Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
76
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bf1aa732fc2972ed2644aa/sate-padang-rasanya-bikin-nendang
Kuliner satu ini memang memberikan sensasi yang cukup berbeda, apalagi sate banyak digemari di Indonesia baik dari sabang hingga merauke. Bahkan sajian sate berbeda daerah akan berbeda juga bentuk dan rupanya, maka jangan heran kalau Indonesia selalu menyajikan kuliner terbaik dengan rempah pilihan yang mudah di dapat.
Lapor Hansip
08-06-2021 14:22

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Kuliner satu ini memang memberikan sensasi yang cukup berbeda, apalagi sate banyak digemari di Indonesia baik dari sabang hingga merauke. Bahkan sajian sate berbeda daerah akan berbeda juga bentuk dan rupanya, maka jangan heran kalau Indonesia selalu menyajikan kuliner terbaik dengan rempah pilihan yang mudah di dapat.

Buat kamu yang hobi makan sate, pasti tampilan sate padang ini agak berbeda dengan jenis sate lainnya. Karena bahan yang dipakai juga berbeda, biasanya sate pada umumnya terbuat dari daging kambing atau ayam seperti sate Madura. Namun pada sate padang yang digunakan adalah sapi, namun bukan dagingnya tapi jeroan dan lidah sapi.

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Untuk sejarahnya sendiri TS tidak bisa menemukan siapa yang pertama kali pembuatnya, entah nenek moyang asli padang atau ada cross food dari pendatang luar yang singgah di minang semuanya masih abu-abu. Karena peneliti di Indonesia sangat sedikit sekali yang ingin menyingkap sejarah kuliner bangsanya, lebih senang bermain politik agar bisa menjadi penguasa dibandingkan harus menjadi peneliti yang dananya butuh dari donatur, yang jelas sate Padang disukai banyak orang dan melegenda cukuplah sampai disitu.

Namun walau berbahan dasar sama dari daging sapi, jelas tampilannya juga tidak sama dengan sate Rembiga khas Lombok atau sate Maranggi khas Purwakarta. Karena sate Padang mempunyai ciri khasnya tersendiri, bahkan ada tiga jenis sate Padang di tempatnya berada yang mempunyai rasa uniknya masing-masing.

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Walau bahan dasarnya tetap sama yaitu campuran daging, jeroan sapi dan lidah, yang direbus terlebih dahulu bersama dengan bumbunya. Kemudian baru dibakar, dan dijadikan sate.

Sate Darek

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Sate ini menurut dunia kuliner berawal dari Padang Panjang, dengan bumbu kuningnya yang sangat pekat. Nah, warna kuning itu karena memakai kunyit yang sangat banyak.

Lalu disajikan dengan ketupat dan bawang merah.

Sate Pariaman

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Dari namanya saja kita sudah tahu itu berasal dari Pariaman, bumbunya terlihat lebih merah karena cabai yang lebih banyak maka rasanya akan terasa lebih pedas.

Biasanya sate ini dimakan dengan campuran kripik balado, maka sensasi pedasnya semakin nendang.

Sate danguang-danguang

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

Sesuai dengan namanya sate ini berasal dari nagari Danguang-danguang di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Hal yang unik pada sate ini bukan hanya bumbunya saja yang kental, namun warnanya tidak kuning tidak juga merah namun bersatu dengan parutan kelapa.

Maka warna bumbu akan terlihat lebih coklat, namun rasanya juga cukup enak dan disajikan tanpa campuran apapun baik ketupat maupun keripik balado.

Bagaimana sudah tahukan tentang sate Padang, mau tahu cara membuatnya?

Quote:

Oke, ane kutip dari media kuliner nusantara ya gan and sis. Semoga dapat berguna.

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang


Resep sate padang

Bahan (5 porsi)

100 gram lidah sapi

100 gram jantung sapi

100 gram daging sapi

100 gram usus sapi

100 gram limpa sapi

50 gram tepung beras

1 liter air

50 gram bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus

1 sdm ketumbar

1 sdt merica halus

4 sdm bawang merah iris

2 sdm bawang putih iris

1 sdm cabai merah iris

1 sdm cabai rawit iris

1/2 sdt jintan

1/2 sdt adas

1 sdt kunyit iris

1 sdm garam

1 sdt jahe iris

Bumbu lain


1 lembar daun kunyit

3 lembar daun jeruk

1 batang serai, memarkan

1 iris lengkuas, memarkan


Cara membuat sate padang

1. Rebus lidah, jantung, daging, limpa, dan usus sapi bersama semua bumbu sampai empuk. Angkat dan tiriskan.

2. Potong rebusan daging dan jeroan lainnya bentuk dadu agak tipis. Tusukkan pada lidi atau tusukan sate yang tersedia.

3. Rebus kembali kaldu daging. Ambil 100 mililiter airnya untuk mencairkan tepung beras. Tuangkan kembali ke dalam rebusan kaldu kaldu. Masak kembali hingga kaldu mengental.

4. Nyalakan arang atau pemanggang antilengket. Panggang sate hingga agak mengering. Angkat.

5. Hidangkan sate dengan siraman kuah dan taburan bawang goreng.



sumber kutipan





Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang


profile-picture
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
08-06-2021 14:49
Dari semua jenis sate ane paling demen sate ini.. Bumbunya unik, rempahnya kerasa banget
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
09-06-2021 13:18
kesukaan ane nih sate pariaman, warna kuahnya menggoda emoticon-Jempol
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
21-06-2021 14:46
Gak begitu suka sate, kadang lemak lemaknya jg di tusuk jd gak suka
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
21-06-2021 18:51
Lidah ane lebih cocok sama sate madura emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan turkusuma memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
21-06-2021 19:26
Belum pernah nyobain sate padang sih, walau penasaran juga sama rasanya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
21-06-2021 21:47
Blm pernah nyobain sate padang. Sepertiny kuahny bukan dr sambal kacang ya gan...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
21-06-2021 23:33
Wahhh dah lama banget ane ga makan sate padang, kangen juga nih pengen makan lagi hehehe
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
22-06-2021 08:24
Nah ini sedap
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
22-06-2021 11:35
Pertama kali dan sampai skrg baru nyobain sate padang di Jogja, gatau beda gak sama aslinya di sana haha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
22-06-2021 15:42
Dari semua itu ane pick Te Sate madura ta iye ,te sate ... bumbune nggo kacang plus cabae ,bawang ,acar wortel . emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh kadrunslayer
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
22-06-2021 16:11
Mau lebaran kurban, cocok nih resepnya
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
22-06-2021 17:41
ane tau sate padang waktu sd ada yang jualan samping sekolah, pas pertama kali makan langsung jatuh cinta. suka banget ampe sekarang.
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
22-06-2021 21:37
sate pariaman, makannya pake keripik balado yg pedes, mantep bener emoticon-Matabelo
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
23-06-2021 10:17
kalau ane yang belum pernah adalah sate danguang danguang gan tapi sekilas ane pernah lihat bahan yang dipakai cuma namanya aja yang masih asing ditelinga..
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
23-06-2021 18:26
Pengin cobain sate padang, tapi beli di mana yaa
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
23-06-2021 20:17
Belom pernah gue rasain sate padang, cuma pernah ngerasain nasi oadang hehee
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
23-06-2021 23:22
ane baru pernah coba yang bumbunya merah trus pake kripik balado itu. pedes banget emoticon-Ngakak enak tp
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
24-06-2021 08:05
paling demen sama sate padang nih...

enak banget, emang makanan padang itu juara banget ya, enaknya luar biasaemoticon-Wowcantik
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
25-06-2021 19:52
gimana gimana? yang makan satenya jadi nendang gitu?emoticon-Hammer2
0 0
0
Sate Padang, Rasanya Bikin Nendang
25-06-2021 22:24
yang danguang danguang kayak aaapaan rasanya yak wkwkw biasanya nyobain yg kuning sama oren doangann pariamann
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia