Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a5405eaf98cc77fd04f780/tips-orang-tua-melihat-anaknya-menggambar-di-dinding-rumah-anaknya-nakal
Memiliki seorang anak pada rentang waktu 1 sampai 5 tahun atau yang disebut juga masih balita merupakan dambaan buat orang tua. Apalagi balita tersebut semakin besar sudah bisa menjalankan aktivitasnya sendiri seperti berjalan, bernyanyi, dan makan sendiri. Pasti orang tua manapun akan gemas dan senang melihat buah hatinya bisa melakukan kegiatannya sendiri.
Lapor Hansip
19-05-2021 23:44

Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
Ilustrasi anak menggambar atau coret-coret di dinding / sumber
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?


Memiliki seorang anak pada rentang waktu 1 sampai 5 tahun atau yang disebut juga masih balita merupakan dambaan buat orang tua. Apalagi balita tersebut semakin besar sudah bisa menjalankan aktivitasnya sendiri seperti berjalan, bernyanyi, dan makan sendiri. Pasti orang tua manapun akan gemas dan senang melihat buah hatinya bisa melakukan kegiatannya sendiri.

Namun kegiatan seorang anak tak dipungkiri terkadang melakukan hal yang membuat orang tua geleng-geleng kepala. Sebut saja “nakal” yang umum biasa dilakukan oleh anak-anak. Nakal dalam hal ini bukanlah sesuatu yang fatal tapi proses untuk belajar.

Loh nakalnya anak kok proses belajar? Yups!, seperti contohnya anak menggambar di dinding. Pasti banyak orang tua yang mengeluh dinding rumahnya kotor oleh coretan-coretan anaknya.

Begitu juga ane sebagai orang tua yang memiliki anak. Ada salah satu sudut ruangan di rumah yang sering dijadikan tempat bermain anak. Salah satu kegiatan bermain anak adalah menggambar. Walaupun sudah diberikan sarana menggambar seperti di kertas gambar, anak sering kali menggambar di dinding rumah.


Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
Seperti ini kondisi salah satu ruangan rumah ane

Pertama melihatnya ane begitu kaget karena dinding rumah yang ane jaga kebersihannya di coret-coret oleh anak sendiri. Sempat ane cat ulang dan ane bimbing untuk menggambar di kertas, namun anak tetap menggambar di dinding.

Perlu diketahui GanSis, menurut para ahli dan Psikolog bahwa anak memang suka menggambar di dinding. Hal ini dikarenakan dinding sebagai media menggambar bagi anak memiliki sifat yang menyenangkan untuk menyalurkan aspirasinya. Dinding juga mempunyai tempat yang lebih luas daripada di kertas.

Mengetahui hal itu, ane juga turut berpartisipasi untuk menyenangkan dan menjalankan proses belajar sang buah hati yaitu dengan ikut menggambar di dinding. Untuk gambar yang ane buat lebih ke objek-objek yang biasa dikenali oleh anak seperti hewan dan alat transportasi. Setelah gambar tersebut sudah jadi selanjutnya ane mengenalkan nama-nama objek tersebut kepada anak.


Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
Contoh gambar ane di dinding menggunakan crayon

Namun namanya anak-anak setelah gambar ane jadi tak berlangsung lama gambar tersebut berubah bentuk. Bahkan gambarnya sulit untuk dikenali lagi. Ternyata anak mencoba untuk mewarnai gambar ane.

Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
Hasil gambar ane yang diwarnai oleh anak

Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
Anak ane coret-coret di dinding

*****

Begitulah GanSis proses belajar dari ane untuk anak yang sekarang lagi senang menggambar. Perlahan-lahan ane arahkan juga ke media lain seperti kertas. Dan yang terpenting sebagai orang tua hanya bisa memantau dan membimbing, jangan sekali-kali memarahi anak yang sebenarnya sedang mengembangkan kreativitas dan saraf motorik halusnya.

Sekian dan Terima Kasih


Tulisan dan Foto : Pribadi
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
Diubah oleh anjaultras
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merpati05091996 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
19-05-2021 23:44
Pejuang DL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
19-05-2021 23:58
Kapal Titanic!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
19-05-2021 23:58
Ga mungkin lepas laah badge buat badge hunter mah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Post ini telah dihapus oleh babanbe
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 03:54
Kalo pernah punya anak kecil, itu pemandangan biasa. D
Tembok dicat lagi ntar kalo anaknya dah kelas 5 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 03:56
belikan triplek melamin aja gan trus tempelin kedinding
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 04:42
Namanya juga bocah gan emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 05:09
Kirain jadi iklan cat tembok spotless hahaha..

Kalo mau full keramik temboknya biar mudah ngilangin nya. Atau mumgkin ga sah pake tembok emoticon-Hammer2

Wajar lah anak seperti itu, kalo main palu ancurin tembok atau mainnya api nah itu buahaya emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan aripmaulana memberi reputasi
2 0
2
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 05:29
Beneer banget... anak coret coret tembok tuh salah satu bentuk kreatifitas diaa, jangan dilarang.. biarin aja. Karena anak butuh explore lebih banyak kan..
Tembok nanti bisa di cat lagii😁
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 06:24
Wah tembok ente penuh karya seni ya
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 06:36
Di rumah sempat juga dinding digambari, tapi ga sampe bikin kita kudu cat ulang karena si kecil dikenalkan dengan media kertas.

Si kecil juga sudah TK sebelum usianya genap 4 tahun. TK yang banyak mainnya bukan belajar calistung. Di situ dia tiap pagi dan sebelum pulang ada kegiatan jurnal. Isinya bukan tulisan tapi gambar dan corat-coret. Tiap semester jurnalnya itu dibendel dan dikasih ke ortu. Dari situ kita jadi tahu perkembangan menggambar anak.

Corat-coret/menggambar sebenarnya bagian yg wajar dari tumbuh kembang anak, baknya diarahkan aja, bukan sekadar melarang.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan screamo37 memberi reputasi
2 0
2
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 06:56
Tembok aku dulu, sekarang udah bersih anaknya udah gede😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 07:26
tbh ane blm punya anak gan, jadi belum tau kalo nanti ngerasain itu sendiri bakal gimana, tapi yang jelas kalo dari pandangan ane sekarang ane cukup senang punya anak yang kreatif, mungkin ane akan ngasih alternatif kertas gambar yang cukup besar, atau kalo punya uang banyak ane buatin ruang gambar aje gan heheheemoticon-Cendol Gan
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 07:30
ane biar ga repot ngecat ulang dan anak ane bisa corat coret bebas. temboknya ane tempelin kertas lembaran.emoticon-Jempol
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 07:50
Kebetulan ane punya anak umur 3 tahun yg hobinya sama dg anak Thread Starter, menggambar bebas di dinding rumah emoticon-Big Grin
Mulai dari dinding ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur sampai dinding dapur tak luput dari aksi vandalisme-nya emoticon-Frown
Tapi tak pernah sekalipun ane melarang atau memarahinya malah alat-alat tulis untuk membuat gambar abstrak nan absurd tsb ane fasilitasi emoticon-Embarrassment
Pensil warna yg patah akan ane raut kembali, kotak krayon selalu ane letakkan dilantai biar gampil dijangkau dan selalu ane wanti-wanti ke abangnya atau ibunya jangan pernah sekali-kali melarang apalagi memarahinya, biarkan saja tu bocah berkreatifitas.
Terlalu mudah bagi ane mengecat ulang semua dinding yg ternoda tsb tapi akan sangat sukar...ya sukar sekali untuk memulihkan trauma yg dialaminya jika ini itu selalu dilarang itu ini gak boleh.
Let's do it, nak! Asalkan rumah kita jangan kamu bakar aja ya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merpati05091996 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 07:55
keknya bentar lagi ane bakal ngalamin nih. btw TS gambarnya keren emoticon-2 Jempol
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 08:00
Anak cowok yak 🤔

Soalnya anak ane cewek sekarang 6 tahun g ada cerita gambar di tembok padahal senang mewarnai ama menulis.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 08:03
kalau ane di rumah banyak anak kecil, dan ada anak tetangga yang baru umur 8 bulan dititipin ke ane, karena ortunya tau ane pengen punya ade, jadi itu anak tiap hari di rumah sampe umur 3 tahun, rumah ane udah kaya rumah ke-2 nya, jadi coretan gambar kaya gitu dimana mana. anggota keluarga gak ada yang marahin sih, karena anak2 mama semuanya begitu waktu masih kecil termasuk ane haha mulai paud baru deh pindah ke buku gambar besar, sekali2 nakal ke tembok lagi ya wajarin aja. disini lah salah satu ujian orang tua atau pengasuh, harus sabar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 08:07
Gw kasih tembok extra, kaya kamarnya gw kasih crayon biar dia corat coret dan hasilnya??
Sekarang kalo lomba selalu diikutsertakan oleh sekolah...😀
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Tips Orang Tua Melihat Anaknya Menggambar di Dinding Rumah. Anaknya Nakal?
20-05-2021 09:08
Biarin aja, kreatif, kalau bisa di cat pake cat yang noda gampang diapus. Asal si bocah jgn terlalu kreatif nulis2 di Monas aja
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia