Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60982dfba8e8a748d53a0f2b/kaum-mendang-mending-minggir-dulu-hp-spectre-x360-14quot-poweryourdream
Disclaimer: Thread ini dibuat berdasarkan sudut pandang pribadi dan beberapa sumber yang akan dicantumkan di akhir. Mohon maaf apabila menyinggung. Ilustrasi: HP Halo agan-sista! perkenalkan gue adalah seorang senior engineer di salah satu Start-Up unicorn di Indonesia, salah satu pekerjaan impian yang gue idamkan dari kuliah. Namun setelah bertahun-tahun bekerja, gue merasa impian ini ternyata d
Lapor Hansip
10-05-2021 01:46

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream

Disclaimer: Thread ini dibuat berdasarkan sudut pandang pribadi dan beberapa sumber yang akan dicantumkan di akhir. Mohon maaf apabila menyinggung.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: HP

Halo agan-sista! perkenalkan gue adalah seorang senior engineer di salah satu Start-Up unicorn di Indonesia, salah satu pekerjaan impian yang gue idamkan dari kuliah. Namun setelah bertahun-tahun bekerja, gue merasa impian ini ternyata dangkal. Ya! Karena sudah tercapai. Seharusnya gue bersyukur: kerja santai, culture santai, benefit AWESOME! tapi namanya mimpi harus tetap tinggi.

Dan akhirnya gue kembangkan lagi-lah impian tadi menjadi: "Start-Up founder" atau at least memiliki bisnis sendiri yang IT-related. Kenapa harus IT-related? Karena hobi gue memang sesuatu yang berkaitan dengan teknologi dan informasi. Dan pekerjaan atau bisnis yang paling enak adalah hobi yang dibayar.

Impian ini akan gue kejar dengan langkah-langkah kecil namun nyata. Karena gue percaya langkah-langkah kecil akan lebih mudah diraih dan tidak terlalu jauh jatuh apabila salah langkah.

Simulasi

Sehingga langkah awal yang akan gue ambil adalah menyisihkan waktu untuk mengambil freelance mengenai software design dan development. Karena dengan mengerjakan proyek-proyek sampingan ini, gue bisa tahu apa saja sih permasalahan-permasalahan yang dihadapin orang-orang yang butuh teknologi informasi sebagai solusi.

Banyak cerita yang gue bayangkan saat meraih mimpi gue di atas, dan ini adalah What would I do if I have HP Spectre x360 14 untuk #PowerMyDream #PowerYourDream

Beli Messenger Bag

Saat ini gue memakai gaming laptop 15 inch yang beratnya lebih dari 2 kilogram dan pundak akan terasa sakit apabila menggunakan tas selempang (messenger bag). Sehingga gue memakai tas ransel gede yang sangat tidak elegan. Padahal salah satu faktor penting apabila kita jual jasa adalah impresi client.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: pinterest

Dengan menggunakan messenger bag, gue akan terlihat lebih bonafide daripada menggunakan tas ransel gede. Sehingga impresi client akan lebih bagus terhadap gue. Hal ini sangat didukung oleh laptop HP Spectre x360 14 dengan detail ukuran diagonal layar 13,5 inch, laptop ini hanya memiliki berat varian teringan sekitar 1,36kg dan ketebalan sekitar 1,69cm. Sangat ringan dan tipis bukan? Pas kalau dibawa dengan messenger bag.

Selain itu, laptop HP Spectre x360 14 memiliki Smart Sense Mode yang dapat beradaptasi dengan mengubah performa, suara atau kecepatan fan hingga suhu si laptop berdasarkan kebiasaan pengguna dan lingkungan. Fitur ini akan sangat berguna bagi gue yang mobilitasnya lumayan tinggi. 

Ilustrasi: HP

Misalnya gue sedang ngoding dan running aplikasi gue di rumah, lalu gue harus keluar karena ada offline meeting dengan calon client. Dengan menggunakan Smart Sense Mode, performa, kecepatan fan dan suhu yang tinggi saat running aplikasi, akan lebih cepat dingin ketika gue langsung tutup dan masukkan ke dalam tas baru gue tadi. 

Hal ini karena dalam mode tersebut terdapat In-bag detection yang akan tahu kapan laptop sedang tidak digunakan sehingga laptop ini tahu cara memperlakukan dirinya sendiri. Sangat canggih bukan?

Lebih Sering Offline Meeting

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era pandemi, seharusnya lebih diutamakan online meeting. Namun untuk bisnis jasa yang baru bersifat initiate dan belum memiliki portofolio, kepercayaan client masih belum sebesar apabila kita sudah punya banyak portofolio. Apalagi fee untuk software design dan development bisa dikatakan tidak murah bagi sebagian orang.

Dengan membawa HP Spectre x360 14 saat offline meeting dengan client, akan menambah kepercayaan diri kita dengan desain yang sangat premium, berkelas, bezel yang sangat tipis dan built quality yang terlihat tidak sangat murahan. Tidak akan ada client yang meremehkan orang yang membawa laptop Spectre family keluaran Hewlett-Packard ini.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: alamy

Tidak hanya dari luarnya, apabila client sudah melihat isi layar dari laptop ini, mereka akan lebih terkejut dengan layar OLED dengan rasio 3:2 anti-reflektif yang imersif. Detail warna akan tetap terlihat luas, jelas dan tajam meskipun gue diajak meeting di ruang outdoor karena warna dan kecerahan yang adaptif dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Lagi meeting tiba-tiba ada urgent chat masuk di laptop dan harus dibalas? Tenang, laptop ini sudah memiliki HP SureView Reflect Privacy Screen. Dengan sekali pencet, dijamin orang di sebelah gue-pun tidak bisa melihat isi chat gue.

Meeting siang gue yakin bisa sebagus itu, apalagi malam! Dengan teknologi layar Eyesafe, laptop ini akan semakin menonjolkan warna dengan tidak menyilaukan mata dan meminimalkan ketegangan mata akibat cahaya biru. Ditambah dengan full-size backlit keyboard yang menyala yang akan menambah nilai dari laptop ini di mata client.

Selain itu, saat offline meeting gue juga tidak akan takut untuk meeting di tempat yang tidak ada colokan listrik. Dengan baterai 66 Wh Li-ion polymer gue tidak akan takut kehabisan baterai karena laptop ini bisa bertahan sepanjang hari hingga 17 jam! Sehingga client tidak akan ilang-feeling karena gue meminta untuk pindah tempat di tengah-tengah meeting.

Apabila gue sudah memiliki kepercayaan client dan gue sudah bisa menyampaikan progres secara online, gue pun akan makin percaya diri dengan HP True Vision 720p HD IR camera. Ya! Kamera akan jernih dan jelas meskipun di kondisi cahaya rendah. Sehingga pada saat presentasi wajah gue akan fresh dan tidak burik. Sehingga client akan lebih nyaman menggunakan jasa yang gue jual.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: HP

Kondisi tiba-tiba tidak kondusif saat online meeting? Tenang! Dengan laptop ini gue bisa secepat itu untuk tidak hanya mematikan camera tapi juga mic. Karena laptop ini memiliki tombol built-in untuk mematikan camera dan mic. Sekali pencet tombol camera atau mic akan mati meskipun di aplikasi meeting tombol kamera atau mic masih menyala. Sangat praktis bukan?

Beli Tambahan HP Tilt Pen

Tidak tanggung-tanggung, gue akan beli tambahan pen untuk laptop HP Spectre x360 14 ini. Satu untuk gue dan satu untuk dipakai client saat offline meeting. Karena salah satu fase penting dari software development adalah requirement gathering, dimana client akan mengutarakan permasalahan dan gue akan menerjemahkan ke dalam solusi teknologi informasi.

Di fase ini, gue dan client akan melakukan brainstorming dengan corat-coret di laptop ini. Ya! laptop ini sudah multi-touchscreen dan sangat lebih mudah apabila menggunakan pen sehingga akan lebih terasa goresan-goresan ide-ide dari gue dan client. Dan gue benar-benar tidak takut tergores lecet karena layar laptop ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass NBT yang gue yakin bisa meminimalisir goresan pemakaian gue.
Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: HP

Untuk agan-agan yang belum tahu: Seperti namanya HP Spectre x360, layar laptop ini dapat diputar 360 derajat! Sehingga gue dan client gue bisa corat-coret di laptop tapi serasa di kertas karena di Tablet mode layar bisa rata dengan meja. Bisa bayangkan bagaimana perasaan client gue apabila gue bisa bawa culture kerja Start-Up untuk menyelesaikan permasalah mereka? Gue yakin ini akan jadi salah satu pengalaman terbaik client saat menggunakan jasa gue.

Selain brainstorming, corat-coret ini juga akan sangat berguna dalam membuat desain prototype dan revisinya! Karena saat meeting-pun gue bisa langsung membuat desain awal dan meminta feedback dari client. Sehingga proses development akan berjalan lebih efisien. Ga sabar gue!

Kerja, Kerja... Hiburan, Hiburan!

Jangan salah! Bekerja di Start-Up Unicorn (setidaknya di perusahaan gue sekarang), kita tidak dituntut untuk selalu bekerja 24/7. Gue dipush untuk mengimplementasikan work-life balance. Sehingga di sela-sela full-time dan freelance gue, gue akan memanfaatkan waktu gue untuk hiburan. Menonton film atau bermain game misalnya.

Dengan menggunakan laptop HP Spectre x360 14, gue tidak akan menggunakan bluetooth speaker butut 200rb-an gue lagi! Karena dengan Quad Speaker Audio racikan khusus dari Bang & Olufsen, laptop ini dapat menghasilkan suara yang lebih nyata dan imersif dibanding dengan speaker gue.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: synopc

Jadi gue sudah bisa membayangkan menonton film dengan laptop ini, layar bisa dilipat ke Stand mode ditambah layar yang bisa membuat videos come to life in vibrant dan crystal clear detail ditambah (lagi) suara hasil kolaborasi dengan Bang & Olufsen tadi. Ah! Mata dan telinga sangat dimanjakan.

Oiya! Laptop ini sudah memiliki fitur Auto Colour dimana layar akan menyesuaikan warna dengan aplikasi yang sedang gue pakai. Sehingga gue tidak perlu konfigurasi manual dan pada saat menonton film warna-warna akan auto ciamik! Lalu apabila selesai menonton film dan kembali ke coding, layar akan kembali ke konfigurasi lainnya.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: dokumen pribadi

Dan to be honest, meskipun gue mempunyai gaming laptop, namun game yang gue mainkan bukanlah tipe AAA game. Gue lebih suka bermain game yang bersifat multiplayer kompetitif, Counter-Strike: Global Offensive misalnya. Sehingga gue sangat yakin, kebutuhan gaming gue juga terpenuhi dengan menggunakan laptop ini. Paket hiburan komplit buat gue!

Selain itu, gue juga tidak perlu khawatir laptop akan sepanas itu saat melakukan hal-hal berat. Karena laptop HP Spectre x360 14 ini sudah memiliki desain termal baru, sehingga aliran udara dan distribusi panas yang disempurnakan menghasilkan kinerja yang tetap dingin.

Rekomendasi Intel® Evo™ Badge ke Orang Lain

Ada yang sadar atau tidak ya? Dari awal tulisan gue, gue tidak menyebutkan detail mengenai spesifikasi laptop HP Spectre x360 14 ini. Ya! itu karena dari awal gue sudah melihat Intel Evo Badge yang sudah disematkan di laptop ini.

Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
Ilustrasi: ultrabookreview

Sebagai orang yang suka IT sejak SMA, sering sekali gue dimintai rekomendasi tentang laptop dan akan selalu gue tanya "kebutuhan lo apaan?" dan akan pusing setelah gue rekomendasiin misal harus RAM 3600Mhz, PCIe NVMe M.2 SSD. Setelah ada badge ini gue sudah tidak bingung lagi. Pokok harus ada Intel Evo badgenya ya!

Badge ini merupakan sertifikasi untuk laptop yang menggunakan Intel sebagai otak dan harus memenuhi persyaratan teknikal dan fungsional yang tidak mudah untuk diterapkan, dan berikut syarat-syarat yang menurut gue paling mendukung impian gue:

1. Harus menggunakan Intel 11th gen Tiger Lake Core i5/i7 processors dengan Intel Iris X graphics, 8+ GB of RAM dan 256+ GB SSD.

Syarat nomor satu saja sudah terlihat, bahwa laptop dengan Intel Evo badge merupakan laptop terkini dan powerful yang dapat melibas pekerjaan atau entertainment kita sangat mudah. Laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 dan RAM plus storage dikasih lebih yaitu 16 GB dan 2 TBCoding? Libas! Design? Hajar! Pas banget dengan kebutuhan creativepreneur atau kreator yang ingin memaksimalkan hasil kerja.

2. Harus bisa instant wake setelah laptop dalam keadaan sleep.

Ini adalah salah satu fitur penting dimana mood kerja gue akan terisi penuh ketika menyalakan laptop ini. Bayangkan setelah letih perjalanan pergi atau pulang kantor lalu buka laptop, CLING! Laptop sudah dalam keadaan ready-to-use kurang dari satu detik. Tidak perlu lagi duduk diam menunggu, memikirkan skenario-skenario masa lalu yang ingin gue ubah.

3. Harus bisa mendukung fitur Windows Hello.

Bersambung dari syarat sebelumnya, di laptop HP Spectre x360 14 sudah mendukung fitur ini dengan menyematkan sensor fingerprint dan kamera inframerah sehingga dari instant wake dan/atau kondisi mati sampai berada di dekstop sama sekali tidak mengeluarkan effort. Benar-benar berasa laptop ini khusus dibuat untuk gue.

4. Harus bisa bertahan mimimal 9 jam dalam pemakaian mode Full-HD normal.

Gan, sis, office hours (jam kerja) gue saja hanya 8 jam per hari. Bayangkan laptop ini digadang-gadang bisa menyediakan baterai hingga 17 jam normal atau 11 jam 30 menit dalam mode OLED display. Jadi gue tidak perlu khawatir lagi berangkat kerja atau meeting dengan client tapi kelupaan membawa charger.

5. Harus bisa quickly charge dengan Thunderbolt USB-C.

Tidak bisa dipungkiri sekarang Type-C USB merupakan standart bagi peralatan elektronik, termasuk laptop. Mungkin kedepannya mobil listrik juga akan menggunakan tipe USB ini. Haha canda Elon

Laptop ini sudah menggunakan port Type-C USB juga sebagai charging port dan dalam syarat ini diharuskan dalam 30 menit charging harus bisa dipakai selama minimal 4 jam. What a feature! Tambah tidak kepikiran lagi kemana-mana tidak membawa charger.

6. Harus memiliki modern connectivity WiFi 6 (Gig+)

Sebagai orang yang kemana-mana menjadi fakir koneksi internet, entah itu tempat yang menyediakan WiFi atau tethering dari smartphone, dengan menggunakan built-in Intel Wi-Fi 6 digadang-gadang lebih tiga kali lebih cepat daripada standart WiFi. Sehingga tidak perlu khawatir laptop ini tidak memaksimalkan koneksi WiFi karena sudah dijamin lebih cepat dari standart WiFi.

Akhir Kata

Sekian cerita gue tentang mimpi yang akan segera gue raih bersama laptop HP Spectre x360 14. Apakah laptop ini cocok dengan gue?

GIF
Ilustrasi: HP

Yang jelas harga laptop ini di atas 25 juta sehingga menurut gue bukan untuk kaum mendang-mending yang hanya melihat harga. Desain laptop HP Spectre x360 14 cocok untuk para eksekutif di segala bidang yang sangat mementingkan branding/image untuk mendukung posisi dan/atau pekerjaannya. Dan performa dan fungsionalitas laptop cocok untuk para creativepreneur atau kreator di segala bidang karena dari chasis laptop yang bisa dilipat, jeroan yang ganas sampai layar ciamik yang bikin mata betah.

Atau bisa disimpulkan: Bila Anda eksekutif, creativepreneur atau kreator yang tidak peduli dengan harga, laptop ini cocok untuk Anda. Dan gue adalah seorang creativepreneur itu, then YES!

--
Sources: [1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]
Diubah oleh gundhoel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4jtan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
10-05-2021 01:46
reserved for sources
0 0
0
Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
10-05-2021 14:41
Okey.... ane melipir dulu ya emoticon-Traveller
profile-picture
gundhoel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kaum Mendang-Mending Minggir Dulu! HP Spectre x360 14" #PowerYourDream
10-05-2021 16:46
Mending punya pabriknya saja
profile-picture
gundhoel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Home Appliance
air-conditioner
Home Appliance
Handphone & Tablet
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia