberikan oleh rakyat kepada raja atau penguasa bahwa raja atau penguasa tidak boleh bertindak sewenang-wenang untuk melanggar atau bahkan mengambil hak asasi manusia dari setiap rakyat.

Barangkali cuma sekian yang bisa gue sampaikan, kalo ada kesalahan dan pemilihan kata yang tidak pas gue mohon maaf dan boleh koreksi gue lewat kolom komentar yaa hehehehe terima kasih sudah membaca tulisan gue semoga bermanfaat ya.

Sumber literatur : Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara, oleh Prof. Dr.  Jimly Asshiddiqie, PT Raja Grafindo Persada, Depok .

Ilmu Negara, oleh Prof.H.Abu Daud Busroh, S.H., PT Bumi Aksaram Jakarta.

Sumber relevan : Google Image.


~Salam Kaskus~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
17-06-2021 16:07
bicara soal HAM
bule barat paling suka bawa HAM utk mendikte ras lain
kenyataannya bule barat itulah pelanggar HAM no 1 di dunia
menjajah asia,afrika,timur tengah,pasifik dlll
genosida pribumi amerika/kanada/australia/selandia baru dll
rampas tanah pribumi amerika/kanada/australia/selandia baru dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skyzzzzz dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
18-06-2021 12:11
Codex hamurabi itu ham pertama di dunia. Kesetaraan hak antar manusia "an eye for an eye"
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
22-06-2021 23:14
Ham ham

Setelah negara tujuan hartanya audah disedot sampai habis, miskin hancur dan tidak bisa berkembang lagi alias mengulang dr Nol

Mereka membahas ham utk kemajuan negara tsb, taikkkkk

Dan pamer kalo negara tsb maju dan negara dunia ke 3 yg hartanya disedot dituduh negara terbelakang
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
22-06-2021 23:14
Mereka yang buat malah mereka juga yang melanggar ..HAM hanya akan di gunakan saat mereka terdesak (suatu pembelaan) .untuk kemakmuran ,mereka sengaja melupakan HAM dan digantikan dengan alasan yang mereka buat sendiri ..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
22-06-2021 23:17
Kalo di RI, para penguasa nya mulai tergoda tuk melanjutkan era otoriter nya dr masa ORBA pd masa kini n mendatang, dgn setahap demi setahap mngubah bnyk aturab, selain itu jg gemar mnggunakan berbagai perangkat hukum2 yg berisi pasal2 karet yg msh berlaku, gan....... emoticon-Takut
Diubah oleh yoseful
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
22-06-2021 23:50
Sejarah panjang perjuangannya ya'
Diubah oleh Kursipijatrovos
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 00:19
Dulu udah ada komnashamnya belum gan? emoticon-Takut
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 00:47
kata guru pkn ane waktu sma. makin diperjuangkan ham makin hilang
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 01:51
Quote:Original Posted By Kursipijatrovos
Sejarah panjang perjuangannya ya'


Quote:Original Posted By indramamoth
Dulu udah ada komnashamnya belum gan? emoticon-Takut


0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 04:18
bersumber dari kafir...yang non kafir ga usah sok bicara ham ya berarti ngoahahahaha emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
artsunny dan secer memberi reputasi
0 2
-2
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 05:10
apakah ham jalan di eropa dan amerika ? nggak juga, rasisme masih menjadi berita paling populer disana
profile-picture
tristantiogea memberi reputasi
1 0
1
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 05:33
Saya suka sejarah
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 05:56
Berarti sebelum tahun 1215 gk ada HAM ya gan?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 07:14
Lalu Inggris banyak melakukan pelanggaran HAM di Amerika dengan cara membunuh para penduduk asli demi merampas tanah adat mereka
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 07:31
Ham bukan nya itu haram.
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 07:53
Yg gw tau ham itu ada yg diasap atau dibumbu balur biasa buat curingnya, tapi buat orang2 muslim sama yahudi ga boleh makan karena larangan agama.
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 08:05
Belum ada yg post sejarah agamanya yg punya piagam itu nih
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 08:19
Ah sudahlah, jangan eropa sentris melulu ! Gali tuh kerajaan di nusantara yg udah mengenal HAM dan emansipasi wanita sejak dulu.
0 0
0
Gimana Sih Sejarah Perjuangan HAM Dulu?
23-06-2021 08:30
sejarahnya masih berkiblat ke salah satu benua emoticon-cystg
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia