Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c065219d1914367176d494/hemat-air-demi-masa-depan-yuks-simak-tipsnya
Krisis pemanasan global atau sering dikenal dengan istilah global warming membuat cadangan air mulai berkurang. Cuaca yang semakin panas, membuat konsumsi air semakin berlebihan. Oleh karena itulah, kita diharapkan agar menghemat pemakaian air. Dalam konteks bukan membatasi konsumsi air untuk tubuh, namun lebih pada penghematan pemakaian air untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci
Lapor Hansip
09-06-2021 13:52

Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Air, investasi masa depan tak lekang oleh waktu


Hallo .... jumpa lagi dengan ane. Semoga Gansist selalu sehat dan bahagia.


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


Air adalah sumber kehidupan. Bumi juga hampir 2/3 nya adalah perairan, bahkan tubuh manusia pun demikian, sekitar 60-70 persen adalah cairan. Jadi bisa dipastikan jika air adalah bagian dari kehidupan manusia.


Namun, Krisis pemanasan global atau sering dikenal dengan istilah global warming membuat cadangan air mulai berkurang. Cuaca yang semakin panas, membuat konsumsi air semakin berlebihan. Oleh karena itulah, kita diharapkan agar menghemat pemakaian air.


Dalam konteks bukan membatasi konsumsi air untuk tubuh, namun lebih pada penghematan pemakaian air untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci dan sebagainya.


Jika Gansist tinggal di daerah perumahan atau daerah yang jauh dari sumber air, akan bergantung pada perusahaan air yang dikelola oleh daerah/swasta seperti PDAM. Akan sangat terasa saat aliran air mengalami gangguan, baik karena kebocoran pipa, sumber mata air yang debitnya menyusut, ataupun trouble lainnya.


Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan beberapa hal agar menghemat pemakaian air. Berikut ini ane tuliskan beberapa cara agar Gansist bisa menghemat pemakaian air dalam rumah tangga.


1. Gunakan bak mandi, jangan memakai shower atau bathub.
Dengan bak mandi, kita bisa menampung air untuk mandi terlebih dahulu, mengguyur tubuh seperlunya saja. Jika memakai shower, maka air akan mengalir terus menerus, susah untuk mengontrol pemakaian air, jika menggunakan bathub makan air akan terlalu banyak ditampung untuk merendam tubuh kita.


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : Dokpri


2. Jika mencuci piring/gelas menggunakan wastafel, tumpuk piring kotor, namun terlebih dahulu buang kotoran sisa makan yang ada. Jangan 1 atau 2 langsung dicuci, memang terlihat lebih rapi terus, namun akan boros dalam pemakaian air. Akan lebih baik dan menghemat air jika mencuci menggunakan ember atau baskom besar, dibandingkan dengan air keran yang mengalir


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


3. Gunakan automatic dan pelampung pada bak penampungan air/toren. Fungsinya adalah agar saat kita sedang mengisi air dan penuh, maka keran akan menutup otomatis, sehingga air penampungan yang meluber akibat kepenuhan tidak akan terjadi.

Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


4. Gunakan closet jongkok, karena kita dapat menyiram bekas kotoran sesuai keperluan. Jika menggunakan closet duduk yang otomatis, maka air akan otomatis menyiram kotoran, tidak peduli banyak atau sedikit.


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


5. Jika menggunakan mesin cuci, usahakan cuci sesuai kapasitas mesin. Jangan sedikit cucian sudah diputar karena dengan mesin cuci, pemakaian air tetap sama. Kecuali kalau kondisi darurat dan cucian sedikit, kucek aja dengan tangan.


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


6. Sisa bilasan cucian baju jangan dibuang begitu saja, gunakan untuk menyiram dan menyikat lantai kamar mandi.


7. Pastikan menutup keran dengan baik, agar tidak terjadi air menetes tanpa kita ketahui.


8. Gunakan tampungan atau tandon air, agar kita bisa mengontrol pemakaian air. Selain itu juga bisa untuk cadangan air sebagai antisipasi musim kemarau susah air.


9. Jika Gansist mempunyai halaman atau lahan di sekitar rumah, biarkan tanpa ubin atau semenan, langsung tanah saja. Fungsikan sebagai sumber serapan air, karena meskipun sempit juga air tanah butuh lahan sebagai serapan air.


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


Ohya, menhemat air artinya menghemat biaya juga, ya, baik biaya listrik jika menggunakan pompa air, ataupun biaya pembayaran air jika menggunakan air PDAM, jadi double keuntungan. Saatnya kita menuju era green life demi kelangsungan masa depan bumi kita.


Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
Sumber : gambar


Hemat air, hemat energi, hemat biaya.


Semoga bermanfaat dan terimakasih



Sumber Tulisan : opini pribadi
Sumber Gambar : tercantum diatas
Diubah oleh VitaArkana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marikemana dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
09-06-2021 13:54
Hemat air
0 0
0
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
09-06-2021 16:28
Nice tips nihemoticon-Recommended Seller
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
12-06-2021 10:01
Bener gan ane pernah tinggal di daerah yg sulit air, mau mandi harus beli air dulu jadi bener2 kerasa pentingnya air dan kudu hemat penggunaan juga
profile-picture
profile-picture
irene.holmes dan VitaArkana memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
12-06-2021 11:20
Kirain malah pake shower tuh lebih hemat karena air yang keluar lebih sedikit. Soalnya kalau pake bak mandi kadang suka gebyar gebyur gitu emoticon-Hammer2
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
12-06-2021 20:49
Apakah mandi sehari sekali termasuk gerakan menghemat air
emoticon-Ngakak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
12-06-2021 22:10
Ane pake wc duduk. Kalo ngeflush kagak ane pentokin, jd gak banyak2 amat aer yg keluar emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
13-06-2021 10:15
Menggunakan air seperlunya saja si menurut anet
0 0
0
Hemat Air Demi Masa Depan, Yuks Simak Tipsnya !
15-06-2021 08:30
biasanya air yg bekas cucian beras ato sayur mayur yg bakalan di masak ane kumpulin tuh taruh di ember gitu, ntar klo udah kelar masak baru disiramin ke taneman. biar hemat aja sayang soalnya klo langsung dibuang
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia