Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c31acf31671964ce1eb28c/kendaraan-niaga-simak-tips-pemilihan-ban-yang-tepat
Hankook Tire mengaku paham bahwa kendaraan niaga sering dianggap berkontribusi besar pada pencemaran lingkungan. Tahun lalu, Komite Penghapusan Bensin Bertimbal melaporkan bahwa kendaraan niaga seperti bus dan truk menjadi kontributor CO2 pertama dan kedua di Jakarta dengan emisi sebanyak 145.778 ton CO2 untuk bus dan 106.057 ton CO2 untuk truk per-hari.
Lapor Hansip
11-06-2021 15:11

Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat

Past Hot Thread
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat

KabarOto.com - Hankook Tire mengaku paham bahwa kendaraan niaga sering dianggap berkontribusi besar pada pencemaran lingkungan. Tahun lalu, Komite Penghapusan Bensin Bertimbal melaporkan bahwa kendaraan niaga seperti bus dan truk menjadi kontributor CO2 pertama dan kedua di Jakarta dengan emisi sebanyak 145.778 ton CO2 untuk bus dan 106.057 ton CO2 untuk truk per-hari.

Melihat situasi tersebut, Ahmad Juweni selaku National Sales Manager Truck & Bus Radial (TBR) PT. Hankook Tire Sales Indonesia menjelaskan “Saat ban bergulir di jalan, energi mekanik akan berubah menjadi panas dan bahan bakar diperlukan untuk mengganti energi yang hilang tersebut,” ungkap Ahmad.

Ahmad menyarankan ban jenis radial, khususnya tipe tubeless. Ban tipe ini tidak memerlukan ban dalam dan flap sehingga berat ban menjadi lebih ringan dan tenaga yang diperlukan untuk memutar ban menjadi lebih sedikit. Tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Kemudian memilih pola telapak ban berdasarkan medan yang ditempuh. Misal, pada medan tanah atau off road, disarankan menggunakan ban dengan tipe tapak (lug) yang mempunyai traksi lebih baik.

Menurutnya, jika keliru memilih pola telapak ban, konsumsi bahan bakar akan lebih boros dan ban akan cepat rusak. Misalnya, ban tipe off road yang memiliki lug akan cepat panas, menimbulkan bunyi, dan terasa berat jika digunakan di jalan raya. Hal ini juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Usai memilih ban yang tepat berdasarkan aspek-aspek tersebut, yang tidak kalahpenting ialah perawatan tekanan angin. Jika ban kekurangan tekanan, kendaraan akan terasa lebih berat sehingga mesin bekerja lebih keras untuk memutar roda. Hal ini tentu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Akibat kurang tekanan angin meningkatkan risiko aus ban jadi tidak merata, kerusakan separation (kembung), hingga pecahnya ban. Di sisi lain, jika kelebihan tekanan, dapat mengurangi traksi pada ban, keausan yang tidak wajar di tengah telapak ban, dan rawan pecah karena benturan. Ia bilang, selalu mengisi tekanan angin sesuai dengan beban yang dimuat dan lakukan pemeriksaan minimal 10 hari sekali.

Faktor teknis yang harus diperhatikan juga adalah muatan yang diangkut kendaraan niaga. Karena, jika berlebih akan mengakibatkan kondisi overload (kelebihan muatan). Semakin tinggi beban, ban akan menghambat putaran fisik lebih keras ketika bergerak, sehingga kendaraan niaga harus mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Terakhir, cara mengemudi. Semakin sering melakukan akselerasi mendadak pada gas dan rem maka akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, sebaiknya pengendara melakukan akselerasi perlahan, mempertahankan kecepatan, menjaga jarak, dan lakukan perpindahan posisi gigi saat torsi optimal, umumnya di bawah 3.000 rpm (rentang putaran mesin).


Sumber: Link
profile-picture
japarina memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat
18-06-2021 18:59
Bermanfaat
0 0
0
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat
19-06-2021 23:36
Monggo yang punya kendaraan bisa dibaca ini inponyah
0 0
0
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat
21-06-2021 12:00
pake ban kereta api gan, anti bochor bochor
0 0
0
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat
21-06-2021 20:13
Bermanfaat banget
0 0
0
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat
24-06-2021 10:44
harus pas ya gan ga boleh pakai ban sembarangan
0 0
0
Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat
27-06-2021 00:25
Thanks tipsnya gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia