News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
392
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c72a106304ac16322003b3/hanya-sekolah-orang-kaya-yang-kena-ppn-ditjen-pajak-siapkan-skema-multitarif
Tak hanya sembako dan jasa kesehatan, pemerintah berencana mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) barang/jasa termasuk jasa pendidikan alias sekolah.
Lapor Hansip
14-06-2021 17:06

Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif

Past Hot Thread
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
Tak hanya sembako dan jasa kesehatan, pemerintah berencana mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) barang/jasa termasuk jasa pendidikan alias sekolah.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan, Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Neilmaldrin Noor mengatakan, pengenaan PPN hanya ditujukan untuk sekolah-sekolah tertentu alias sekolah premium orang-orang kaya.

"Biar jelas, jasa pendidikan yang komersial akan kena PPN dan yang bersifat sosial atau dinikmati masyarakat pada umumnya ini tidak dikenakan PPN," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Senin (14/6/2021).

Neil menuturkan, pengenaan PPN pada setiap barang/jasa akan berbeda tergantung dari kemampuan membayar seseorang.

Jasa pendidikan yang akan dikenakan PPN tentu akan dikategorikan oleh beberapa hal, salah satunya dari besaran iuran yang harus dibayar.

Jika iuran melewati ambang batas yang diatur pemerintah, maka sekolah tersebut wajib membayar PPN
.

Dengan kata lain, hanya barang/jasa yang dinikmati oleh masyarakat kelas menengah ke atas yang akan dikenakan PPN lebih tinggi.

"Soal pendidikan, bukan pendidikan yang selama ini disampaikan. Tentunya pendidikan (yang dikenakan PPN lebih tinggi adalah) yang dirasakan memang dikonsumsi atau dimiliki oleh masyarakat yang memiliki daya beli jauh berbeda," kata Neil.

Neil menuturkan, skema yang diterapkan adalah skema multitarif, yakni pengenaan tarif lebih tinggi untuk barang/jasa yang dikonsumsi orang kaya, dan pengenaan pajak yg lebih rendah untuk masyarakat menengah ke bawah.

Sekolah nirlaba/sekolah subsidi kemungkinan tidak akan dikenakan tarif PPN. Pasalnya, masyarakat kelas bawah tidak akan menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah berbayar, jika masih ada sekolah gratis yang kurikulumnya tak kalah bagus dari sekolah premium.

"Ada pendidikan yang tidak berbayar, misalnya sekolah negeri, atau berbayar walaupun negeri. Ini kan terjadi perbedaan. Saya rasa kalau tidak dapat beasiswa, masyarakat lapisan bawah tidak akan pergi ke sekolah yang berbayar karena sekolah tidak berbayar juga banyak yang bagus," kata Neil.

Prinsip pengenaan PPN Pengenaan pajak untuk segmen tertentu itu dilakukan agar menciptakan asas keadilan, sebab insentif bebas PPN yang berlaku saat ini berlaku untuk semua orang, baik orang kaya maupun orang miskin.

"Hal ini menandakan fasilitas selama ini kurang tepat sasaran, oleh karena itu kita lakukan perbaikan," papar dia.

Neil menyatakan, peninjauan ulang tarif PPN ini dilakukan untuk menjaga prinsip netralitas.

Apalagi saat melihat tren global, PPN di 127 negara sudah bertarif sebesar 15,4 persen.

Selain itu, Neil mengakui, kenaikan PPN dapat mengoptimalkan penerimaan negara akibat pandemi Covid-19.

Dalam struktur perpajakan terkini, PPN merupakan salah satu instrumen yang cukup dominan menyumbang penerimaan negara dengan angka mencapai 42 persen dari total penerimaan.

"Kami akan melihat ability to pay (kemampuan membayar) dari yang mengonsumsi barang tersebut sehingga ketika terjadi pengecualian ataupun fasilitas, tak semua dikenai PPN.

Saat ini kita lihat yang mampu, tidak membayar PPN karena mengonsumsi barang/jasa yang dikecualikan tarif PPN-nya. Padahal harusnya (pengecualian tarif) diberikan kepada masyarakat kecil," pungkas Neil.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menyatakan hal serupa. Pengenaan tarif PPN akan dilihat dari jenis barang/jasa yang dikonsumsi masing-masing masyarakat.

Menurutnya, pengenaan tarif PPN tidak bisa disamakan untuk barang-barang tertentu seperti daging wagyu dengan daging sapi biasa yang dijual di pasaran. Begitu juga untuk beras premium dengan beras Bulog.

"Orang yang belajar di sekolah-sekolah nirlaba/subsidi, tidak kena PPN. Tapi yang belajar privat dan bersekolah di sekolah mahal, juga tidak kena PPN.

Menurut hemat kami ini menjadi tidak adil, tidak fair, sehingga kita kekurangan kesempatan untuk memungut pajak kelompok kaya untuk didistribusi kepada orang miskin," pungkas Yustinus minggu lalu.

https://batam.tribunnews.com/2021/06...tarif?page=all

Udah bener kalau gini, hasilnya bisa buat subsidi ke sekolah umum negri
Diubah oleh LordFaries4.0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:17
Angka orang miskin bakalan meningkatemoticon-Big Grin
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:25
ubah status swasta jadi nirlaba, duit dikelola yayasan amal, pemiliknya si orang kaya, abis itu maen mata deh...rebes emoticon-Shakehand2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pekokpekok dan 19 lainnya memberi reputasi
19 1
18
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:25
Mencerdaskan kehidupan bangsa....
Sekolah gw pajakin ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:27
^_^ sungguh mengenakkan
0 0
0
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:35
pemerintah di sini sudah betul
Hanya orang2 kaya yg kena pajak
Orang miskin ngak kena pajak

Bismillah menteri keungan ๐Ÿคฃ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:36
Sekolah negeri kebanyakan kualitas pendidikan kalah dengan swasta. Yang menengah nyekolahin anaknya ke swasta.

Udah mahal Eehhh kena pajak.

Kasian sekali kaum menengah. Gencet sana sini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 30 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:42
Yg termasuk sekolah orang kaya yg gimana? Yg internasional kah? Atau yg nasional plus? Atau yg swasta udh termasuk sekolah orang kaya?

Biaya pendidikan tiap tahun naik 15% - 20%, masih mau ditambah PPN, mantap juga emoticon-fuck2
Kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan itu jangan dibebani lagi, elektronik, gadget, otomotif, rokok nah itu terserah dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asoy44 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 30 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:44
udah dihajar PPh, BPJS, impor barang kena PPNBm, beli barang kena PPN, lahir kena PPN, sekolah kena PPN, mati kena PPN.
0 0
0
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:50
yg korban kaum menengah, kasihan kaum menengah, tdk dianggap eksis di negara ini emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biawakman dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 17:59
Org skolah mahal blm tentu kaya. Ya krn nyari kualitas dan fasilitas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asoy44 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:02
Hanya d sini sekolah di mahalin
Di saat negara lain menggratiskan pendidikan



Yg lebih lucunya masih ada aja yg dukung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 75 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 75 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:12
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan, Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Neilmaldrin Noor""

sekolah tidak berbayar juga banyak yang bagus," kata Neil. ==> bukitkan dimana sekolah yang tidak berbayar banyak yang bagus ?

To Pak Niel, anda itu seorang direktur di lembaga perintahan tetapi koq pemikiran seperti buka orang yang berpendidikan.
anak SD juga bisa bilang seperti ini untuk kalangan tertentu.
harus nya langsung ke intinya sekolah yang sifat nya berbayar akan dikenakan PPN. udah selesai jangan berbelit2 seperti ini. kalau anda takut di demo jangan menjabat instasi pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aekerfeldt dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:22
banyak orang tolol idiot di negara ini
seharusnya pendidikan didiskon, bukan dipajakin

Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
Diubah oleh garren007
profile-picture
aekerfeldt memberi reputasi
1 0
1
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:24
tarif pendidikan gausah lah di otak-atik siapa tau dari sekian persen murid yang sekolah swasta mahal bisa mengharumkan nama bangsa. ane bukannya skeptis sama sekolah negeri tapi dari sarana prasarana aja kadang suka seadanya belom lagi kalo pengadaan minta spesifikasi komputer i5 dapetnya kadang i3 dan parahnya dapetnya seri taun jebot
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:24
Wah ane adalah lulusan sekolah negeri dari SD sampai Kuliah emoticon-Hammer2
Anak ane sekarang gak ane sekolahin di negeri, maaf-maaf ya kualitas fasilitas dan pergaulannya kurang banget emoticon-Hammer2
Nambah PPn berapa persen ini buat bayaran? Nasib kelas menengah emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crockoaches dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:27
Banyak orang kaya belum jg melaporkan penghasilannya
PPN adalah bagian dr solusi
Seberapa besar penghasilan orang kaya belum laporkan
Pasti akan dibelanjakan atau diinvestasikan
Kena deh ma pajak, salah satunya PPN
Jadi negara gak rugi2 amat
Dan bakal terawasi transaksi2nya
Ini PPN bos... ๐Ÿคญ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:27
Jasa pendidikan yang akan dikenakan PPN tentu akan dikategorikan oleh beberapa hal, salah satunya dari besaran iuran yang harus dibayar.

Jika iuran melewati ambang batas yang diatur pemerintah, maka sekolah tersebut wajib membayar PPN.

Rentan akan multi tafsir dan permainan peraturan oknum dan kongkalikong.
Repot2 amat sih pak??!
Pajak kelahiran saja diterapkan..
lebih mudah diawasi dan dimengerti!
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:30
Boleh juga sih. Tapi kayanya gak semua orang yg anaknya sekolah di sekolah mahal itu org kaya deh emoticon-Matabelo
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 43 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 43 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:33
sekolah, swasta favorit biasanya sih yayasan katolik ato kristen cuma mereka yang bisa nyangin sekolah negri Kek gini malah jadi curiga klo mau mengerdilkan sekolah katolik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hanya Sekolah Orang Kaya yang Kena PPN, Ditjen Pajak Siapkan Skema Multitarif
14-06-2021 18:36
Dikira masuk sekolah mahal itu karena kaya.
Dikira sekolah negeri itu isinya orang miskin.
emoticon-Hammer

Nga sadar banyak anak orang kaya yg sekolah di sekolah negeri.

Beginilah jenis pemerintah yang sama sekali tidak pernah melihat kondisi riil/nyata.

Enak sih diatas, dah dingin...banyak duit.

emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia