Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
38
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60986b0ecaeecb6d766fb2df/anda-sering-lupa-suatu-kata-saat-hendak-berbicara-kenali-masalah-otak-lethologica
Sering gagap dan kehilangan kata-kata saat hendak berbicara? Ternyata itu adalah fenomena gangguan otak GanSis Sering lupa satu dua kata yang hendak diucapkan padahal sebelumnya sudah ada diingatan, mungkin hampir semua orang pernah mengalami fenomena yang satu ini. Susah mengingat kata yang hendak diucapkan padahal sebelumnya sudah teringat dan berada di ujung lidah, ternyata itu bukan sebuah keb
Lapor Hansip
10-05-2021 06:06

Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica

icon-verified-thread
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
Sering gagap dan kehilangan kata-kata saat hendak berbicara?
Ternyata itu adalah fenomena gangguan otak GanSis


Sering lupa satu dua kata yang hendak diucapkan padahal sebelumnya sudah ada diingatan, mungkin hampir semua orang pernah mengalami fenomena yang satu ini.

Susah mengingat kata yang hendak diucapkan padahal sebelumnya sudah teringat dan berada di ujung lidah, ternyata itu bukan sebuah kebetulan atau memang murni kita lupa GanSis.
Gejala yang semacam ini ternyata telah ada dan dikenal sejak zaman dulu, tepatnya pada abad ke-20 dengan pencetus seorang psikolog bernama Carl Jung.

Meskipun fenomena melupakan kata ini telah dikenali sejak abad ke-20 namin baru tercacat di kamus kedokteran Amerika pada tahun 1915.


Quote:
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
sumber gambar


Lethologica , merupakan bahasa Yunani yang terdiri atas dua unsur kata, yaitu Lethedan Logo. Lethe memiliki arti pelupa, sedangkan Logo adalah kata.
Sehingga Lethologica memiliki makna, melupakan sebuah kata atau juga sering disebut dengan fenomena kata di ujung lidah.

Menurut para psikolog, Lethologica adalah fenomena di mana otak tidak dapat menggali atau mengambil informasi yang ada di dalam ingatan untuk disampaikan pada suatu waktu tertentu.
Seseorang yang mengalami Lethologica biasanya mereka merasa kata yang hendak diucapkan telah ada di ujung lidah atau diingatan, namun mereka tidak dapat menyampaikan karena tidak menemukan atau tidak dapat mengingat kata apa yang ingin diucapkan.

Lethologica sendiri terjadi karena bagian otak pengolah bahasa yaitu neocortex, mengalami kelelahan atau memang lemah dalam mengingat suatu kata sehingga mengakibatkan seseorang akan kesusahan untuk mengingat atau mengucapkan kata yang ingin mereka sampaikan.


Quote:
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
sumber gambar


Saat mengalami fenomena lupa kata tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman, kurang percaya diri atau bahkan juga was-was ya GanSis.
Takut jika mengalami penyakit atau gejala kelainan otak yang berbahaya karena hal tersebut sangat sering terjadi.

Namun tidak perlu takut dan gelisah GanSis.
Lethologica adalah murni kesalahan yang dialami oleh otak bukan karena penyakit, virus atau hal berbahaya lainnya.

Lethologica kesalahan alami yang berkaitan denga kerja otak karena neocortex lemah atau kelelahan.
Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, maka Agan dan Sista harus sering-sering melepaskan stres otak atau berhenti untuk memikirkan hal berat dalam waktu beberapa saat agar pikiran kembali tenang dan neocortex dapat kembali melakukan tugasnya untuk mengenali bahasa yang telah direkam.


Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica


Seperti itulah GanSis fakta sebenarnya kenapa kita sering lupa saat hendak berbicara padahal tadinya kata tersebut sudah ada diingatan atau di ujung lidah.

Bukan masalah berat atau penyakit kronis ya GanSis, kita hanya perlu untuk menghilangkan stres, melatih otak dengan mengajaknya mengingat dengan cara yang berbeda, rajin membaca buku dengan menemukan kata-kata yang sering terlupakan, atau sering menggunakan kata tersebut saat tengah berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Oke, semoga sekilas informasi ini bermanfaat bagi Agan dan Sista semua.
Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain


Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi

1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 06:07
emoticon-Ngakak ane nih, sering banget lupa
0 0
0
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 06:07
emoticon-Matabelo mau ngomong apa harus banget nginget-nginget
0 0
0
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 08:10
Tapi anu...ee apa itu, nganu...lupa mau omong apa tadi 🤦‍♂️
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 08:10
Apakah efek dari luar juga bisa bikin orang jadi begitu?
Beberapa pelanggan toko gw sering begitu.
Saat melihat sosok gw yg sangar & menakutkan, mereka seperti kena stun beberapa detik, dan saat ditanya mau beli apa, pasti jawabnya, "anu itu, anu, mau beli apa tadi ya"
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 08:19
wah gitu ya, ane juga kadang lupa
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 08:43
susah gan, apalagi buat yang sering begadang, insomnia apalagi yang sering mengalami stress berat, untuk nenangin aja butuh deep meditate gan, meditasi aja jg belajarnya harus ada kemauan meskipun di youtube banyak tutorialnya, atau kalau pakai yoga mentor juga ngga murah
mungkin gingko biloba bisa jadi solusi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 08:45
kalau ane biasanya kalau lupa akan sesuatu yang mau dibicarakan sebelumnya sih, coba balik lagi ke posisi dimana ane ingat. biasanya jadi ingat lagi yang mau dikatakan atau dilakukan.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 08:52
Klo lemah, gmn cara memperkuatnya?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 09:12
Quote:Original Posted By antonov07
Tapi anu...ee apa itu, nganu...lupa mau omong apa tadi 🤦‍♂️

emoticon-Ngakak sama, ane sering banget kayak gini

Quote:Original Posted By a2team
Apakah efek dari luar juga bisa bikin orang jadi begitu?
Beberapa pelanggan toko gw sering begitu.
Saat melihat sosok gw yg sangar & menakutkan, mereka seperti kena stun beberapa detik, dan saat ditanya mau beli apa, pasti jawabnya, "anu itu, anu, mau beli apa tadi ya"
emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo bisa jadi juga gan, kan karena tekanan orang juga bisa stres dan ngaruh ke otak

Quote:Original Posted By aim.haris
wah gitu ya, ane juga kadang lupa

emoticon-Matabelo sama, ane malah sering banget lupa
0 0
0
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 09:14
Quote:Original Posted By asuransiku.id
susah gan, apalagi buat yang sering begadang, insomnia apalagi yang sering mengalami stress berat, untuk nenangin aja butuh deep meditate gan, meditasi aja jg belajarnya harus ada kemauan meskipun di youtube banyak tutorialnya, atau kalau pakai yoga mentor juga ngga murah
mungkin gingko biloba bisa jadi solusi

emoticon-Matabelo nah itu gan, emang susah banget ngilangin stres.
Gingko biloba tuh apa gan?emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By 64m64n9s
kalau ane biasanya kalau lupa akan sesuatu yang mau dibicarakan sebelumnya sih, coba balik lagi ke posisi dimana ane ingat. biasanya jadi ingat lagi yang mau dikatakan atau dilakukan.

emoticon-2 Jempol

emoticon-Ngakak ane malah tambah gak inget

Quote:Original Posted By nontonyukahhh
Klo lemah, gmn cara memperkuatnya?

emoticon-Matabelo ane baca sih tadi harus rajin baca dan sering-sering melakukan apa yang sering dilupain gan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 10:12
wah ane terkadang gitu gan, apa gara2 stress ya emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 10:39
intinya jgn terlalu atau sering stress emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 11:06
judul album band letto nih emoticon-Bingung
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 11:11
kebanyakan cokil penyebabnya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 11:34
Quote:Original Posted By masnukho
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
Sering gagap dan kehilangan kata-kata saat hendak berbicara?
Ternyata itu adalah fenomena gangguan otak GanSis


Sering lupa satu dua kata yang hendak diucapkan padahal sebelumnya sudah ada diingatan, mungkin hampir semua orang pernah mengalami fenomena yang satu ini.

Susah mengingat kata yang hendak diucapkan padahal sebelumnya sudah teringat dan berada di ujung lidah, ternyata itu bukan sebuah kebetulan atau memang murni kita lupa GanSis.
Gejala yang semacam ini ternyata telah ada dan dikenal sejak zaman dulu, tepatnya pada abad ke-20 dengan pencetus seorang psikolog bernama Carl Jung.

Meskipun fenomena melupakan kata ini telah dikenali sejak abad ke-20 namin baru tercacat di kamus kedokteran Amerika pada tahun 1915.


Lethologica , merupakan bahasa Yunani yang terdiri atas dua unsur kata, yaitu Lethedan Logo. Lethe memiliki arti pelupa, sedangkan Logo adalah kata.
Sehingga Lethologica memiliki makna, melupakan sebuah kata atau juga sering disebut dengan fenomena kata di ujung lidah.

Menurut para psikolog, Lethologica adalah fenomena di mana otak tidak dapat menggali atau mengambil informasi yang ada di dalam ingatan untuk disampaikan pada suatu waktu tertentu.
Seseorang yang mengalami Lethologica biasanya mereka merasa kata yang hendak diucapkan telah ada di ujung lidah atau diingatan, namun mereka tidak dapat menyampaikan karena tidak menemukan atau tidak dapat mengingat kata apa yang ingin diucapkan.

Lethologica sendiri terjadi karena bagian otak pengolah bahasa yaitu neocortex, mengalami kelelahan atau memang lemah dalam mengingat suatu kata sehingga mengakibatkan seseorang akan kesusahan untuk mengingat atau mengucapkan kata yang ingin mereka sampaikan.


Saat mengalami fenomena lupa kata tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman, kurang percaya diri atau bahkan juga was-was ya GanSis.
Takut jika mengalami penyakit atau gejala kelainan otak yang berbahaya karena hal tersebut sangat sering terjadi.

Namun tidak perlu takut dan gelisah GanSis.
Lethologica adalah murni kesalahan yang dialami oleh otak bukan karena penyakit, virus atau hal berbahaya lainnya.

Lethologica kesalahan alami yang berkaitan denga kerja otak karena neocortex lemah atau kelelahan.
Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, maka Agan dan Sista harus sering-sering melepaskan stres otak atau berhenti untuk memikirkan hal berat dalam waktu beberapa saat agar pikiran kembali tenang dan neocortex dapat kembali melakukan tugasnya untuk mengenali bahasa yang telah direkam.


Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica


Seperti itulah GanSis fakta sebenarnya kenapa kita sering lupa saat hendak berbicara padahal tadinya kata tersebut sudah ada diingatan atau di ujung lidah.

Bukan masalah berat atau penyakit kronis ya GanSis, kita hanya perlu untuk menghilangkan stres, melatih otak dengan mengajaknya mengingat dengan cara yang berbeda, rajin membaca buku dengan menemukan kata-kata yang sering terlupakan, atau sering menggunakan kata tersebut saat tengah berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Oke, semoga sekilas informasi ini bermanfaat bagi Agan dan Sista semua.
Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain


Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi

1, 2, 3


nais input sangat membantu. :bigcendol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 12:28
Bener bgt ini. Kl gw lagi suntuk berat di kerjaan. Mau nyebutin barang kebutuhan sehari2 aja bisa sulit bgt. Gw kira udah kena gangguan kejiwaan. Tp begitu stress nya berkurang. Gejala lupa2 ini jg berkurang dgn sendirinya.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 12:59
kalo kata orang-orang banyak dosa itu emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 13:25
kalo cowo biasanya gara2 kebanyakan onani gan emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 13:54
Terkadang gtu ane
profile-picture
profile-picture
tukangkritikht dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Anda Sering Lupa Suatu Kata Saat Hendak Berbicara? Kenali Masalah Otak Lethologica
10-05-2021 14:28
Quote:Original Posted By thelittleidiot
intinya jgn terlalu atau sering stress emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak iya gan, kalau stres susah fokus

Quote:Original Posted By merseysidered
judul album band letto nih emoticon-Bingung

emoticon-Matabelo emang iya gan?

Quote:Original Posted By haloho.kk
kebanyakan cokil penyebabnya gan emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak apa iya gan?

Quote:Original Posted By daridulusama
nais input sangat membantu. :bigcendol

emoticon-Shakehand2 oke gan

Quote:Original Posted By johny2wong
Bener bgt ini. Kl gw lagi suntuk berat di kerjaan. Mau nyebutin barang kebutuhan sehari2 aja bisa sulit bgt. Gw kira udah kena gangguan kejiwaan. Tp begitu stress nya berkurang. Gejala lupa2 ini jg berkurang dgn sendirinya.

emoticon-Matabelo jadi beneran emang karena stres ya gan
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia