News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b04a4f3b61817d7b20cf3f/ironi-kpk-ingin-membina-koruptor-tetapi-menendang-pegawai-andalan
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Adapun tes tersebut merupakan proses alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). Dari 75 pegawai tersebut, 51 pegawai diberhentikan karena dinilai tidak bisa dibina lagi, sedangkan 24 pegawai akan dibina kembali. Baca juga: 51 Pegawai Di
Lapor Hansip
28-05-2021 08:41

Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Adapun tes tersebut merupakan proses alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Dari 75 pegawai tersebut, 51 pegawai diberhentikan karena dinilai tidak bisa dibina lagi, sedangkan 24 pegawai akan dibina kembali.

Baca juga: 51 Pegawai Diberhentikan, Pimpinan KPK: Sudah Merah dan Tidak Bisa Dibina
Bina napi koruptor

Pemberhentian 51 pegawai KPK terasa menjadi sebuah ironi, karena sebelumnya KPK berharap narapidana tindak pidana korupsi (tipikor) dapat menjadi penyuluh antikorupsi setelah keluar dari penjara dan kembali ke masyarakat.

Hal itu diungkapkan Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana saat penyuluhan antikorupsi bagi narapidana asimilasi di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Wawan menyebut napi kasus korupsi sebagai penyintas, sehingga dapat berbagi pengalaman selama mendekam di lembaga pemasyarakatan.



Masyarakat apa pun juga, termasuk di lapas yang kebetulan punya pengalaman, penyintas korupsi, sehingga diharapkan dengan pengalaman yang mereka dapatkan bisa di-sharing,” ucap Wawan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: KPK Berharap Napi Koruptor Jadi Penyuluh Antikorupsi setelah Keluar Penjara

Menurut Wawan, KPK mengharapkan pengalaman yang dibagikan napi koruptor dapat mencegah munculnya praktik korupsi. Dengan begitu, upaya pemberantasan korupsi melalui aspek pencegahan bisa berjalan.

"Calon-calon (koruptor) kita harapkan tidak jadi punya niat setelah dengar testimoni dari para warga binaan, harapannya pengalaman-pengalaman itu bisa diterima oleh masyarakat lain dan tidak jadi melakukan korupsi," kata Wawan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan bahwa akan banyak koruptor berpeluang mengikuti kegiatan penyuluhan antikorupsi ini.

Sebab, program penyuluhan di Sukamiskin merupakan program perdana KPK untuk upaya antikorupsi yang melibatkan napi.

Baca juga: Dituding Membangkang Jokowi, Ini Pernyataan Kontroversial BKN soal TWK KPK

"Tetapi, yang penting kegiatan ini bukan berhenti hari ini dan kita akan lanjutkan untuk hari esok dan hari masa yang akan datang,” ujar Firli.

“Jadi tadi kalau seandainya ada yang bertanya kenapa orang per orang tidak ikut dalam kegiatan ini, mungkin belum hari ini," ucap dia.


Tendang pegawai

Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) mengaku prihatin atas diberhentikannya pegawai-pegawai KPK yang berintegritas, di sisi lain KPK malah memiliki harapan pada napi tipikor untuk menjadi agen antikorupsi.

"Ironi kan, sangat bertolak belakang. Logika pimpinan KPK itu sangat-sangat tersesat," kata Koordinator MAKI Boyami Saiman kepada Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

"Tentu saja itu sesuatu yang aneh dan sangat memanjakan koruptor dan justru menendang pegawai KPK yang sudah sangat teruji, berintegritas tidak pernah melanggar kode etik," ucap dia.


Baca juga: Polemik Pemberhentian Pegawai KPK, MAKI Akan Ajukan Uji Materi UU KPK

Keprihatinan lainnya, kata Boyamin, yakni kebijakan TWK tersebut dilakukan oleh orang yang pernah melakukan pelanggaran etik, yaitu Firli Bahuri.

Firli Bahuri, kata dia, pernah mengalami dua kali pelanggaran etik, baik saat menjadi Deputi Penindakan KPK maupun saat menjadi Ketua KPK terkait dengan penggunaan helikopter.

"Jadi sebenarnya ini orang baik diuji oleh orang yang tidak baik dan hasilnya dianggap tidak lulus," kata dia.


Sebelumnya, sikap pimpinan KPK yang berbeda 51 pegawai dan napi kasus korupsi sempat disinggung oleh Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo.

Baca juga: WP KPK: Pemberhentian 51 Pegawai Vonis yang Kejam

WP KPK mempertanyakan mengapa Firli Bahuri sangat ingin memberhentikan sejumlah pegawai KPK dengan alat ukur yang belum jelas, serta proses yang sarat pelecehan martabat.

"Padahal di sisi lain, Ketua KPK bertekad menjadikan residivis perkara korupsi yang jelas telah berkekuatan hukum tetap sebagai agen antikorupsi," ujar dia.

Sebelumnya, sebanyak 51 pegawai KPK tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan dan akan diberhentikan karena dianggap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sudah "merah dan tidak mungkin dibina".


sumberrrrr

Koruptor dibina....diberi fasilitas sel mevvah, dikasih remisi, bahkan dikasih grasi.

Sementara yang menjebloskan koruptor ke bui malah ditendang.

Ajaib, cuma ada di Indonesia di era ORang BAik 2.0 emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anandakania dan 9 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:43
Si Firli emang cacat pemikiran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:44
Pokoknya Nopel jahat
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:46
yg dipertanyakan kenapa begitu mudahnya memberi label anti pancasila ke seseorang


bagaimana nasib mereka kedepannya di masyarakat dgn cap stigma anti pancasila

anak²nya pun bakal malu punya ortu spt itu

Ayo buka2an hasil test twk mana yg menjadi indikator merah anti pancasila

kalo sembunyi dan ditutup2i ga fair terkesan ingin menyingkirkan org² tsb
Diubah oleh t1s
profile-picture
profile-picture
dharma8888 dan hantupuskom memberi reputasi
2 0
2
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:46
Yg beintegritas cuma baswedan mata satu doang bersama 74 orang pecatan lainnya.

Yg 1300 orang itu tidak punya integritas dan pembela koruptor.... bener kan drun?
Diubah oleh nataliuspigai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:48
Kalau koruptor yang korupsi triliunan saja dianggap bisa dibina sama ketua KPK sekarang, kenapa anakbuahnya yang dapat penghargaan negara yg diserahkan sama presiden langsung dianggap nggak bisa dibina??????


Sujanarko, Pejabat KPK yang Dapat Penghargaan dari Jokowi, tapi Tak Lulus TWK
Diubah oleh loungerkaskus
profile-picture
hantupuskom memberi reputasi
1 0
1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:52
Pokoknya ga lulus TWK adalah pegawai andalan
profile-picture
profile-picture
secer dan lenktaywonk memberi reputasi
1 1
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 08:58
Gw ga setuju juga sihh kalo dipecat...

Ngikut pendapat sebagian masyarakat yang bilang kalo mereka udah pernah lolos test d instansi sebelumnya...

Dan status mereka juga titipan instansi dari Kepolisian Kejaksaan dll...

Sebagai bentuk penghargaan kembalikan aja mereka semua ke instansi sebelum d KPK...

Ga tega aja liat nopel dkk jadi jobless, ntar malah nambah angka pengangguran d negri ini..

emoticon-Big Grin
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:00
Kalau emang bener KPK
Sangat tergantung pada 1 penyidik kunci
Sudah lah
Bubarin aja!

Organisasi macam apa
Yang hilang 1 orang
Hilang pula kekuatannya
Miss management sudah
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:02
Yang penting merakyat, lugu, bisa keluar dari gorong2

emoticon-Ngakak
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:06
pokoknya yg punya integritas cuman mereka ( 74 ORG ) doang

yg lain cuman numpang doang emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Tanpa mereka KPK dijamin ngak bisa apa2 emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh planet70
profile-picture
m0de83g0 memberi reputasi
1 0
1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:10
sy bingung, memang yang 70an orang ini tidak lulus karena soal yang mereka blow up ini ya ? bisa jadi mereka gagal di antara ratusan/ribuan soal lainnya kan ?

ada yang bisa jelaskan ?
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:11
kok pada mewek ya ... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:11
KPK sudah selesai, sudah berakhir. Itu aja komen terakhir saya buat KPK.
profile-picture
imogenist memberi reputasi
1 0
1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:12
klo liat komuknya nopel, keliatan orangnya ambisius dan gak jujur....lain crita klo yg liat kadrun...emoticon-Ngakak
profile-picture
secer memberi reputasi
0 1
-1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:14
Kalau di perusahaan yang bonafid, pegawai sebelum dipecat pasti di kasih SP1, SP2 sampe SP3. Dan itu biasanya karena melakukan pelanggaran berat

Nah ini, nggak melakukan pelanggaran hukum dan etik apapun, hanya dianggap nggak lulus test -yang testnya pun ga jelas soalnya-, sudah langsung dipecat emoticon-Gila
Diubah oleh dharma8888
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:19
suka suka dia




























emoticon-Cool
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:39
andalan nya siapa?
andalan wan gabut ama bohir? emoticon-Big Grin
0 0
0
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:50
ga selamanya yang jadi andalan itu selalu di mainkan terkadang untuk kebutuhan rotasi pemain yang katanya andalan pun juga perlu di cadangkan emoticon-Nyepi
profile-picture
lenktaywonk memberi reputasi
1 0
1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 09:57
emoticon-Ngamuk pegawe andalan??
Kurang ajar, tidak bole ada pegawe andalan, semwa kudu bisak diandalkan hingga ndak ada kata pegawe andalan.
Dah paham klean ?!
Diubah oleh mibmobz
profile-picture
lenktaywonk memberi reputasi
1 0
1
Ironi KPK Ingin Membina Koruptor, tetapi Menendang Pegawai Andalan...
28-05-2021 10:24
Masalahnya ya kita semua ga tahu apa yg sebenarnya terjadi di sana
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia