Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b5088f5e48845117bed4e/maitara-pulau-cantik-di-uang-seribu-kertas
Pulau Maitara ini tidak begitu besar. Luasnya hanya 206 hektar dengan keliling 6 kilometer. Jarak menuju ke sana pun bisa ditempuh hanya 10--15 menit saja dengan speedboat atau kapal kayu, dari Pelabuhan Bastiong Ternate ataupun dari Pelabuhan Rum, di Tidore.
Lapor Hansip
12-05-2021 10:50

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Assalamu'alaikum Sahabat Kaskuser semua. Hai, hai, hai .... Jumpa lagi dengan Enya, di thread jalan-jalan domestik, mengeksplor negeri kita sendiri, ya ....

Kali ini, Enya ingin cerita sedikit tentang Pulau Maitara, pulau indah yang sering kita lihat di uang 1000 kertas kita.

Siapa, sih, yang belum pernah melihat gambar pulau di uang 1000 kertas kita itu? Enya yakin, semua pasti sudah pernah melihatnya.

Asli, Enya enggak menyangka akan menjejakkan kaki di Pulau Maitara ini. Jauhnya jarak dari kampung halaman Enya di Wilayah Indonesia Bagian Barat, sementara Pulau Maitara tersebut berada di Wilayah Indonesia Bagian Timur, Provinsi Maluku Utara, tepatnya terletak di antara dua pulau yang sudah sangat terkenal oleh bangsa asing sejak zaman dahulu kala, yakni Pulau Ternate dan Pulau Tidore, membuat angan untuk menjejakkan kaki di pulau ini seperti tipis harapan. Namun ternyata, tak ada yang tak mungkin ya, Sahabat, jika takdir sudah berkehendak. Masyaallah ....

***EHZ***

Pulau Maitara ini tidak begitu besar. Luasnya hanya 206 hektar dengan keliling 6 kilometer. Jarak menuju ke sana pun bisa ditempuh hanya 10--15 menit saja dengan speedboat atau kapal kayu, dari Pelabuhan Bastiong Ternate ataupun dari Pelabuhan Rum, di Tidore.

Berhubung saat itu Enya sedang stay di Pulau Tidore, maka kami sekeluarga pun masuk ke Maitara, tentu saja melalui Pelabuhan Rum di Tidore. Karena belum memiliki banyak gambaran tentang alat transportasi yang ada di pulau tersebut, untuk mempermudah mengeksplorasinya, kami pun memutuskan membawa kendaraan bermotor roda dua yang bisa diangkut via kapal kayu dengan bayaran hanya 15 ribu rupiah saja per motor.

Dengan sangat bersemangat kami berempat--anak beranak--pergi ke pulau tersebut, berniat untuk menikmati keindahan alamnya yang selama ini hanya kami dengar dari cerita orang-orang saja, juga sebagai pembuktian bahwa kami benar-benar telah menapakkan kaki di Pulau Maitara yang ada di uang 1000 kertas kita itu.

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

***EHZ***

Setelah sekitar 10 menit naik kapal kayu, kami pun tiba di Pulau Maitara sekitar jam 12 siang. Sepi, itu kesan pertama yang kami rasakan. Mungkin karena pandemi, sehingga tidak banyak orang yang melakukan perjalanan. Kami pun sebenarnya sempat maju mundur cantik, ragu-ragu untuk pergi ke pulau ini. Cuman, rasa penasaran yang tak bisa ditahan, membuat kami akhirnya nekat juga untuk berangkat. Tentu saja dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat Covid-19; selalu memakai masker, mencuci tangan, juga membawa hand sanitizer. Kami juga berusaha keras menghindari kerumunan. Bersyukur sekali, waktu itu Pulau Maitara sedang tidak banyak pengunjung.

Sesampai di dermaga, pengemudi kapal dibantu rekannya dengan sigap menurunkan motor kami dari perahu. Saat itu Pulau Maitara terlihat sedang mempercantik diri, alias sedang dalam masa pembangunan dan perbaikan sarana juga prasarana.

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Beberapa meter berjalan, kami melihat plang penunjuk arah. Jika ingin langsung ke tempat wisatanya, maka kita harus ke kanan, langsung ke tugu uang 1000. Sayang sekali, pulau ini belum bisa kita kelilingi karena jalur yang belum tersedia dan baru sedang dibangun.

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Setelah satu kilometer dari dermaga pertama tempat kami merapat, terlihat pembanguan dermaga baru, sepertinya untuk sandar kapal ferry dan kapal yang berukuran lebih besar.

Tak jauh dari situ, kami juga melihat tiga cottage baru yang sedang dalam tahap finishing. Sudah ada tamu yang menempati cottage baru tersebut.

Jujur, saat tiba di pulau ini, kami merasa seakan-akan sudah pernah mengunjunginya. Tempat ini seperti familiar saja. Hingga akhirnya kami ngeh, bahwa suasana perkampungannya, jalan-jalan betonnya, dan bentornya, sedikit mirip dengan yang ada di Pulau Penyengat, Provinsi Kepulauan Riau yang pernah kami kunjungi.

Tak sabar kami mencari lokasi ikon uang 1000 tersebut. Tentu saja tujuannya untuk berfoto-foto, hehehe.

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas

Oh ya, selain membangun dermaga baru, ternyata juga sedang ada pembangunan dan pembukaan jalan baru. Sepertinya akan dibangun jalan untuk mengelilingi pulau. Karena membawa motor, tentu saja kami tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyusuri jalan baru tersebut hingga ke ujungnya, sampai jalan itu buntu dan tidak bisa dijelajahi lagi. Penasaran, sih, hehehe. Eh, setelah kami telusuri, seram juga ternyata. Sepi dan medannya lumayan berat. Masih banyak jalannya yang berupa tanah merah dan batu kerikil, hahaha.

Pembukaan jalan baru di Pulau Maitara


***EHZ***

Sebagaimana cerita orang-orang, pantai di Pulau ini memang sangat indah. Airnya jernih dan biru. Tipikal hampir semua pantai dan perairan di Kepulauan Indonesia Timur ini. Selain menikmati pemandangan dan berenang, bagi yang hobi, juga bisa melakukan aktifitas menyelam di sini. Ada beberapa kios tempat penyewaan peralatan menyelam yang kami lihat, tetapi saat itu sedang tutup. Mungkin karena pandemi ini.

Pantai di Pulau Maitara dengan pemandangan Pulau Ternate di depannya


Oh ya, hanya untuk sekadar tahu saja, ternyata ada beberapa legenda, lho, mengenai Pulau Maitara ini. Akan tetapi, kami hanya akan menceritakan kisah yang kami dengar dan diceritakan oleh penduduk asli sini saja.

Begini ceritanya. Eh, kok, malah jadi seperti kismis (kisah misteri), sih? 😁😁😁

Alkisah....
Gunung Kie Matubu di Tidore ini lebih tinggi daripada Gunung Gamalama di Ternate. Hal itu dikarenakan Kerajaan Tidore dianugerahi kedudukan yang lebih tinggi, sehingga diberikan gunung yang lebih tinggi pula. Kenyataan tersebut membuat Kerajaan Ternate tidak terima.

Agar Gunung Gamalama di Ternate tersebut bisa lebih tinggi dari Gunung Kie Matubu di Tidore, maka direncanakanlah mengambil tanah di puncak Gunung Kie Besi Mara, Pulau Makian, untuk ditambahkan ke puncak Gunung Gamalama tersebut. Agar niat itu terlaksana, tentu saja daerah Makian harus ditaklukkan terlebih dahulu.

Maka berundinglah para dewa dan jin pengawal Gunung Gamalama tersebut dengan keputusan akan mencaplok puncak Gunung Kie Besi Mara, Makian pada malam hari. Yang diserahi tugas untuk mengambil dan mengumpulkan tanah dari puncak gunung di Pulau Makian itu adalah seekor burung garuda berkepala dua, dengan syarat harus dikerjakan pada malam hari. Dengan segala daya upaya, burung garuda itu melaksanakan tugasnya, mengumpulkan tanah yang dimaksud.

Namun sayang, setelah selesai dan siap untuk membawa tanah itu pulang, ternyata hari sudah menjelang fajar. Ketika burung garuda itu hampir mendekati puncak Gunung Gamalama, matahari pun terbit, pagi telah tiba. Burung garuda itu pun terkejut dan terpaksa melepaskan tanah serta bebatuan yang dibawanya hingga jatuh ke laut. Tempat jatuhnya itu--karena banyaknya tanah yang diangkut--akhirnya membentuk sebuah pulau baru antara Rum di Tidore dan Kayu Merah di Ternate. Pulau itu pun diberi nama Maitara. MAI dalam bahasa Makian artinya batu. Dan TARA artinya ke bawah.

Oh ya, hampir lupa. Kalau dari dermaga tempat pertama kita datang, jika kita langsung belok kiri, maka kita akan melihat ekowisata, konservasi hutan bakau, selain perkampungan nelayan.

***EHZ***

Nah, itulah sekelumit kisah jalan-jalan kami ke Pulau Maitara ini. Selamat membaca .... πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

Sebagai penutup, jika kita ingin mengambil gambar atau foto persis seperti yang terdapat di uang 1000 kertas kita itu, maka kita harus pergi ke Desa Ngade, Kelurahan Fitu, sekitar 18 kilometer dari Kota Ternate, atau 20-30 menit jika kita naik kendaraan bermotor. Di pantai Fitu itulah spot untuk mengambil foto seperti gambar yang ada di uang 1000 kertas kita itu.

Oh ya, info lagi, nih. Selain di Pantai Fitu, ada juga lokasi cantik yang sangat populer bagi wisawatan untuk jepret-jepret di ketinggian--ada ayunan tinggi yang sedang trend itu, lho--dengan latar Pulau Maitara, Pulau Tidore, dan Danau Laguna atau Laguna Lake, ditambah bonus pemandangan Danau Ngade yang hijau dan rimbun. Sayang sekali, meski kami sering melewati tempat itu, tetapi Enya belum sempat mampir, apalagi mengambil foto-fotonya. Insyaallah, dalam waktu dekat, libur Lebaran ini. Aamiin.

***EHZ***

Well, selesai sudah cerita jalan-jalan Enya di Pulau Maitara ini. Oh ya, karena besok Lebaran, so, Selamat Lebaran, ya, untuk semua Sahabat Kaskuser Enya di mana pun berada. Taqabbalallahi minna wa minkum, taqabbal Yaa Kariim. Mohon maaf lahir dan batin.

Catatan;
~Opini dan foto pribadi.
~Kisah Pulau Maitara ini didapat dari cerita penduduk asli, dan kisah lengkap seperti cerita penduduknya ada di sini, link.

Ternate, 30 Ramadhan 2021
Diubah oleh enyahernawati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janibaletetu495 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 10:56
Pulau Maitara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
titienghazali dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 10:56
Ada di uang 1000 kertas kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syerlii dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 10:56
Adanya di Kepulauan Tidore, Maluku Utara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syerlii dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 12:03
Pemandangannya indah banget, Sista.
profile-picture
enyahernawati memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 12:22
Ninggalin jejak dulu
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 12:34
sepertinya damai tinggal disana
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 12:53
Mantap pemandangan nya,,kerennn
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 14:56
Asyik juga yah gan wisata ke tempat uang² rupiah yg ada di indo 😁
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 16:31
Medannya kelihatan sulit ditempuh yaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 20:52
oalah rupanya pulau nya asli dan nyata. indah banget tuh. mantap.
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 21:20
wah jauh juga yaa di maluku..

semoga suatu saat bisa kesana
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 22:04
bagus pemandangannya.. ane jadi kangen pegang duit 1000 ya versi ini emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
12-05-2021 22:19
Keren banget pemandangannya
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
13-05-2021 01:13
Silakan mampir di thread jalan-jalan Enya ke negerinya Imran Khan, ya. Ini link-nya.

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...b3cb6a9d43f002
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
13-05-2021 02:57
keren kak, aku baru tau
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
13-05-2021 18:01
Waah jauh juga ya lokasi spot foto yang ada di uang seribu kertas, jarak tempuh nya sekitar 18 km dari Ternate, tapi sepertinya kalo belum ke spot foto ini berasa balum ke Maitara kayanya.. hahahaha
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
14-05-2021 14:41
Subhanallah pemandangannya indah sekali sist.. tapi sayang jauh dari tempat ane.. jadi mungkin cuma bisa lihat dan tahu dah internet aja.hehe...
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
15-05-2021 07:35
Tahun 2019 berkunjung ke Ternate sekalian ada kerjaan. Gak sempet nyeberang ke Maitara nya, cuma foto di pinggir pantai dengan latar pulau Maitara
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
15-05-2021 23:00
Keren banget pulau maitara dan pemandangannya sangat indah sekali sih itu yaampun. Takjub banget ane
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maitara, Pulau Cantik di Uang Seribu Kertas
17-05-2021 17:07
Woww banget
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan enyahernawati memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia