Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609d3244960e0951363b09a2/kok-langit-berwarna-biru
Ini adalah pertanyaan yang kita masing-masing tanyakan pada diri kita sendiri: Mengapa langit berwarna biru? Banyak orang mengira itu mencerminkan warna lautan, tapi ini mitos besar! Ini bukanlah jawaban singkat, melainkan jawaban sederhana yang mudah dipahami. Jadi mari lihat penjelasannya.
Lapor Hansip
13-05-2021 21:05

Kok Langit Berwarna Biru?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kok Langit Berwarna Biru?
emoticon-Hot NewsYukk Simakk....

 
Ini adalah pertanyaan yang kita masing-masing tanyakan pada diri kita sendiri: Mengapa langit berwarna biru? Banyak orang mengira itu mencerminkan warna lautan, tapi ini mitos besar! Ini bukanlah jawaban singkat, melainkan jawaban sederhana yang mudah dipahami. Jadi mari lihat penjelasannya.

Quote:
Apa Warna Cahaya Matahari?

Kok Langit Berwarna Biru?

Warna yang berasal dari matahari adalah cahaya putih yang merupakan campuran dari semua warna pelangi. Ketika sinar matahari sampai ke atmosfer bumi , ia dihamburkan ke segala arah oleh gas dan partikel di udara. Isaac Newton menemukan bahwa sebuah prisma dapat digunakan untuk memisahkan warna yang berbeda dan membentuk sebuah spektrum.

Dia lebih jauh membuktikan bahwa itu bukan prisma yang mewarnai cahaya dengan membiaskan cahaya kembali bersama. Setiap bayangan warna terdiri dari panjang gelombang yang berbeda. Merah memiliki gelombang terpanjang, dan ungu memiliki gelombang terpendek. Gelombang pendek tersebar lebih kuat dari gelombang panjang.


Quote:
Mengapa Kita Tidak Melihat Langit Ungu?

Kok Langit Berwarna Biru?

Kita membedakan warna dengan menggunakan kerucut di retina kita, yang merupakan sel reseptor foto. Setiap retina mengandung 5 juta kerucut dari 3 jenis berbeda yang berspesialisasi dalam warna berbeda.  Secara khusus, 3 jenis warna berbeda adalah merah, biru, dan hijau yang merupakan warna yang paling kuat direspon oleh mata kita.

Meskipun violet adalah yang terpendek, ia diserap oleh atmosfer sehingga mengurangi violet dalam cahayanya. Selain itu, mata kita kurang sensitif terhadap ungu karena reseptor warna kita. Itu membuat kita melihat langit biru, karena biru adalah panjang gelombang terpendek kedua, Jadi pada hari yang cerah tanpa awan, kita akan melihat langit biru karena molekul-molekul di udara lebih menghamburkan cahaya biru.


Quote:
Mengapa Warna Matahari Terbenam Berbeda?

Kok Langit Berwarna Biru?

Matahari terbenam biasanya berwarna merah, oranye, merah muda, dan ungu cerah. Saat matahari terbenam, cahaya biru bertebaran di tempat matahari bergerak, dan warnanya biru di luar garis pandang kita. Jika udara cerah, matahari terbenam akan tampak menguning karena sinar matahari telah melewati udara yang cukup jauh.

Jika Anda berada di daerah yang lebih tercemar, matahari terbenam akan lebih merah karena cahayanya melewati lapisan atmosfer yang lebih tebal. Ini menghasilkan cahaya biru dan hijau tersebar di sepanjang jalan, sementara panjang gelombang merah melewatinya.

Sementara itu, matahari terbenam di atas lautan mungkin berwarna oranye karena adanya partikel garam di udara. Tentunya, Anda tidak boleh menatap langsung ke matahari karena kemungkinan besar Anda akan menjadi buta. Tetapi jika Anda melakukannya, Anda akan melihat semua panjang gelombang karena cahaya akan langsung mencapai mata Anda.


emoticon-2 Jempol
Sekian thread kali ini semoga menghibur dan bermanfaat

Sumber Referensi : Disini, Disini dan Disini
Sumber Gambar : Google Image


 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
lidahjepang dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kok Langit Berwarna Biru?
14-05-2021 13:04
emoticon-Wow sangat ilmiah emoticon-Matabelo nais inpoh ngaB emoticon-Jempol

Kok Langit Berwarna Biru?
Diubah oleh emw.patrem
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 05:18
Mathari putih, tapi kalau digambar jadi warna kuning emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 05:18
Kalo item kenapa ?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 05:32
Ini pertanyaan pribadi waktu ane masih sekolah dl
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 05:33
entah knp gan, klo liat langit berwarna biru itu jadi tambah semangat.,
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 05:49
Ane seneng liat langit pas matahari terbenam. Warnanya bikin suasana gimana gitu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 05:52
Karena melambangkan suasana hatiku emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 06:07
Ane pernah lihat matahari terbenam langit di sekitarnya berwana pink keren banget emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 06:07
Karena thread ini, ane jadi keinget film habibie di scene pas doi masih kecil
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 06:24
Kalo item bawaannya malem trus dunk ya..emoticon-tempted
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 06:56
Kalo warna ijo bolu pandan itu cat
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 07:25
wow begitu toh
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 07:53
Dulu saat masih bocil lantai 2 masjid belum jadi (masih lantai cor) kalo tarawih enak. Bisa tiduran lihat bintang. Adem kena angin.
Nikmatnya
emoticon-Matabelo
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 08:01
Ohh ini toh penjelasan ilmiahnya.. karena gelombang warna.. ane kira warna langit biru karena pantulan dr warna laut wkwk
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 08:18
buta warna cant relate
emoticon-Sorry
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 08:22
waooowww..... ilmu tingkat tinggi inih.. sama ane aja ga kefikiran...
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 08:35
Dilihat dari darat langit berwarna,

Dilihat dari luar angkasa langit bening cuma keliatan awan
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 08:52
Kalo di planet Mars malah sebaliknya. Siang hari langit bewarna jingga, kalo petang langit berwarna biruemoticon-Leh Uga
0 0
0
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 09:15
kalau agan coba googling, ini sama aja dengan kasus warna bulu beruang kutub. ternyata warna asli bulu beruang kutub bukan putih, tapi transparan!

struktur bulu beruang kutub yang transparan itu membiaskan cahaya dan warna salju yang putih. jadilah efeknya warna beruang kutub yang seperti itu.

aneh? tapi begitulah penemuan ilmiahnya.
profile-picture
hoorray memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kok Langit Berwarna Biru?
15-05-2021 09:36
Kudu banyak bersyukur kita bisa melihat.. bayangin gimana keadaan tunanetra.. emoticon-Nyepi
profile-picture
hoorray memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia