Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60993c5e54d847035b43a8a4/jawadah-dodol-khas-sunda-selain-dodol-garut
Salah satu kuliner tradisional yang hingga kini mulai jarang ditemukan adalah Jawadah. Kuliner yang masih satu rumpun dengan dodol ini dari segi pengemasannya memang unik.
Lapor Hansip
10-05-2021 20:59

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Resep jawadah, Dodol Khas Sunda

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut

Assalamualaikum Sahabat Kaskus ....
Selamat datang di thread terbaru saya. Jangan bosen untuk mampir ya.


Masih tentang dunia kuliner, nih! Saya akan terus mengupas resep-resep kuliner tradisional khas daerah. Karena, saya ingin melestarikan kearifan lokal masyarakat khususnya Sunda di bidang kuliner.

Pada kebudayaan suku sunda kuliner yang berakar dari resep turun temurun memang masih dilestarikan hingga saat ini baik melalui UMKM atau pun kegiatan pelestarian kuliner daerah oleh pegiat PKK di tiap wilayah.

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Jawadah daun nangka: dokpri

Quote:
Jawadah


Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Jawadah daun pisang: dokpri

Sentuhan pembungkus dengan dodol jawadah ini menghasilkan aroma khas yang berbeda dengan bungkus plastik atau kertas minyak.

Nah untuk yang penasaran resep jawadah ini, yuk simak ulasannya di trit ini!


Bahan-bahan:

Tepung beras ketan 500 gram
1,5 kg gula aren alias gula jawa
2 butir kelapa. Kelapanya dibikin santan kental
2 bungkus vanili
Kapur sirih secukupnya

Proses pembuatan:




Quote:1. Campurkan santan dan tepung. Aduk dengan spatula atau tangan yang bersih agar tak menggerindil.

2. Nyalakan api boleh di tungku atau kompor. Aduk-aduk hingga meletup-letup.

3. Masukan gula bertahap, lalu masukan vanili dan si air kapur sirih.

4. Aduk terus agar tidak hangus bagian bawahnya. Waktu memasak 500 gram tepung ini sekitar 2 jam hingga matang.

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Dokpri

5. Angkat dan dinginkan. Kemas dengan daun nangka atau daun pisang boleh di loyang persegi. Jemur hingga bersisik pinggir nya.

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Kemasan daun nangka: dokpri
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Kemasan daun pisang: dokpri

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Kemasan modern di mika plastik: dokpri

6. Angkat dan simpan di wadah yang kedap udara.

Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
Bentuk lain: dokpri

Jawadah ini sering disajikan di acara hajatan, atau hari raya. Rasanya lembut dengan citarasa gula yang legit berbeda dengan tekstur dodol yang lebih kenyal. Jawadah lebih lembut dan lumer. Harum daun nangka atau daun pisang menambah aroma tersendiri loh!


Yuk cintai kuliner tanah air yang kian tergerus keberadaan kue kekinian. Agar anak cucu kita kelak masih bisa mencicipi nikmatnya.

Semoga bermanfaat ....

Opini pribadi
Referensi: YouTube dan cookpad
Gambar dokter
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
10-05-2021 21:00
Jawadah
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
10-05-2021 21:00
Kuliner tradisional
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
10-05-2021 21:00
Makin tergerus jaman
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
10-05-2021 21:04
Mantab. Khas banget ini.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
10-05-2021 23:45
kalo pembungkusnya diganti pake plastik untuk makanan bisa kan?
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 00:19
di keluarga ane di kampung dulu rutin tiap lebaran selalu bikin dodol. bikin dan masak dodolnya sekeluarga.

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 04:21
Enak banget , mau Mak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 05:34
Kok speti jenang ayu ya...wah jadi pingin makan nih....cuma takutnya gigi jadi sakit karena terlalu manis....
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 09:13
Termyata dodol tuh macem2 yakkk
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 09:41
Quote:Original Posted By zatilmutie
Jawadah


Quote:Original Posted By zatilmutie
Kuliner tradisional


Enak nih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 14:21
Kalau di daerah saya ada dodol ubi cilembu.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
11-05-2021 19:45
Sedap nih kyk e karna dibungkus dengan daun
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
13-05-2021 14:47
wah menggoda sekali manisnya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
13-05-2021 18:11
Dodol Garut yg sering ane makan, yg ini belum pernah ane cobaemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
secer dan zatilmutie memberi reputasi
1 1
0
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
13-05-2021 20:43
lucu yang dibungkus daun nangka, bisa kejiplak bentuk tulang daun di dodolnya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
13-05-2021 20:52
bungkusnya pake daun nangka yaa.. unik sih.. ya walopun rasanya paling ya gak beda jauh ama dodol kan.. hehe
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
14-05-2021 19:15
Kalau kuliner yang tradisional begini sih gak usah diragukan lagi udah pasti enak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
15-05-2021 07:30
Pertama ngerasain jawadah pas maen ke Panjalu Ciamis, rasanya hampir sama dengan wajit cililin atau lebih dikenal nya wajit ngora
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
15-05-2021 18:53
Bentuknya setelah diambil dari daun kok bisa bulet gitu ya, padahal pas di daunnya diratain tipis gitu. Btw dodol sunda semuanya dibungkus pake daun gini ya? Jadi kepengen nyobain pasti aroma daunnya bikin dodol makin sedep
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jawadah: Dodol Khas Sunda Selain Dodol Garut
15-05-2021 22:17
Kayaknya enak nih jawadah, dan dikasih resepnya juga. Coba buat kali ya ane hahahaha penasaran soalnya
profile-picture
profile-picture
firmanhakikiweb dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia