Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c0c4d7d983977b2c608777/mengenal-berbagai-jenis-beras-no-5-beras-analog-gansist-pernah-nyobain
Hai Gansist, ketemu lagi dengan thread aku. Kali inj aku akan membahas tentang makanan pokok di Indonesia. Apakah itu? Ya, beras, yang dimasak kemudian dinamakan nasi. Perkembangan tekhnologi semakin canggih. Termasuk di dalam hal pertanian, berbagai macam alat pertanian pun diciptakan untuk mempermudah kinerja para petani.
Lapor Hansip
09-06-2021 20:40

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
sumber

Hai Gansist, ketemu lagi dengan thread aku. Kali inj aku akan membahas tentang makanan pokok di Indonesia. Apakah itu? Ya, beras, yang dimasak kemudian dinamakan nasi.

Perkembangan tekhnologi semakin canggih. Termasuk di dalam hal pertanian, berbagai macam alat pertanian pun diciptakan untuk mempermudah kinerja para petani.

Bukan hanya alat pertanian yang dikembangkan, bibit dan benih pertanian pun semakin maju. Banyak ditemukan varietas-varietas baru yang mampu berproduksi lebih maksimal.

Contoh nyata adalah varietas padi. Banyak sekali varietas yang diciptakan dan dihasilkan. Kalau jaman dulu, kita hanya mengenal padi atau beras putih yang sering kita makan sehari-hari.

Kini ada beberapa jenis beras yang ditemukan dan dikembangbiakkan. Nah, pada thread kali ini aku akan menyampaikan berbagai jenis beras yang ada yang aku akan ulas dalam sebuah thread, "Mengenal Berbagai Jenis Beras, No. 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?"

1. Beras Putih

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?

Beras putih adalah beras yang biasanya Gansist konsumsi setiap hari. Beras ini wujudnya agak bening. Beras putih banyak sekali jenis varietasnya, ada beras raja lele, beras ciherang, beras IR64, dll. Meskipun agak bening tetapi kalau sudah matang akan berubah warna menjadi keputihan.

2. Beras Merah.

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?

Beras merah memang wujudnya seperti beras kebanyakan hanya warna berasnya sedikit merah. Meskipun dimasak warna kemerahan nya masih ada. Konon, beras merah ini lebih sehat dibanding beras putih. Jika ingin diet Gansist bisa mengonsumsi beras merah ini, karena tinggi akan seratnya.

3. Beras Hitam.

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?

Beras yang satu ini mungkin belum terlalu familier karena belum banyak di pasaran. Wujud berasnya sedikit ramping, memanjang dan warnanya hitam. Beras hitam banyak digunakan sebagai menu diet.

Dulu, daratan China, beras ini disebut berat terlarang karena hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga kerajaan. Tepatnya pada saat dinasti Ming dan Qing.

4. Beras Ketan.

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?

Semua beras bentuk dan wujudnya kurang lebih sama segitu ukurannya. Untuk beras ketan yang terlihat menonjol adalah pada warnanya. Beras ketan berwarna putih bersih, lebih putih dari pada beras putih.

Beras ketan kalau dimasak akan terasa lebih lengket. Beras ketan dimasak dicampur dengan gula merah yang disebut wajik. Atau juga dimasak bersama parutan kelapa setengah tua, lalu ditumbuk dinamakan jadah. Bila Gansist berwisata ke Kaliurang, jadah ini menjadi oleh-oleh khasnya.

5. Beras Analog.

Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?

Mungkin Gansist belum familier mendengar nama beras analog ini. Sebenarnya beras analog ini tidak dihasilkan oleh tanaman padi pada umumnya beras. Beras analog merupakan beras buatan pabrik yang dicetak sedemikian rupa sehingga bentuknya mirip beras.

Adapun bahan pembuatan beras analog ini adalah umbi-umbian, bisa ketela, singkong, ubi, dll. Bisa juga berasal dari jagung, pisang bahkan sukun. Beras analog ini menjadi rekomendasi bagi Gansist yang sedang menjalani diet karena kaya akan serat dan rendah kalori, meskipun harganya lebih mahal.

Nah, itu tadi beberapa jenis beras yang ada. Barangkali Gansist sudah pernah mencicipi kelima jenis beras tersebut. Bisa memberikan reviews terhadap jenis beras tersebut, tentunya di kolom komentar, ya!

Jujur, aku belum pernah mencicipi atau memasak yang namanya beras analog ini. Apakah sama dengan rasanya dengan beras yang biasanya kita dikonsumsi?

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat dan sampai ketemu pada thread aku selanjutnya.

Referensi & ilustrasi: 1 2 3 4 5

profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 20:40
Ayo menanak rindu!
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 20:46
Beras hitam itu sama dengan ketan hitam..?
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 21:02
Quote:Original Posted By junaedi1982new
Beras hitam itu sama dengan ketan hitam..?


Beda gan. Beras hitam dalamnya tetap hitam klw ketam hitam dalamnya putih jg lebih lengket bila dimasak. 🙏
profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 21:53
Paling beberapa pernah mencicipinya maa Dalle 😀
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 22:04
ane pernah coba nasi analog, rasanya cuman beda beda tipis kalau lapar dimakan yah rasanya sama kayak nasi biasa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 22:47
Kurang tuh
Kmrn d MasterChef ada beras jagung,beras singkong
Itu gw bru taw
Mcm kyk gmn y? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
09-06-2021 23:13
Beras analog???? emoticon-EEK! lebih sehat mana ya sama beras hitam? Apa 11 12
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 09:50
beras analog ada kira kira beras digital ada ga ya
0 0
0
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 10:29
Beras kencur bray? emoticon-Leh Uga





Batain ae bray emoticon-Bata (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 11:50
Belum pernah nih mencicipi beras analog...rasanya kek apa ya???
0 0
0
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 11:59
beras analog = beras manual
beras digital = beras automatic
emoticon-Hammer2
profile-picture
fan.kui memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 15:25
beras analog lawannya beras digital
0 0
0
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 16:11
Masuk Trit ini karna ane baca ada beras analog... emoticon-Ngakak

beras digital kagak dibahas jg gan?
kelebihan beras digital itu berasnya bisa di donlot gan..
emoticon-Salaman
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 18:41
Penasaran ama beras analog, pingin cobain
profile-picture
secer memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 21:21
Wah baru denger beras analog, kek gimana ya rasanyaaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
10-06-2021 22:16
Adalagi satu beras bulog kl dimasak nasinya gak saling lengket malah kek masak kacang kl makan pake tangan kosong susah :3
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
11-06-2021 01:19
Baru tahu ada beras analog, duh wawasan saya gan. malumaluinemoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
11-06-2021 03:51
beras plastik.. emoticon-Thinking
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
11-06-2021 07:07
Quote:Original Posted By erina79purba
Paling beberapa pernah mencicipinya maa Dalle 😀

Oh, sip deh, sama kalau gitu
Quote:Original Posted By primechief
ane pernah coba nasi analog, rasanya cuman beda beda tipis kalau lapar dimakan yah rasanya sama kayak nasi biasa emoticon-Ngakak

Oh, aku malah belum
Quote:Original Posted By redemption878
Kurang tuh
Kmrn d MasterChef ada beras jagung,beras singkong
Itu gw bru taw
Mcm kyk gmn y? emoticon-Bingung (S)

Nggak tau, bentuknya kayak beras
Quote:Original Posted By dhinyzfrn
Beras analog???? emoticon-EEK! lebih sehat mana ya sama beras hitam? Apa 11 12

Hihi, eek tetap bau kayaknya
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Berbagai Jenis Beras, No 5 Beras Analog, Gansist Pernah Nyobain?
11-06-2021 07:38
baru pernah denger beras analog. taunya malah beras shirataki yang dari umbi umbian, bukan dari padi.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia