News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
80
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c42fbfd5025376af76c6de/aa-gym-sebut-teh-ninih-7-kali-turun-mesin-komnas-perempuan-angkat-bicara
Pernyataan pendakwah Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym yang menyebut Teh Ninih sudah tujuh kali turun mesin memantik respons Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).
Lapor Hansip
12-06-2021 10:53

Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara

Past Hot Thread
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara

Pernyataan pendakwah Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym yang menyebut Teh Ninih sudah tujuh kali turun mesin memantik respons Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).

Adapun ucapan Aa Gym tersebut viral di media sosial setelah diunggah oleh sejumlah akun Instagram.

"Ini adalah istri yang sudah 19 tahun mendampingi saya. Sudah tujuh kali turun mesin (melahirkan), hehe," ungkap Aa Gym dalam rekaman yang diunggah akun Instagram @mak_inpoh, Senin (7/6/2021) lalu.

Belum diketahui secara pasti kapan dan di mana Aa Gym melontarkan pernyataan itu.

Adapun Komnas Perempuan mengimbau semua pihak, khususnya pejabat publik, pesohor dan pemuka/tokoh masyarakat, untuk menghindari kekerasan psikis atau kekerasan verbal/simbolik dan pelecehan seksual kepada perempuan, serta turut mendukung pemulihan korban.

"Sebagai ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh perempuan, “turun mesin” merupakan istilah peyoratif, yaitu sikap yang merendahkan, menghina atau mencemooh," ungkap Komisioner Komnas Perempuan, Bahrul Fuad, kepada Tribunnews, Kamis (10/6/2021).

Komisioner Komnas Perempuan, Bahrul Fuad atau Cak Fu. (Instagram/bahrulfuad)
Istilah ini, lanjutnya, rekat dengan cara pandang yang seksis, yaitu merendahkan harkat kemanusiaan berdasar jenis kelamin. Juga, cara pandang yang menempatkan perempuan sebagai obyek seks,

"Dalam hal ini imaji tentang keperawanan dan elastisitas kelamin perempuan yang dikaitkan dengan kepuasan atau kenikmatan laki-laki dalam berhubungan seksual."

"Dengan demikian, “turun mesin” merupakan bentuk kekerasan verbal/simbolik terhadap perempuan yang berdampak psikologis yang negatif terhadap perempuan," ungkapnya.

Komnas Perempuan menilai sungguh sangat tidak bermartabat menggunakan istilah “turun mesin” untuk menggambarkan cinta-kasih kepada istri/pasangan atau memuliakan peran reproduksi perempuan karena perempuan telah melahirkan.

Penggunaan ejekan dan atau makian yang seksis, lanjut Bahrul Fuad, adalah bagian dari kekerasan psikis atau kekerasan verbal dan merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap perempuan berbasis gender.

"Kekerasan verbal termasuk ungkapan “turun mesin” berakar dari nilai-nilai patriarkis yang melanggengkan dan meneguhkan diskriminasi terhadap perempuan," ungkapnya.

Bahrul Fuad menyebut, penanganan yang komprehensif merupakan langkah penting dalam memastikan pemenuhan hak konstitusional, khususnya perlindungan diri, kehormatan dan martabat.

Hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 28 G Ayat 1, dan bebas dari diskriminasi sesuai Pasal 28 I Ayat 2.

"Upaya mengubah cara pandang atau pola pikir dan kebiasaan merendahkan perempuan, termasuk melalui bahasa, juga sangat penting dalam mewujudkan komitmen negara dalam Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan, yang telah diratifikasi hampir empat dekade lalu melalui UU No 7 Tahun 1984," jelasnya.

Lanjut Bahrul Fuad, penting untuk mengingat dalam UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT No 23 Tahun 2004) kekerasan psikis dimaknai perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis berat pada seseorang.

"Kekerasan psikis merupakan tindak pidana, dengan ancaman paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp 9 juta rupiah)," ujar Bahrul Fuad.

"Sayangnya, ketika kekerasan psikis berupa kekerasan verbal dilakukan bukan oleh suami, orang yang berhubungan keluarga ataupun tinggal serumah- yang artinya tidak menjadi ruang lingkup UU PKDRT- sulit untuk diproses secara hukum."

"Untuk itulah Komnas Perempuan mendorong pengesahan segera RUU Penghapusan Kekerasan Seksual agar pelecehan seksual dapat ditangani secara komprehensif dengan memperhatikan hak korban untuk pemulihan," ungkapnya.
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 10:56
Ngaku ustad, tapi mulut sama kotornya dengan toilet yg belom disiram emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 10:57
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:00
Si gym tuh ustad abal2 aslinya, jd ya kaga usah heran kalo ga bisa bedain guyon sama melecehkan

Namanya jg nabi kadrun, asal menghina jokowi udah pasti jd ulama

Rocky gerung contohnya, skrg dipanggil ustadz sama sebagian kadrun


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 18 lainnya memberi reputasi
18 1
17
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:00
Jangan bahas HAM perempuan dalam aliran ini Cak...🙄
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:00
Baru tahu kalau turun mesin kekerasan verbal, padahal jaman warkop biasa aja.... Eh apa dulu belum ada HAMBURGER ya? 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyairara dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:04
Hadeh...komnas perempuan ngurus bahasa, tuh teh ninih nasibnya dikatung2 setahun setelah talak tiga kok nggk dikomentari?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:09
turun mesin dan sekalian tap oli bekasemoticon-Ngakak
Diubah oleh bl0job
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:15
Ulama panutan....pfffftttt!! emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:15
lah ......... " turun mesin " juga gara2 loe juga yg nunggangin ............ emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:24
kalo yang ini turun mesinya bukan karena telat ganti oli gan, tetapi justru karena terlalu sering ganti oli.
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan serapionIeo memberi reputasi
2 0
2
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:28
Jaga hati tapi gak jaga mulut.. emoticon-Malu (S)

Mengenai patriarkis sudah sangat melekat pada diri Islam, posisi perempuan memang di bawah pria sampai timbul upaya pemakluman burqa di wilayah tropis.
Hati-hati bagi Komnas Perempuan & Anak, keselip sedikit bakal bergeser jadi penistaan agama
Diubah oleh loekirasiapa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:30
Mau ganti spare part gtu aaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:34
disamain sama kendaraan jir…

emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:35
Habis kau gim emoticon-Smilie semoga bini kedua lu sadar juga bahwasanya kelak dia akan direndahkan juga bak mesin, dan sebelum itu terjadi kau diceraikan istrimu itu terus ditinggalkan ibu-ibu pengajianmu terus diabaikan anak-anakmu karena sudah menyakiti hati ibu mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:36
Imagenya santun tapi bobrok juga ga beda sm aneemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:38
Tinggal bales aja
Selang bulukan, mau nge-crott aja susah!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:44
Komnas HAM : ini lagih sedih, jangan cem macem emoticon-Bata (S), awas klean !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:48
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:48
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Aa Gym Sebut Teh Ninih 7 Kali Turun Mesin, Komnas Perempuan Angkat Bicara
12-06-2021 11:50
Si Gymnastiar ini Merendahkan harkat dan derajat wanita.

Terbukti satu persatu dipermalukan Tuhan.
Diubah oleh ontapesek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia