News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609666110d9d1a51c4076cf2/pakai-taktik-suku-dayak-anggota-kopassus-tni-berhasil-habisi-opm
JAKARTA - Ternyata tak selamanya taktik perang modern bisa secara efektif digunakan untuk melumpuhkan lawan. Terbukti, dengan taktik kuno ala suku pedalaman, anggota satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI justru berhasil melibas anggota teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dalam laporan VIVA Militer, sejumlah prajurit TNI akan dikerahkan ke Papua untuk menumpas anggota OPM yang kian
Lapor Hansip
08-05-2021 17:21

Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM

JAKARTA - Ternyata tak selamanya taktik perang modern bisa secara efektif digunakan untuk melumpuhkan lawan. Terbukti, dengan taktik kuno ala suku pedalaman, anggota satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI justru berhasil melibas anggota teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam laporan VIVA Militer, sejumlah prajurit TNI akan dikerahkan ke Papua untuk menumpas anggota OPM yang kian meresahkan. Langkah ini diambil setelah pemerintah lewat Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), menyatakan bahwa OPM adalah organisasi teroris.

Sejauh ini diketahui ada tiga batalyon infanteri (yonif) yang akan dikerahkan ke Bumi Cenderawasih. Ketiga pasukan berasal dari Yonif 121/Macan Kumbang, Yonif Mekanis 521/Dadaha Yudha, dan Yonif 315/Garuda, atau yang lebih dikenal dengan julukan "Pasukan Setan".

Menumpas kelompok OPM jelas bukan perkara mudah. Sebab, para anggota OPM unggul dalam hal penguasaan medan. Oleh sebab itu, butuh persiapan khusus bagi pasukan TNI agar mampu menjalankan misi dengan sempurna.

Seperti halnya yang pernah diinisiasi oleh Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, saat menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) periode 1995-1998.

Dirangkum VIVA Militer dari berbagai sumber, saat menjadi pentolan Korps Baret Merah Prabowo pernah mencatatkan prestasi saat menyelamatkan 11 orang peneliti yang tergabung dalam Ekspedisi Lorentz 95. Para peneliti sempat dijadikan sandera oleh anggota OPM selama 130 hari di rimba Papua.

Sebuah unit khusus dibuat atas prakarsa Prabowo saat masih berpangkat Mayor TNI, dan menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdikpassus) sekitar 1993 hingga 1994.

Para anggota Kopassus yang masuk dalam Unit Khusus Sandi Jejak bentukan Prabowo, memiliki kemampuan lengkap dalam menghadapi pertempuran. Pasukan ini bisa diterjunkan di medan apa pun, seperti hutan, gunung, atau laut sekalipun.

Anggota Unit Khusus Sandi Jejak sangat menguasai teknik fast trooping (pasukan gerak cepat), fast rappling dan stabo dari helikopter. Tak hanya itu, dalam unit khusus ini juga ada seorang penembak jitu (sniper) yang dilengkapi dengan senjata standar anti-teror dunia.

Sederet senapan serbu canggih menjadi andalan Unit Khusus Sandi Jejak Kopassus. Mulai dari Heckler & Koch MP-5, Steyr, Pindad SS-1, sampai pistol otomatis yang tak perlu dikokang, Heckler & Koch P-7.

Unit khusus yang dibentuk oleh Prabowo ini ternyata digdaya. Tepatnya pada 9 Mei 1996, pasukan Kopassus berhasil menyelamatkan 11 dari 13 orang yang disandera OPM pimpinan Kelly Kwalik.

Unit Khusus Sandi Jejak memainkan peranan penting dalam keberhasilan ini. Pasukan Kopassus akhirnya mampu melumpuhkan anggota OPM, setelah menjalankan misi sejak 8 Januari 1996.

https://www.viva.co.id/amp/militer/m...edium=all-page

Kok bawa bawa dayak nih? emoticon-Takut

gini aja gampangnya, jangan kirim tentara ke Papua skrg, pilih saja orang orang tetua dayak di kalimantan untuk diberangkatkan ke papua sana..

Saya ingat betul kejadian di sampit tahun 2001, rumah ipar saya dekat sungai mentaya, saya lagi di kotawaringin timur saat itu. Mayat tanpa kepala ada dimana mana, orang dayak selain penggal kepala, juga makan hati manusia mentah mentah emoticon-Takut

tapi saya gak diapa apain, orang dayak sangat baik kepada saya, sungguh baik
Diubah oleh bahar.bin.taik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:27
OPM ada ilmu kayak dayak juga ga yah... Hmmm....
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:30
Belom tentu manjur Bray kalo di Papua. Ada syarat ketentuan ga tuh... Biasanya cuman bisa di lokasi tertentu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:31
Hilih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:31
Suku dayak juga jago dalam perang di dalam hutan.
Hati2 ama sumpit beracunnya.
Kalo skrg mungkin militer ngandalin snipernya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:38
Kerusuhan dayak madura itu terbagi 2 gan..

yg di kalbar tahun 96 dan 99, sedangkan yg di sampit tahun 2001.

triggernya sama, saya gak mau sebut disini.

tapi teknik membunuh orang dayak itu yg sampai membuat wartawan eropa dan amerika berduyun duyun datang ke kalimantan saat itu, ada New York Post saya ingat saat itu, sampai mereka menulis di sebuah artikel yg akhirnya jadi buku judulnya "Zaman Edan"

si wartawan ini juga ikut liput konflik poso dan ambon, dan dia bilang kerusuhan di kalimantan bukan cuma pembantaian tapi ada praktek kanibalisme emoticon-Takut

Perang agama ambon poso juga serem, tangan kaki pada putus dipedang, tapi sebatas itu aja..

Sedangkan perang suku dayak madura dikalimantan ini, udah dibantai, isi jeroan tubuhnya juga dimakan emoticon-Takut

tapi orang dayak baik kok, saya lama tinggal bersama sama komunitas dayak, mereka itu pemalu umumnya, tapi jangan dicari marahnya emoticon-Takut (S)

Sedikit kisah kerusuhan 2001, ini kisahku, mana kisahmu? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:39
coba naekin drone sambil bawa pisang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
localsecurity dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:43
ini judul sama isi g sama

ane g nemu kata dayak sama sekali di isi berita
Diubah oleh bajiste
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:47
Gak usah dibahas lagi, suku dayak gak bakal menyerang di daerah lain. Suku dayak juga gak bakal perang tanpa ada alasan yang sangat kuat.

Perang dulu gak bakal terjadi klo gak ada trigger yang gak bisa ane sebutkan, dan buat sekarang gak ada yang bisa mentrigger seperti itu. Dan Semoga gak akan ada.
Kami juga ingin maju dan lepas dari stigma barbar yang selama ini melekat.
Diubah oleh cosebel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:48
Papua dan dayak bersaudara emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan johanbaikatos memberi reputasi
2 0
2
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:51
Mau dayak, papua, jawa, betawi dll kalau di kandang sendiri ya jagoan.

Btw ini berita lama yg di daur ulang ya?
Diubah oleh nataliuspigai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:51
Ngga bisa nyeberang wilayah ajiannya. waktu kerusuhan sampit, orang ma***a yg masuk wilayah kalsel juga aman. ngga diuber lagi ama dayak. ada pantangan kayaknya kalau diluar wilayah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 17:52
Jgn mau di adu domba pemerintah pusat.

Suruh pemerintah pusat jalankan dulu pancasila se adiL nya.


emoticon-Traveller
Kalo udah adiL jg mereda sendiri.
Semua krn org papua melihat pemerintah pusat tidak jalanin pancasila dan lihat saja diskriminasi agama nya. Tempat ibadah selain islam di persulit dan agama selain islam suka di ganggu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:00
kirain berita terbaru....ternyata sedang mengenang kejayaan masa lalu toh

post power sydrome emoticon-Leh Uga

ane bukan pendukung opm...ane cuma geli aja kalo denger cerita masa lalu yg terlalu muluk....dulu boleh menang...tapi selalu mawas diri...yg kalah juga memperbaiki dan meningkatkan diri...kalo sekarang diadu lagi belum tentu yg dulu menang juga masih menang lagi

buat bahan perbandingan...
dulu banyak mahasiswa malay belajar ke indo...sekarang kebalikannya...banyak mahasiswa indo yg belajar ke malay
dulu timnas sepakbola kita lawan vietnam cuma nurunin pemain cadangan udah menang...sekarang hasil seri aja udah susah
dulu pebulutangkis kita langganan juara all england...kasarannya all indonesian final udah hal yg sangat biasa...sekarang ya tau sendiri lah

intinya semua berubah karena ingin menjadi lebih baik...mengenang cerita kejayaan masa lalu boleh...tapi kalo kebablasen ya jadi over estimate terhadap diri sendiri

ane dukung TNI berantas OPM emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:01
Menguasai medan perang itu yg susah buat dilawan,perang amerika vietnam yg akhirnya dimenangkan vietnam dgn penguasaan medan perang dan gerilyanya yg hebat sedangkan amerika yg didukung pasukan dan persenjataan hebat keok jg sama vietnam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:18
Bukannya dolo pinjem drone punya singapore





*colek wowo emoticon-Cipok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:24
belum pernah di kirim suwanggi ama org papua. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:29
ingat betul kejadian di sampit tahun 2001, rumah ipar saya dekat sungai mentaya, saya lagi di kotawaringin timur saat itu. Mayat tanpa kepala ada dimana mana, orang dayak selain penggal kepala, juga makan hati manusia mentah mentah.


Lewat laut sudah hambar gan kena asin laut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:30
harusnya OPM mati gak usah di ekspos..mereka khan selama ini ngaku yang mati rakyat sipil..
jadi matiin diam2 saja..sampai yang tinggal yang patuh saja..
jangan lupa para pendeta provokator itu coba difikirkan biar ditukar dengan pendeta daerah lain..dan kalau bisa mereka digajih negara..semacan PNS gitu..jadi gak pengen jadi broker senjata buat tambah penghasilan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:42
ini psti klonnya oom @lpdp emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan bahar.bin.taik memberi reputasi
2 0
2
Pakai Taktik Suku Dayak, Anggota Kopassus TNI Berhasil Habisi OPM
08-05-2021 18:45
TNI digembar gembor libas OPM ? emoticon-Bingung
Memalukan emoticon-DP harus nya gak perlu diberitakan.
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan bahar.bin.taik memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia