others
Batal
link has been copied
35
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60adbd9c67d92270264a1701/noor-kocor-tradisi-saat-bayi-baru-tumbuh-gigi
Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan, setiap momen menunggu hadirnya sang buah hati adalah hal-hal yang menggembirakan. Melihat sang buah hati telah terlahir di dunia adalah kebahagiaan yang tidak dapat diungkapkan. Semua rasa yang tak dapat dilukiskan membuncah di dalam dada yang tentunya diiringi dengan rasa syukur pada Tuhan yang maha kuasa. Melihat perkembangan sang buah hati dari
Lapor Hansip
26-05-2021 10:16

No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!



No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan, setiap momen menunggu hadirnya sang buah hati adalah hal-hal yang menggembirakan.

Melihat sang buah hati telah terlahir di dunia adalah kebahagiaan yang tidak dapat diungkapkan. Semua rasa yang tak dapat dilukiskan membuncah di dalam dada yang tentunya diiringi dengan rasa syukur pada Tuhan yang maha kuasa.

Melihat perkembangan sang buah hati dari hari ke hari sudah seperti mendapatkan hadiah yang tidak terkira. Salah satu momen berharga yang sangat ditunggu adalah saat sang buah hati pertama kali tumbuh gigi.

Terlepas dari rewelnya sang anak saat itu, tapi tumbuh giginya sang buah hati adalah momen yang sangat berharga untuk kita sebagai orang tua.

Namun, tidak dapat dipungkiri banyak hal-hal mitos menyangkut bayi di tengah masyarakat kita. Apalagi yang berada di desa atau pedalaman, mitos-mitos itu masih terasa sangat kental hingga saat ini.

Seperti halnya di Madura, mitos-mitos masih sangat kental dan dipercaya oleh masyarakat, apalagi bagi mereka orang-orang yang sudah sepuh. Salah satu mitos yang hingga saat ini masih dipercaya adalah mitos tentang tumbuhnya gigi bayi.

No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!


Biasanya tumbuh gigi pada bayi itu terjadi saat bayi berusia 4-6 bulan, gigi yang pertama tumbuh biasanya dan kebanyakan adalah dua gigi depan bawah baru setelah itu dua gigi depan atas.

Mitosnya, bila yang tumbuh pertama kali adalah dua gigi depan atas maka itu adalah pertanda tidak baik yang berhubungan dengan perangai Kehidupan si anak nantinya.

Dari itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada si bayi maka harus dilakukan tradisi No'or Kocor.

No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!

No'or jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah menyusun, sedangkan Kocor itu artinya kue cucur. Jadi kesimpulannya adalah menyusun kue cucur.

Tradisi no'or kocor di awali dengan mengukur panjang atau tinggi tubuh si bayi dengan lidi atau pohon bambu yang sudah dipahat kecil menjadi seperti lidi, kue cucur itu disusun di sepanjang sapu lidi tersebut. Namun, untuk meringankan beban si pemilik hajat (karena pada zaman dahulu ekonomi tidak seperti zaman sekarang) maka kue cucur yang disusun itu cukup disusun di pangkal dan ujung sapu lidi tersebut, jadi tidak penuh sepanjang lidi sapu tersebut.


Setelahnya baru dibacakan doa-doa keselamatan pada si bayi oleh kiai atau tokoh agama dan kue cucur itu dijadikan berkat atau bingkisan untuk si tokoh agama tersebut.


No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!

Tinggal di pelosok desa memang menenangkan karena suasana alamnya masih asri dan jauh dari polusi. Namun, di desa apalagi di pelosok mitos-mitos masih sangatlah kental. Mitosnya pun beragam, dari hal yang masih bisa diterima oleh akal sehat sampai yang gak masuk akal. Dari hal tumbuh kembang bayi sampai ke posisi duduk pun ada mitosnya.


Alasan lain enaknya tinggal di desa adalah masyarakatnya ramah-ramah dan hidup dengan rukun. Akan tetapi, kendalanya adalah kadang untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh melalui telepon atau untuk akses internet susah mendapatkan jaringan/sinyal. Cuma muter-muter doang tapi kuota tetap berkurang.

Namun, untuk saat ini agan atau sista tidak perlu khawatir lagi karena Smartfren Unlimited MAXI hadir dengan akses internet kecepatan penuh dan tanpa batas.

Biasanya ada tuh aplikasi yang tidak bisa dibuka atau diakses karena sinyal yang kurang kuat, tapi dengan adanya Smartfren Unlimited MAXI ini kita tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Smartfren Unlimited MAXI ini bisa akses ke semua aplikasi.

Dan yang paling keren adalah selain bisa akses internet selama 24 jam, Smartfren Unlimited MAXI ini juga memberikan bonus gratis nelpon sepuasnya ke sesama Smartfren.

Gimana oke banget, kan! Jaringan oke, akses internet jadi lancar dan tidak perlu khawatir kehabisan pulsa karena sudah ada gratis nelpon. Komplit bukan!?

Oke, cukup sekian dulu, aku pamit undur diri semoga bermanfaat dan terima kasih. Sampai jumpa di thread selanjutnya.

@istijabah
Referensi: pengalaman pribadi.
Narasi dan sumber gambar: opini pribadi dan dokumen pribadi.


Diubah oleh istijabah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ZainAkbar2021 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 10:22
Tradisi yang masih dilaksanakan sampai sekarang
profile-picture
pemuda.sampang memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 10:22
Cuma memang jarang terjadi gigi bayi yang tumbuh di bagian atas terlebih dulu, yang umum bagian bawah yang pertama tumbuh.
profile-picture
profile-picture
triwinarti dan pemuda.sampang memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 10:24
Tradisi unik🤩
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 10:28
Unik ya. Enak kayaknya kuenya
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 11:22
Kalao tradisi jaman dulunya gimana tuh
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 11:30
Quote:Original Posted By pemuda.sampang
Tradisi unik🤩


Iya unik banget, aku pertama dengar langsung semacam gsk percaya gitu. Lucu tapi gimana gitu

Quote:Original Posted By ElviHusna
Unik ya. Enak kayaknya kuenya


Enak karena garing banget

Quote:Original Posted By jokoariyanto
Kalao tradisi jaman dulunya gimana tuh


Sama aja sih, gan cuma Dulu mah ribet, gan
Tepungnya numbuk dulu, baru dibikin kue cucur dan cara ngaduknya itu harus gak berhenti-henti katanya biar garing dan berbentuk caping gitu ntar klo masak.

Sekarang mah tinggal beli aja di pasar, harganya juga murah 500 rupiah perbiji
profile-picture
jokoariyanto memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 11:32
Quote:Original Posted By istijabah
Sama aja sih, gan cuma Dulu mah ribet, gan
Tepungnya numbuk dulu, baru dibikin kue cucur dan cara ngaduknya itu harus gak berhenti-henti katanya biar garing dan berbentuk caping gitu ntar klo masak.

Sekarang mah tinggal beli aja di pasar, harganya juga murah 500 rupiah perbiji


Jadi jaman dulu gak boleh beli ya
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 11:58
Yeayy aku juga ikut di madura🤭
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 14:06
Quote:Original Posted By istijabah





No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!

Tinggal di pelosok desa memang menenangkan karena suasana alamnya masih asri dan jauh dari polusi. Akan tetapi kadang untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh melalui telepon atau untuk akses internet susah mendapatkan jaringan/sinyal. Cuma muter-muter doang tapi kuota tetap berkurang.

Namun, untuk saat ini agan atau sista tidak perlu khawatir lagi karena Smartfren Unlimited MAXI hadir dengan akses internet kecepatan penuh dan tanpa batas.

Biasanya ada tuh aplikasi yang tidak bisa dibuka atau diakses karena sinyal yang kurang kuat, tapi dengan adanya Smartfren Unlimited MAXI ini kita tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Smartfren Unlimited MAXI ini bisa akses ke semua aplikasi.

Dan yang paling keren adalah selain bisa akses internet selama 24 jam, Smartfren Unlimited MAXI ini juga memberikan bonus gratis nelpon sepuasnya ke sesama Smartfren.

Gimana oke banget, kan! Jaringan oke, akses internet jadi lancar dan tidak perlu khawatir kehabisan pulsa karena sudah ada gratis nelpon. Komplit bukan!?

Oke, cukup sekian dulu, aku pamit undur diri semoga bermanfaat dan terima kasih. Sampai jumpa di thread selanjutnya.

@istijabah
Referensi: pengalaman pribadi.
Narasi dan sumber gambar: opini pribadi dan dokumen pribadi.




ini gimana ceritanya dari gigi ke sematpren emoticon-Bingung
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 15:26
kue cucur beli dimane ye sekarang, by the way gemes banget babynya ceu.
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 22:27
ngiklan ternyata emoticon-Wakaka
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 22:42
Quote:Original Posted By yugeel
kue cucur beli dimane ye sekarang, by the way gemes banget babynya ceu.


Klo di tempatku di pasar tradisional banyak, gan

Quote:Original Posted By Tanaka Kyoharu
ngiklan ternyata emoticon-Wakaka


Syarat nya gitu, gan emoticon-Shakehand2emoticon-Malu
0 0
0
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
26-05-2021 23:38
gigi baru numbuh ada tradisinya ternyata emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
27-05-2021 00:48
Wanjerr ujungnya ada Smartfren nya gan 😂, sales promotor yah ini 🙄
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
27-05-2021 08:45
Quote:Original Posted By richardus96
gigi baru numbuh ada tradisinya ternyata emoticon-I Love Indonesia


Banyak sih tradisi yang berhubungan dengan mitos kalo di pelosok, gan

Quote:Original Posted By Henahito
Wanjerr ujungnya ada Smartfren nya gan 😂, sales promotor yah ini 🙄


Hehehehe syaratnya begitu, gan emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
No'or Kocor, Tradisi Saat Bayi Baru Tumbuh Gigi!
28-05-2021 07:42
Tradisi turun temurun emoticon-Peluk
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia