others
Batal
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c9eb53c7feef00d90df7dc/batu-karst-pundo-siping-susunan-batu-batu-yang-indah-di-jeneponto
#AmdarGanteng :monggo :monggo :monggo Halo agan dan sista, Sulawesi Selatan terdiri atas beberapa daerah yang memiliki potensi wisata berbeda beda, salah satunya Jeneponto. Kawasan ini berada di pesisir selatan dari Provinsi Sulawesi Selatan sehingga tak heran banyak area yang kurang subur. Akan tetapi, potensi wisata yang kurang subur satu ini justru memiliki daya tarik unik yang mampu menarik mi
Lapor Hansip
16-06-2021 19:15

Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto

#AmdarGanteng

Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto


emoticon-Monggoemoticon-Monggo emoticon-Monggo
Halo agan dan sista,
Sulawesi Selatan terdiri atas beberapa daerah yang memiliki potensi wisata berbeda beda, salah satunya Jeneponto. Kawasan ini berada di pesisir selatan dari Provinsi Sulawesi Selatan sehingga tak heran banyak area yang kurang subur. Akan tetapi, potensi wisata yang kurang subur satu ini justru memiliki daya tarik unik yang mampu menarik minat wisatawan. GanSist dapat menikmati destinasi unik dengan latar foto yang estetik, yuk intip Wisata Batu Siping.

Sudah bukan rahasia bila Jeneponto terdiri atas beberapa area kurang subur, sehingga lahan tandus satu ini pun dipenuhi bebatuan. GanSist bisa melihatnya di sepanjang garis pantai yang menyuguhkan gugusan batuan karst ini. Tak hanya itu, pesisir selatan dari Sulawesi Selatan ini juga menyuguhkan banyak stepa atau padang rumput dengan kuda sebagai hewan yang mendominasi di dalamnya. Fenomena ini membuatnya kurang diminati oleh masyarakat.

Akan tetapi, saat ini telah hadir daya tarik unik untuk para wisatawan yang berkunjung yaitu gugusan batu karst. Batu ini diperkirakan telah berusia ratusan tahun, tetapi mengalami perubahan bentuk karena hantaman ombak yang sangat besar. Dengan begitu, gugusan batu karst ini membentuk menyerupai tanaman dan hewan. Sekilas, GanSist dapat melihat gajah dan jamur di sepanjang pesisir pantai selatan tampak berdiri megah dan kokoh.


Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
sumber

Bebatuan ini memiliki daya tarik unik lainnya, yaitu terdapat gua gua kecil di dalamnya. GanSist bisa masuk ke dalamnya untuk melihat ruangan sempit yang dulunya sempat dipakai saat Agresi Militer Kolonial. Dapat dibayangkan kondisi mencekam yang membuat banyak orang pribumi harus menyelamatkan diri dari serangan di tempat yang sempit dan gelap. Area ini pun layak disebut sebagai bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa silam.

Aktivitas utama yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata ini, yaitu menikmati pesisir pantai selatan dari pulau ini. Pulau Sulawesi terkenal dengan wisata bahari yang sangat eksotis, sehingga pantai ini pun menyuguhkan keindahan yang tiada duanya. GanSist bisa menikmati keindahan wisata bahari dengan berjalan jalan di atas batuan karst di sepanjang bibir pantai yang menyuguhkan air laut biru dan jernih.

Tak hanya itu, GanSist juga bisa berswafoto dengan latar belakang batuan karst yang mirip dengan tumbuhan dan hewan. Keduanya tampak sangat megah dengan gugusan yang berjajar cukup rapat. Lanskap dari bebatuan ini membuatnya jauh lebih eksotis dan menarik untuk dipotret. Paduan langit Sulawesi dan batuan unik ini membuat GanSist memiliki potret yang tak akan terlupakan. Tentu dengan perjalanan yang pastinya terus melekat di ingatan.


Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
sumber

Tempat wisata yang ada di Kecamatan Bangkala ini menyuguhkan batu purbakala yang telah berusia ratusan tahun. Bahkan bentuknya pun telah berubah banyak karena proses alami dari hempasan ombak pantai. Akan tetapi, sebelumnya belum dilirik sebagai kawasan wisata yang potensial di pedalaman Jeneponto. Oleh sebab itu, tak banyak fasilitas yang tersedia untuk para wisatawan karena memerlukan proses pengelolaan dari pemerintah setempat atau masyarakat.

Akan tetapi, para wisatawan tak perlu khawatir terkait air bersih dan toilet karena telah tersedia di kawasan satu ini. GanSist bisa membersihkan diri selepas bermain air atau sekadar buang air di dalamnya. Terdapat pula beberapa warung yang jual makanan dan minuman agar para pengunjung tidak kelaparan. Bagi GanSist yang tidak membawa bekal, maka dapat membelinya di warung warung sekitar selama berada di Wisata Batu Karst Pundo Siping ini.


Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
sumber

Alamat Lengkap dari destinasi wisata yang menyuguhkan gugusan batu ini berada di desa Garassikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Letaknya cukup jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 30 km dari pusat Jeneponto. Sehingga GanSist perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam melalui jalur darat. Sedangkan dari pusat kota Makassar berjarak sekitar 70 km, sehingga GanSist perlu kondisi tubuh yang prima agar tetap kuat hingga sampai di lokasi wisata.

Lokasi wisata satu ini cukup jauh dari pemukiman warga, yaitu sekitar 3 km sehingga GanSist tidak dapat akses yang mudah. Dengan begitu, harus ekstra hati hati saat melalui batuan terjal dan proses pendakian. Diharapkan para pengunjung membawa kendaraan pribadi, berupa sepeda motor agar aksesnya lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan jalanan setapak yang sangat sempit, sehingga tidak bisa memuat mobil untuk dua jalur saat berpapasan.

Harga yang dibanderol untuk satu tiket, yaitu nol rupiah atau gratis. Setiap pengunjung tidak dikenai biaya khusus sebelum memasuki lokasi wisata. Akan tetapi, GanSist hanya perlu bayar biaya parkir untuk sepeda motor dua ribu rupiah saja. Tak heran, banyak muda mudi yang tertarik dengan destinasi wisata eksotis satu ini. Selain karena menyuguhkan panorama yang menarik, tetapi juga hemat biaya masuk yang sering kali membuat budget liburan GanSist jadi membengkak.


Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
sumber

Sebelum itu, ane sarankan buat GanSist bagi yang mau jalan-jalan ke Wisata Batu Karst Pundo Siping alangkah baiknya siapkan internet yang cepat. Nah jika ada yang bingung provider apa yang cocok, Smartfren Unlimited MAXI merupakan pilihan yang tepat. Karena biasanya para wisatawan itu habis foto-foto pasti langsung diupdate ke sosial media. Daripada takut internetnya lelet, Smartfren Unlimited MAXI mampu menjawab segala kebutuhan pengguna. Mulai dari stories sosial media, update foto di sosial media, ataupun tiba-tiba ada panggilan mabar game dengan teman. Hal ini ditunjang dengan kecepatan yang internet yang tiada duanya.

Smartfren Unlimited MAXI memiliki tiga kelebihan yang bakal menunjang jalan-jalan agan. Pertama Unlimited 24 jam, pengguna bebas menggunakan kouta internet Smartfren dengan batas pemakaian wajar 1GB per hari. Bagi sebagian orang mungkin 1GB itu terbilang kecil, tetapi dipergunakan untuk jalan-jalan sudah lebih dari cukup kok. Kalian gak usah risau dengan itu, walaupun sudah melebih batas pemakaian di hari tersebut. Ada batas FUP-nya, jadi kalian masih dapat menikmati internetnya tetapi kecepatannya mungkin sudah gak seperti yang sebelumnya. Yang kedua yakni Extra Unlimited Malam, pengguna bisa menjelajahi internet dengan kecepatan full speed pada pukul 01.00 - 05.00 WIB. Kalau Extra Unlimited ini cocok banget buat anak gamers, di Wisata Batu Karst Pundo Siping. Tetapi di bagian luar, masih ada tempat-tempat yang menarik banget didatangi, seperti tempat makan, cafe, gasebo mini, dll. Tentunya di tempat-tempat tersebut, kita puas untuk memanfaatkan Extra Unlimited, karena di area tersebut buka 24 jam non stop. Nah yang ketiga nih ada Gratis Nelponnya juga loh, pengguna bebas nelpon sepuasnya ke semua nomor Smartfren.


Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
sumber

Ane yakin dengan tiga kelebihan tersebut, kalian gak perlu risau lagi ketika lagi asyik mengunjungi Wisata Batu Karst Pundo Siping. Internet cepat tanpa gangguan, impian semua anak milenial. Jika mau merasakan hal itu, tidak ada salahnya kalian mencoba Smartfren Unlimited MAXI. Karena segala kebutuhan internet sudah tersedia di sini, mulai dari bermain game, sosial media, browsing, dan lain-lain.


Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
smartfren

Ada yang sudah pernah ke kawasan Wisata Batu Karst Pundo Siping? Atau di antara kalian ada yang pengen ke sini? Nah yuk saling berbagi pengalaman dikolom komentar. Ane tunggu yaa.
Thanks and see you next thread GanSist.


profile-picture
lutfimostwanted memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Batu Karst Pundo Siping, Susunan Batu-batu yang Indah di Jeneponto
16-06-2021 19:15
reserved
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia