News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b9b3bf1e1d713b119e3f3/promosi-bipang-ambawang-kalimantan-dan-pertanggung-jawaban-hukum-presiden-joko-widodo
Oleh : Ahmad Khozinudin, S.H. Advokat, Aktivis Gerakan Islam Siang ini, Rabu, 12 Mei 2021 pukul 13.00 sd 14.30 WIB penulis diminta oleh PKAD untuk menjadi salah satu Narasumber diskusi dengan Tema : Antara Bipang Ambawang, OTT Bupati Nganjuk dan Ahli Hukum Sidang HRS. Hadir pula Pembicara lainnya : Dr. Abdul Chair Ramadhan S.H., M.H. - Direktur HRS Centre dan Ust. M. Ismail Yusanto - Cendekiawan
Lapor Hansip
12-05-2021 16:09

PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO

PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
Oleh : Ahmad Khozinudin, S.H.

Advokat, Aktivis Gerakan Islam

Siang ini, Rabu, 12 Mei 2021 pukul 13.00 sd 14.30 WIB penulis diminta oleh PKAD untuk menjadi salah satu Narasumber diskusi dengan Tema : Antara Bipang Ambawang, OTT Bupati Nganjuk dan Ahli Hukum Sidang HRS.

Hadir pula Pembicara lainnya : Dr. Abdul Chair Ramadhan S.H., M.H. - Direktur HRS Centre dan Ust. M. Ismail Yusanto - Cendekiawan Muslim. Seperti biasa, acara ini dipandu oleh Host Cak Slamet Sugianto.

Sebagai catatan pengantar, penulis ingin memberikan persepektif hukum atas adanya kontroversi pernyataan Presiden Joko Widodo soal ajakan untuk memesan Bipang Ambawang Kalimantan, sehubungan dengan adanya larangan mudik dan dalam rangka menyongsong datangnya hari raya Idul Fitri 1542 H. Tiga hal yang ingin penulis ungkap: pertama, dalam kapasitas apakah pernyataan tersebut dilakukan? Kedua, apakah ada kesalahan dalam pernyataan Presiden Joko Widodo? Ketiga, apa dan bagaimana bentuk pertanggungjawaban Presiden Joko Widodo atas masalah tersebut?

Pertama, siapapun yang menyimak pidato Presiden Joko Widodo soal Bipang Ambawang jelas dalam kapasitasnya sebagai Presiden Republik Indonesia, bukan dalam kapasitas pribadinya. Hal itu ditegaskan melalui pernyataan yang disampaikan mewakili pemerintah, dimana Presiden selain berkedudukan sebagai kepala negara juga kepala pemerintahan.

Video yang diawali dengan prolog pernyataan pemerintah melarang mudik demi keselamatan bersama, menunjukkan pernyataan yang disampaikan bukanlah pernyataan pribadi melainkan pernyataan Joko Widodo dalam kapasitasnya sebagai Presiden Republik Indonesia. Dalam satu kesatuan kalimat, keseluruhan pernyataan yang ada didalam video dapat disimpulkan sebagai pernyataan seorang Presiden Joko Widodo yang ditujukan kepada segenap rakyat Indonesia.

Kedua, Dalam pernyataan Presiden Joko Widodo khususnya ajakan untuk memesan Bipang Ambawang Kalimantan, yang tidak bisa dipalingkan makanya kecuali sebagai makanan khas Kalimantan yang terbuat dari daging babi berupa babi panggang. Bipang adalah akronim dari babi panggang, sedangkan Ambawang adalah salah satu daerah di Kalimantan.

Pernyataan ini terkategori perbuatan tercela, tidak patut, dan menjatuhkan wibawa seorang Presiden Republik Indonesia. Pernyataan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo terkategori perbuatan melawan hukum secara materil yakni bertentangan dengan norma susila, etika kepatutan umum dan norma agama (Islam).

Secara susila, tak layak menawarkan makanan dari daging babi kepada umat Islam yang sedang berpuasa dan menjelang hari raya idul Fitri. Secara etika, jelas tindakan ini cacat moral. Secara agama (Islam), tindakan semacam ini terkategori maksiat karena mengajak melakukan perbuatan yang diharamkan Allah SWT.

Ketiga, Bentuk pertanggungjawaban atas kesalahan tersebut hanya bisa ditempuh dengan cara Presiden Joko Widodo mengundurkan diri dari jabatannya karena terbukti melakukan tindakan tercela yakni perbuatan yang menjatuhkan wibawa Presiden sebagaimana dimaksud dalam pasal 7A UUD 1945. Jika Presiden Joko Widodo enggan mengundurkan diri (atau berhenti), maka DPR RI dapat menempuh upaya untuk mengaktifkan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) dan meminta kepada Mahkamah Konstitusi agar Presiden diberhentikan dari jabatannya karena terbukti melakukan perbuatan tercela.

Keadaan ini sejalan dengan gugatan yang diajukan TPUA kepada Presiden Joko Widodo dan DPR RI melalui pengadilan negeri Jakarta Pusat, sehubungan dengan adanya perbuatan melawan hukum Presiden Joko Widodo yang telah melakukan perbuatan tercela atau tidak patut. Hanya saja, perbuatan tercela dalam gugatan a quo bukanlah terkait bipang Ambawang, tetapi karena banyaknya kebohongan publik berupa diingkarinya berbagai janji politik Presiden Joko Widodo dari soal tidak akan menambah utang, tidak import, hingga soal buy back Indosat.

Mengenai adanya tuntutan Joko Widodo dipersoalkan melalui ketentuan pasal 156a KUHP, penulis juga sependapat karena perbuatan yang dilakukan telah menodai agama (Islam), dimana sudah diketahui secara umum daging babi hukumnya haram dan menawarkan hidangan dari daging babi kepada umat Islam yang sedang berpuasa dan menunggu perayaan idul Fitri jelas merupakan pelecehan dan/atau penodaan agama. Hanya saja, pertanggungjawaban berdasarkan keterangan pasal 156a KUHP ini bersifat pribadi, bukan atas kapasitas Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

Dalam kasus penodaan agama, Joko Widodo terancam pidana 5 (lima) tahun penjara. Pasal penodaan agama, adalah pasal yang dahulu pernah mengantarkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berstatus narapidana. [].

profile-picture
profile-picture
profile-picture
spiritonline dan 17 lainnya memberi reputasi
-4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 16:17
Tuh PRESIDEN RI tidak boleh mempromosiin makanan dari daerah lain, cukup makanan khas yg sering didengar dijawa dan halal.
Ga ada ajakan buat makan, kalau mau fair ya bisa aja artinya gausah pulkam semua bisa order online, nih makanan khas daerah yg lu ga pernah denger aja bisa pesen online.
Tapi ya kalau mikirnya sensian mulu ya susah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 16:20
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
13 & 13

Kalo ga keliatan

PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ichsanwin32 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 17:20
Bisa ampe penodaan agama, tapi analisisnya pake framing Islam. Padahal pasal penodaan agama di Indonesia itu hukum positif, bukan hukum Islam. Kapasitas dia bikin analisis ini apa dah? Hanya karena statusnya sebagai aktivis gerakan Islam? Udah berapa banyak artikel ilmiahnya terbit? Udah berapa banyak dia mengisi seminar ilmiah?

Haduh, wajar era sekarang ini udah mulai mati yang namanya kepakaran.
Diubah oleh olympianovus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MWIMRSNAIL dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 17:21
Ts tolol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 18:09
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO


pengen maklum, tapi yg masalah bipang ini emang bikin muak sekali....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
justsightseeing dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 18:29
Narasi goblok, namanya Presiden ya WAJIB mempromosikan semua hasil Negara tanpa memandang RAS. GOBLOK COK !!!

LU MAU KOMPLAIN TERKAIT UTANG DLL YG MEMANG UMUM, YA MONGGO. TAPI JADI GOBLOK KALAU MASALAH BIPANG DIPIDANAKAN. GOBLOK²
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ManuelSirEgard dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 18:58
Serius banyak orang Indonesia yang goblok emang
Presiden promosi babi panggang emang kenapa? Lo langsung murtad gitu?

Namanya promosi, lo mau beli ya boleh, ga beli yaudah
Lagipula emang Indonesia ini semuanya agama islam?

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 19:27
Lain kali bipang nya ganti saucu emoticon-Cool
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
1 0
1
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 19:36
Ampe ari ini msh pd kejang2 ?? Gile...
profile-picture
profile-picture
nestdog dan serapionIeo memberi reputasi
2 0
2
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 19:38
Apa salahnya mempromosikan makan khas suatu daerah, kan haram buat agama islam tapi tidak haram agama lainnya...
Kecuali promosikannya dikhususkan buat muslim yaa gak elok...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 19:43
NKRI bukan negara 1 agama,itu kelompok yang bawa2 nama mayoritas kok sensi an banget yak?apa karena ga ada bahan lagi utk ngejatuhin RI one??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 19:50
Kalimat khas Kaskus terpaksa saya keluarkan lagi khusus buat TS:

BENCI BOLEH
GOBLOK JANGAN
Diubah oleh jokowi.kw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nestdog dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 20:13
Astagaaaaa sampe begini ya, berlebihan bgt sumpah, keliatan bgt ya nyari celahnya
Ngebet bgt jokowi mundur, santai om 3,5 tahun lagi
Kok orang islam indonesia ini sensitif bgt ya, lemah iman apa gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nestdog dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 20:39
Uda kaya orang bener aja si, apa si prestasi lo selain nyinyir, dasar kadrun loser of real life
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan serapionIeo memberi reputasi
2 0
2
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 21:10
ada 2 umat beragama yang punya hari raya sama2x tanggal 13 blogh

yang liburan ga cuma elu... lama2x lu pidanakan juga Jokowi gegara cuma dia dilahirkan
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan sky aji memberi reputasi
2 0
2
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 21:10
Tak ada kadrun yang tak goblok...

emoticon-Leh Uga

Ga bakal ditanggapin, lu nyari panggung kayak gimanapun tetap aja doi bakal jadi presiden sampai selesai masa jabatan...

Alhasil lu cuma bisa mewek, masih untung cuma mewek ga keciduk terus dibui...

Kadrun memang tolol sampai ke sumsum, akar kebodohan dan ketertinggalan bangsa ini ya ada di kadrun, harusnya mereka digenosida saja terus bangkenya jadiin pupuk...

Daripada hidup cuma bikin kisruh, lebih baik dimatiin aja lumayan bangkenya dijadiin humus bikin tanah jadi subur...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 21:15
cuma endorse itu, biar viral aja nga apa2 lah memajukan umkm Indonesia
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 21:25
Biarin lah para kadrun kejet kejet, ada positif nya, pengusaha bipang di kalimantan sana dapat promosi gratis
profile-picture
profile-picture
secer dan jokowi.kw memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 21:38
Presiden levelnya cuma sekelas kepala desa sihemoticon-Najisemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juher dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PROMOSI BIPANG AMBAWANG KALIMANTAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM PRESIDEN JOKO WIDODO
12-05-2021 21:43
Halaahh bacooodddddddd drun drun
profile-picture
profile-picture
spiritonline dan vegasigitp memberi reputasi
1 1
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia