News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bb672dab78020969429bbf/international-freedom-battalion
International Freedom Battalion biasa disingkat IFB atau EOT, adalah kelompok bersenjata yang terdiri dari pejuang asing sayap kiri yang berjuang untuk Unit Perlindungan Rakyat (YPG) di Perang Saudara Suriah dalam mendukung Revolusi Rojava dan terhadap Negara Islam IRAK dan Levant (ISIS), Angkatan Bersenjata Turki dan Tentara Nasional Suriah. Pembentukan IFB diumumkan pada Juni 2015 di Ras al-Ayn.
Lapor Hansip
05-06-2021 18:59

International Freedom Battalion

Past Hot Thread
International Freedom Battalion biasa disingkat IFB atau EOT, adalah kelompok bersenjata yang terdiri dari pejuang asing sayap kiri yang berjuang untuk Unit Perlindungan Rakyat (YPG) di Perang Saudara Suriah dalam mendukung Revolusi Rojava dan terhadap Negara Islam IRAK dan Levant (ISIS), Angkatan Bersenjata Turki dan Tentara Nasional Suriah. Pembentukan IFB diumumkan pada Juni 2015 di Ras al-Ayn. Inspirasi dari kelompok ini yaitu Brigade Internasional dari Perang Saudara Spanyol (17 Jul 1936 – 1 Apr 1939). Ideologi politik para dari para pejuang ini termasuk Anarkisme, Marxisme-Leninisme, Hoxhaisme, Maoisme, dan anarko-komunisme.

Bendera:
International Freedom Battalion

Tanggal operasi: 10 Juni 2015 – sekarang

Wilayah aktif: Rojava, Suriah

Ideologi: Sosialisme Revolusioner, Internasionalisme, Proletarianisme, Anti-fasisme, Anarkisme, Komunisme

Sekutu: Syrian Democratic Forces (SDF) People's Protection Units (YPG), Women's Protection Units(YPJ), YPG International, Kurdistan Workers' Party(PKK), People's Defence Forces (HPG), Free Women's Units (YJA STAR)

Musuh: ISIS, Turki, Syrian National Army

Batalyon Kebebasan Internasional dibentuk oleh kelompok-kelompok bersenjata sayap kiri (serta individu-individu yang bukan bagian dari kelompok lain), yang sebagian besar telah berperang dengan YPG sebelum pembentukan IFB. Kelompok-kelompok ini termasuk:

Birleşik zgürlük Güçleri
International Freedom Battalion
The United Freedom Forces terinspirasi dari Brigade Internasional dari Perang Saudara Spanyol, didirikan pada bulan Desember 2014 di kota Kobanê sebagai organisasi pejuang sayap kiri luar negeri yang berideologi sosialis revolusioner dan anarkis.

MLKP tidak bergabung dengan kelompok ini, namun akhirnya akan bersatu dalam Batalyon Kebebasan Internasional (IFB). BÖG juga memiliki cabang wanita bernama "Pasukan Kebebasan Wanita" ( Kadın zgürlük Gücü dalam bahasa Turki). BÖG dianggap sebagai kelompok terbesar dalam Batalyon Kebebasan Internasional.

Marksist-Leninist Komünist Partisi
International Freedom Battalion
Disingkat MLKP, adalah gerakan bawah tanah Hoxhaist partai komunis dari Turki. Pejuang MLKP dilaporkan telah dikirim ke Suriah untuk berperang dengan Unit Perlindungan Rakyat (YPG) sejak 2012. Pejuang MLKP juga bergabung dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dalam serangan Sinjar Desember 2014 di Irak Utara untuk membela minoritas Yazidi di Sinjar. Pada bulan Maret 2015 seorang wanita Jerman berusia 19 tahun, Ivana Hoffmann, terbunuh saat memerangi Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) dalam serangan serangan al-Hasakah Timur, Hoffmann menjadi pejuang asing wanita pertama, yang tewas saat berperang bersama YPG. Organisasi wanita MLKP, Komünist Kadın rgütü, juga terlibat dalam pertempuran. MLKP sangat berperan dalam pembentukan Batalyon Kebebasan Internasional.

TKP/ML TİKKO
International Freedom Battalion
Tentara Pembebasan Buruh dan Tani Turki (bahasa Turki : Türkiye ci ve Köylü Kurtuluş Ordusu , disingkat TİKKO) adalah sayap bersenjata Partai Komunis Turki/Marxis–Leninis (bahasa Turki : Türkiye Komünist Partisi/Marksist-Leninist , disingkat sebagai TKP/ML), sebuah organisasi pemberontak Maois di Turki . Pada tanggal 25 Maret 2016, markas besar TKP/ML TİKKO di Serêkaniyê menjadi sasaran bom sepeda motor, yang menyebabkan luka ringan pada dua anggota dan kerusakan pada markas. Dua tersangka ditahan oleh Asayi

Türkiye Komünist Emek Partisi/Leninist
International Freedom Battalion
Partai Buruh Komunis Turki / Leninis ( Turki : Türkiye Komünist Emek Partisi / Leninis , disingkat TKEP / L) adalah partai Marxis-Leninis yang ilegal di Turki.

Sosyal İsyan
International Freedom Battalion
Pemberontakan Sosialis didirikan pada tahun 2013 di Turki oleh sekelompok anarkis hijau di Tuzluçayır.

Rekonstruksi Comunista
International Freedom Battalion
Rekonstruksi Komunis (Spanyol: Reconstrucción Comunista , disingkat RC) adalah kelompok Marxis-Leninis dari Spanyol. Kelompok ini membawa varian Bendera Republik Spanyol Kedua. RC memiliki ikatan yang kuat dengan MLKP dan anggotanya berjuang sebagai bagian dari formasi MLKP ketika bertempur di Sinjar.

Dua anggota kelompok ini ditangkap oleh polisi setelah mereka kembali ke Spanyol dan dituduh berpartisipasi dalam konflik bersenjata di luar Spanyol tanpa izin dari negara, serta membahayakan kepentingan nasional dengan bergabung dengan kelompok yang memerangi ISIS yang dianggap teroris.

Pada Januari 2016, delapan warga Spanyol dan satu warga Turki ditangkap di Spanyol. Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "Yang ditahan, bekerja sama dengan individu lain yang tinggal di berbagai negara Eropa, menyediakan infrastruktur yang diperlukan bagi orang-orang terlantar untuk bepergian ke luar negeri dan akhirnya berintegrasi dalam jajaran Perlindungan Rakyat. Unit (YPG) atau salah satu sayap bersenjata organisasi", mayoritas yang ditangkap adalah anggota kelompok 'Rekonstruksi Komunis'.

Revolutionary Union for Internationalist Solidarity
International Freedom Battalion
Serikat Revolusioner untuk Solidaritas Internasional ( Yunani : Σύνδεσμος Διεθνιστικής , disingkat ) adalah sebuah kelompok pejuang bersenjata dari Yunani. Mereka telah bertempur di Suriah sejak 2015. Penampilan mereka telah membuat khawatir pejabat keamanan dan intelijen Yunani yang menuduh bahwa "prajurit akan dilatih dalam perang gerilya dan kemudian dapat menerapkan apa yang telah mereka pelajari di tanah air mereka".

Bob Crow Brigade
International Freedom Battalion
Brigade Bob Crow (disingkat BCB) adalah sekelompok pejuang dari Inggris dan Irlandia dinamai Bob Crow, seorang pemimpin serikat pekerja Inggris dan menggambarkan diri "komunis/sosialis", yang telah meninggal karena serangan jantung pada Maret 2014.

Kelompok ini menyatakan solidaritas pada pekerja kereta api yang mogok di Inggris. Steve Hedley, asisten sekretaris jenderal senior RMT, mengatakan: "Bob akan merasa terhormat bahwa anak muda dari Inggris akan melawan kekuatan jahat atas namanya.

BCBerupakan pengagum berat brigade internasional yang bertempur di Spanyol, tentu saja hal ini akan menjadi inspirasi terhadap brigade internasional baru yang memerangi fasisme keagamaan dan membela pekerja Yazhidi, Muslim dan Kristen dari perbudakan dan penganiayaan."

Setelah Turki dan kelompok pemberontak sekutunya menyerbu bagian utara Suriah kemudian bentrok dengan Pasukan Demokratik Suriah , pejabat Turki menyatakan bahwa mereka akan memperlakukan sukarelawan Inggris dan asing lainnya yang berperang bersama YPG sebagai teroris.

Pada tanggal 2 September, Brigade Bob Crow pindah dari front Raqqa ke Manbij dan menyatakan "Ketika kami datang untuk mempertahankan revolusi, kami kami tujukan kepada semua musuh, besar atau kecil". Pada tanggal 7 September 2016, Brigade Bob Crow mengirimkan pesan solidaritas kepada para wanita Irlandia yang berjuang untuk mencabut Amandemen Kedelapan Konstitusi Irlandiapada, peringatan 33 tahun persetujuannya melalui referendum, serta pemogokan pekerja bus Irlandia pada hari berikutnya.

Henri Krasucki Brigade
International Freedom Battalion
Brigade Henri Krasucki (bahasa Prancis: Brigade Henri Krasucki ) adalah sekelompok pejuang dari Prancis. Terinspirasi oleh rekan-rekan mereka yang berbahasa Inggris dari Brigade Bob Crow, mereka menamai diri mereka sendiri setelah serikat pekerja Prancis Henri Krasucki . Kelompok tersebut menyatakan solidaritas pada serikat CGT dan pekerja Air France yang diadili atas insiden "shirt-ripping case" pada 5 Oktober 2015, yang memunculkan perselisihan atas rencana raksasa penerbangan tersebut mem-PHK 2.900 pekerjaannya.

International Revolutionary People's Guerrilla Forces
International Freedom Battalion
Pasukan Gerilya Internasional Revolusioner Rakyat (disingkat IRPGF) adalah milisi bersenjata yang merupakan kolektif dari pejuang asing nerideologi anarkis di seluruh dunia. Pembentukan IRPGF diumumkan pada 31 Maret 2017, dalam rilis video dan teks dibeberapa situs web revolusioner dan organisasi media. Deklarasi ini bertujuan untuk mempertahankan revolusi sosial di Rojava dan menyebarkan anarkisme. Mereka adalah anggota organisasi dan bagian dari tim manajemen Batalyon Kebebasan Internasional sejak April 2017, hal ini diumumkan oleh IFB pada 17 Mei di halaman Facebook mereka.

Merke melakukan kampanye solidaritas untuk mengumpulkan minat dan dukungan dari seluruh dunia. Pada tanggal 24 Juli, kelompok tersebut membentuk unit LGBT , TQILA. Dikemudian haro kelompok tersebut mengumumkan pembubaran.

The Queer Insurrection and Liberation Army
International Freedom Battalion
TQILA adalah unit IFB yang didirikan pada 24 Juli 2017, oleh anggota IRPGF di Kota Raqqa dan dibubarkan pada 24 September 2018. Kelompok tersebut meluncurkan pernyataan yang menjelaskan tujuannya dari pembentukannya, dimana ini merupakan respon terhadap persekusi terhadap orang-orang LGBT oleh ISIS, dan dijadikan sebagai salah satu motivasi utama kelompok tersebut. Mereka adalah bagian dari Pasukan Gerilya Rakyat Revolusioner Internasional (IRPGF)dan Batalyon Kebebasan Internasional (IFB)


Pertempuran dan perang:

2015 al-Hawl offensive
International Freedom Battalion
Serangan al-Hawl 2015 adalah serangan yang diluncurkan oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF) selama Perang Saudara Suriah , untuk merebut kota strategis al-Hawl dan pedesaan sekitarnya dari Negara Islam Irak dan Syam (ISIL ). Serangan itu terdiri dari operasi terpisah di tiga wilayah berbeda: Tell Brak , al-Hawl, dan pedesaan kota al-Hasakah selatan .

Pihak yang berperang:
Pasukan Demokratik Suriah(SDF), Batalyon Kebebasan Internasional Unit Perlawanan Sinjar dengan kekuatan 2.700+ pejuang. Dibantu serangan udara "Satuan Tugas Gabungan Gabungan – Operasi Penyelesaian Inheren ( CJTF–OIR ) yang merupakan koalisi internasional yang dipimpin Amerika Melawan Negara Islam Irak dan Levant. Dengan kekuatan 1000+ pejuang.

Korban dan kerugian:
33 tewas dipihak SDF, Batalyon Kebebasan Internasional Unit Perlawanan Sinjar. 493+ tewas dipihak ISIS. 4–8 warga sipil terbunuh oleh serangan udara CJTF–OIR.

Hasil:
Pasukan SDF merebut Al-Hawl , 240+ kota dan desa, 2 ladang minyak, dua pompa bensin, pangkalan Resimen 121, Bendungan Hasakah Selatan, enam pos perbatasan, dan satu bukit. Pasukan SDF merebut wilayah seluas 1.400 kilometer persegi (870 mil persegi)


Tishrin Dam offensive
International Freedom Battalion
Serangan Bendungan Tishrin , atau ofensif Kobanî Selatan , adalah operasi militer di timur laut Kegubernuran Aleppo selama Perang Saudara Suriah , yang dilakukan oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF) untuk merebut Bendungan Tishrin yang strategis dan pedesaan selatan Kobanî yang dideklarasikan sendiri. Kanton dari Negara Islam Irak dan Levant (ISIL). Joint Task Force - Operasi Inherent Resolve mendukung ofensif SDF dengan lebih dari 26 serangan udara.

Pihak yang berperang:
SDF, IFB kekuatan ribuan pejuang dibantu tentara amerika sekitar 30–70 prajurit. Melawan ISIS dengan jumlah kekuatan tidak diketahui.

Korban dan kerugian:
9 tewas dipihak SDF, IFB. 319 tewas dipihak ISIS.

Hasil:
Perubahan teritorial, SDF, IFB merebut Bendungan Tishrin dan kota Tishrin serta menguasai lebih dari 100 desa dan 640 kilometer persegi (250 sq mi).


Al-Shaddadi offensive (2016)
International Freedom Battalion
Serangan al-Shaddadi (2016) , juga dikenal sebagai Operasi Wrath of Khabur , adalah serangan yang diluncurkan oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF) selama Perang Saudara Suriah , pada Februari 2016. Tujuan utama dari ini Serangan itu untuk merebut kota strategis Al-Shaddadi dan sisa provinsi al-Hasakah selatan dari Negara Islam Irak dan Syam (ISIL). Selama serangan, koalisi pimpinan AS melakukan lebih dari 86 serangan udara di Al-Shaddadi dan daerah sekitarnya, untuk mendukung kemajuan SDF.

Pihak yang berperang:
SDF, IFB kekuatan 6000 pejuang dibantu serangan udara CJTF–OIR. Melawan ISIS dengan jumlah kekuatan 2000+ pejuang.

Korban dan kerugian:
26 tewas dipihak SDF, IFB. 455 tewas dipihak ISIS. 40 warga sipil terbunuh oleh serangan udara CJTF–OIR. 30.000+ orang mengungsi dan melarikan diri ke wilayah ISIS.

Hasil:
Pasukan SDF merebut 315+ desa, dusun dan 2 ladang minyak, merebut kota al-Shaddadi dan kota Sabaa, Al-Fadghami dan Al-Arishah. Pasukan SDF merebut lebih dari 2.400 kilometer persegi (1.491 mil persegi) wilayah. ISIL membebaskan 42 terakhir dari 287–400 sandera Kristen Asiria yang mereka tangkap pada Februari 2015.

Sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/International_Freedom_Battalion


Update 8.6.21: merapikan kalimat agar mudah dibaca.

Akan diupdate kembali kemudian
Diubah oleh LordFaries4.0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
International Freedom Battalion
05-06-2021 19:16
Manbij offensive (2016)
International Freedom Battalion
Serangan Manbij , dengan nama sandi "Operation Martyr and Commander Faysal Abu Layla", adalah operasi militer ofensif tahun 2016 oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) untuk merebut kota Manbij dari Negara Islam Irak dan Syam (ISIS). Serangam tersebut dilakukan melalui Al-Bab hingga Herbel, wilayah yang disebut sebagai "Kantung Manbij" di utara Provinsi Aleppo.

Tujuan utama serangan itu adalah untuk memutus rute pasokan terakhir ISIS dari Turki, dan untuk mencegah pejuang ISIS melarikan diri melintasi perbatasan Suriah-Turki. Selama lima hari pertama serangan, koalisi pimpinan AS melakukan lebih dari 55 serangan udara untuk mendukung SDF.

Setelah merebut kota Manbij pada 12 Agustus, SDF mengumumkan bahwa serangan akan berlanjut sampai seluruh pedesaan di sekitar Manbij direbut, meskipun serangan secara efektif berakhir tak lama setelah Angkatan Bersenjata Turki memulai Operasi Perisai Efrat untuk mencegah SDF menyatukan wilayah Rojava .

Pihak yang berperang:
SDF diperkirakan berkekuatan 2900-12000 pejuang dengan rincian, 2500-9600 pejuang arab, 1800 penduduk lokal, 400-2400 suku kurdi, 40 pasukan khusus Jerman (walau disangkal pemerintah Jerman). Serta dibantu serangan udara CJTF–OIR yang di isi oleh Amerika Serikat, Inggris Raya, Prancis dan Jerman (Jerman menyangkal keterlibatannya). Melawan beberapa ribu pasukan ISIS dan 2000 pasukan ISIS di manbij.

Korban dan kerugian:
300-1600 pejuang tewas dipihak SDF (berbeda-beda jumlah tergantung pihak yang memgklaim). 1000-4180 tewas dan 112 tertangkap dipihak ISIS (berbeda-beda jumlah tergantung pihak yang memgklaim). 444 warga sipil tewas dan 2.000+ diculik, sekitar 78.000 warga sipil mengungsi.

Hasil:
SDF menguasai ~105 desa dan pertanian pada 14 Juni, menguasai kota Manbij pada 12 Agustus dan mengamankan garis pertahanan di pedesaan utara pada 21 Agustus, kemudian terus menyerang di pedesaan selatan hingga 27 Agustus.


Raqqa campaign (2016–2017)
International Freedom Battalion
International Freedom Battalion
Raqqa campaign (nama kode Operasi Wrath of Efrat) adalah operasi militer yang diluncurkan pada November 2016 oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) terhadap Negara Islam Irak dan Levant (ISIS) di Raqqa, serangan ini bertujuan untuk mengisolasi dan merebut ibu kota Negara Islam, Raqqa. Tujuan SDF ini termasuk merebit bendungan Tabqa dekat kota al-Thawrah, dan bendungan Baath. Kampanye berakhir dengan sukses pada Oktober 2017, dengan merebut Raqqa.

Pihak yang berperang:
SDF diperkirakan berkekuatan 30.000–40.000 pejuang (70% orang arab), Milisi HXP (milisi pertahanan teritorial multi-etnis dan satu-satunya angkatan bersenjata wajib militer di Administrasi Otonomi Suriah Utara dan Timur) 500 pejuang, 900 pasukan khusus Amerika dan 1 artileri, dan banyak pesawat, serta puluhan pasukan khusus Prancis dan juga beberapa pesawat pembom Tupolev Tu-95 dari Rusia, Melawan 10.000–20.000+ pejuang ISIS termasuk tentara anak-anak dan beberapa Drone yang tak diketahui jumlahnya.

Korban dan kerugian:
1100-1600 tewas, 2500 terluka dipihak SDF, 1 tewas dipihak Amerika, 1 tewas dipihak Prancis . 3784-6000 tewas dan 38 tertangkap dipihak ISIS. 2.385 warga sipil tewas dan 200.000 warga sipil mengungsi.

Hasil:
SDF menguasai lebih dari 236 desa, dusun dan bukit-bukit strategis, dua stasiun air dan listrik, Pangkalan Udara Tabqa, kota Tabqa, bendungan Tabqa, dan bendungan Baath, memasuki kota Raqqa pada 6 Juni 2017 dan merebut sepenuhnya pada 17 Oktober 2017.


Operation Olive Branch
International Freedom Battalion
Operasi Ranting Zaitun adalah operasi militer lintas batas yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Turki dan Syrian National Army (SNA) di Distrik Afrin yang mayoritas Kurdi di barat laut Suriah, melawan Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dari bagian dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

Perang udara dan penggunaan artileri besar berakhir ketika milisi Arab dan Turkmenistan dari SNA memasuki kota Afrin pada 18 Maret 2018, dan pemberontakan SDF di Aleppo Utara dimulai.

Pihak yang berperang:
Turki diperkirakan berkekuatan 6400 pasukan (termasuk pesawat, tank, altileri, roket dan lain-lain), SNA berkekuatan 10000-25000 pasukan
Melawan 8000-20000 pejuang SDF dan 400 tentara Suriah.

Korban dan kerugian:
616-2772 pasukan tewas dari pihak SNA dan Turki, 1586-4612 tewas dari pihak gabungan pejuang SDF dan tentara suriah. (Kedua pihak mengklaim angka lebih tinggi dalam membunuh lawannya dari total yang masing-masing pihak sebutkan). 389–500 warga sipil tewas di Suriah, 7–9 warga sipil tewas di Turki, 150.000–300.000 warga sipil mengungsi.

Hasil:
Angkatan Bersenjata Turki dan Tentara Nasional Suriah merebut seluruh Distrik Afrin, termasuk area seluas 2.000 kilometer persegi (770 sq mi) dan 282 pemukiman, termasuk kota Afrin, Wilayah yang dikuasai YPG di Distrik Afrin direbut oleh Tentara Nasional Suriah, (menghubungkan Azaz dan Idlib (sebelumnya terputus sejak Februari 2016 ).


Deir ez-Zor campaign (2017–2019)
International Freedom Battalion
Dengan nama sandi the al-Jazeera Storm campaign, adalah operasi militer yang diluncurkan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) melawan Negara Islam Irak dan Syam (ISIL) di Suriah. Di provinsi Deir ez-Zor pada tahun 2017. Itu terjadi selama konflik Rojava di Perang Saudara Suriah, dengan tujuan merebut wilayah Suriah timur, khususnya timur dan utara sungai Efrat. Amerika memimpin pasukan Gabungan Joint Task Force - Operasi Inherent Resolve(CJTF–OIR) koalisi anti-ISIL memberikan dukungan udara yang luas sementara personel SDF terdiri dari mayoritas pasukan darat; Pasukan khusus OIR dan unit artileri juga terlibat dalam kampanye tersebut.

Kampanye darat terhenti dan dihentikan pada awal 2018 karena invasi pimpinan Turki ke Afrin , tetapi dilanjutkan pada 1 Mei 2018 dengan fase baru yang dinamai oleh koalisi sebagai Operasi Roundup. Fase ketiga dimulai pada 10 September 2018 tetapi dihentikan karena serangan artileri Turki terhadap posisi SDF di dekat perbatasan Suriah-Turki pada 31 Oktober. SDF dan koalisi mengumumkan dimulainya kembali serangan pada 11 November. Setelah serangkaian keberhasilan dalam merebut benteng Hajin ISIL, dan jeda sepuluh hari untuk evakuasi sipil, SDF meluncurkan serangan terakhirnya ke kantong terakhir wilayah ISIL pada 9 Februari 2019, kemudian menyatakan kemenangan pada 23 Maret dan mengakhiri kampanye.

Pihak yang berperang:
Pasukan gabungan SDF, IFB, Federal Security Forces, Amerika, Inggris Raya, Prancis, Belanda, Rusia, Irak dengan total pasukan sebanyak 17000. Melawan ISIS dengan total pasukan kisaran 4000-6000 pasukan dan ditambah dibulan-bulan berikutnya.

Korban dan Kerugian:
753 tewas, 416 terluka dan 35 tertangkap dari pihak pasukan gabungan. Sedangkan ISIS 1,618 tewas, 9,250 tertangkap. 634 warga sipil tewas, 720+ tersangka pembelot dan tahanan dieksekusi oleh ISIL, termasuk tawanan Yazidi.

Hasil:
SDF merebut 14.020 kilometer persegi wilayah (berisi setidaknya 50.000 warga sipil). Pada musim semi 2018, SDF menghentikan kampanye namun tetap melakukan penyisiran terhadap sisa-sisa ISIL di Suriah timur selama beberapa bulan.

SDF mengusir ISIL dari wilayah perbatasan Irak-Suriah pada 4 Agustus, kemudian merebut Hajin, benteng besar terakhir ISIL pada 14 Desember 2018.

SDF merebut benteng terakhir ISIL , Baghuz Fawqani, pada 13 Februari 2019, dengan pengecualian sebuah kamp ISIL di selatan kota.

SDF sepenuhnya mengalahkan ISIL pada 23 Maret, mengakhiri kontrol teritorial ISIL di sebelah timur Sungai Efrat.


Turkish offensive into north-eastern Syria (2019)
International Freedom Battalion
Serangan Turki 2019 ke timur laut Suriah, dengan nama sandi Operasi Mata Air Perdamaian oleh Turki. Adalah operasi militer lintas batas yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Turki (TSK) dan Tentara Nasional Suriah (SNA) melawan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) dan kemudian Tentara Arab Suriah (SAA) di Suriah utara.

Pihak yang berperang:
Turki dengan 15000 pasukan, SNA dengan 14000 pasukan. Melawan Daerah Administrasi Otonomi Suriah Utara dan Timur, IFB dan Suriah dengan pasukan gabungan kisaran 4000-10000 pasukan.

Korban dan Kerugian:
251 tewas, 760 terluka, 1 hilang dipihak SNA, kemudian 16 tewas (1 non-tempur), 164 terluka dipihak turki. Sedangkan lawannya Daerah Administrasi Otonomi Suriah Utara dan Timur, IFB 508 tewas, 1.547 terluka, 73 ditangkap dan pihak suriah 25 pasukan tewas.

Hasil:
Kemenangan Turki dan SNA

Gencatan senjata 120 jam (5 hari), diumumkan oleh AS dan Turki pada 17 Oktober 2019, ditolak sebagian oleh SDF, kemudian pada 22 Oktober 2019, Rusia dan Turki menandatangani nota kesepahaman , gencatan senjata diperpanjang 150 jam , dan kemudian dijadikan permanen.

Turki dan SNA mereka merebut area seluas 4.820 kilometer persegi (1.860 sq mi), dengan 600 pemukiman, termasuk Ras al-Ayn, Tell Abyad, Manajir, Suluk, Mabrouka dan memotong Jalan raya M4.

Tentara Suriah memasuki Raqqa , Manbij , Al-Tabqah, Kobani ,Ayn Issa dan Tell Tamer.

Angkatan Bersenjata AS sepenuhnya menarik diri dari provinsi Aleppo dan Raqqa dan sebagian mundur dari provinsi Hasakah Suriah.
Diubah oleh LordFaries4.0
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan jiresh memberi reputasi
2 0
2
International Freedom Battalion
05-06-2021 19:17
Diubah oleh LordFaries4.0
0 0
0
International Freedom Battalion
05-06-2021 19:18
Keterangan tambahan agar tidak rancu:

*ISIS (Islamic State Iraq and Syam) dan ISIL (Islamic State Iraq and Levant) adalah entitas yang sama, hanya pemberian nama yang berbeda.

*SNA (Syrian National Army) bukanlah tentara nasional milik Negara Suriah yang dipimpin Bashar al-Assad, tetapi koalisi tentara pemberontak suriah.

*SAA (Syrian Arab Armed Forces) ini adalah tentara resmi milik pemerintahan Suriah yang dipimpin Bashar al-Assad.

*NDF (National Defence Forces) ini bukan tentara reguler milik pemerintah Suriah, akan tetapi ini adalah milisi Pro-pemerintah Suriah yang yang dipimpin Bashar al-Assad.

*SDF (Pasukan Demokratik Suriah Demokratik Suriah/Syrian Democratic Forces) adalah pasukan gabungan daerah otonom Suriah dengan dukungan Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis. Seringkali pasukan ini berkoalisi dengan pemerintah suriah walau sesekali bersebrangan dengan pemerintah pusat.

*NES (Daerah Otonom Administrasi Utara dan Timur Suriah) juga dikenal sebagai Rojava merupakan provinsi otonom dari Suriah. Tentara resmi daerah ini adalah SDF.



Catatan Update:

Update 8.6.21: merapikan kalimat agar mudah dibaca.

Update 12.6.21: menambahkan kelanjutan perang dan pertempuran serta memberi keterangan agar tidak rancu.

Update 13.6.21: menambahkan kelanjutan perang dan pertempuran serta memberi keterangan agar tidak rancu

Update 16.6.21: menambahkan "Yang Berkaitan: REVOLUSI ROJAVA"


Akan di update selanjutnya kemudian hari...
Diubah oleh LordFaries4.0
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan jiresh memberi reputasi
2 0
2
International Freedom Battalion
07-06-2021 13:15
Kayaknya pemberontak kalau bikin bendera pakai ak47😁
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
International Freedom Battalion
08-06-2021 15:01
itu semua, adlah nama2 pasukan milisi beraliran kiri yg pro YPG sekaligus anti pasukan diktator assad dan genk ISIS di suriah, gan...... yg berasal dr negara2 nlok barat, toh...... weleh2....... bnyk jg ya jenis nya.........
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 06:07
WORKERS OF THE WORLD, UNITE!!!
profile-picture
rubah007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
International Freedom Battalion
12-06-2021 06:41
Gimana caranya gabung??
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
International Freedom Battalion
12-06-2021 06:48
All power the workerss,
Eat the bourgeoisie
emoticon-linux emoticon-linux emoticon-linux
*sebelum ada intel
Diubah oleh sirajuddinhakim
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
International Freedom Battalion
12-06-2021 08:54
Kapan perang
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 09:10
Mercenary?
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 09:14
Cakep nih.. bookmark dulu.. emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 10:59
Lumayan untuk bacaan emoticon-Sundul
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 13:11
Infonya lengkap. Jadi ngerti kelompok2 sayap kiri. Udah lumayan juga ya IFB terbentuk dsri 2015
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 13:21
Nambah wawasan, nice thread emoticon-2 Jempol
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 13:29
ternyata banyak juga ya milisi2 yg aktif dan belum diangkat media...
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 17:56
‏‏‎‏‏‎
0 0
0
International Freedom Battalion
12-06-2021 22:54
gak kalah berbahaya nih kelompok.. bisa dianggap jadi teroris juga dengan ideologi yg mereka anut.. dan lucunya mereka memusuhi ISIS.. seakana ada dua kelompok teror yg saling bertikai.. hehe
0 0
0
International Freedom Battalion
13-06-2021 02:50
Seru nih pembahasan kayak gini emoticon-Matabelo, berarti sokongan dana mereka gede juga ya, bisa buat beli senjata bagus
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia