Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b9206fb1081a315c162350/pantangan-gunung-sumbing-jangan-mengucap-dingin
Setiap gunung tentunya dihuni oleh makhluk lain selain kita manusia dan setiap gunung pasti memiliki adat dan pantangan bagi setiap orang yang datang mengunjunginya. Puncak Gunung Sumbing,Gunung Sindoro Terlihat Jelas. Gunung sejak dahulu kala adalah tempat suci dan sakral sehingga banyak raja-raja terdahulu maupun para pendekar yan datang kegunung untuk tujuan bersemedi dan meningkatkan kesaktian
Lapor Hansip
04-06-2021 01:33

Pantangan Gunung Sumbing, Jangan Mengucap Dingin.

icon-verified-thread
Setiap gunung tentunya dihuni oleh makhluk lain selain kita manusia dan setiap gunung pasti memiliki adat dan pantangan bagi setiap orang yang datang mengunjunginya.

Pantangan Gunung Sumbing, Jangan Mengucap Dingin.
Puncak Gunung Sumbing,Gunung Sindoro Terlihat Jelas.

Gunung sejak dahulu kala adalah tempat suci dan sakral sehingga banyak raja-raja terdahulu maupun para pendekar yan datang kegunung untuk tujuan bersemedi dan meningkatkan kesaktian mereka.Selain itu gunung juga dijadikan tempat untuk bertapa  dengan tujuan mencari ketenangan dan mendekatkan dengan sang pencipta.
Atas alasan itulah hingga saat ini banyak gunung yang memiliki adat dan norma yang harus ditaati dan dijadikan pembatas bagi setiap orang yang datang kegunung agar menjaga tingkah lakunya.Tidak sedikit orang yang datang kegunung dengan tujuan tidak baik kemudian mengalami kejadian yang aneh dan diluar nalar manusai.

Pantangan Gunung Sumbing, Jangan Mengucap Dingin.


Kemegahan Gunung Sumbing dari Gunung Sindoro.

Gunung sumbing sendiri memiliki pantangan yaitu untuk setiao orang yang datang mendaki gunung sumbing dilarang untuk berucap kata "Dingin".Apabila pendaki berucap kata tersebut dengan disengaja menurut beberapa orang akan terjadi hal yang tidak diinginkan,maka sebelum memulai pendakian para petugas dibase camp gunung sumbing tidak henti-hentinya mengingatkan kepada setiap pendaki yang akan mendaki gunung sumbing untuk selalu menjaga etika dan diusahakn untuk tidak mengucapkan kata "Dingin" untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Pantangan Gunung Sumbing, Jangan Mengucap Dingin.
Foto saya saat di Pos Gajahan Gunung Sumbing Via Bowongso


Selain pantangan tersebut,dulu pada saat saya mendaki gunung sumbing di tahun 2017 lewat jalur pendakian Bowongso ,saya dibekali oleh pihak basecamp dengan santan dan air gula jawa.Air santan dan gula jawa tersebut ditempatkan pada saku atau apapun yang penting jangan sampai plastik pembungkus dua air tersebut pecah atau hilang,Kedua air tersebut harus dibawa saat mendaki dan saat turunkembali menuju basecamp. karena dua hal tersebut mungkin sudah dijadikan adat dan norma yang harus dilaksanakan saat akan mendaki gunung sumbing.

Pada intinya ,dimanapun kita berpijak dan berada kita harus selalu menghargai adat dan norma ataupun aturan yang terdapat didaerah tersebut.Jangan sampai kita malah bersifat sombong dan tidak menghargai adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut.

Terima kasih ,dan semoga bermanfaat.
Untuk brosis yang memilki pengalam saat mendaki gunung mungkin bisa sedikit membagikan pengalamanya saat mendaki gunung sumbing.

Salam


profile-picture
profile-picture
ndika11 dan rendipang memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia