News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6095ed2903ecaa34935e720d/apakah-kosmonaut-soviet-percaya-tuhan
Agama dianggap tabu pada masa itu, tetapi, bagaimanapun, sulit diberantas. “Saya pergi ke ruang angkasa, tetapi saya tidak menemukan Tuhan.” Kalimat tersebut kerap diatribusikan kepada Yuri Gagarin setelah ia kembali dari ruang angkasa. Mesin propaganda Soviet menggembar-gemborkan kutipan tersebut untuk menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan lebih unggul daripada agama.
Lapor Hansip
08-05-2021 08:45

Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?

Past Hot Thread
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
Sejarah
May 07 2021
Nikolai Shevchenko

Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
Poster “Jalan lebih lebar tanpa Tuhan”, 1975
Vladimir Menshikov; Arsip Bersejarah Universal/Getty Images







Agama dianggap tabu pada masa itu, tetapi, bagaimanapun, sulit diberantas.
“Saya pergi ke ruang angkasa, tetapi saya tidak menemukan Tuhan.” Kalimat tersebut kerap diatribusikan kepada Yuri Gagarin setelah ia kembali dari ruang angkasa. Mesin propaganda Soviet menggembar-gemborkan kutipan tersebut untuk menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan lebih unggul daripada agama.
Namun pada kenyataannya, menghapus keyakinan terbukti sangat sulit, bahkan dari benak kosmonaut Soviet sekali pun.
‘Saya pernah melihat-Nya’
Setelah Gagarin kembali dari ruang angkasa, dia menghadiri resepsi di Kremlin. Di sana, terjadi Gagarin berbincang-bincang dengan Pemimpin Soviet Nikita Khrushchev.

Menurut anekdot yang dikaitkan dengan berbagai sumber, Khrushchev bertanya kepada Gagarin apakah dia melihat Tuhan di luar angkasa. “Tentu saja aku pernah melihatnya,” jawab Gagarin dengan nada mengejek.
Balasan Khrushchev sama jenaka dengan jawaban Gagarin: “Aku tahu! Tapi jangan beri tahu siapa pun. "

Pada kenyataannya, ada kisah yang bertentangan tentang pandangan Gagarin tentang agama. Di satu sisi, sebuah buku yang ditulis oleh penulis hantu Gagarin dan dirilis dengan namanya - The road to space - menunjukkan ketidaksukaan Gagarin terhadap keyakinan agama:
“Penerbangan antariksa berawak merupakan pukulan telak bagi orang-orang gereja. Dalam aliran surat yang ditujukan kepada saya, saya senang membaca pengakuan di mana orang percaya, yang terkesan dengan pencapaian sains, meninggalkan Tuhan, setuju bahwa tidak ada Tuhan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan namanya adalah fiksi dan omong kosong. ”
Ketika seorang jurnalis di Reykjavík bertanya kepada Gagarin - yang sedang dalam tur internasionalnya - apakah dia telah berdoa sebelum penerbangannya, kosmonot itu menjawab dengan cepat: “Komunis tidak pernah berdoa kepada Tuhan.”
Namun, beberapa sumber mengklaim bahwa orang pertama yang berada di luar angkasa adalah orang percaya yang tidak mencolok, yang tidak ingin mengkompromikan posisinya dengan otoritas Soviet dengan mengutarakan pikirannya.
Namun, kosmonot Soviet lainnya tidak meragukan apa yang mereka yakini.
'Mengapa saya percaya'
Kosmonot Soviet Georgy Grechko menjadi orang yang sangat percaya selama PD II. Dia baru berusia sepuluh tahun ketika Nazi Jerman menginvasi Uni Soviet, tetapi ingatan akan kengerian perang memicu keyakinan yang kemudian dia ucapkan dengan cara berikut:
“Mengapa saya percaya? Karena selama perang, tidak bahkan di depan, tetapi di belakang atau pendudukan, seperti yang terjadi pada saya, seseorang tidak memiliki harapan selain Tuhan. Dan saya dapat memberitahu Anda bahwa hampir setiap orang adalah orang percaya saat itu. Karena [orang] ingin hidup. Dan saya, sebagai anak laki-laki, percaya. Saya percaya bahwa saya dilahirkan untuk menjadi kosmonot. Dan ketika, karena kenaifan, karena nafsu, karena kebodohan, saya melakukan sesuatu untuk menjauh dari jalan ini, saya curiga bahwa malaikat pelindung saya menghukum saya dengan kejam. Dia membuatku putus asa. Dan kemudian, dengan cara yang paling luar biasa, dia membuat saya kembali ke jalur saya, ”kata Grechko.

Selama masa Soviet, keyakinan tidak disetujui oleh negara. Kosmonot - orang-orang yang berada di garis depan perlombaan teknologi Soviet melawan blok Barat dan, karenanya, mewujudkan sistem Soviet - melalui seleksi ketat. Tidak terpikirkan pada saat itu bahwa seorang yang percaya secara blak-blakan dapat dianggap cocok untuk peran mulia seorang kosmonot selama pemerintahan Soviet.

Namun, karena sentimen agama terbukti sulit diberantas, pihak berwenang terkadang menutup mata terhadap keyakinan pribadi kosmonot, jika mereka bisa menyimpannya sendiri.
Setelah Uni Soviet runtuh, beberapa ateis resmi memiliki kesempatan untuk membuka diri, tanpa takut akibatnya. Alexei Leonov, orang pertama yang melakukan perjalanan ruang angkasa dan, karenanya, salah satu pelopor program luar angkasa Soviet, pernah menyuarakan pendiriannya tentang agama:
“Sulit untuk [berada] dalam bisnis kita tanpa keyakinan. Seorang kosmonot yang pergi ke orbit harus tahu bahwa semuanya akan baik-baik saja. Sekarang [berlawanan dengan zaman Soviet] adalah mungkin untuk menerima berkat dari seorang pendeta, mengunjungi gereja, dan banyak yang melakukannya, "kata Leonov.

Saat ini, praktik yang diterima secara umum di kalangan kosmonot Rusia untuk membawa ikon ke luar angkasa atau menguduskan pesawat ruang angkasa sebelum penerbangan akan dianggap sebagai pembangkangan ideologi Soviet yang tak terbayangkan di Uni Soviet.

https://id.rbth.com/sejarah/83619-ko...-dan-tuhan-wyx
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Paolo_Maldini dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
08-05-2021 15:12
Trit mantap nih...
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
08-05-2021 17:00
halahhh...

jgn kan era yuri gargarin

skrg sdh era teleskop hubble dan James Webb Space jg ga ketemu itu tuhan ada dimana krn lom pernah ada terdeteksi pelanggaran hukum fisika di alam semesta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sontoloyo81 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
10-05-2021 17:51
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
10-05-2021 19:10
Quote:Original Posted By kreator.9.ES
"Bisnis" ini sepertinya lebih tepat kalau diterjemahkan jadi "kehidupan" emoticon-Traveller

Ikutan mejeng ane gan emoticon-Cool


Ane jugak deh Gan...
emoticon-Cool
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
11-05-2021 21:01
menarik juga ya. jadi banyak kalangan sains profesional yang masih punya iman kepada Tuhan di negara "Buruh seluruh dunia, bersatulah", sebaliknya, banyak kalangan sains profesional yang meragukan Tuhan di negara "Dalam Tuhan kita percaya".
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:10
Mungkin Zeus beneran nyata gan, 50:50 sih tapi bisa juga Odin yg nyata.
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:12
Halah trit modal copas kok jadi htemoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:22
lagian kalo percaya tuhan tapi bukan sama dengan agama ente, akan berbeda gitu ???

emoticon-Ngakak
profile-picture
emanresuruoy memberi reputasi
1 0
1
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:22
Dgn beragam sudut pandang, belum pernah tau, belum melihat langsung bukan berarti pasti tidak ada.
Sampai sekarang juga dgn keterbatasan penjangkauan semesta..., pencarian thdp. tuhan masih berlangsung. Jadi terlalu naif juga kalau bilang tuhan tidak ada.
Tuhan disini dgn beragam sudut pandang ya..., bukan berarti juga harus tuhan yg dipahami dengan doktrin yg ditanam sejak kecil.
profile-picture
profile-picture
septianrgreen dan lonelyboy13 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:37
merasa lemah dan meyakini ada sesuatu yg jauh lebih besar/agung dari dirinya adalah bagian dari DNA (fitrah) manusia

0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:43
kalo dah hampir mati baru deh percaya tuhan
emoticon-Cool
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:47
Ini doktrin orde baru yg menstereotipe kan komunis itu nggak punya Tuhan.

padahal beda dimensi, komunis itu ideologi politik penyama rataan manusia alias manusia tanpa kelas dan perbedaan, bagaimana dgn kepercayaan..?

Sebetulnya mereka boleh boleh aja punya kepercayaan, tapi wajib sifatnya pribadi, nggak boleh di tunjukan atau jadi identitas di muka publik dan bakal tidak di fasilitasi negara (seperti di sediakan masjid / gereja)

Tujuanya apa..? Agar masyarakat tidak berkelompok kelompok dan ber kubu kubu sesuai ajaran agama mereka.

Di negara komunis cuma mengenal kesetaraan dan manusia itu sama rata itu saja.

Contoh aja RRC yg di tuding2 sebagai antek komunis, itu apa iya anti-agama..? Kan tidak, mereka pemeluk kong hu Chu dan Buddha,
Nah itu kuil Shaolin dan Shaolin, kung Fu, itu kan produk agama dari Tiongkok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apawaal dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 16:50
Kan ustadz udh bilang astronot waktu ke bulan mendengar suara adzan berkumandang, kenapa harus diungkit-ungkit lagi sih?

Ingat! Sesalah-salahnya ulama..
Diubah oleh andriod
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Arzal dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 17:51
agam dan sains.. dua hal yg sering bertolak belakang walopun sejatinya saling melengkapi satu sama lain.. konteks kosmonot percaya tuhan atau tidak, apakah jadi salah satu tujuan mereka dalam penjelajahan luar angkasa waktu itu?
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 17:54
"Open your helmet and you will see God" emoticon-Leh Uga
profile-picture
prazm8 memberi reputasi
1 0
1
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 18:03
Heboh tuh kalo beneran ngaku ketemu tuhan di luar angkasa emoticon-Matabelo
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 18:31
Halah.. manusia itu terbatas, gak usah ngomong tuhan, besok mati atau masih hidup aja kgak tau.. tuhan silahkan diyakini klo emg menyakini, klo gak yaudah bodoh amat biat brpikir sendiri
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 18:44
Urusan kepercayaan itu masing2,, didebatpun gada abisnya
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 19:10
Nyimak gan
0 0
0
Apakah Kosmonaut Soviet Percaya Tuhan?
15-05-2021 19:10
sippp
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia