News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609c78bf9487bd291950a20f/sering-disalahartikan-ini-makna-minal-aidin-wal-faizin
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin Selamat Hari Lebaran Minal aidin wal faizin Mari bersalam-salaman Saling bermaaf-maafan KOMPAS.com - Selamat Hari Raya Idul Fitri! Biasanya, ucapan Selamat Idul Fitri atau Lebaran ini diikuti dengan permohonan maaf "Minal Aidin Wal Faizin". Sama seperti penggalan lirik lagu yang dipopulerkan oleh grup band Gigi di atas, Lebaran meru
Lapor Hansip
13-05-2021 07:54

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin

Selamat Hari Lebaran
Minal aidin wal faizin
Mari bersalam-salaman
Saling bermaaf-maafan

KOMPAS.com - Selamat Hari Raya Idul Fitri! Biasanya, ucapan Selamat Idul Fitri atau Lebaran ini diikuti dengan permohonan maaf "Minal Aidin Wal Faizin".

Sama seperti penggalan lirik lagu yang dipopulerkan oleh grup band Gigi di atas, Lebaran merupakan momen yang tepat untuk saling bermaaf-maafan.

Karena masa pandemi Covid-19, bermaaf-maafan dan bersalam-salaman sebaiknya dilakukan secara virtual untuk mencegah penularan virus corona.
Sebenarnya, apa makna minal aidin wal faizin?

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta dan pengasuh Ponpes Darul Afkar Klaten mengatakan, minal aidin wal faizin merupakan potongan dari ungkapan doa.

"Sebenarnya itu potongan, lengkapnya ja'alanallah minal aidin wal faizin," kata Syamsul saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Menurut dia, ungkapan doa itu merupakan ucapan khas Lebaran di Indonesia.

Syamsul menjelaskan, arti dari ungkapan doa itu adalah 'Semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan'.

"Maksudnya kembali ini kembali kepada fitrah, kesucian, karena dosa selama Ramadhan dihapuskan," jelas dia.

Akan tetapi, menurut Syamsul, di Indonesia terjadi banyak salah kaprah dengan mengartikannya sebagai mohon maaf lahir dan batin.

"Kadang orang memahaminya mohon maaf lahir batin, padahal itu sebenarnya doa yang dipotong," ujar Syamsul.

Biasanya, lanjut dia, umat Islam dunia lebih sering menggunakan ungkapan 'Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim'.

Ungkapan itu dimaksudkan untuk mendoakan sesama umat Islam agar puasanya diterima.

Ia mengatakan, ungkapan tersebut juga telah ada sejak zaman sahabat Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, banyak orang di Indonesia kemudian menggabungkan dua ungkapan itu menjadi 'taqabbalallahu minna wa minkum minal wa ja'alanallah minal aidin wal faizin'.
sumber

******
Apapun itu, Minal Aidin Wal Faizin udah menjadi sebuah kalimat penyampaian kata maaf bagi hampir seluruh ummat Islam Indonesia sejak lama.

Dan kalimat Taqabbalallahu minna wa minkum, menjadi penyempurna kata-kata tersebut.

Gw sebagai warga BP Raya, dalam kesempatan yang baik ini, mengucapkan Mohon Maaf Lahir Bathin bagi seluruh warga BP Raya beserta keluarga, siapapun dia, sejauh apapun juga sikap berseberangan kita.

Semoga Allah menerima puasa kita, bagi yang beragama Islam, serta menjadikan Iedul Fitri ini sebagai penghapus dosa.

Semoga kita kembali suci dan bersih.

Aamiin Yaa Rabb.


Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:01


Sungkem dulu di trit lebaran

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:04
Met lebaran ya bree..

Kalo ane ada kata kata yg salah tolong di maapin ya bree...

emoticon-Ketupat
Diubah oleh 37sanchi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:09
Aamiin

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:10
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin

emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:11
Minal Aidin wal Faidzin emoticon-Maaf Agan

mohon maaf lahir dan batin untuk warga BP Raya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:14
emoticon-Ketupat

Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:15
Mohon maaf lahir batin kong... Selamat hari raya Idul Fitriemoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:18
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:24
taqabbalallahu minna wa minkum minal wa ja'alanallah minal aidin wal faizin'.
Maaf lahir batin buat rekan2 Kaskus yg merayakan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:24
Minal Aidin wal Faidzin.

Mohon Maaf Lahir dan Batin.

emoticon-Maaf Agan
emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:29
Selamat lebaran
Selamat makan opor ayam

Quote:Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin

























































emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:30
Subannalloh emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 08:37
Minal Aidin wal Faidzin jg om emoticon-Big Grin
dan seluruh warga BP emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 09:00
Taqabbal ya karim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 09:01
taqabbal yah karim, selamat lebaran semua warga BP raya emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 09:07
yang saya baca sih bahwa memang doa dan ucapan di atas di tujukan kepada orang orang yang berpulang dari perang badar, jadi kata kembali memamng benar benar kembali dari medan peperangan dan kata menang memang menang dari perang. cuma belakangan di beri arti berbeda, kata kembali diartikan kembali ke kesucian dan menang di artikan menang dari perang melawan hawa nafsu. jadi Idulfitri sebenarnya memang berkaitan dengan perayaan peperangan. sejarah Islam kan memang sejarah perang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 09:10
kenapa gue sakit perut baca thread ini.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 09:17
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 10:11
tiap hari raya isinya koo pembenaran2 kata kayak gini terus.

kata nikah tuh sekalian ganti...


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Sering Disalahartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin
13-05-2021 10:40
minal meleduk ya akhi emoticon-Takut
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia