News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b6a8240b72d46105706d2/saran-din-soal-bipang-ambawang-jokowi-minta-maaf-umat-islam-memberi-maaf
Pernyataan Presiden Jokowi soal Bipang Ambawang sebagai kuliner Lebaran yang bisa dipesan online juga mencuri perhatian mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin. Menurut Din, untuk menyudahi polemik, sebaiknya Jokowi meminta maaf. Sebaliknya, umat Islam yang merasa tersinggung dengan pernyataan tersebut agar memberi maaf. "Presiden Joko Widodo meminta maaf dan umat Islam memberi maaf. Uc
Lapor Hansip
12-05-2021 12:41

Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf

Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf

Pernyataan Presiden Jokowi soal Bipang Ambawang sebagai kuliner Lebaran yang bisa dipesan online juga mencuri perhatian mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin. Menurut Din, untuk menyudahi polemik, sebaiknya Jokowi meminta maaf.

Sebaliknya, umat Islam yang merasa tersinggung dengan pernyataan tersebut agar memberi maaf.
"Presiden Joko Widodo meminta maaf dan umat Islam memberi maaf. Ucapan Presiden tersebut memang dirasakan sebagai 'hadiah Lebaran yang pahit', namun bagi umat Islam pesan Ramadhan imsak harus dapat mengalahkan perasaan pahit itu," kata Din dalam pernyataan tertulis, Rabu (12/5)

Din yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu berpesan kepada para pembantu Presiden untuk tidak perlu memberi jawaban apolegetik (mencoba membela).

"Karena tidak dapat diterima akal sehat dan hanya akan menambah ketakpercayaan rakyat," tutur Din.

Lebih lanjut, kepada pemerintah, Din meminta agar lebih berhati-hati memberi pernyataan terutama yang dapat menyinggung perasaan umat beragama.

Termasuk dalam hal ini, Din menekankan, pemerintah agar arif dan bijaksana dalam menerapkan kebijakan yang berhubungan dengan keberagamaan rakyat seperti SKB Tiga Menteri tentang Seragam Sekolah Negeri yang menghilangkan budaya keagamaan umat namun akhirnya dibatalkan oleh Mahkamah Agung, atau pengaturan mudik yang berdimensi 'festival budaya keagamaan' kuat.

"Semuanya harus diterapkan secara berkeadilan. Jangan kerumunan keagamaan dilarang, tapi kerumunan bisnis dan wisata dibolehkan," urai Din.

"Dalam suasana demikian dan dalam rangka Idul Fitri baik kiranya diadakan Silaturahmi Kebangsaan. Tentu syaratnya silaturahmi dimaksud berlangsung dalam 'dialog dialogis', yakni dialog yang bertumpu pada ketulusan, kesetaraan, keterbukaan untuk penyelesaian masalah," pungkas Din.

Pernyataan Jokowi soal babi panggang khas Kalimantan atau Bipang Ambawang yang menjadi sorotan disampaikan pada Hari Bangga Buatan Indonesia yang digelar oleh Kemendag. Bunyinya adalah:

Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf

"Sebentar lagi Lebaran. Namun karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama. Nah, untuk Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Yogya, bandeng Semarang, siomay Bandung, pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah."

Mendag M Lutfi telah meminta maaf atas kesalahpahaman yang muncul akibat pidato tersebut.
sumber

Bipang Ambawang, SKB 3 Menteri masalah seragam sekolah, dan pelarangan mudik sungguh melukai KAMI. Harap segera Pak Jokowi meminta maaf. KAMI akan memafkannya emoticon-Sorry
profile-picture
selldomba memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:44
Wih yang baru balik dari honeymoon
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:44
Din ga jihat ke Palestina? emoticon-Bingung

Malah sibuk ngurusin remeh-temeh bipang saat umat muslim di sana didzolimi zionist. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:46
kadal bongkrek ini lagi.emoticon-Ngakak (S)
gue sih nggak heran kalau ke depannya provinsi kafir minta merdeka.
nggak di anggap di negara khilafuck al indonistan.emoticon-Ngakak (S)

gue siap minta suaka ke manado atau bali.emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:47
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
profile-picture
profile-picture
doc1989 dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:47
padahal diperbolehkan makan kalo lagi kelaparan

Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:47
Gak seru emoticon-Bingung klean menyepelekan kaum laen. Padahal den kowi presiden indon
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:47
Umat Islam Kon Tol

Din syamsudin Kon Tol

Bunuh din penjarakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuwepukis dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:49
Sungguh damai sekali ya, padahal harus nya seorang yang ngaku nya negarawan tidak boleh berpihak kepihak manapun. Seorang presiden di negara yang beraneka ragam suku dan agama sangat wajar kok mempromosikan kuliner lokal baik itu dari suku apapun.

Jangan dikit2 di bawa2 ke agama karena presiden adalah milik seluruh rakyat yang memiliki aneka ragam budaya dan kepercayaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:49
gini amat yak akibat pengen jadi wapres tp gak dianggep emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
androidiot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:53
Orang kaya gini ini paling ular diantara ular.

Memang dia siapa sampai meng atas namakan umat Islam mau me maaf kan?

Sudah ada bukti KL dia mewakili semua umat Islam di Indonesia.

Pokok masalah adalah bila RI 1 minta maaf, nanti ada dari gerombolan mereka akan membuat gaduh dengan omongan " maaf diterima tapi hukum tetap jalan"

KL sudah kejadian begini, si ular ini paling diam diam orang pertama yg mendukung dan pura pura bego dengan omongan yg sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:56
sering teriak teriak ham tapi sering menginjak2 ham orang lain tanpa rasa bersalah.
0 0
0
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:56
Bukannya Pak Din dulunya sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban ya? Kok sekarang komennya terkesan ngga bijak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 12:57
Minta maaf berarti mengaku salah, harus dihukum.

Begitulah tipikal taktik licik kadrun biadab.

Jangan mau tertipu. Wong tanggal 13 itu juga hari kenaikan Isa Almasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 13:03
Sejak pak wiwi nyinggung makanan khas daerah (bukan hanya bipang ambawang), provokator gerombolan k-drone pd nongol

Ayo siapa lagi mau goreng bipang?
Udah dipanggang kok digoreng, kan goblok jadinya

emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenktaywonk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 13:04
Ehhh kaum mabok. Minta dihormati. Tapi hak orang lain kau injek2.....

TAIK LOE PADA !!!
0 0
0
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 13:07
Yg tersinggung dg kata-kata Wiwi terkait masakan babi aja udah bener² goblok bungul tambuk, gimana mereka mau memaafkan kalo hatinya aja udh kalang jd pembenci rejim.

Masyarakat yg diisi pemabok agama bikin geleng-geleng pala barbie.
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan RyoEdogawa memberi reputasi
2 0
2
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 13:09
Hah minta maaf? Ngapain emoticon-Ngakak
profile-picture
momodtemenku memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 13:10
Mumpung ada kesempatan nyerang Presiden, apapun ya dicoba dipelintir, pada sakit hati dipecundangi sama tukang mebel.. Bahkan, yg diandelin utk jadi pesaing tau2 malah masuk di kabinet, tambah sakit hatilah, makanya jadi goblok..


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan momodtemenku memberi reputasi
2 0
2
Saran Din soal Bipang Ambawang: Jokowi Minta Maaf, Umat Islam Memberi Maaf
12-05-2021 13:11
Mang penduduk Indonesia gak ada yg mkn babi? Lebay amat sampe harus minta maaf ke umat islam emoticon-Traveller

Seharusnya umat islam di indonesia minta maaf juga sama umat Hindu di Indonesia krn idul adha ada pemotongan sapi. Biar adil emoticon-Traveller
Diubah oleh saoyuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia