shotaromilktea
TS
shotaromilktea
Merebaknya Demam Mie Instan Korea Gara-gara K-pop


Setiap habis konser di luar negeri, Jimin 'BTS' kembali istirahat di kamar hotelnya sambil makan steak dan Hot Chicken Flavor Ramen. Selama Jimin mengunyah ramennya, dia harus menyeka keringat yang mengucur di wajah, menegaskan rasa ramen yang memang terasa sangat pedas. Tapi rasa pedasnya nggak membuat Jimin kehilangan selera makan.

Kebiasaan member BTS makan Hot Chicken Flavor Ramen sehabis konser, membuat produk makanannya dapat atensi dari fans seluruh dunia. 'Soul food' yang membuat Jimin jadi relax setelah menjalani hari yang melelahkan, picu demam mie ramen Korea (yang biasa dibaca  'ramyeon' dan 'ramyun').


(foto: Nongshim)


Belakangan ini, ramen udah jadi 'comfort food' masyarakat Korea untuk meredam stres. Itu bener banget, mulai dari boomer yang dewasa dengan melihat neneknya mencuci ramen pedas dengan anggur beras, milenial yang sering berkreasi resep ramen disesuaikan dengan musim, dan bahkan orang asing yang terinspirasi bikin Chapaguri (kombinasi Chapagetti dan merek ramen Neoguri) setelah menonton film 'Parasite'.

Dilansir dari Hankyoreh, ekspor ramen Korea pada 2020 bernilai 636,2 juta dollar, meningkat 29,3 % dari tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya ekspor ramen melampaui angka 600 juta dollar. 2020 menjadi tahun pertama Nongshim (manufaktur Shin Ramyun, Chapagetti dan Neoguri) berhasil terjual lebih dari 2 triliun won.



Samyang Food, salah satu manufaktur ramen besar lainnya, juga cetak angka fantastis dengan penjualan di angka 648,5 miliar won, ditambah penjualan luar negeri meningkat di atas 270 juta dollar untuk pertama kalinya. Penjualan di Asia Tenggara dan A.S meningkat pesat dengan popularitas merek Hot Chicken Flavor.

Produk ramen Paldo berhasil menjual di angka 297,1 miliar won tahun lalu, meningkat 9,2 %. Merek ramen cup Dosirac disinyalir menguasai 60% pasar Rusia.

Ramen awalnya sekedar makanan ringan, tapi sekarang jadi kuliner tersendiri, semenjak sering muncul di media berkat bintang K-pop. Publikasi musik luar suatu ketika pernah nge-tweet foto Jimin bersamaan dengan Hot Chicken Flavor Ramen yang dia makan.

Reporter New York Times dan ahli makanan memilih Shin Black Noodle Soupsebagai nomor satu mie instan terbaik di dunia. Produk yang sama juga terpilih sebagai mie instan terbaik dari The Travel, situs spesialis travel. 

Menurut data yang diterbitkan World Instant Noodles Association, Korea Selatan mengkonsumsi 4,13 miliar mie instan pada 2020, peringkat delapan di seluruh dunia. Meski terkesan lebih rendah dari yang diperkirakan, tapi Korea Selatan mengkonsumsi 79,7 mie per kapita, jumlah tertinggi di dunia.

Kesimpulannya, ramen udah menjadi comfort food masyarakat Korea, yang mana selalu mereka makan minimal setiap lima hari sekali!
0
727
0
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.