Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6097eae19aabb30f9152349e/kue-telur-gabus-simpel-anti-meledak-gurih-dan-renyah
Assalamualaikum .... Selamat beristirahat untuk para sahabat kaskus semuanya. Vibe lebaran makin terasa, tak aneh jika para ibu di rumah makin giat nguprek di dapur membuat aneka kue untuk mengisi stoples yang bakal dipakai untuk suguhan lebaran. Ada juga yang gak mau susah alias ribet. Cukup kontak tukang bikin kue atau toko kue aja siap antar tanpa perlu capek-capek melangkah. Apalagi di masa pa
Lapor Hansip
09-05-2021 21:00

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah

icon-verified-thread
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah

Assalamualaikum ....


Selamat beristirahat untuk para sahabat kaskus semuanya.


Vibe lebaran makin terasa, tak aneh jika para ibu di rumah makin giat nguprek di dapur membuat aneka kue untuk mengisi stoples yang bakal dipakai untuk suguhan lebaran. Ada juga yang gak mau susah alias ribet. Cukup kontak tukang bikin kue atau toko kue aja siap antar tanpa perlu capek-capek melangkah. Apalagi di masa pandemi seperti ini.

Saya hari ini kebetulan masih punya stoples kosong🤭. Yang lain kemarin sudah terisi nastar gulung, putri salju dan janda genit alias thumbprint.


Oke, karena stok yang manis sudah ada. Saya beralih mencari menu kue kering yang bercitarasa asin gurih.

Quote:Kata "kue" berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti kue bakpia. 

Kue kering adalah kue dengan kadar air yang minimal, sehingga dapat tahan disimpan lebih lama daripada kue basah. biasanya bertekstur keras tetapi renyah karena dibuat dengan cara dipanggang memakai oven atau digoreng.

Setelah search di medsos ketemulah kue jadul yang masih hits hingga saat ini.

Ya, kue telur gabus. Sekarang telur gabus banyak dimodifikasi dengan penambahan keju sehingga lebih gurih. Namun saya ingin tetap merasakan sensasi asli dari telur gabus ini.

Ok, kita mulai persiapkan bahan-bahan:


Tepung tapioka: 250 gram
Terigu: 2 sdm
Penyedap rasa: 1 sdt
Garam 1/4 sdt
Margarin: 1-2 sdm
Telur: 1 butir
Minyak goreng secukupnya
Air panas secukupnya


Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Bahan-bahan: dokpri

Langkah-langkah:


1. Masukkan telur dan mentega di wadah. Kocok lepas dengan whisk atau garpu.

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri

2. Masukkan penyedap rasa dan garam

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri

3. Masukan tapioka dan terigu aduk dengan spatula atau sendok.

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri

4. Masukan air panas perlahan. Lihat sudah kalis tercampur atau belum. Aduk dengan tangan.

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri

5. Jika sudah kalis. Sediakan minyak di wajan.

6. Pilin adonan kecil membentuk telur gabus. Masukkan ke dalam minyak.

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri

7. Jika sudah selesai. Goreng telur gabus dengan api sedang. Jangan dulu diaduk sebelum telur gabus terapung setengah matang

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri

8. Aduk atau bolak balik hingga kecoklatan. Jangan hawatir meledak ya. Karena ini campurannya kuning telur dan putihnya kalo putihnya saja iya kebanyakan meledak apalagi dimasak di minyak panas.


9. Angkat jika sudah diam tidak ada bunyi di minyak. Tiriskan di kertas nasi atau tissue. Biarkan dingin baru masukkan stoples.

Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
Dokpri


Telur gabus gurih renyah. Anti kopong dan lembek. Pokoknya siap diburu keluarga untuk dinikmati dalam suasana lebaran yang penuh kebahagiaan.

Ekonomis dan tentunya hasil sendiri lebih puas 😁.

Salam nguprek❤️

Opini pribadi
Referensi : Wikipedia
Gambar: dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
09-05-2021 21:01
Kue telur gabus ekonomis
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
09-05-2021 21:01
Anti meledak
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
09-05-2021 21:01
Kue lebaran
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
10-05-2021 10:28
Enak ini cuma butuh bahan dikit jadi banyak
profile-picture
profile-picture
miniadila dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
10-05-2021 12:37
Wow ... mantulll tuh, Sist.😋
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
10-05-2021 13:23
yang kagak ekonomis, pake tepung ketan.. tapi rasanya emang beda 😁😁
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
10-05-2021 20:20
Tahulah ane sekarang, kenapa setiap bikin telur gabus meledak-ledak. Ane ga pake air hangat, udah gitu langsung aduk aja, gak nunggu mengapung. Thanks tipnya, Sist
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
11-05-2021 00:02
ini kalo di daerah ane pada nyebutnya t*i kucing, kagak tau knp bisa gitu namanya emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
11-05-2021 08:00
Ogut senengnya yang versi manisnya. Mantap buat temen minum teh.. emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
11-05-2021 09:42
Aku suka ini gurih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
11-05-2021 13:04
Aku. Au eksekusi ah, sepertinya enak dan mudah
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
11-05-2021 16:02
Kalau di sini kue cendol nih
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
12-05-2021 11:18
Penasaran nih dengan resep ini....
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
12-05-2021 16:17
ternyata bukan hanya goreng cimol aja yang rawan meledak emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
16-05-2021 09:09
Paling suka yg rasa keju sih, asin gurihnya lebih dapet.. ane gak begitu suka manis jadi, kurang suka juga sama telur gabus yg versi manisnya. Tante ane tiap lebaran selalu bikin sih, biasanya ane disuruh bantuin tapi cuma yg ngebentuk doang wkwk
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
16-05-2021 17:39
Thread bagus banget nih yang berbagi resep kue telur gabus. Ane mau ah nyobain buat sendiri
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
22-05-2021 21:35
kue ini suka bgt!! dirumah nenek lgsg abis wkwkw setoplesss
profile-picture
anns123 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
29-05-2021 22:58
Kalo makan ini tuh ga bisa berhentiii. Berhenti kalo emang abis kayaknya wkwk
0 0
0
Kue Telur Gabus Simpel Anti Meledak, Gurih Dan Renyah
30-05-2021 10:41
Mantaap rajin banget bikin telur gabus sendiri.. aku kemaren lebaran telur gabusnya beli jadi :""
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia